Kami

Profil Konsultasi Syariah Islam (KSI) Al-Khoirot

PROFIL KSI AL-KHOIROT

Berikut profil singkat Konsultasi Syariah Islam (KSI) Al-Khoirot. Sebelum anda mengajukan pertanyaan, pastikan anda membaca cara konsultasi agar pertanyaan anda dapat dijawab dengan cepat.

APA ITU KSIA?

Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot, untuk selanjutnya disingkat KSI Al-Khoirot atau KSIA, adalah layanan konsultasi syariah agama Islam secara online yang merupakan salah satu institusi resmi di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) Malang. PPA Malang adalah pesantren kombinasi sistem Salaf dan Modern yang bermazhab Syafi'i dengan afiliasi kultural NU (Nahdlatul Ulama).

Didirikan sejak 2010 KSI Al-Khoirot mendapat respons yang sangat baik dari umat Islam tidak hanya yang berasal dari Indonesia tapi juga dari negara lain yang mengerti bahasa Indonesia atau Melayu seperti Malaysia, Brunei, Singapore, dan Thailand.

DAFTAR ISI
  1. VISI MISI KSI AL-KHOIROT
  2. CARA KONSULTASI
  3. TATA CARA KONSULTASI
    1. TOPIK UMUM
    2. TOPIK HUKUM WARIS
  4. KONSULTASI PREMIUM
  5. IKUTI SOSIAL MEDIA KSI AL-KHOIROT
  6. LANGGANAN ARTIKEL MELALUI EMAIL
  7. DEWAN PEMBINA KSI AL-KHOIROT
  8. LATAR BELAKANG PENDIRIAN
  9. METODE JAWABAN HUKUM
  10. RUJUKAN KITAB DAN REFERENSI

VISI MISI KSI AL-KHOIROT

KSI Al-Khoirot dibentuk dengan tujuan untuk memberikan pencerahan dan solusi melalui dunia maya kepada umat Islam yang membutuhkan solusi dalam bidang syariah Islam dengan pendekatan utama fikih Mazhab Syafi'i. Konsultasi meliputi berbagai bidang persoalan keseharian meliputi fikih rumah tangga, konflik keluarga, pernikahan, perceraian dan talak, hukum waris dan pembagian warisan, shalat, puasa, zakat, haji, perjodohan, tafsir mimpi, amalan, dzikir dan doa dan lain-lain.


CARA KONSULTASI

- Pertanyaan hanya dapat diajukan melalui email alkhoirot@gmail.com
- Pertanyaan yang dikirim melalui media lain seperti Facebook, Twitter, Google Plus, SMS, telpon, tidak akan dilayani.
- Email yang digunakan sebaiknya memakai gmail.com. Jangan memakai email yahoo.com, ymail.com atau email dari layanan ponsel seperti telkomsel, blackberry, indosat, dll, karena email yahoo dan bawaan ponsel sering terjadi error dan pesan yang dikirim ke penanya tidak sampai.


ATURAN KONSULTASI

Penanya harus memperhatikan betul tatacara mengajukan pertanyaan agar dapat dilayani dengan cepat. Prinsip pokok dalam bertanya adalah: (a) tulisan yang rapi dan tidak disingkat; (b) konsultasi dikirim via email; (c) harus ditulis di badan email, bukan dengan attachment.


TOPIK UMUM

- Pertanyaan harus ditulis rapi tanpa singkatan. Pertanyaan yang ditulis dengan singkatan akan dikembalikan dan tidak akan dijawab sampai penulisannya diperbaiki.

- Semua pertanyaan dan jawaban akan dipublikasikan di situs resmi KSI Al-Khoirot yaitu www.alkhoirot.net. Penanya yang keberatan pertanyaannya diterbitkan di situs alkhoirot.net hendaknya tidak perlu bertanya karena tidak akan dilayani. Perlu dicatat, bahwa nama dan identitas penanya akan dirahasiakan apabila menyangkut pertanyaan yang bersifat pribadi.

- Pertanyaan dikirim melalui email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan yang dikirim melalui media lain tidak akan dilayani. Yang dimaksud media lain seperti Facebook, Twitter, kotak komentar di situs alkhoirot.net, dan lain-lain.

- Tulis topik pertanyaan di judul email, dan tulis isi pertanyaan di badan email.
- Sekali lagi, tulis pertanyaan langsung di badan email, bukan via attachment.

- Email yang dipakai untuk mengirim pertanyaan sebaiknya memakai akun gmail.com karena akun email dari layanan lain seperti yahoo.com, ymail.com, telkomsel, blackberry messenger (bbm), dan semacamnya sering terjadi error sehingga jawaban dari kami terkadang tidak sampai ke penanya.

