Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Cara Mencari Kerja

Cara Mencari Kerja

Syarat utama mencari kerja yang termudah apabila si pelamar kerja lulusan sarjana S1 dan nilai IPK di atas 3. Semakin tinggi level pendidikan semakin mudah. Namun, bagi yang hanya lulusan D3, D1 dan SLTA (SMK, SMA, MA) tidak perlu kecil hati. Karena ada juga peluang kerja untuk lulusan level pendidikan tersebut walau tidak sebanyak yang lulusan S1 ke atas. Jurusan teknik, finansial, manajemen dan psikologi juga menjadi jurusan favorit untuk niche lowongan pekerjaan tertentu. Jangan lupa memperhatikan beberapa tips berikut dalam mencari kerja.

DAFTAR ISI
  1. Persiapan Melamar Kerja
  2. Profil Pribadi di Internet
  3. Mengasah Keterampilan (Soft Skill)
  4. Tips Khusus Fresh Graduate
  5. Lowongan Kerja CPNS
  6. Contoh Surat Lamaran Kerja

PERSIAPAN MELAMAR KERJA

1. Surat-surat lengkap.
2. Datang tepat waktunya.
3. Berpakaian yang rapi dan sopan.
4. Mencantumkan referensi secukupnya dalam CV.
5. Bicara teratur dan jujur.
6. Rambut rapi.
7. Mencantumkan hobi yang relevan di CV.

PROFIL PRIBADI DI INTERNET

Masukkan profil dan curriculum vitae (CV) Anda di internet. Baik di blog pribadi, website pribadi, linked-in, dan media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Google Plus.

Data pribadi yang dimasukkan ke internet bertujuan agar saat orang mencari tentang profil kita di Google, data yang kita tulis sendirilah yang akan tampil pertama di hasil pencarian. Ini penting karena banyak konsultan pencari kerja akan melihat biodata pelamar dari internet selain dari data yang disampaikan pelamar sendiri. Jadi, pastikan biodata profil Anda berada di halaman pertama Google.

MENGASAH KETERAMPILAN (SOFT SKILL)

Perbanyak keterampilan yang dimiliki. Luangkan waktu untuk mengikuti berbagai kursus terutama seputar komputer, internet, bahasa Inggris, administrasi, kesekratiatan dll. Dan pastikan Anda mendapat sertifikat dari setiap kursus pelatihan yang diikuti. Kemampuan riil itu penting, tapi sertifikat juga tak kalah pentingnya sebagai bukti awal. Terutama kalau Anda seorang fresh graduate (baru lulus sekolah atau kuliah).


TIPS KHUSUS FRESH GRADUATE

Kalau Anda seorang fresh graduate alias baru lulus sekolah atau kuliah, maka sangat disarankan agar tidak terlalu pilih-pilih pekerjaan. Ambil saja pekerjaan yang diterima lamarannya walaupun mungkin gaji dan fasilitas kurang memuaskan. Tujuannya agar status Anda setelah bekerja berubah menjadi "sudah berpengalaman." Karena pelamar kerja yang "fresh graduate" dengan yang "berpengalaman" itu berbeda nilainya di mata perusahaan pencari tenaga kerja.

Jadi, ibaratkan pekerjaan pertama sebagai investasi untuk menanam nama baik di mata pencari tenaga kerja berikutnya. Tentu saja kalau dapat pekerjaan ideal saat fresh graduate akan lebih baik.


LOWONGAN KERJA CPNS

Menjadi PNS masih menjadi idaman banyak pencari kerja antara lain karena sistem kontrak menjadi PNS adalah seumur hidup dan begitu masuk hampir pasti tidak akan dipecat walau etos kerja rendah kecuali kalau ketahuan korupsi. Ini berbeda dengan peluang kerja yang lain.

Bagi yang ingin mengikuti info terbaru CPNS, lihat di link berikut: Lowongan Kerja CPNS Terbaru 2014


CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

Surat lamaran kerja adalah hal pertama yang dilihat oleh employer. Karena itu, pencari kerja harus berusaha agar format, isi dan gaya harus standar. Berikut contohnya:

Malang, 20 Agustus 2014

Kepada Yth :

Bapak / Ibu Pimpinan

Toko Elektronik Deluxior

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya tamatan SMK, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :

Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
Pas Photo 4 x 6 1 Lembar
Foto Copy KTP 1 Lembar
Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Yun Yanti

CONTOH SURAT LAMARAN BAHASA INGGRIS

Contoh Pengajuan Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter)

Muhammad Ihsan
Ponpes Al-Khoirot
Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01
Karangsuko, Malang 65174
08119992929292
ihsan@gmail.com

Date: 20 December 2014

PT Pertamina Tbk
JL. Medan Merdeka Timur 1A,
Pertamina 5th Floor,
DKI Jakarta 10110

Dear Ms. Karen Setiawan,

I am writing to apply for the programmer position advertised in the Kompas Daily. As requested, I am enclosing a completed job application, my certification, my resume and three references.

The opportunity presented in this listing is very interesting, and I believe that my strong technical experience and education will make me a very competitive candidate for this position. The key strengths that I possess for success in this position include:

I have successfully designed, developed, and supported live use applications
I strive for continued excellence
I provide exceptional contributions to customer service for all customers

With a BS degree in Computer Programming, I have a full understanding of the full life cycle of a software development project. I also have experience in learning and excelling at new technologies as needed.

Please see my resume for additional information on my experience.

I can be reached anytime via email at ihsan@gmail.com or my cell phone, 089-555-5555.

Thank you for your time and consideration. I look forward to speaking with you about this employment opportunity.

Sincerely,

Signature (for hard copy letter)

Muhammad Ihsan

CONTOH 2

Dear Sir/Madam,
Medan, 18 June, 2014

Attention:
Personal Manager of PT. Jasa Kerja Tbk
Gedung PT. Jasa Kerja 4nd floor
Jl. Pulo Gadung Kav.27
Jakarta Timur

Refer to your requirement advertised in Kompas August 17th 2014 for a Financial Accounting, I am interested to join and to contribute with your respected company.

I am twenty-three years of age, single and in good health condition. I was graduated from Accounting of Faculty of Economic Indonesia University in 2013. My scholarship record is satisfactory and also skilled at Accounting duties. I am able to use English both oral and written, computer literate, able to use MS Office package such as MS Excel, MS Word, MS PowerPoint, MS OutLook and Internet, also familiar with English Correspondencies and Administration duties.

Now, I am working as Accounting Staff at PT. Gerhana Matahari. I am willing to learn and work very well with others and anxious to put my knowledge into practice.
For your further information, I enclosed here with my curriculum vitae, a testimonial from my academy and a recent photograph of mine.

I hope you will consider this application and grant me an opportunity of an interview.

Yours faithfully,
Rini Eka

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam