Thursday, September 16, 2021

Suami poligami ingin ceraikan istri kedua


INGIN MENCERAIKAN ISTRI KEDUA

Assalamualaikum WR WB

Saya ber istri dua banyak ustad dan teman2 menyarankan saya untuk menceraikan istri kedua saya alasannya supaya saya tidak menyakiti istri pertama dan anak2 saya.
bahkan Alm ibu saya sebelum meninggal menyatakan pesannya ke istri pertama saya, ibu saya dunia akherat tidak ridho apabila saya terus menjalin hubungan sama istri kedua saya, pesan ibu saya ini alasannya takut saya mentelantarkan anak2 dan istri pertama saya dan ibu saya takut nanti istri kedua saya selingkuh kerena alasan lain suku, pada kenyataannya saya sangat tidak adil kepada istri kedua saya.
yang menjadi pertanyaan saya
1. apakah pesan Alm ibu ke istri pertama saya sebelum meninggal dunia itu harus saya turuti?
2. Apakah saya berbuat dzolim apabila saya menceraikan istri kedua saya yang saya nilai dia dengan tulus melayani saya dan berkat dia juga saya tidak melakukan perbuatan zina diluar sana?

JAWABAN

1. Tidak harus. Karena poligami dibolehkan oleh syariah asalkan adil. Baca detail: Menghindari poligami

2. Menceraikan istri sebaiknya apabila ada sebab. Kalau dia membawa kebaikan maka sebaiknya tidak ditalak. Namun secara hukum menceraikan istri itu boleh. Baca detail: Cerai dalam Islam

DINIKAHKAN OLEH IBU

Assalamualaikum. Saya menikah dengan seorang lelaki sesama muslim sekitar 1 tahun yg lalu. Namun saya menikah tanpa sepengetahuan keluarga saya kecuali Ibu saya dan Ibu saya yang menjadi wali nikah saya, dikarenakan saya adalah anak hasil zina (usia 1 bulan dikandungan) dan tanpa sepengetahuan keluarga dari suami saya bahwa dia telah menikah. Bagaimana sah atau tidak pernikahan saya yg wali hakimnya itu Ibu saya ? Dan ayah biologis saya masih hidup sampai sekrg namun beliau tidak menjadi wali nikah saya. Mohon bantuannya. Terimakasih banyak

JAWABAN

Perempuan tidak boleh menjadi wali nikah atau wali hakim. Jadi, nikahnya tidak sah. Wali hakim atau wali asli harus laki-laki. Baca detail: Pernikahan Islam

Kalau ayah biologis anda menikahi ibu anda pada saat hamil, maka nikahnya sah dan dia juga sah menjadi ayah anda dan sah menjadi wali nikah anda.
Baca detail:
- Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak
- Perkawinan Hamil zina dan Status Anak

PERUSAHAAN EKSPEDISI DARI MODAL RIBA

Assalamualaikum Wr Wb
Ustadz

Sebuah perusahaan leasing dan kredit yang telah berkembang dan memiliki banyak keuntungan merealisasikan memperluas jaringan usahanya, dengan membangun usaha pada bidang Ekspedisi dengan modal hasil Leasing dan kredit

Yang saya tanyakan
Bagaimana hukumnya karyawan yang bekerja diperusahaan Ekspedisi tersebut mengingat modal membangunnya dari bisnis riba
Wassallamualaikum Wr Wb

JAWABAN

Boleh, tidak masalah. Kalau memang perusahaan ekspedisi ini perusahaan halal, maka usahanya adalah halal. Dan gaji yang diterima karyawannya juga halal. Walaupun modalnya sebagian berasal dari riba. Ini pendapat dalam madzha Syafi'i. Baca detail: Hukum harta syubhat

MENGATASI KONFLIK DENGAN IBU

Assalamualaikum..

Saya memiliki permasalahan dengan orangtua saya , yang membuat saya khawatir kalau masalah ini akan membuat hubungan saya dengan orangtua jadi tidak baik lagi atau menjadi duri dalam daging dalam pikiran saya.

Saya wanita berusia 28 tahun. Sejak lulus kuliah, alhamdulillah saya diberi rezeki yang luar biasa nikmatnya dari Allah SWT yaitu pekerjaan. Hingga saat ini saya sudah bekerja selama enam tahun lamanya.

Setiap bulan saya selalu memberikan sebagian dari uang gaji saya kepada orangtua sebagai bentuk rasa syukur saya dengan pendapatan saya dan berharap dengan pemberian saya kepada orangtua menjadi berkah untuk saya.

Pada saat itu ayah saya masih bekerja di perusahaan asing dengan gaji yang sangat besar, sehingga untuk kehidupan sehari-hari bisa dibilang lebih dari cukup dan tidak bergantung kepada siapapun. Namun, sudah satu tahun terakhir ayah saya tidak bekerja lagi, sehingga tidak ada pemasukan lagi untuk orangtua saya.
Saya mempunyai seorang kakak yang merupakan janda dan tidak juga bekerja
serta adik yang masih kuliah.

Semenjak ayah saya berhenti kerja ibu saya sering sekali mengomel di rumah karena masalah uang. Tersirat kalau ibu saya berharap pada saya untuk membantu. Saya pun tau diri, sebagai anak saya punya kewajiban untuk membantu orangtua saya. Tapi kalau saya diharapkan untuk menanggung seluruh kebutuhan keluarga (orangtua, kakak, dan biaya kuliah adik) saya tidak mampu. Pendapatan saya sebulan 12.5 juta, memang cukup besar, tapi misalpun saya setor semua uang gaji saya semua tiap bulan ke orangtua saya, juga tidak akan cukup. Dan saya pun juga punya kebutuhan sendiri yang harus saya cukupi. Selama ini saya berdikari sendiri, saya juga harus memiliki sesuatu sendiri dengan usaha sendiri tanpa orangtua membantu, rumah misalnya.

Dan belakangan ini saya dan ibu saya sering sekali bertengkar karena masalah uang. Saya merasa berapapun yang saya kasih untuk orangtua saya tidak akan pernah cukup untuk ibu saya. Sedangkan saya juga dituntut harus punya apa-apa sendiri karena saya juga baru menikah dan belum punya alat-alat rumah tangga sama sekali
sebenarnya dalam lubuk hati saya, saya ingin sekali 100% ikhlas membantu orangtua saya, tapi ucapan dan tindakan ibu saya sering sekali membuat saya jengkel.

Terkadang saya juga sedikit iri dengan teman teman saya yang bekerja dan orangtuanya tidak membebani anak sama sekali dan ikhlas dengan anak, tidak pamrih.
Tapi saya selalu sadar kalau saya berkewajiban untuk berbakti kepada orangtua, hanya saja selalu pemberian saya ke orangtua dianggap kurang dan kurang. Mungkin ibu saya berharap saya memberikan setidaknya 50% dari gaji saya tiap bulan, akan tetapi saya pun juga punya kebutuhan sendiri ditambah lagi saya baru menikah dan banyak sekali yang perlu saya beli sehingga saya pun harus banyak menabung untuk kehidupan saya selanjutnya.

Masalah ini membuat saya ingin pindah rumah, pisah dari orangtua saya, akan tetapi suami saya bekerja di lokasi tambang sebulan dan hanya off dua minggu dirumah. Sehingga tidak memungkinkan untuk saya tinggal dirumah sendirian dan untuk sementara waktu harus serumah dengan orangtua saya dan pakai barang2 orangtua saya.

1. Apa yang harus saya lakukan supaya saya tidak ada konflik dengan orangtua saya dalam masalah uang?

Saya ingin hubungan saya dan orangtua kembali seperti waktu saya masih kanak-kanak dulu. Begitu tulus, murni dan bahagia.
Terima kasih atas perhatiannya..

Wassalamualikum WR WB..

JAWABAN

1. Konflik dapat terjadi kalau kita sering bertemu dengan orang yang, antara lain, sedang dalam keadaan tertekan secara ekonomi. Seperti yang menimpa ibu anda. Oleh karena itu cara terbaik adalah membatasi terjadinya pertemuan tersebut. Selama anda berada satu rumah dengan keluarga besar, maka sikap ibu anda itu bisa dianggap wajar. Karena kondisi saat ini menjadikan anda sebagai satu-satunya tumpuan ekonomi.

Kalau anda tidak ingin menjadi tumpuan satu-satunya, maka sebaiknya anda tinggal di rumah sendiri. Mungkin dengan menyewa rumah yang lokasinya tidak jauh dari rumah orang tua namun juga tidak terlalu dekat. Pastikan lingkungan rumah itu aman dan kondusif. Apabila tinggal terpisah, maka tentunya ibu tidak akan menekan anda sebegitu besar untuk membantu keuangan keluarga. Mungkin ibu akan beralih ke putrinya yang lain yang saat ini sedang menganggur untuk mencari pekerjaan.

Apapun yang terjadi, tetaplah hormat, membantu dan berbakti pada orang tua sesuai kemampuan kita. Baca detail: Hukum Taat Orang Tua

Memakai barang orang lain tanpa ijin

MEMAKAI BARANG TANPA IJIN

Assalamualaikum Ustad

Pertama tama semoga ustad dan keluarga selalu diberi kesehatan dan
untuk pesantren alkhoirot yang membuka program tanya jawab ini semoga
selalu mendapat rahmat Allah.

Oke saya jelaskan kronologinya ( fokus ke barang yang saya ambil )

Saya punya tetangga ( kos kosan ) selama ini saya kenal orangnya, tapi
beberapa bulan lalu dia tiba tiba pergi dari kos karena diduga lari
nggak bayar uang bulanan kos.

Saya tidak tahu dia pindah kemana, kenal pun hanya sebatas menyapa
saja, nah Sewaktu dia pergi dari kos, penjaga kos membuka paksa
pintunya dan semua barang sudah dia bawa KECUALI Beberapa barang rusak
dan POWERBANK DAN FLASHDISK yang sepertinya sengaja dia tinggal.

Menurut pemikiran saya jika dia sudah meninggalkan barang itu berarti
sudah tidak terpakai oleh dia

JADI INTINYA SAYA MENGAMBIL FLASHDISK DAN KABEL DATA YANG DIA
TINGGALKAN DI KAMAR ITU DAN SAMPAI SAAT INI SAYA MENGGUNAKAN 2 BENDA
ITU.

Kalau orang itu kembali ke kos dan menanyakanke saya barangnya yang
mungkin ketinggalan tentu akan saya berikan, namun Sampai sekarang
orang itu tidak pernah kembali ke kos, itu menguatkan pemikiran saya
bahwa barang itu sengaja dia tinggalkan.

PERTANYAANYA :

1. Bagaimana hukumnya dalam syariat islam atas kejadian saya diatas ?
2. Apakah saya berdosa menggunakanya ?
3, jika berdosa, benda itu harus saya apakan ?
4. Jika berdosa, apa saya bisa diampuni ?

banyak orang menganggap itu biasa saja, tapi saya takut jika perbuatan
ini salah, mohon bimbinganya.

Mohon memberitahu lewat email ini apabila sudah dijawab, makasih ustad,

JAWABAN

1. Menggunakan barang orang tanpa ijin namanya ghasab. Dan ghasab hukumnya haram. Mencuri adalah bagian dari ghasab. Al-Umroni dalam kitab Al-Bayan fi Madzhabi Imam Al-Syafi'i, hlm. 7/7, menyatakan: Ghasab hukumnya haram sebagaimana disebut dalam Quran Surah An-Nisa 4:10 dan 29 (Lihat: di sini!)
Al-Maidah 5:38 (Lihat di sini! )

Dalam sebuah hadits Nabi bersabda: Tidak halal harta seorang muslim kecuali (diberikan) dengan kerelaan hati ( لا يحل مال امرئ مسلم إلا عن طيب نفس منه )
Baca detail: Hukum ghosab

2. Ya.

3. Kembalikan ke tempatnya atau serahkan pada pemilik kos.

4. Bisa diampuni. Tidak ada dosa yang tidak diampuni. Selagi pelakunya masih hidup dan segera bertaubat dengan taubat nasuha. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

NAJIS ANJING

Saya punya teman kerja tinggal serumah tpi lain profesi. Teman saya kerjanya mandikan anjing sedangkan saya dijahitan.

1. Yang saya mau tanyakan apa hukum barang2 yg dia sentuh seperti gayung, ember Dll dikamar mandi, apakah saya juga kena najis anjing apa tidak sedangkan dia tidak sholat dan tidak pernah bersuci sesudah memandikan anjing. mandikan anjingnya diluar tidak didalam kamar mandi. Mohon jawabanya ustadz saya sangat terganggu.

JAWABAN

1. Kalau berpijak pada pandangan madzhab Syafi'i, maka teman anda itu najis karena telah menyentuh benda najis berat yaitu anjing yang dimandikannya. Oleh karena itu, hendaknya anda sebisa mungkin pindah tempat jangan berkumpul dengan dia.

Untuk sementara ini, selama anda diam bersamanya, anda dapat berpijak pada pandangan ulama madzhab Maliki yang menyatakan bahwa anjing tidak najis. Dengan demikian, maka tidak ada yang najis di kamar mandi atau di manapun di rumah yang anda tempati berdua dengannya. Baca detail: Najis dan Cara Menyucikan

BAGAIMANA AGAR TERANGSANG PADA WANITA?

Saya udah kelainan sejak kecil kelas 4 SD. Awalnya nonton film, ada tokoh bapak-bapak yang selalu pake sarung tangan. Beberapa waktu kemudian, saat malam saya sedang melamun, penis saya ereksi sambil membayangkan tokoh tadi. Sejak saat itu saya mengidap fetish dengan pria bersarung tangan itu yang utama, selain itu juga kaos kaki. Saya juga punya kadar sedikit fetish buff / balaklava. Kalau digabungkan, saya fetish sama pria berpenampilan maskulin.

Dulu saya tidak tahu sama sekali kalau yang namanya ereksi itu tanda gairah / ketertarikan seksual. Di buku-buku sekolah nggak dijelaskan langsung. Saya telat menyadari. Pernah saya ejakulasi saat naik kendaraan motor, melihat pria gagah yang bersarung tangan. Mimpi basah saya sejak dulu juga isinya tentang pria bersarung tangan.

Kini saya terlanjur bertahun-tahun sering mengeluarkan sperma. Saya dulu bahkan nggak tahu kalau ini masuk kategori onani. Soalnya dulu yg saya kira onani itu mengocok penis dengan tangan. Tapi bagi saya, tengkurap sambil membayangkan adegan erotis bisa keluar sperma. Kalo di motor tinggal pake celana yang pas (nggak harus ketat) pun asal ada pemicunya bisa keluar sperma.

Setelah bertahun-tahun baru saya sadar pak, setelah saya baca-baca pendidikan seks. Ternyata saya kelainan dan yang saya lakukan itu termasuk onani. Gimana biar saya terangsang sama wanita? Di jalan raya dan dimana-mana saya sering banget nemuin cowok pake pakaian slim fit, terlihat maskulin dan ujung-ujungnya bikin saya nafsu dan akhirnya onani. Saya dah nyoba memalingkan muka pak, tapi kenapa ya.. bayangannya selalu muncul...

JAWABAN

Sebaiknya anda konsultasi ke psikolog/psikiater tentang solusi ketidaknormalan ini. Bahwa anda sekarang menyadari itu tidak normal merupakan permulaan yang baik. Selanjutnya, perbanyak bergaul dengan pria yang normal dan juga dengan wanita. Dan yakinilah bahwa penyakit ini bisa disembuhkan asal ada kemauan kuat dari anda sendiri. Baca detail: http://www.alkhoirot.net/2012/08/cara-mengatasi-homoseksual.html

MIMPI MEMPERKOSA

Assalamualaikum Wr. Wb

saya mau bertanya seputar mimpi yang baru saya alami 2 hari yang lalu.
Malam kemarin saya bermimpi bersetubuh dengan mantan pacar saya, tapi
bisa dikatakan saya memperkosanya karena dalam mimpi itu saya
memaksanya, apakah arti dari mimpi saya itu.
Dan barusan tadi malam saya bermimpi melihat photo pria lain dengan
ukuran besar terpampang dirumah mantan saya yang tadi saya sebutkan,
apakah artinya itu.
Setelah saya bangun dan tidur kembali tiba-tiba saya bermimpi melihat
photo kakak ipar saya bersama dua orang anak laki-lakinya, apakah
maknanya itu.
Itu saja yang ingin saya tanyakan.
Lebih dan kurang saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun.
Terima kasih.
Assalamualaikum Wr. Wb

JAWABAN

Mimpi-mimpi anda tidak maknanya karena ia timbul dari banyaknya pemikiran dan angan-angan anda tentang orang-orang masuk dalam mimpi tersebut. Mimpi baru ada artinya apabila berasal dari bisikan malaikat. Dan mimpi anda tidak termasuk itu. Baca detail: Mimpi dalam Islam

Hukum makan daging monyet untuk obat



MAKAN DAGING MONYET UNTUK OBAT

Assalamu'alaikum Ustadz, Apa hukum makan daging monyet yang tujuannya
untuk pengobatan?

JAWABAN

Apabila darurat maka dibolehkan memakan daging yang diharamkan ataupun perkara yang najis. Darurat dalam arti tidak ada obat lain yang halal yang memiliki kualitas menyembuhkan seperti daging monyet. Namun kalau ada obat lain yang kemujarabannya sama atau bahkan melebihi daging monyet, maka tidak boleh memakannya.


Allah berfirman dalam QS Al-An'am :119
وَقَدْ فَصَّلَ لَكُم مَّا حَرَّمَ عَلَيْكُمْ إِلاَّ مَا اضْطُرِرْتُمْ إِلَيْهِ
(Allah telah menentukan apa yang haram bagim kalian kecuali dalam keadaan terpaksa/darurat).

Izzuddin bin Abdissalam menyatakan:
جاز التداوي بالنجاسات إذا لم يجد طاهراً يقوم مقامها، لأن مصلحة العافية والسلامة أكمل من مصلحة اجتناب النجاسة

Artinya: Boleh berobat dengan perkara najis apabila tidak ada perkara suci yang sama kualitasnya (dalam menyembuhkan). Karena maslahat kesehatan dan keselamatan diri itu lebih didahulukan dari kemaslahatan menjauhi najis.

Imam Nawawi dalam Al-Majmuk menyatakan:
(وأما) التداوي بالنجاسات غير الخمر فهو جائز سواء فيه جميع النجاسات غير المسكر هذا هو المذهب والمنصوص وبه قطع الجمهور وفيه وجه أنه لا يجوز لحديث أم سلمة... وإنما يجوز التداوي بالنجاسة إذا لم يجد طاهراً يقوم مقامها، فإن وجده حرمت النجاسة بلا خلاف، وعليه يحمل حديث: إن الله لم يجعل شفاءكم فيما حرم عليكم. فهو حرام عند وجود غيره، وليس حراماً إذا لم يجد غيره، وإنما يجوز ذلك إذا كان المتداوي عارفاً بالطب يعرف أنه لا يقوم غير هذا مقامه، أو أخبره بذلك طبيب مسلم عدل ويكفى طبيب واحد

Artinya Berobat dengan perkara najis selain khamar itu boleh. Sama saja itu seluruh najis yang tidak memabukkan. Ini adalah mazhab yang manshus (disebut secara teks oleh Imam Syafi'i). Ini juga pendapat jumhur. Ada pendapat yang menyatakan tidak boleh berdasarkan hadis Ummu Salamah.

Baca juga: Makan daging haram tanpa sengaja



HUKUM MENUNDA KEHAMILAN

Assalamualaikum,saya wanita yang baru menikah 4bulanan,umur saya 25tahun.
Saya dan suami sangat ingin punya anak dan kami tidak ada niat untuk menunda kehamilan.Tapi ibu mertua saya bilang kepada saya,bahwa saya tidak boleh punyak anak ,sampai suami saya kerjanya mapan,dan saya disuruh minum obat KB.saya cuman bisa menjawab iya,tapi saya sungguh tidak mau melakukan sesuai permintaan ibu mertua saya.

Beberapa minggu kemudian karena sesuatu hal saya keceplosan curhat ke ibu saya tentang kata kata mertua saya.Dan ibu saya mungkin kawatir,karena ibu saya kerja diluar negeri dan takut kalau nanti saya hamil dan kemudian melahirkan tanpa ada ibu saya,maka tidak ada yang merawat anak saya,karena saya dan suami sama sama sibuk bekerja.Ibu tiba tiba juga melarang saya hamil,dan ibu bilang kepada saya bahwa suruh nurut apa kata mertua saya karena jika saya melahirkan tetap nanti saya dan suami merepotkan mertua saya karena biaya,saya disuruh nurut kata mertua,kata ibu saya kalau orang tua ridho kehidupan saya akan baik baik saja.tapi saya tetap dengan keinginan saya,saya percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur,dan untuk merawat pasti Allah memberi jalan.

Apakah saya salah jika saya tidak menuruti perkataan ibu mertua dan ibu kandung saya?apakah benar jika ibu mertua dan ibu kandung saya tidak ridho atas kehamilan saya,maka kehidupan saya tidak berjalan dengan baik ?saya sangat dilema,saya sangat ingin hamil,tapi kedua orang yang jadi panutan saya belum mengijinkan saya.apakah saya harus menunggu ridho mereka.
Terimakasih pak kyai,semoga saya mendapat jawabannya dari sini.
Terimakasih banyak.

JAWABAN

Sebenarnya hukum menunda kehamilan dibolehkan dalam syariah Islam walaupun makruh tanzih. Baca detail: http://www.alkhoirot.net/2015/04/hukum-kb-keluarga-berencana.html

Namun tidak menunda kehamilan juga baik. Soal perintah mertua dan orang tua dalam soal menunda kehamilan, maka anggap saja itu sebagai opini. Dalam soal ini yang terpenting adalah pendapat dari suami. Kalau suami setuju untuk hamil, maka teruskan. Baca detail: Hak dan Kewajiban Suami Istri

Namun demikian, tetap menjaga komunikasi yang baik dengan orang tua dan mertua. Mohon maaflah pada mereka karena tidak bisa mengikuti saran mereka. InsyaAllah semua akan berjalan dengan baik. Baca detail: Hukum Taat Orang Tua

TALAK

Saya ingin bertanya perihal mengenai status rujuk saya ustadz
Beberapa hari yang lalu saya mentalak 1 istri saya secara sar'i hingga sekarang sudah tujuh belas hari. Dihari ke 15 saya mentalak istri sudah cukup waktu untuk mengintropeksi diri saya sehingga saya mengucapkan lapadz rujuk kepada istri saya tersebut tetapi istri saya tetap tidak mau rujuk di tambah lagi rumah yang kami tempati di tempati oleh keluarganya sehingga saya tidak bisa berkumpul dengan istri dan anak2 saya. Yang menjadi pertanyaan :
1. Adakah dasar hukum talak raj'i saya baik melalui KHI atau agama yang mengatakannya tidak sah....? Karena penolakan istri saya
2. Apa hukumnya bagi keluarganya yang menempati rumah tempat tinggal kami? Sehingga saya dengan istri terhalang untuk serumah.
3. Adakah kewajiban keluarga dalam hal rujuk ini? Karena keluarga istri saya mendukung pendapat istri saya yang tidak setuju untuk rujuk lagi...

JAWABAN

1. Secara agama istri tidak bisa menolak rujuk dari suami selagi rujuknya itu dalam masa iddah. Baca detail: Cerai dalam Islam

Sedangkan kalau menurut KHI (buku pedoman hakim agama) talak belum jatuh karena belum ada keputusan hakim agama. Baca detail: KHI

2. Kalau rumah milik anda sendiri, maka haram bagi orang lain menempati rumah tanpa ijin.

3. Hal ini cuma masalah komunikasi. Coba dikomunikasikan dan dimusyawarahkan dengan mereka semua permasalahannya dan keinginan anda untuk rujuk. Kalau perlu minta bantuan ke orang tua juga. Kalau ini bisa berjalan baik, lain kali berhati-hatilah dalam konflik dengan istri. Jangan gunakan emosi untuk solusi. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga


SUAMI SELALU BIKIN MARAH

Assalamualaikum....

sya mau tanya soal pernikahan, suami saya sllu bkin q mrah dan dia malah selalu nylhin q dan akhirnya suami sya bilang " ya udah sekarang urusin sendiri2, " apa itu udah talak q, dia bilang kaya gitu lewat sms karna suami saya kerjadi kalimantan dan saya tkut klo kata2 itu talak dan bsok klo pulng belom rujuk mlh sdah berhbgan q tkutnya berzina... terimasih wassalamualaikum

JAWABAN

Tidak termasuk talak. Jadi, pernikahan anda berdua masih sah. Baca detail: Cerai dalam Islam

Apalagi itu ucapannya lewat SMS. Baca: Talak via SMS

Wednesday, September 15, 2021

Artikel debat antar agama di internet sebabkan was-was kufur


RAGU AKIDAH ISLAM WAS WAS MURTAD

Assalamualaikum ustadz, saya mau nanya saya sedang kebingungan ustadz karena saya banyak melihat semacam debat lintas agama di internet, ini membuat saya kacau dan terkadang membuat saya ragu akan islam, tetapi saya sadar jika islam dan pengetahuan saya masih sangat lemah, iman saya juga lemah sehingga saya tidak langsung berfikir untuk naudzubillah murtad, karena saya yakin saya harus belajar dulu dan menguatkan iman dulu agar tidak gampang ragu,

yang jadi masalahnya adalah saya masih remaja yang sering mimpi basah dan harus mandi besar setiap setelah mimpi basah dan kalau saya mandi besar saya takut terus dan ragu terus setiap mandi besar karena saya takut jika hati saya yang tak bisa yakin ini akan sia sia mandi besar karena islam saya ditolak karena ragu terus sehingga saya selalu terus menerus syahadat berulang kali sebelum mandi besar, bukan cuma sekali tapi berpuluh hingga beratus kali demi meyakinkan hati saya jika saya benar benar masih muslim dan islam saya tak tertolak,

bagaimana pendapat anda mengenai cara bagi saya untuk mandi besar dengan benar dalam kasus saya, dan bagaimana menghilangkan keraguan saya karena meskipun saya berusaha untuk terus jadi muslim dan harus belajar terus untuk islam, tapi hati saya malah cenderung membuat saya menolak dan meragukan islam ustadz, saya juga sedang sangat sibuk untuk ujian masuk perguruan tinggi negeri sehingga ini malah menghabiskan waktu saya dan membuat doa saya kepada Allah semakin sulit sempurna, saya muak dengan ini pak ustadz, tolong bantuannya

JAWABAN

Bagi yang tahu ajaran Islam yang benar mereka akan berkesimpulan bahwa Islam itu mudah dan sederhana. Itulah ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah yang berakidah Asy'ariyah dan berfikih madzhab empat.

Baca detail Islam Ahlussunnah Wal Jamaah:
- Islam itu mudah
- Toleran pada perbedaan
- Beda tauhid Aswaja dan Wahabi
- Bid'ah baik
- Jihad besar
- Baca semua: Islam Aswaja

Bagi yang berpendapat bahwa Islam itu sulit, maka itu terjadi karena ia membaca bacaan yang salah dari kalangan Wahabi Salafi yg berakidah dg akidah tauhid Ibnu Taimiyah dan konon dalam berfikih "tak bermadzhab".

WAS WAS MURTAD

Kalau anda selalu was was murtad, maka penyebab utamanya adalah karena anda membaca bacaan literatur Islam yang salah. Anda mungkin terlalu banyak membaca artikel di internet atau buku yang ditulis oleh kalangan Wahabi Salafi yang memang mudah memurtadkan dan mengkafirkan orang.

Baca detail Islam garis keras:
- 10 Pembatal Keislaman : Syirik
- 10 Pembatal Keislaman : 3 s/d 10
- Jihad bom bunuh diri
- HTI

Baca detail tentang Was was Murtad
- Mengatasi was-was murtad
- Was-was kufur
- Mengatasi was-was syirik
- Penyebab murtad

TALAK SAAT MARAH BESAR


Assalamualaikum wr.wb

Ustad/ustadzah

Jika seorang suami mengucapkan kata-kata "kita pisah ajalah/pisah ranjang saat suami sedang marah besar sampai melakukan kekerasan dan makian2 histeris terhadap istrinya.apakah jatuh talaknya???

Mohon pencerahannnya ustad/ustadzah.

JAWABAN

ucapan talak yg diucapkan saat marah besar tidak jatuh talak.Baca detail: Cerai dalam Islam
Terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb


assalamualaikum..
pak ustad mau nanya,,,
susatu malam, saya hilaf, posisi saya lagi mabuk, dan tengah malam saya mengantar mie rebus di pacar saya, karena dah jam 2 malam, saya tidak berani pulang, dan akhir nya tidur di rumah yg cewek, tetapi tidak jadi, karena saya disitu kepergok sama ipar pacar saya, saat pelukan dan ciuman, trus lampu mati pintu di tutup, saya sudah mengaku salah pak ustad, ..
nah disitu saya di minta pertanggung jawaban,,, saya mau tanggung jawab (tapi karena terpkasa) dan belum siap,,,

saya juga pernah tidur sama dia, tapi dia tidak sampek hamil pak ustad, karena saya hilaf.
saya sudah mau tnggung jawab, tapi dengn menikah, cuma hanya dapat buku nikah,,
nah keluarga yang cewek, gak setuju, mau nya harus di besarin, pestalah, apalah itu, di ramein lah pokok nya, karena satu satu nya cewek remaja di keluarga nya mereka, tapi
keluarga saya tidak sanggup karena miskin gk punya apa*,,, tetapi mereka tetap aja ngotot, buat di ramein acara nikah nya, sedangkan mempelai yang cewek sudah mau buat nikah cuma dapat buku nikah, karena udah salah, dan kami pun ngelakuin itu sama sma suka pak ustd,,,,

tolong pak ustad saya sendiri harus bage mana,, tolong di balas dengan cepat pak ustd,,,???

JAWABAN

Pertama, anda telah melakukan dosa besar zina dengan pacar anda. Baca detail: Dosa Besar dalam Islam

Dan anda harus segera bertaubat nasuha untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

Kedua, terkait pertanggungjawaban tersebut, lakukan saja yang anda dan keluarga sanggup melakukannya. Yaitu, menikah secara resmi dan mendapat buku nikah serta tercatat di KUA. Baca detail: Pernikahan Islam

Apalagi kesanggupan anda dan keluarga sampai di situ, maka sampaikan pada pihak wanita bahwa kesanggupan anda sampai di situ. Kalau mereka memaksa untuk diramein, maka katakan pada mereka bahwa anda bersedia diramein asal biayanya semua ditanggung pihak perempuan. Jangan lupa ceritakan fakta bahwa anda berasal dari keluarga tidak mampu, dst.

ISTRI MINTA CERAI DI ATAS MATERAI

Assalamualaikum ustd,

Perkenalkan saya ingin meminta arahan tentang perceraian di atas materai.
Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa terjadinya surat penyataan cerai itu karena istri yang meminta ... Di karenakan saya sering mengintai isi hp nya.. sampai" istri saya mengadu kpd kakak"nya... Terjadilah salah faham yg besar,,,karena istri mengadu tidak sesuai dengan faktanya... Dan kakaknya pun marah kpd saya... Lalu saya berdiskusi antara kluarga istri dan saya... Untuk menanyakan kembali kpd sang istri untuk di perjelas ucapannya untuk meminta cerai/pisah... Lalu istri saya mengucapakan ingin pisah saja...

Lalu saya di minta kluarganya untuk membuat surat pernyataan di atas materai... Lalu saya buat surat tersebut.dalam hati saya tidak ada niatan untuk cerai tetapi istri tetap meminta pisah.. lalu saya buat di pihak 1 itu istri yang meminta cerai dan pihak 2 itu saya yang memberi cerai....lalu d bawahnya ada saksi 1 dan saksi 2 ... Saksi pertama itu dari kakak istri dan saksi suami tidak ada ... lalu saya tanda tangan dan istripun juga ... 2 hari berikutnya istri menyesal dengan dengan surat pernyataan itu ustd. Tetapi karena sudah terlanjur di tanda tangan kami tetap pisah rumah ustad.....Apakan dengan sperti itu sudah sah menurut agama islam ustd... Mohon pencerahannya....

JAWABAN

Pernyataan cerai secara tertulis itu hukumnya talak kinayah. Ia baru jatuh talak apabila disertai niat dari suami. Apabila tidak ada niat, maka talak tidak terjadi. Baca detail: Cerai secara Tertulis

Suami ceraikan istri saat haid apakah sah?

CARA RUJUK

Asslm wr.wb
pak ustad, saya istri kedua dari suami saya.. saya mau bertanya, pada saat suami saya marah memuncak dan sampai melakukan kekerasan kemudian mengucapkan kata cerai apa itu sah??

saat itu saya sedang menstruasi, kalau yang pertama dulu dia sudah menarik dan meminta rujuk tapi untuk yang ini beliau belum meminta rujuk.. kejadiannya pada tanggal 24/03/2017.. apa status saya ini sudah bukan istri lagi atau bagaimana?? saya sangat menyayangi suami saya, saya tau kalau semua itu lantaraqn dia sangat marah dan suami saya ini dalam kondisi di bawah pengaruh orang pintar yang di lakukan oleh istri pertama.

Saya selama ini berusaha untuk menyembuhkan dan menyadarkan dia tetapi niat baik saya selalu mendapat balasan yang sangat menyakitkan bahkan dia tidak pernah melaksanakan kewajiban sebagai umat beragama dan sebagai suami.. saya mencari nafkah sendiri dan menghidupi keluarga serta menanggung hutang suami akibat judi.. mohon di bantu solusi dan bagaimana cara rujuk jika memang hal tersebut sah??? terima kasih..
wsslm wr.wb.

JAWABAN

Ada dua pendapat ulama. Salah satunya menyatakan bahwa cerai dalam keadaan marah yang memuncak itu tidak sah. Kalau mengikuti pendapat ini, maka tidak terjadi perceraian yang kedua bagi anda dan suami. Baca detail: Cerai dalam Islam

MIMPI SHALAT DIGANGGU JIN

Assalammualaikum, pak ustad mohon pencerahan. Alhamdulillah saya selama 1 bulan mencoba benar2 menegakkan kewajiban sebagai muslim. Singkatnya td malam sekitar jam 3 dinihari saya salat tahajud dan ditutup witir. Tadinya saya mencoba menunggu datangnya salat subuh. Ternyata saya ketiduran, dan bermimpi sedang salat tapi di ganggu jin. Dalam mimpi itu saya merasakan seperti peperangan dengan jin dalam mendirikan salat yg sempurna sampai kebawa ke dalam hati. Hingga tiba2 saya terbangun dan waktu menunjukan pukul 6 lewat, saya merasa kecewa dengan diri saya tidak dapat menjalankan salat subuh tepat waktu.
Pertanyaannya pak ustad;
1. Apakah ada sesuatu yg salah dalam diri saya?
2. Apakah diterima salat subuh saya?
Terimakasih sebelumnya wassalammualaikum

JAWABAN

1. Islam memerintahkan kita untuk memprioritaskan yang wajib, kemudian disusul dengan yang sunnah kalau kita mampu. Dalam kasus anda, mungkin anda terlalu semangat mengamalkan shalat sunnah sehingga yang wajib, yakni shalat subuh, sampai tertinggal. Mengamalkan shalat sunnah itu baik, tapi melaksanakan shalat subuh itu wajib dan lebih penting. Mungkin ini peringatan dari Allah agar mengatur kembali waktu yang ada dan disesuaikan dengan kemampuan fisik anda dalam soal shalat sunnah. Baca detail: Mimpi dalam Islam

2. Shalat subuh yang tertinggal waktunya tanpa sengaja itu dimaafkan oleh Allah. Dan karena itu, shalat subuh yang dilakukan secara qadha insyaAllah akan diterima Allah.
Baca detail:
- Shalat 5 Waktu
- Qadha shalat

TIDUR SEKAMAR DENGAN WANITA BUKAN MAHRAM

Assalamualaikum wr wb..
Semoga rahmat & ridho Allah SWT selalu menyertai kita aamiin.. salam & taslim kepada rasulullah Muhammad SAW..

Saya mau bertanya ustad.. di rumah saya tinggal bersama orang tua & adik-adik saya serta ada 2 wanita seumuran saya sekitar 20 tahun keatas yang kebetulan numpang di rumah saya sudah bertahun-tahun.. 2 wanita itu sudah saya anggap saudara sendiri..
jadi pertanyaan saya ustad.. saya dan 1 wanita itu sering tidur bersama dikamar karna kebetulan kamar d'rumah saya sedikit jadi 1 wanita itu numpang dikamar saya.. tapi ustad walaupun kami tidur sekamar tapi ranjangnya berbeda.. saya tidur dibawah dia tidur diatas dan pintu kamar, kami buka lebar saat tidur,lampu kamar pun tetap nyala kalau tidur malam.. dan kami tidak lakukan apa-apa,selain cuman sekedar tidur siang atau malam..

jadi pertanyaan saya, apakah yang saya lakukan itu terhitung dosa ustad dalam arti zina...

Mohon penjelasannya ustad agar kami tidak melakukan dosa yang kami tidak ketahui..
sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Wassalamualaikum wr wb..

JAWABAN

Tidur berduaan dalam satu kamar dengan pria bukan mahram hukumnya haram. Bahkan sekedar berduaan dalam satu kamar itu namanya kholwat, dan itu haram dalam Islam. Baca detail: Hukum Kholwat

Kalau melakukan zina maka dosanya dua kali. Yakni dosa karena kholwat itu sendiri, dan dosa karena zina. Baca detail: Dosa Besar dalam Islam

Oleh karena itu, cara hidup anda dan yang lain di rumah tersebut harus dirubah agar sesuai dengan syariat Islam. Antara lain dengan cara pemisahaan laki-laki dan perempuan dari segi tempat tidur dan yang lainnya.

Assmlkm wr wb, semoga Bapak/Ibu berada dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindinganNya, aamiin yrb almn...Perkenalkan Nama saya Zul, barusan saya membaca tulisan Bapak/Ibu dengan judul "Hukum Khalwat dan Percampuran Pria Wanita dalam Islam", saya sudah memcoba memahaminya tapi saya belum bisa mendapat inti sarinya, sedikit ada pertanyaan dan semoga dengan segala kebaikan dan kerendahan hati Bapak/Ibu agar mau membantu menjawabnya.

CAMPUR LAKI-LAKI PEREMPUAN DALAM RUMAH KOS

Pertanyaan saya bagaimana hukumnya kalau kita tinggal satu kos itu campur antara laki-laki dan perempuan? kita tau kalau dikota-kota besar seperti jakarta itu sudah menjadi hal yang biasa, jujur saya yang ingin mencari kosan belakangan ini merasa kesulitan untuk menemukan yang khusus laki-laki dan sesuai dengan budget dan ada disekitar tempat kerja, rata-rata kosannya campur, Saya sangat risih dan belum siap untuk ngekos dalam situasi tersebut walau uang kosannya masih terjangkau. Mudah2an Bapak/Ibu menjelaskannya kepada saya dengan dilengkapi dalil yang ada, sambil menunggu jawaban dari Bapak/Ibu sebelumnya Saya ucapkan terimakasih, Wassalam wr wb

JAWABAN

Usahakan dalam kondisi rumah kos, maka tidak ada percampuran lawan jenis dalam satu kamar.

Kalau sedang melihat tv atau ngobrol di ruang tengah (kalau ada ruang tengahnya), maka usahakan tidak berduaan antara dua lawan jenis. Baca detail: Hukum Kholwat

UANG BEASISWA YANG INFONYA BOHONG, APAKAH HALAL?

Pak ustad saya mau tanya apakah uang yang saya dapatkan halal bila saya dapat beasiswa lalu disuruh mengisi laporan pertanggung jawaban penggunakaan anggaran namun tidak sesuai dengan yang ditulis pada laporan pertanggung jawaban

JAWABAN

Pemberian Beasiswa bertujuan utama untuk membiayai studi seorang pelajar. Kalau tujuan ini tercapai, dalam arti anda memang betul-betul belajar atau kuliah di universitas tersebut, maka beasiswa itu halal. Adapun ada kebohongan dalam pengisian laporan, maka hukumnya bohong adalah haram. Baca detail: Bohong dalam Islam

Namun keharaman dalam berbohong itu tidak mempengaruhi pada kehalalan beasiswa itu sendiri dengan syarat, seperti disebut di atas, uang hasil beasiswa itu betul-betul untuk belajar di tempat anda belajar saat ini. Baca juga: http://www.alkhoirot.net/2012/10/hukum-gaji-pns-yang-diterima-karena-kkn.html

DOA AGAR DISAYANG SUAMI

Assalamualaikum, ustad saya minta doa agar disayang suami dalam huruf latin dan artinya. Saya ucapkan terima kasih banyak sebelumnya. Wassalamualaikum.

JAWABAN

Baca doa di link berikut:
- Baca detail: Doa Agar Disayang
- Doa istri agar disayang suami
- Doa suami agar disayang istri

Hukum mencintai pria beristri


MENCINTAI PRIA BERISTRI

assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ustad..

Sebut saja namaku N aku tinggal di salah satu daerah di kota jakarta umur saya 20 tahun. Kisah ini bermula ketika saya berumur 18 tahun saya bekerja disebuah perusahaan dan kebetulan rekan-rekan kerja saya kebanyakan pria tapi alhamdulillah saya bukan orang yang mudah terpikat dengan rayuan laki-laki kemudian hampir setahun berlalu datanglah salah satu karyawan baru ya seperti biasa seorang laki-laki berusia kurang lebih 30 tahun awalanya saya biasa saja dengan dia, dia memceritakan kehidupannya yang sudah beristri dan memiliki seorang anak laki-laki namun katanya kehidupan rumah tangganya kurang bahagia karna berbagai macam masalah.

Singkat cerita saya dan dia mulai akrab dan saling bertukar kontak sangking akrabnya saya sampai menganggap dia seperti kakak saya sendiri karna dia sering melindungi saya ketika saya diganggu ataupun digodain laki-laki lain diapun mengayomi saya kalau kata orang jawa ngandani agar saya jadi wanita yang lebih baik lagi. lama-kelamaan saya dan dia terlena oleh kedekatan kami hingga akhirnya aku dan dia memutuskan untuk berpacaran tanpa ku hiraukan statusnya yang telah beristri bahkan sangking sayangnya aku padanya pertahananku bobol aku termakan rayuan dan janji-janjinya aku merelakan keperawananku untuknya katanya dia sangat sayang padaku bahkan dia rela meninggalkan istrinya demi saya setelah menyelesaikan semua masalahnya. saat dia berkata begitu saya hanya bisa diam saya bingung mau jawab apa saya sadar betul keputusan menjalin hubungan dengannya adalah sesuatu yang sangat salah karna pasti akan ada banyak orang yang tersakiti dan pastinya mereka semua menyalahkan saya.

Teman-teman saya yang mengetahui hubungan kami sudah memperingatiku mereka bilang aku bodoh karna jatuh cinta pada seorang pria beristri padahal menurut mereka aku adalah orang yang cukup taat pada aturan agama, penampilankupun cukup menarik namun tidak mudah tergoda oleh rayuan laki-laki tapi kenapa sekarang malah memilih mencintai pria yang sudah jelas-jelas berkeluarga apa kamu sudah gila kata mereka. mereka teman-temanku yang sayang padaku bahkan pernah berencana untuk memisahkan kami namun cinta kami terlalu kuat dan sama sekali tidak tergoyahkan dan akhirnya mereka menyerah tidak mau ikut campur urusanku lagi.

Enam bulan kami menjalin hubungan sampai pada akhirnya aku duduk termenung aku berfikir mau sampai kapan kami menjalani hubungan terlarang ini? benarkah hubungan ini akan berakhir bahagia? iya kalau keluarganya dan keluargaku setuju dengan hubungan kami nah kalau tidak bagaimana nasibku? lalu bagaimana nasib anaknya apa aku sejahat itu merebut kebahagiaan seorang anak kecil yang sedang tumbuh dengan ceria-cerianya? kemudian istrinya bagaimana kalau aku diposisinya saat ini mengetahui apa yang sumiku lakukan betapa hancurnya hatiku?. ya ALLAH tanpa sadar aku meneteskan air mata aku sungguh berdosa aku tidak sanggup tuhan.. aku tidak sanngup merebut kebahagiaan siapapun aku tidak sejahat itu. dengan pertimbangan yang sangat panjang dan insya ALLAH aku mantap akan mengakhiri hubunganku dengannya.

