Saturday, August 17, 2013

Kerja Bungkus Dupa Untuk Umat Hindu


Kerja Bungkus Dupa Untuk Umat Hindu
NASAB DAN MAHRAM

Assallamualaikum Wr. Wb.
Pengurus Pondok Pesantren Al-Khoirot,

Melalui email ini saya ingin bertanya mengenai masalah yang membuat saya selalu gelisah belum menemukan kepastian jawaban yang pas buat saya. Adapun saya sekarang adalah seorang mualaf sudah berpisah dengan istri secara resmi di Pengadilan Agama, dan kedua anak saya ikut ibunya sekarang.

DAFTAR ISI
  1. Pernikahan Tanpa Ijin Wali Perempuan
  2. Permohonan Ijazah Hizib Saifi Dan Hizib Mughni
  3. Kerja Bungkus Dupa Untuk Umat Hindu
  4. Pria Menikahi Wanita Yang Ibunya Pernah Dizinahi
  5. Hukum Memakan Makanan Yang Mengadung Bir (Khamr)
  6. Zina Di Malam Bulan Ramadan
  7. Nadzar Puasa 7 Hari Berturut-Turut
  8. Prioritas Nafkah Antara Orang Tua, Mertua Perempuan Dan Orang Tua Angkat
  9. Mimpi Dianiaya Dan Melihat Teman Sedih
  10. Fidyah Tidak Puasa Karena Sakit
  11. Etika Mempelajari Ilmu Gaib
  12. Seputar Ma'had Aly Al-Khoirot

Pertanyaan saya sebagai berikut :

1. Siapakah yang paling berhak menjadi wali nikah anak saya perempuan ? Apabila di kemudian hari anak saya perempuan menikah tanpa ijin dan restu saya dengan kata lain saya tidak dianggap, apakah itu sah menurut undang-undang perkawinan. Dan apakah bisa di tuntut atau diperkarakan oknum yang telah menikahkan anak saya tanpa ijin saya ? Soalnya saya sudah konsultasi ke Pengadilan Agama jawabannya adalah tidak ada siapapun yg berhak menikahkan kecuali nasabnya jika diteruskan itu melanggar undang-undang dan bisa diperkarakan.

2. Jika anak melupakan nasabnya atau mengabaikan sama sekali apakah itu haram hukumnya menurut islam ? Masalahnya saya baca beberapa ayat Al-Quran yang ada di internet tentang nahsab dan mahram itu haram hukumnya buat surga.

Dengan pertanyaan diatas saya mohon penjelasan dan petunjuknya agar saya bisa tentram dan tidak gelisah lagi karena ada kepastian hukumnya baik itu menurut agama maupun undang undang negara yang berlaku, serta mendapakan pencerahan.

JAWABAN PERNIKAHAN PEREMPUAN TANPA IJIN WALI

1. Wali yang paling berhak adalah ayahnya. Namun, kalau anak perempuan sudah meminta ayahnya untuk menikahkan tapi ayah tidak merestui, maka hak menikahkan pindah ke wali hakim. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/03/pernikahan.html
2. Iya, haram memutuskan nasab karena nasab kekerabatan itu berlaku selamanya. Tentang mahram lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/02/perempuan-mahram-dalam-islam.html

____________________________



PERMOHONAN IJAZAH HIZIB SAIFI DAN HIZIB MUGHNI

Assalamualikum wr.wb.

Saya pernah menerima penjelasan dari guru ngaji saya tentang fadlilah hizbul as-saifi dan hizbul mughni. Guru ngaji saya itu ternyata tidak memiliki sanad untuk mengamalkan hizbul as-saifi dan hizbul mughni. Alhamdulillah saya dapat info tentang KH. Maftuh Said, PP Al Munawariyah Malang Jawa Timur, bahwa beliau adalah salah satu pemiliki
sanad hizbul as-saifi dan hizbul mughni.

1. Apa ada syarat khusus untuk mendapatkan ijazah tersebut?
2. Apa yang harus saya lakukan agar dapat diijazahi hizbul as-saifi dan hizbul mughni dari KH. Maftuh Said.

Demikian terima kasih. Jazakumulloh.

JAWABAN

Silahkan langsung datang ke PP Al Munawariyah Bululawang Malang dan menemui KH. Maftuh Said. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/01/pondok-pesantren-al-munawwariyah.html
____________________________



KERJA BUNGKUS DUPA UNTUK UMAT HINDU

pak ustad nama saya maysaroh, saya mau tanya saya sekarang berada di bali, saya bekerja membungkus dupa untuk di jual untuk agama hindu, saya bekerja semata-mata mencari nafkah guna menambah penghasilan suami, dalam agama islam haramkah uang yang saya hasilkan?