Gamber: Contoh cara menulis pertanyaan

tanya via email


KONSULTASI MASALAH WARISAN

Semua aturan untuk TOPIK UMUM berlaku juga untuk TOPIK WARISAN dengan tambahan sebagai berikut:

- Pertanyaan terkait masalah Hukum Waris Islam harus memperhatikan hal-hal berikut: (a) Menyebut tanggal kematian pewaris;

(b) Menyebut ahli waris utama yang masih hidup dan yang sudah wafat saat pewaris meninggal. Yang dimaksud pewaris utama adalah ayah & ibu, suami & istri, anak kandung laki-laki & anak kandung perempuan.
(c) Kalau ahli waris utama tidak ada atau tidak lengkap, maka ahli waris sekunder yang masih hidup saat pewaris meninggal harus disebutkan. Ahli waris sekunder yaitu Kakek, Nenek, Cucu Laki-laki, Cucu Perempuan, saudara kandung laki-laki perempuan, saudara kandung sebapak laki-laki perempuan, saudara kandung seibu laki-laki perempuan.
(d) Kalau ahli waris sekunder juga tidak ada, maka harus menyebutkan Dzawil Arham atau kerabat almarhum yang non-ahli waris.
(e) Dalam bertanya soal waris, penyebutan hubungan kekerabatan ahli waris harus dikaitkan dengan hubungan nasab dengan pewaris; bukan hubungan kerabat dengan orang yang bertanya. Misalnya, kata "ayah" artinya ayah dari pewaris; "saudara kandung" artinya saudara kandung dari pewaris (almarhum), dan seterusnya.

- Pertanyaan ditulis rapi tanpa singkatan.
- Pertanyaan dan jawaban akan diterbitkan atau diunggah ke website alkhoirot.net. Yang keberatan dengan persyaratan ini harap tidak mengajukan pertanyaan pada kami karena tidak akan dilayani.


KONSULTASI BERBAYAR

Konsultasi yang kami berikan bersifat gratis dengan syarat penanya harus bersabar menunggu antrian yang cukup panjang. Jawaban yang akan diterima sekitar 20 hari sampai 1 bulan. Bagi yang tidak sabar menunggu, kami menawarkan paket konsultasi berbayar. Pertanyaan melalui paket ini akan dijawab cepat mulai dari 2 jam sampai 48 jam sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Lebih detail lihat di sini.

Contoh formal email Konsultasi Berbayar

Format Konsultasi Darurat

Konsultasi Islam darurat

Konsultasi Darurat akan dijawab dalam waktu antara 2 jam sampai 24 jam. Lebih detail lihat di sini!

Format Konsultasi Segera

Konsultasi Islam Segera

Konsultasi Segera akan dijawab dalam waktu 24 jam sampai 48 jam. Lebih detail lihat di sini!.


IKUTI SOSIAL MEDIA KSI AL-KHOIROT

Anda dapat mengikuti setiap posting terbaru dari situs KSI Al-Khoirot melalui sosial media resmi kami berikut:

- Facebook
- Twitter
- Google Plus Page
- Google Profile
- Pinterest
- Linkedin

PENTING: KSI Al-Khoirot tidak menerima dan tidak melayani konsultasi melalui sosial media di atas.


LANGGANAN ARTIKEL MELALUI EMAIL

Anda dapat juga berlangganan artikel terbaru kami secara gratis melalui email. Caranya, klik di sini dan masukkan email anda. Jangan lupa, cek inbox email anda dan lakukan konfirmasi berlangganan.

Kontak via email: alkhoirot@gmail.com


DEWAN PEMBINA KSI AL-KHOIROT

KSI Al-Khoirot dibimbing oleh Majelis Fatwa dan Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Ponpes Al-Khoirot Malang, kunjungi situs resminya di www.alkhoirot.com.


LATAR BELAKANG PENDIRIAN

Pesantren Al-Khoirot
Ada beberapa faktor yang mendorong berdirinya layanan tanya jawab Islam online ini, antara lain:

- Tingginya minat umat Islam awam untuk bertanya tentang permasalahan keseharian mereka dari sudut pandang agama Islam namun merasa kesulitan untuk mendapatkan tempat yang tepat untuk bertanya.
- Memanfaatkan teknologi informasi atau internet semaksimal mungkin untuk kepentingan penyebaran dakwah Islamiyah yang toleran dan solutif tanpa hambatan jarak dan lokasi.
- Pemanfaatan internet untuk hal yang positif sangat diperlukan untuk mengimbangi pemakaian media maya ini untuk hal-hal yang negatif.
- Maraknya layanan konsultasi agama online yang dimotori oleh kalangan Wahabi Salafi cukup meresahkan kalangan pesantren karena tidak sedikit dari jawaban yang mereka berikan terlalu bernuansa Wahabisme yang intoleran dan hanya berdasarkan pada (a) mazhab Hanbali dan pandangan Bin Baz dan Usaimin dalam bidang fikih. Sedangkan umat Islam Indonesia umumnya berpijak pada mazhab Syafi'i yang moderat; (b) mendasarkan pada doktrin Muhammad bin Abdul Wahab dalam soal tauhid yakni dengan menggunakan kata bid'ah, syirik dan kufur terlalu berlebihan dan eksesif pada hal-hal yang masih menjadi perbedaan ulama salaf dan khalaf sehingga mengesankan Islam sebagai agama yang antitoleransi dan sulit. Padahal Islam adalah agama yang mudah, toleran dan rahmat bagi seluruh alam. Baca: Ciri Khas Wahabi Salafi