Aku mengajaknya bertemu dan ku utarakan semuanya bahwa aku ingin mengakhiri hubungan ini dan tidak ingin ada kontak sama sekali dengannya setelah ini awalnya dia tidak setuju dan memohon agar aku tetep disisinya tapi aku jawab dengan tegas aku sudah tidak sanggup lagi menyakiti siapapun aku tidak sanggup menghancurkan hidupku lebih jauh lagi kemudian aku berlari meninggalkannya yang saat itu sedang menangis dengan ekspresi wajah penuh kecewa. aku tidak sanggup tuhan aku tidak sanggup melihatnya menangis dan akupun tidak sanggup membendung tangisku yang sudah meledak semenjak di perjalanan menuju kerumah {kamipun putus tanpa ada kontak sedikitpun selanjitnya} akupun pindah kerja.

Satu tahun lebih berlalu aku sudah nyaman dengan pekerjaan dan kehidupanku saat ini tanpa memikirkan sedikitpun tentangnya lagi.

tapi tiba-tiba terlintas dalam fikiranku saat ini ustad istrinya tidak pernah tahu hubungan kami dan kesalahan suaminya apakah aku harus memberi tahu istrinya dan meminta maaf padanya atau aku simpan rapat-rapat hubungan terlarang kami ini sampai kapanpun. tapi aku tidak kuat ustad aku punya dosa besar pada seseorang bahkan dia tidak mengenalku sedikitpun rasanya tidak adil kalau aku menyembunyikan semua kesalahan suaminya tapi di sisi lain aku tidak tega melihatnya mengetahui semua ini pasti hatinya hancur berkeping-keping

mohon pencerahannya ya ustad apa yang harus aku lakukan?
terima kasih ustad sebelumnya
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

JAWABAN

Tidak perlu memberitahu istrinya tentang hubungan yang pernah terjadi. Itu akan jauh lebih bagi si istri dan juga bagi anda.

Dari sisi agama itu juga lebih baik, karena merahasiakan dosa masa lalu adalah wajib. Nabi bersabda dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim:

كل أمتي معافى إلا المجاهرين، وإن من المجاهرة أن يعمل الرجل بالليل عملا، ثم يصبح وقد ستره الله، فيقول: يا فلان عملت البارحة كذا وكذا، وقد بات يستره ربه، ويصبح يكشف ستر الله عنه

Artinya: Seluruh umatku diampuni kecuali al-mujahirun (orang yang terang-terangan berbuat dosa), dan termasuk bentuk Mujaharoh (terang-terangan dalam berbuat dosa) adalah seseorang berbuat dosa pada malam hari, kemudian pada pagi hari dosanya telah ditutup oleh Allah, dia berkata: "Wahai fulan semalam aku telah melakukan seperti ini dan ini (menceritakan dosanya)." Allah telah menutupi dosanya di malam hari, tetapi dia membuka kembali dosa yang telah ditutup oleh Allah tersebut.

Anda sudah mengambil langkah yang sangat tepat dengan menghentikan hubungan dosa tersebut. Dua langkah yang perlu anda lakukan saat ini adalah: pertama, bertaubat nasuha. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

Taubat nasuha atas dosa besar yang telah anda lakukan dengan sengaja. Baca detail: Dosa Besar dalam Islam

Kemudian, cobalah mencari jodoh yang baik yang akan membawa kebahagiaan bagi anda dan dia. Baca juga: Cara Memilih Jodoh

Suami pernah selingkuh ldr, istri sulit lupa

SUAMI PERNAH SELINGKUH LDR, ISTRI SULIT LUPA

Selamat siang. Saya R (24). Saya mendapat no.ini dr browsing di internet saking saya Sudah mentok bingung ingin konsultasi masalah rumah tangga saya yg rumit kemana lagi.

Saya dan suami menikah 2 th lalu dan dikaruniai seorang putri berusia 16bulan. Semua pertikaian saya dg suami D (30) bermula sejak januari 2017 lalu saat saya memergoki dia bbman dg adik kelas sma nya selama 2bln (sejak november 2016) dan seorang wanita yg tidak jelas identitasnya yg ia kenal melalui media sosial wechat 3th lalu, dan mereka berhubungan selama 3th itu.

Whatsapp an mereka seperti orang pacaran, sayang2an, berbagi kisah, dsb tapi tidak pernah bertemu. Suami menjelaskan bahwa dia melakukan itu karena kesepian,hanya sebatas itu. Kami memang menjalani hubungan jarak jauh. Saya dirumah orangtua saya dan suami kerja diluar kota pulang seminggu sekali. Keinginannya hanya berkumpul dg anak istri. Suami sudah meminta maaf dan bersumpah tidak aka mengulanginya lagi. Saya sempat pisah ranjang selama sebulan pada Januari-februari lalu kembali lagi dan bertengkar lagi sampai dia memulangkan saya kerumah orangtua saya karena tidak tahan katanya saya mengungkit2 kesalahannya terus. Seminggu kami pisah ranjang lagi lalu berbaikan lagi dan sekarang saya ikut suami ketempat kerjanya bersama anak saya.

Masalahnya, hati saya masih ndongkol sekali dan sesekali saya masih mengungkit masalah tersebut hingga suami marah2 dan seperti biasa memukul saya (tp tidak keras). dia sudah sering kasar sm saya Setiap kali bertengkar tp sy tdk mempermasalahkan itu, mungkin itu memang wataknya. Saya sudah merasakan ketidak tenteraman hati dlm pernikahan ini, masih sangat sulit percaya lagi sama suami. Tapi kalau minta bercerai saya kasihan anak. Apa yg harus saya lakukan?? Atau mungkin ketidaktenangan hati saya petunjuk dari Allah untuk berpisah saja??

JAWABAN

Hidup berumah tangga bisa damai kalau ada kepastian sikap. Anda hanya punya dua pilihan: pertama, tetap mempertahankan rumah tangga dan bisa hidup tenang dengan syarat: lupakan kesalahan masa lalu suami. Apalagi obrolannya dengan wanita lain masih level dunia maya. Kalau betul belum terjadi pertemuan di dunia nyata, maka kesalahan suami anda masih tergolong kecil. Jangan pernah lagi mengungkit-ungkit kesalahan suami. Itu sama dengan mencari penyakit.

Kedua, kalau anda masih sulit melupakan kesalahan, maka meminta cerai itu pilihan satu-satunya. Tapi anda enggan bercerai karena kasihan anak, apabila demikian, maka ambil pilihan pertama dengan segala konsekuensinya: jangan merecoki suami dengan kesalahan masa lalunya. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

MENIKAH SATU ARAH DENGAN KAKAK

Assalamualaikum ustad,saya mau tanya, saya seorang wanita yang punya kakak perempuan,di tempat tinggal kami ada kepercayaan kalau orang di sebelah barat dan timur bengawan tidak boleh menikah kalau tidak ingin sial, dan 2 anak laki"/ perempuan tidak boleh menikah dengan arah yang sama

.kakak saya menikah dengan orang di sebelah barat bengawan, sedangkan saya punya pacar di sebelah barat bengawan juga dan berniat untuk menikah,tapi orang tua saya melarang saya, yang ingin saya tanyakan, apakah dalam Islam ada aturan semacam itu ustad?dan apa yang harus saya lakukan, apakah saya bisa meneruskan hubungan saya atau tidak?terima kasih sebelumnya, wassalam

JAWABAN

Tidak ada aturan semacam itu dalam Islam. Pernikahan yang baik menurut Islam bukan soal searah atau tak searah, tapi fokus pada kualitas agama dan karakter seseorang. Baca juga: Cara Memilih Jodoh

Bahkan, bukan dalam Islam hal semacam itu dianggap percaya ramalan dan itu haram hukumnya. Baca juga: Hukum Percaya Ramalan

Anda tentu bisa meneruskan hubungan tersebut sampai ke pernikahan. Tentu saja harus dikomunikasikan dengan baik dengan orang tua agar mereka juga merestui. Bagaimanapun taat orang tua adalah perintah Allah juga. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua

MENIKAH DENGAN WALI HAKIM

Assalamualaikum pak ust

saya ada beberapa pertanyaan tentang pernikahan, sebelumnya saya akan bercerita.
saya mempunyai pasangan dan sudah berjalin cukup lama, kami pernah melakukan dosa. saya menyesal telah melakukan zina. tapi saat ini kami tidak melakukan zina lagi sudah bertaubat. saya engga ingin menambah dosa yang besar, akhirnya aku meminta kepada pacarku (laki-laki) untuk menikahiku. namun ternyata keluarganya tidak setuju jika menikah untuk saat ini karena sang pacar baru mendapatkan pekerjaan saya juga baru mendapat pekerjaan yang mempunyai peraturan tidak boleh menikah selama 1-2 tahun. Nah kami setuju untuk menikah siri terlebih dahulu. Pertanyaannya.

1. Apakah tidak apa-apa kami menikah diam-diam menunggu sampai setahun? karena masalah pekerjaan, aku takut berbuat lagi.
2. Ayah saya sudah meninggal namun ayah saya memiliki adik laki-laki, kakek pun sudah meninggal. apakah boleh saya menggunakan wali hakim? karena paman sudah membebaskan jika saya menggunakan wali hakim atau paman sendiri.
3. Apakah sah jika saya pakai wali hakim?
Mohon solusinya

JAWABAN

1. Tidak apa-apa.
2. Boleh dengan wali hakim. Baca detail: Wali Hakim dalam Pernikahan
3. Sah. Baca detail: Wali Hakim dalam Pernikahan

HUKUM RAJAH

Assalamualaikum
Saya ingin bertanya, rajah yang saya lampirkan berikut apakah termasuk rajah yang diharamkan atau dihalalkan. Karena rajah tersebut dituliskan oleh orang saleh yang berada di salah satu pesantren yang ada di pandeglang, banten. Yang digunakan untuk tujuan penolak penyakit dan segala jenis penyakit selain itu di gunakan juga untuk mengambil aura baik. Terimaksih sebelumnya.
Wassalamualaikum

JAWABAN

Tidak ada masalah dengan rajah atau jimat menurut ulama Ahlussunnah Wal jamaah selagi dalam isi jimat atau rajah dan proses dalam mendapatkannya tidak ada masalah syariah yang dilanggar. Contoh pelanggaran syariah seperti menginjak Quran atau memuji setan, dst.
Baca detail:
- Hukum jimat
- Pesugihan
- Hukum jimat rajah hizib
- Hukum jimat rajah hizib

Yang melarang secara mutlak adalah kalangan Wahabi Salafi.
Baca detail:
- Jimat menurut wahabi
- Ulama dan ajaran Wahabi

BERBEDA PENDAPAT DENGAN ORANG TUA

Assalamu'alaikum

Pak ustadz, saya ingin bertanya mengenai hukum berbeda pendapat dengan orang tua.

misal, saya setelah menikah ingin memutuskan untuk tinggal di rumah mertua, dengan alasan keluarga mertua sudah banyak membantu keluarga saya dalam masalah ekonomi. namun ayah saya menginginkan saya tinggal di dekat beliau.
tapi waktu saya kemukakan alasan saya (sebagai balas budi kebaikan keluarga mertua ke keluarga kita) maka ayah saya tidak menyalahkan alasan saya. pada dasarnya orang tua saya mengizinkan walaupun sebenarnya menginginkan saya dekat dengan mereka berdua.

1. apakah saya salah karena telah berbeda pendapat?
2. apakah saya sudah masuk mendurhakai orang tua?
3. apa batasan birrul walidayni?

terimakasih

JAWABAN

1. Tidak salah. Perbedaan dalam kasus anda bisa ditolerir.
2. Tidak termasuk, karena toh anda telah mendapatkan ijin mereka.
3. Batasannya adalah berbakti, taat dan tidak menyakiti hati. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua


Tuesday, September 14, 2021

Hukum komisi jual beli pulsa

DAPAT KOMISI JUAL BELI PULSA

Assalaamu'alaykum. Maaf pak, saya yono. Mau tanya pak, halal atau haram pekerjaan ini :

Pertama : Saya agen pulsa dari suatu Distributor, saya mencari konter yang mau ikut membeli saldo pulsa ke distributor saya, pekerjaan saya cuma mendaftarkan saja, setelah konter tersebut (sebut konter A) telah saya daftarkan (gratis, dan tidak ada syarat yg memberatkan), maka nantinya pada saat konter tersebut melakukan penjualan pulsa maka otomatis saya medapat untung Rp.100 (per transaksi penjualan pulsa). Sebelum menjual pulsa, konter A tersebut membeli saldo pulsa langsung ke distributor saya (biasanya via transfer bank), yaitu tanpa melalui saya, tetapi saya tetap mendapat keuntungan Rp. 100 per transaksi (dari setiap konter A tersebut mejual pulsa). Keuntungan masuk otomatis ke saldo pulsa saya. Jadi sya kerja nya hanya sekali saja yaitu saat mencari konter yg mau belanja saldo ke distributor saya, dan mengajari cara transaksi, itu aja, setelah itu saya mendapat keuntungan terus menerus.

Yg jadi pikiran saya, saya kerja cuma sekali tapi keuntungan nya terus menerus. Mugkin bisa dibilang PASSIVE INCOME. Mohon jawabannya pak.

Kedua : Jika pekerjaan Pertama tersebut diatas adalah HALAL, bagaimana jika konter yg saya daftarkan tersebut (sebut konter A) juga mencari orang atau konter lain (sebut konter B) untuk mau ikut belanja saldo pulsa ke distributor saya, kemudian konter A berhasil mendaftarkan konter B, maka konter A mendapatkan keuntungan Rp. 100 dari setiap transaksi nya si konter B, begitu juga dengan saya yaitu mendapatkan Rp.100 dari setiap transaksi nya si konter B padahal bukan saya yang mendaftarkan konter B, nah pertanyaan saya pak apakah HALAL keuntungan yg saya dapatkan dari transaksi nya si konter B ? Padahal saya tidak bekerja apa-apa atas pendaftaran konter B. Terima kasih pak. Wassalaamu'alaykum.

JAWABAN

Pertama, tidak masalah. Itu boleh dalam Islam. Itu semacam uang jasa yang disepakati oleh dan tidak merugikan pada pihak pertama (Distributor) dan tidak merugikan pada pihak ketiga (si A). Ini bisa dikategorikan sebagai simsarah (makelar). Lihat: Simsarah dalam Islam http://www.alkhoirot.net/2014/12/hukum-uang-komisi.html#2

Kedua, juga tidak masalah. Hukumnya halal. Dalam bisnis Islam, pada prinsipnya semua model bisnis dibolehkan asalkan bukan penipuan, bukan riba dan bukan jualan barang haram. Baca detail: Bisnis dalam Islam

WARISAN PENINGGALAN NENEK, SIAPA PALING BERHAK?

Assalamualaikum.
Selamat malam tim admin

Perkenalkan, saya fhirda. Saya ingin bertanya tentang pembagian harta yg sah menurut agama islam dan hukum negara kita.

Saya memiliki nenek (bukan kandung beliau kakak dari nenek kandung saya) beliau meninggal 5 april lalu.
Suaminya telah meninggal di tahun 2005. Lalu beliau menikah dengan seorang duda sekitar tahun 2015 (duda tersebut tidak membawa harta sepeserpun saat menikah dengan nenek saya bahkan sampai saat ini hanya mengandalkan uang nenek saya sepeninggal suami nenek yang dulu). Saat ini hartanya sedang jadi perebutan dari banyak pihak yang semuanya merasa menjadi paling berhak.

1.Nenek memiliki 5 saudara diantaranya 2 laki-laki(sudah meninggal) 3 perempuan (2 orang sudah meninggal? Jadi saat ini hanya 1 saudara permpuan yg masih hidup.

2. Anak tiri laki-laki.. dari suami pertama yg telah meninggal. (Anak laki-laki tersebut sebelum kakek meninggal telah diberikan warisannya 1 bidang tanah & rumah bahkan lebih besar jumlahnya dari punya nenek saya)jadi tahun 2008 harta yg tertulis nama kakek saya (tahun 1992) telah diganti dan dibagi dua. 1 untuk anaknya sisanya untuk istrinya (nenek saya) semua setuju dan ditandatangani.. di tahun.2008

3. Anak angkat. Karena nenek saya tidak punya keturunan beliau mengambil 2 anak dari adiknya yaitu mama & bude saya.

Pertanyaan:
1. Siapa yg paling berhak?
2. Berapa prosentasenya?
3. Surat tahun 1992 & 2008 mana yang berlaku. ( karena anak tirinya merasa harus mendapatkan bagiannya lagi karena sblmnya tanah milik ayahnya berdasarkan surat tahun 1992)

Terimakasih sebelumnya.. jawaban tim admin sangat saya tunggu agar menjadi perdamaian diantara kami.

Wasalamualaikum.

JAWABAN

1+2. Dalam kasus di atas, ahli warisnya adalah sbb:
(a) suami terakhir mendapat 1/2
(b) saudara kandung perempuan mendapat 1/2

Adapun anak angkat tidak mendapat warisan apapun.
Baca detail: Hukum Waris Islam

3. Soal itu silahkan tanya ke aparat desa setempat.

BEKERJA DI BANK KONVENSIONAL

maaf mau bertanya hukum kerja di bank bagaimana? setelah baca2 sy sangat yakin bank penuh dengan riba,tetapi sy msh memiliki ikatan dinas 2 thn lg jika keluar ada denda,dan sy msh memiliki pinjaman karyawan yg harus dilunasi,bagaimana menyikapi nya?apakah tdk apa2 sy tetap bekerja sampai ikatan dinas selesai dan sampai bs menutup hutang dll

JAWABAN

Ulama berbeda pendapat tentang bank antara haram dan halal. Bagi yang mengharamkan, maka kerja di sana juga haram (kecuali di bagian yang tidak terkait kredit). Bagi yang menghalalkan, maka bekerja di bank adalah halal secara mutlak.
Baca detail: Hukum Bank Konvensional

WARISAN UNTUK 2 ANAK KANDUNG

Assalamualaikum Wr. Wb.

Suami (kakek) dan Istri (nenek).
Memiliki 4 orang anak (2 orang laki2 & 2 orang perempuan).

Thn.2012 salah satu anak laki2 meninggal dan meninggalkan 1 orang istri dan 2 anak (1 laki2 & 1 perempuan).

Thn.2014 kakek meninggal.
Thn.2015 nenek meninggal.

Harta waris yang ditinggalkan kakek dan nenek sebesar 500 juta rp.

Pertanyaannya :

1.Siapa saja ahli waris dr kakek dan nenek?
2.Berapa bagian hak masing2 ahli waris?

JAWABAN

1. Yang menjadi ahli waris dalam kasus di atas adalah tiga anak kandung yakni 1 anak laki-laki dan 2 anak perempuan yang masih hidup. Sedangkan 1 anak lelaki yang meninggal lebih dulu tidak mendapat warisan. Begitu juga anak dan istrinya tidak mendapat warisan karena terhalang adanya anak kandung.

2. 1 anak lelaki mendapat bagian 2/4, sedangkan kedua anak perempuan masing-masing mendapat bagian 1/4 Baca detail: Hukum Waris Islam

Shalat jumat dengan 11 orang apakah sah?

SHALAT JUMAT DENGAN 11 ORANG

As-salāmu ʿalaykum

Saya mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang bermukim di Belanda. Seperti kita ketahui, Belanda adalah salah satu negara di Eropa yang notabene pemeluk agama islam adalah kaum minoritas. Belanda, dan negara Eropa lain, secara geografis terletak jauh di sebelah utara garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan waktu siang dan malam yang selalu berubah setiap hari. Sebagai gambaran, di musim dingin waktu siang sekitar 7 jam, sedangkan waktu malam bisa mencapai 17 jam. Sebaliknya, di waktu musim panas, waktu siang mencapai 17 jam, waktu malam hanya 7 jam. Perubahan waktu siang dan malam ini tentunya juag berpengaruh terhadap waktu pelaksanaan sholat 5 waktu.

Terkait kedua hal ini, saya ingin menyampaikan pertanyaan. Sekitar bulan April, matahari terbit pukul 7.00 pagi dan tenggelam pukul 21.00. sholat Dzuhur sekitar pukul 14.00 dan sholat Asar pukul 17.45. sebagai mahasiswa, ada salah satu hari jumat di bulan April di mana saya harus menempuh ujian. Apabila saya tidak lulus ujian tersebut, maka akan menunda kelulusan studi saya dan berdampak ke beasiswa saya. Ujian tersebut dimulai pukul 13.30 sampai 16.30.

1. Pertnyaan saya, apakah saya bisa mengerjakan sholat Jumat setelah ujian sampai sebelum waktu asar ( antara pukul 16.30 sampai 17.45) ? Jumlah mahasiswa muslim yang bisa dikumpulkan sekitar 11 orang, apakah saya bisa membuat jamaah Jumat baru dengan jumlah tersebut?

2. Apakah kondisi saya tersebut bisa dikategorikan mendapat keringanan untuk meninggalkan sholat Jumat? Sebagai hgambaran, sholat Jumat di sini biasanya dimulai pukul 14.00 dan selesai pukul 14.30.

JAWABAN

1. Pada prinsipnya, shalat Jumat boleh dilaksanakan saat waktu shalat zhuhur masih ada. Adapun pelaksanaan shalat Jumat yang hanya diikuti oleh 11 orang itu tidak boleh dalam madzhab Syafi'i dan Hanbali yang mensyaratkan minimal 40 orang penduduk asli.

Namun dalam madzhab yang lain seperti madzhab Hanafi dibolehkan anggota jamaah shalat Jumat terdiri dari 3 orang ditambah Imam shalat. Ibnu Abidin (ulama madzhab Hanafi) dalam Raddul Mukhtar menyatakan:
(و) السادس: (الجماعة) وأقلها ثلاثة رجال (ولو غير الثلاثة الذين حضروا) الخطبة (سوى الإمام) بالنص لأنه لا بد من الذاكر وهو الخطيب وثلاثة سواه بنص- {فاسعوا إلى ذكر الله}، ومستندهم الحديث: "الجمعة واجبة علي كل قرية وان لم يكن فيها إلا أربعة

Artinya: (Syarat Jumat) keenam adalah berjamaah. Paling sedikit 3 orang laki-laki walaupun selain tiga orang yang menghadiri khutbah selain imam... berdasarkan pada hadits "Jumat itu wajib dilakukan pada setiap desa walaupun hanya ada empat orang."

Sedangkan madzhab Maliki mensyaratkan 12 orang jamaah yang berasal dari penduduk asli ditambah imam.

2. Ujian tidak bisa dibuat sebagai keringanan meninggalkan ibadah shalat Jumat. Namun kalau faktanya anda tidak shalat jumat, maka harus diganti dengan shalat zhuhur. Yang bisa dibuat keringanan adalah apabila dalam keadaan musafir atau sakit.