METODE JAWABAN HUKUM

Metode yang dipakai oleh KSI Al-Khoirot dalam memberikan jawaban adalah berdasarkan dan bersumber pada pola yang dipakai dan disepakati oleh ulama fikih yaitu: Al-Quran, Hadits, Ijmak, Qiyas, yang semua itu dapat dilihat dari pendapat ulama salaf, pendapat ulama khalaf (kontemporer). Dalam kondisi ideal, pendapat yang diambil adalah pendapat ulama dari Mazhab Syafi'i. Dalam kondisi tidak ideal, maka pendapat ulama antarmadzhab akan dipakai apabila dianggap memberikan solusi atas masalah yang dihadapi penanya.


KITAB DAN REFERENSI RUJUKAN

Kitab-kitab yang dipakai sebagai referensi dan rujukan dalam memberikan jawaban adalah sebagai berikut:

AL-QURAN DAN TAFSIR

Al-Quran versi asli dalam Bahasa Arab
Terjemahan Al-Quran Bahasa Indonesia oleh Departemen Agama.
Tafsir Jalalain
Tafsir Ibnu Katsir
Tafsir Thabari
Tafsir Al-Baghawi
Tafsir Al-Qurtubi
Al-Bahr Al-Muhith
Tafsir Al-Kabir
Tafsir Ayat Ahkam Al-Shobuni

KITAB KOMPILASI HADITS

Sahih Bukhari
Sahih Muslim
Muwatha' Malik
Sunan Abu Dawud
Musnad Imam Ahmad
Sunan Tirmidzi
Sunan Nasai
Sunan Ibnu Majah
Sunan Ad-Darimi

SYARAH KITAB HADITS

Fathul Bari Syarah Bukhari
Syarah Nawawi ala Muslim
Al-Muntaqa Syarah Muwatha'
Aunul Ma'bud Syarah Sunan Abi Dawud
Tuhfadzul Ahwadzi Syarah Sunan Tirmidzi
Syarah Suyuthi li Sunan Nasa'i
Hasyiyah Sindi ala Ibni Majah

KITAB FIKIH MADZHAB SYAFI'I

Yang dimaksud dengan mazhab Syafi'i adalah pandangan para ulama mazhab mulai Imam Syafi'i sampai ulama-ulama berpengaruh lain dalam madzhab Syafi'i seperti Imam Nawawi, Al-Ghazali, Imam Haramain, dan lain-lain yang bisa dibaca dan dikaji dalam kitab-kitab karya mereka yang berpengaruh. Kitab-kitab berpengaruh ulama madzhab Syafi'i antara lain:

Al-Umm Syafi’i
Mukhtashar Muzani
Al-Hawi Mawardi
Nihayatul Matlab Juwaini
Al-Basith Ghazali
Al-Wasith Ghazali
Al-Wajiz Ghazali
Fathul Aziz Syarah Al-Wajiz Rofi’i
Raudatut Talibin Nawawi
Al-Muharror Rofi’i
Minhajul Thalibin Nawawi
Mughnil Muhtaj Khatib Syarbini
Tuhfatul Muhtaj Ibnu Hajar Haitami
Nihayatul Muhtaj Ar-Ramli
Kanzur Raghibin Al-Mahalli
Al-Muhadzab Syairazi
Al-Majmuk Nawawi
Al-Bayan Imroni
Matnul Ghayah wat Taqrib Abu Syujak | Baca Online
Kifayatul Akhyar Al-Hashni
Al-Iqnak Syarbini
Ianah Al-Talibin
Hasyiyah Al-Baijuri

KITAB MAZHAB HANAFI

Al-Ikhtibar li Ta'lil al-Mukhtar
Badai' Al-Shanai' fi Tartibis Syara'i
Al-Mabsuth
Fathul Qodir
Raddul Mukhtar ala Al-Durr al-Mukhtar
Al-Bahr al-Raiq Syarh Kanz Al-Daqaiq

KITAB MAZHAB MALIKI

Al-Dzakhirah
Hasyiyah Al-Dasuqi ala Al-Syarh Al-Kabir
Mawahib Al-Jalil fi Syarh Muktashar Khalil
Manhul Jalil Syarh Mukhtashar Khalil
Al-Mudawwanah