Baca detail
- Shalat jumat 4 madzhab:
- Panduan shalat jumat
- Shalat jumat di tempat lain desa
- Musafir jadi imam dan khatib
- Hukum salat zhuhur setelah shalat Jumat

PERKAWINAN HAMIL ZINA

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu

1. Hukum Perkawinan Setelah Hamil karena Zina apakah pernikahannya sah atau tidak. 2. Dan haruskah menikah lagi setelah anak yang dalam kandungan lahir?
3. Dan bagaimana status nasab dari anak tersebut?

saya menikah dengan istri sudah sudah cukup lama, beberapa waktu yang lalu isteri saya mendengar kan ceramah mamah dedeh yang jelas mengharamkan dan mengatakan tidak syah pernikahannya setelah hamil , saya jadi kepikiran? bagaimana dengan pernikahan kami? sedangkan usia pernikahan kami sudah cukup lama , apakah selama ini kami masih berzina ? bagaimana ya pak uStadz?
terima kasih

JAWABAN

1. Nikah hamil zina hukumnya sah menurut madzhab Syafi'i dan Hanafi. Pandangan Mama Dedeh itu berdasarkan pendapat madzhab Hanbali dan Maliki. Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

2. Tidak perlu menikah lagi, karena nikahnya sudah sah.

3. Nasab tetap ke pria yang menikahi perempuan itu siapapun dia: apakah ayah biologis atau bukan. Baca detail: Perkawinan Hamil zina dan Status Anak


HUKUM HIPNOTERAPI

Assalamualaikum... Ustadz mau bertanya tentang HUKUM HIPNO-TETAPI. Sebelum saya bertanya, izin kan saya menjelaskan sedikit tentang hipnoterapi ini.

Psikoterapi ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit mental, psikis maupun penyakit fisik.

Contoh orang yang kebiasaan merokok atau kecanduan narkotika, dengan kemoterapi bisa sembuh (tentunya dengan izin Allah).

Orang yang saling bermusuhan dan tidak mau baikan maka dengan kemoterapi mereka bisa baikan. Jenis masalah seperti ini dalam dunia kemoterapi masuk pada "merubah pikiran".

Kemampuan manusia dalam menentukan keputusan dan juga pemaknaan terhadap suatu informasi akan merujuk pada suatu informasi yang pernah ada yang tersimpan di dalam memorinya. Itulah sebabnya bila ada kejadian tertentu maka dengan sendirinya manusia akan mengaitkan atau menghubung-hubungkan peristiwa tersebut dengan nilai-nilai yang telah tersimpan tersebut.

Itulah mengapa saat seseorang mengatakan tidak/iya atau benar/salah dan lain-lainnya, bisa jadi hal tersebut bersifat sementara atau masih bisa dirubah atau hal yang bersifat “rasional” masih bisa berubah. Untuk dapat merubah hal tersebut dapat ditempuh dalam dua cara, salah satu cara yang mudah untuk diaplikasikan, yaitu dengan memperluas “map” atau realitas internal yang dimiliki oleh seseorang.

Map atau realitas internal ini merupakan sekumpulan informasi yang telah ada dan tersimpan di dalam benak (pikiran bawah sadar) manusia. Kembali pada penjelasan di atas, pada saat manusia mengambil suatu keputusan bisa jadi itu berawal dari informasi yang sudah ada di dalam memorinya. Maka penting bagi kita sebelum merubah jalan pikiran orang lain adalah dengan mencari tahu apa dan bagaimana orang tersebut melihat/memandang suatu hal yang ada pada saat ini.

Jika telah kita ketahui maka tinggal kita perluas map nya dengan memberikan informasi-informasi yang merupakan fakta. Dari tahapan ini saja pemahaman orang tersebut dapat mulai berubah, yang semula tidak bisa jadi menjadi iya, dan begitu juga sebaliknya.

Memperluas map dalam penjelasan yang sederhana adalah dengan memberikan informasi (data) mengenai suatu hal tertentu yang merupakan fakta. Luaskan pemahamannya dan kita akan lebih mudah mendapatkan jawaban dari orang tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Itulah sedikit penjelasan dari HIPNOTERAPI.

PERTANYAAN SAYA ADALAH:

1. Bolehkah hipnoterapi digunakan untuk mencari jodoh?
Membuka pikiran calon pasangan agar mau menerima (seperti yang saya jelaskan diatas)

2. Bolehkah hipnoterapi digunakan untuk menjaring relasi bisnis?
Membuka pikiran calon relasi agar mau bekerjasama (seperti yang saya jelaskan diatas)

3. Bolehkah hipnoterapi digunakan untuk pengobatan baik mental maupun fisik?


Demikian pertanyaan saya.

Wassalam...

JAWABAN

1. Hukum asal dari hipnoterapi adalah boleh. Dan kebolehan itu bisa berubah menjadi haram apabila dipakai untuk masalah haram dan bisa berubah menjadi sunnah (berpahala) apabila digunakan untuk masalah kebaikan.
Baca detail:
- Hukum hipnoterapi
- Apa hipnoterapi itu? (Arab)

Tentang apakah dapat dipakai untuk mencari jodoh, maka dirinci: apabila metode ini dipakai betul-betul untuk membuat perempuan itu mau dinikah secara syari'i, dan faktanya anda menikahinya setelah dia menerima, maka boleh. Sedangkan apabila dipakai untuk mempermainkan wanita, bukan untuk dinikah, maka haram. Apalagi kalau sampai terjadi zina.
Baca detail:
- Pernikahan Islam
- Hukum Kholwat
- Dosa Besar dalam Islam

2. Boleh dengan syarat bisnis yang anda lakukan itu halal dan kompetitif. Sehingga orang memilih anda sebagai mitra bisnis karena kualitas produk, bukan karena kekurangan akal sehat.

3. Boleh.
Baca detail:
- Hukum hipnoterapi
- Apa hipnoterapi itu? (Arab)

Hukum dana sisa kepanitiaan, halal atau haram?

HUKUM DANA SISA KEPANITIAAN, SYUBHAT?

Assalamu'alaikum

pak ustadz saya ingin menanyakan bagaimana hukum uang sisa dana kepanitiaan? even/kegiatan..?

misal, saya di percaya sebagai ketua panitia dalam kegiatan donor darah/lomba 17 agustus/even yg lainnya.. kemudian, sehubungan saya seorang karyawan maka dana saya minta kepada perusahaan, lalu setelah selesai kegiatan ada sisa dana.

1. apa hukum sisa dana terseut?
2. bolehkah di bagi-bagi untuk panitia? seperti pengganti uang lelah..

terimakaish

JAWABAN

1. Hukumnya tergantung dari perjanjian yang anda buat antara anda dan perusahaan yang memberikan dana tersebut. Baca detail: Bisnis dalam Islam

2. Kalau oleh pihak perusahaan, melalui manajer terkait, memberikan kebebasan pada anda terkait kelebihan dana, maka hukumnya halal. Kalau tidak ada penjelasan, maka sebaiknya anda bertanya pada pihak terkait tentang dana lebih tersebut tentang boleh tidaknya digunakan untuk apapun. Kalau boleh berarti halal, demikian juga kalau harus dikembalikan, maka harus dikembalikan.

Ini berbeda kasusnya apabila anda berstatus sebagai pemborong/konsultan atau event organiser. Maka kelebihan dana itu menjadi keuntungan bagi anda dan secara otomatis boleh digunakan untuk apapun serta tak perlu dikembalikan. Baca detail: Bisnis dalam Islam

ISTRI SULIT DINASIHATI

Asslmlkm.Ketika saya mengajarkan istri untuk shalat.mengingatkan kewajiban kewajiban istri tapi istri selalu membangkang.yang selalu di melontarkan kata2 nya seperti ini" kamu mau ngajarin aku shalat sedangkan kamu ajah shalat masih bolong2 " lebih nurut perkataan orang lain ketimbang suaminya sendiri.mencela suami ketika suami berbuat salah.menuntut suami untuk sempurna terlebih dulu baru istri mau mendengarkan kata2 suami.mohon pencerahan nya ustadz.trimksh

JAWABAN

Apa yang dikatakan istri terkait shalat suami "yang bolong-bolong" kalau itu benar, maka tentunya kesalahan tidak hanya pada istri yang jarang shalat tapi juga pada suami. Allah menganjurkan agar kita memberi nasihat dan beramar makruf secara hikmah. Termasuk hikmah adalah mulailah dari diri dulu sebelum menasihati orang lain. Termasuk pada istri. Kalau anda shalat masih belum lengkap 5 kali sehari, maka akan sulit perkataan anda untuk dituruti istri untuk hal yang sama. Kalau anda perokok, maka akan sulit melarang anak untuk tidak merokok. Ini aturan dasar dalam memberi nasihat.

Kalau anda serius untuk memperbaiki situasi rumah tangga yang mulai kurang harmonis, maka mulailah dengan perubahan yang drastis dan serius dari diri sendiri. Jadilah orang yang baik dan jaga disiplin dengan kebaikan itu. Setelah itu, mulailah menasihati istri dan bersikaplah tegas padanya. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

DOSA YANG TERUS DIULANG, APA DITERIMA TAUBATNYA?

Assalamualaikum ustadz.
Saya mau tanya apakah jika kita sudah taubat dan kemudian berbuat dosa kembali kemudian taubat lagi Allah mau mengampuni dosa kita? Saya terus seperti itu ustadaz padahal saya sudah taubat tetapi karena hawa nafsu saya mengulangi perbuatan dosa saya kemudian saya taubat lagi tapi ketika hawa nafsu saya datang saya mengulangi perbuatan dosa saya lagi. Apakah Allah akan marah ustadz karena saya seperti ini? Apakah perbuatan saya yang seperti itu termasuk mempermainkan Allah? Tapi saya tidak bermaksud seperti itu ustadz, saya benar benar ingin memperbaiki diri saya ustadz tapi saya masih sulit lepas dari dosa saya yang dulu terutama ketika dosa itu datang pada saya maka saya cenderung melakukannya lagi meskipun saya sudah bertaubat. Tolong solusinya ustadz. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

JAWABAN

Kalau taubatnya betul-betul dilakukan dengan sepenuh hati, dengan segala tahapan dan prosesnya lalu suatu ketika khilaf lagi dan mengulangi lagi, maka insyaAllah taubat anda diterima. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

PURA-PURA MAU MENINGGALKAN ISTRI, APAKAH TERMASUK TALAK?

Assalamualaikum pak ustadz

Nama saya Yusuf , saya sudah berkeluarga , dan saya tinggal dirumah mertua.
Pada waktu itu saya pernah bertengkar dengan istri saya , dan saya sangat emosi ,lalu saya berpura ² ingin pulang ke rumah orang tua saya (ingin pergi meninggalkan dia dan anak²) tp itu hanya berpura² saja.
Ketika itu istri saya melarang untuk pergi , dan akhirnya kami kembali rujuk ,
Pertanyaan saya adalah , apakah pernikahan kami masih sah/halal.
Tks..
Wassalamu'alaikum wr wb

JAWABAN

Sikap anda itu tidak termasuk ungkapan talak. Karena itu,pernikahan anda masih sah dan istri anda masih halal. Baca detail: Cerai dalam Islam

MENIKAHI JANDA BERANAK, DALAM IJAB QOBUL DISEBUT PERAWAN

Assalamualaikum..
Maaf sebelumnya.
Apakah hukumya dalam islam, apabila menikahi perempuan yang sudah memiliki anak, dalam ijab qobul dinyatakan oleh orang tuanya, juga hakim pernikahan sebagai perawan..