KITAB MADZHAB HANBALI

Al-Mughni
Al-Mubdi' fi Syarh al-Muqni'
Syarah Umdat al-Fiqh
Kasyaful Qina' an Matnil Iqna'
Syarah Muntaha Al-Iradat
Al-Inshaf
Al-Furu'

16 comments:

  1. keren juga eaaa ponpes punya web blog ....modern banget ,klo ponpes di kampung ku blom ....Ponpes nurulfalah jabres kebumen

    ReplyDelete
  2. sukses selalu buat ponpesnya ya,,semoga makin bagus dan terkemuka

    ReplyDelete
  3. Semoga makin maju wawasan keagamaan dan ipteknya

    ReplyDelete
  4. bismillah. dunia dan isinya sangat menyilaukan mata manusia,mana yg haq dn mana yg batil sangat sulit dilihat,terlebih jk beragama dg anggaqpannya,menjadi sgt jauh dr kebenaran.

    ReplyDelete
  5. agama seseorang salah satunya tergantung pd siapa yg menjadi rujukannya. siapa yg hatinya kepada aqidah sufi mk dia sufi,jk dia mengambil nasehat dr ikhwani mk dia ikhwani.jk hatinya sependapat dg khawarij mk bs menjadi generasinya. maka fahamilah diri-diri kalian wahai kaum muslimin,kenalilah siapa ulama2 ahlussunnah lalu siapa 'ulama'sufi,khawarij,mu'tazilah,maturidiyah,ikhwani dan yg lainnya yg beramal dg amalan bid'ah yg menyesatkan.semoga ALLAH SWT menyelamatkan diri2 kita dr kesesatan.barokALLAHufiikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Rujukan wahabi ya jadi wahabi deh.

      Delete
  6. askm ww. T kasih PP Tulisannya banyak memberi masukan tentang ponpes di Malang. Ada Koreksi yang mungkin harus segera di cek kebenarannya. Di sini ditulis Al-Khoirot sbg ponpes tertua se Malang dan Jatim(paragraf ke 1) padahal diblognya Yusril blog katanya yang tertua di Jatim adalah Ponpes Sidogiri Pasuruan Jawa Timur (berdiri tahun 1718).T kasih.Mohon segera di kroscek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisanya begini bro
      "PPA Malang menjadi salah satu pesantren tertua di Malang Raya bahkan di Jawa Timur"
      salah satu berarti bukan satu satunya kan...

      wahabrot

      Delete
  7. Blog ente emang yahud..tetapi sayang..! masa di campur dengan blog..bisnis online..masukan ane..lebih baik tentang keagamaan saja..trims

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. AnonymousJune 02, 2013

    saya sependapat dengan mas bagus,alangkah baiknya jika situs ini di khususkan hanya untuk masalah keagamaan.Tidak tercampur adukkan dengan urusan-urusan lainnya.Jangan sampai kita salah niat dalam urusan akhirat.Namun kita percaya para asatidz PPP Malang sudah menata niat sejak awal mula membuat situs ini.Semoga Alloh SWT selalu memberi hidayah dan taufiq kepada kita semua, dan memberi ridlo kepada para pendakwah yang berjuang menegakkan agamaNya.

    ReplyDelete
  10. AnonymousJuly 10, 2013

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. pak ustad mmau tanya,,apa ada hadistnya,,,hadist yg menerangkan pemuda islam sebagai generasi penerus di segala asfek

    ReplyDelete
  12. Assalamualikum, bagaimana korelasi Q.S Annisa ayat 34 dengan takhlik talak dari Kementerian Agama, apakah tidak merugikan Suami?????: Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri* ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)**. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya***, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya****. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
    *Maksudnya: tidak berlaku curang serta memelihara rahasia dan harta suaminya.

    **Maksudnya: Allah telah mewajibkan kepada suami untuk mempergauli isterinya dengan baik.

    ***Nusyuz: yaitu meninggalkan kewajiban bersuami isteri. Nusyuz dari pihak isteri seperti meninggalkan rumah tanpa izin suaminya.

    Isteri diminta di rumah tidak mau, memilih pergi tanpa ijin dan tidak mengerjakan pekerjaan rumah tangga, lebih patuh pada orangtuanya untuk tidak mentaati suami, diingatkan lisan tidak mengena, tidur berpisah juga tidak mengena, akhirnya ditampar tapi tidak membekas. tujuannya mendidik istri. apakah berlaku takhlik talak dari buku nikah dari kementerian agama?????
    wassalamualikum.

    ReplyDelete
  13. semoga makin maslahah dan berkah...

    ReplyDelete
  14. Blog ente komplit, penuh inspirasi....pokok-nya jempol

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!