Pernah saat prndekatan dia(perempuan) pernah saya tanya, dia mengaku pernah bersuami, setelah pernikahan dia di tinggal pergi oleh suaminya.

Saat pernikahan kedua, dia sedang hamil.
Apakah pernikahan itu sah..??
Apakah dalam ijab qobul itu sah, jika wali menyatakan dalam ijab qobul tersebut bahwa perempuan itu perawan. Sedang dia sdh memiliki anak..??

Mohon pencerahannya..

JAWABAN

JAWABAN

1. Kalau hamilnya karena zina, maka nikahnya sah. Baca detail: Perkawinan Hamil zina dan Status Anak


Tapi kalau hamilnya karena cerai dengan suami yang sah, maka nikah
kedua tidak sah karena dia sedang dalam masa iddah. Baca detail: Pernikahan
Islam


2. Nikahnya sah, asal terpenuhi syarat dan rukun nikahnya yaitu ada
dua saksi, ada wali nikah dan ada ijab kabul. Baca detail: Pernikahan
Islam


Namun bohongnya itu dosa walaupun itu tidak berpengaruh pada keabsahan
nikah. Baca detail: Bohong
dalam Islam


Kalau suami kecewa atas kebohongan yang terjadi, maka dia bisa
menceraikan istrinya tersebut. Baca detail: Cerai
dalam Islam


SUAMI HIDUP DENGAN DUNIANYA SENDIRI

Assalamualaikum Wr.Wb
Terima kasih telah berkenan membuka email dari saya.

Saya wanita 23Tahun,dan saat ini sedang hamil 6bln.
Suami saya sibuk bekerja,sering luar kota dan selalu mengatakan"ini kerja buat siapa"

Sedangkan nafkah yg diberikan tidak cukup,mungkin hanya cukup untuk keperluan kehamilan saya,sekedar biaya kontrol, vitamin dan susu.

Ketika saya bilang uang habis,beliau selalu menjawab "lagi gak ada uang,blm gajian"sedang saya tahu betul bahwa beliau punya uang.untuk segala urusan rumah tangga saya urus sendiri,mungkin sesekali beliau membantu,karena sangat jarang beliau dirumah.pernikahan kami terjadi tanpa resepsi,sehingga hanya sebagian kecil teman nya yg mengerti bahwa beliau telah menikah.bahkan terkesan saya adalah istri yg dirahasiakan.pernah saya menangis dan mengatakan bahwa saya ingin seperti wanita lainnya.namun,bukan pengertian yg saya dapat.justru suami saya bilang"orang kok gak pernah bersyukur,udah bagus dinikahi,dinafkahi(kadang kalau blg menafkahi beliau tdk sadar kalau msh kurang)dijaga,cpk2 kerja lo buat siapa?"sehingga saya langsung diam.

Saya bingung,saya harus bagaimana?sedangkan duduk bersama pun tdk menyelesaikan masalah.selama ini saya menutupi kekurangan biaya seperti makan saya sendiri dari bekerja.

Saat ini saya juga dilanda kebingungan mengenai kelangsungan hidup anak saya nanti,jika segalanya dianggap gampang..saya takut melahirkan sendirian (karena jauh dr org tua) saya takut selama saya cuti kerja nanti beliau msh tdk faham dengan kebutuhan

Mohon sarannya.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb

JAWABAN

Dalam menghadapi suami pelit dan kurang peduli pada istri, maka apa yang harus dilakukan istri adalah berusaha sabar, tabah dan menunjukkan sikap yang terbaik. Antara lain, berusaha tidak mengeluhkan hal itu pada suami. Namun berusaha mengelola apa yang ada seefektif dam seefisien mungkin. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

Kalau sikap anda tidak mendapat balasan setimpal darinya, dan anda merasa tidak tahan, maka secara negara dan agama dibolehkan untuk meminta cerai karena tidak cukup menafkahi. Baca detail: Cerai dalam Islam

Hukum menerima beasiswa dobel

MENERIMA BEASISWA DOBEL

Assalamualaikum pak ustad mau tanya apa hukumnya bila ingin mengurus 2 beasiswa untuk beasiswa yang pertama pengumumannya masih tahun depan sedangkan beasiswa yang ke dua meminta surat keterangan tidak sedang mendapatkan beasiswa dari mana pun

JAWABAN

Kalau saat ini memang belum menerima beasiswa dari manapun, maka katakan terus terang kalau belum menerima beasiswa dari manapun. Namun kalau anda sudah menerima beasiswa dari salah satu pemberi beasiswa, maka sebaiknya mengundurkan diri dari salah satunya. Ambil satu beasiswa saja untuk memberi kesempatan pada siswa lain yang menginginkannya. Karena itu hak mereka. Jangan belajar tamak sejak di bangku sekolah/kuliah. Baca detail: Dosa Besar dalam Islam

KEWAJIBAN BERBAKTI PEREMPUAN SETELAH MENIKAH: PADA SUAMI ATAU ORANG TUA?

Assalamualaikum wr. wb.

Ust. Sy wanita berumur 22 th. Saya baru akan wisuda di sebuah universitas insyaa allah Bulan Mei 2017 ini. Ada pria usia 28th sudah memiliki pekerjaan di perusahaan swasta ttp masih blm memiliki rumah dan mobil masih menyicil.. dia bilang akan melamar saya stlh saya wisuda kalau memang berjodoh mungkin inginnya menikah pd September th 2017 ini.. tp karna org tua sy bercerai dan sy skrg tgl dgn ibu saya yang telah menikah sirri dengan suaminya, ayah saya telah menikah lagi juga.. ada beberapa hal yg membuat saya bingung.

1. Pria ini ank pertama dan pria satu2 nya dari 2 bersaudara, adik nya wanita sdh menikah dn memiliki 3 anak. Dia adalah pria yg penuh tanggung jwb, ttp saya cemas dia tdk bisa membagi waktu harta tenaga dan kasih sayang yg dia miliki kepada kelurganya dan keluarga kecil yg akan dibina nanti. Bgmn pendapat ust?

2. Sy adlh ank kedua, kaka sy pria dn sudah menikah. Tetapi sy mau tanya, apakah anak wanita setelah menikah tidak wajib berbakti kpd kedua org tuanya?

3. Sy diminta oleh ibu sy utk membahagiakan org tua, dan tdk boleh menikah dulu. Alasannya selain itu adalah "supaya tidak di remehkan oleh mertua dan bisa membantu org tua" selain itu juga alasan sprti jgn terburu buru dan perlu persiapan ilmu yg cukup utk berumah tangga diutarakannya. Sy jadi ragu utk menikah ust. Bgmn tanggapan nya?

4. Menanggapi pria yg berniat menikahi saya tahun ini karena usianya yg sudah matang, sy insya allah merasa yakin walaupun tidak 100%, krn msh bnyk pertimbangan. Apa sy hrs cari kerja dulu baru menikah atau menikah dulu sambil mencari kerjaan. Jujur saya ingin mengikuti org tua dan ingin juga menuruti permintaan pria ini utk menikah krn sy tdk mau trlalu lama. Rencana nya beberapa minggu kedepan dia akan melamar ke rumah ayh saya. Bgmn pndapat ust?
Mohon jawabannya ust, sebelumnya terima kasih.. waalaikumsalam wr. wb.

JAWABAN

1. Itu kekuatiran yang wajar yang timbul dari harapan yang tinggi. Namun kita tidak perlu terlalu memikirkan yang negatif karena itu akan menghilangkan sikap positif kita terhadap masa depan. Saat ini, yang perlu difikirkan adalah bagaimana anda dapat menjadi istri yang baik kelak dan bagaimana agar suami juga demikian. Yaitu dengan memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai suami istri. Baca detail: Hak dan Kewajiban Suami Istri

2. Tetap wajib berbakti. Tetapi Cara berbakti kepada orang tua setelah menikah tentu saja berbeda dengan sebelumnya. Karena, anda harus berbakti pada setidaknya dua figur sekaligus yakni suami dan orang tua. Anda harus berbakti pada keduanya dengan cara yang berbeda. Sebagaimana suami anda tetap harus berbakti pada orang tua, anak dan istri dengan cara yang berbeda pula. Semuanya harus disesuaikan berdasarkan prioritas dan aturan syariah. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua

3. Tempat berbakti yang utama dalah kepada Allah, pada syariah Islam. Bukan pada orang tua. Kalau ada perbedaan antara aturan syariah dan ketaatan pada orang tua, maka taat pada syariah harus didahulukan. Kalau anda saat ini sudah memiliki calon dan juga takut terjerumus pada perbuatan zina apabila tidak menikah, maka menikah itu hukumnya wajib. Dan anjuran orang tua untuk menunda nikah harus mengalah. Baca detail: Pernikahan Islam

4. Sebaiknya menikah dulu setelah itu bisa menyusul mencari kerja.

MIMPI MENDENGAR LANTUNAN AL QUR'AN

Assalamualaikum...

Saya mengetahui alamat e-mail ini dari alkhoirot.com. Alhamdulillaah..

Saya ingin bertanya mengenai mimpi yang istri dan saya alami.

Namun saya ingin bertanya mengenai mimpi saya semalam terlebih dahulu.

Saya bermimpi melihat seseorang mmebaca Al-Qur'an dengan suara yang merdu, sedang saya melihat Al'Qur'an dengan bentuk seperti kitab tua yang isinya hanya artinya tanpa tulisan arab.
Dalam mimpi saya, saat seseorang itu melantunkan ayat2 Allah saya membaca terjemahnya.
Saat saya membaca terjemah nya itu berbarengan dengan apa yang di ucapkan orang tersebut.
Isi terjemahan itu mengenai kekuasaan Allah di alam semesta ini, dan saya menangis sejadi jadinya membaca kitab itu sambil hati saya mengulang2 mengakui dengan kalimat "

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ "

Dan semakin saya menjadi jadi menangis. Ada rasa rindu, takut dan lain sebagainya bercampur aduk. Apakah makna mimpi saya? Terima kasih atas jawabnya.

Wassalamualaikum Warahmatullaah Wabarakatuh

JAWABAN

Nabulsi dalam Tafsir Ahlam menyatakan:
تفسير حلم سماع صوت قراءة او صوت شيخ يقرأ القرآن الكريم :

قال النابلسي بأن سماع صوت القرآن في المنام و الخشوع فيه يدل على الطمأنينة و السكينة أو أنه يدل على أنه يقوى ملكه , أما إن سمع القرآن وهو لا يطيق سماعه فإنها عقوبة ستقع عليه من الله أو من حاكمه , ورؤية الشخص الأمي الذي لا يجيد القراءة ولا الكتابة يقرأ القرآن فإنه قرب الأجل أو أنه الموت .

Artinya: Barangsiapa mendengar suara bacaan Al Quran dalam mimpi dan khusyuk dalam mendengarnya maka itu menunjukkan dia akan mendapatkan ketenangan hati.

Namun makna di atas apabila mimpi itu berasal dari bisikan malaikat. Apabila ia berasal dari diri sendiri atau bisikan jin,maka tidak ada makna apapun.
Baca detail: Mimpi dalam Islam

Baca tafsir mimpi yang lain:
- Tafsir Mimpi Nabulsi
- Tafsir Mimpi Ibnu Sirin