JAWABAN

Mayoritas madzhab (Syafi'i, Maliki, Hanbali) melarang seorang muslim bekerja untuk kepentingan agama lain seperti membangun gereja atau membuat dupa untuk Hindu dengan dasar QS Al-Maidah ayat 2, kecuali madzhab Hanafi. Menurut madzhab ini, yang anda lakukan itu boleh. Intinya, kalau tidak ada pekerjaan lain, silahkan terus bekerja di situ. Tapi kalau ada pilihan lain suatu hari nanti, silahkan pindah pekerjaan yang jelas halalnya.

Dalil Abu Hanifah dari madzhab Hanafi atas halalnya hal membantu orang nonmuslim adalah sbb:
أنه لو بناها للسكنى لجاز، ولا بد فيها من عبادته.
أن المعصية لا تقوم بعين العمل (البناء)، وإنما تحصل بفعل، فاعل مختار.
Artinya: Bahwasanya kalau membangun suatu bangunan untuk ditempati (nonmuslim) maka boleh padahal rumah tersebut tentunya juga dijadikan tempat ibadah. Bahwa kemaksiatan tidak terkait dengan substandi pekerjaan (yakni pembangunan); akan tetapi terkait dengan perbuatan yang dilakukan secara sengaja.
___________________________



PRIA MENIKAHI WANITA YANG IBUNYA PERNAH DIZINAHI

Assalamualaikum pak ustadz..
saya mau bertanya apa hukumnya menikah dengan seorang perempuan padahal si laki laki pernah berzina dengan ibu perempuan tersebut?mohon penjelasannya pak ustadz..

JAWABAN

Pernikahan semacam itu boleh karena tidak hubungan zina tidak menghasilkan hubungan nasab (kekerabatan) antara si pria dengan ibunya.

____________________________



HUKUM MEMAKAN MAKANAN YANG MENGADUNG BIR (KHAMR)

Assalamualaikum wr wb

Ustad, saya ingin bertanya tentang bir/khamr. Ketika itu saya pernah memakan steak di sebuah restoran yg mengandung unsur bir entah dimasaknya dengan cara dagingnya direndam dulu di bir atau bagaimana. pertanyaan saya :

1. Meminum atau memakan yg ada unsur bir/khamr/alkohol itu hukum nya haram apabila memabukan saja? bila tdk memabukan haram atau tdk?
2. adakah maksimal brp % alkohol pd minuman untuk menjadi haram? krna prnah dengar sprti minuman yg ada 1% unsur alkohol dan tdk memabukan itu halal2 saja

Terimakasih

JAWABAN

1. Minum dan makan khamr itu haram baik sedikit atau banyak. Baik memabukkan atau tidak. Keharaman miras (minuman keras) bersifat mutlak--bukan karena soal memabukkan atau tidak-- seperti tersurat dalam QS ِAl Maidah ayat 90. يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون (Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. )

2. Lihat poin 1.

____________________________



ZINA DI MALAM BULAN RAMADAN

Assalamualaikum, wr.wb.

Ustadz saya mw bertanya apakah zina di malam hari bulan ramadhan juga hrus menjalani kaffarat puasa 2 bulan berturut2 seperti be jima' di siang hari sebagai hukumannya? lalu bagaimana supaya tobat orang yang pernah berzina seperti itu di terima.

Terimakasih
Wassalamualaikum, wr.wb.

JAWABAN

Pelakunya telah melakukan dosa besar. Dia harus taubat nasuha. Tapi soal puasanya dia tidak wajib kaffarat. Cara taubat adalah dengan taubat nasuha. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/09/taubat-nasuha.html
____________________________



NADZAR PUASA 7 HARI BERTURUT-TURUT

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَركَاتُهُ

Saya mau tanya nie. Saya kan mempunyai suatu keinginan. Lalu saya bernadzar.. Jika keinginan saya itu dikabulkan اَللّهُ saya akan puasa 7 hari berturut-turut. Tanpa meninggalkan sahur dan berbuka waktu maghrib tiba.
Yang ingin saya tanyakan. Bagaimakah hukumnya puasa yang demikian itu? Karena otomatis puasa itu akan bertemu dengan hari jumat.
Terima kasih atas jawabannya.

JAWABAN

Puasanya harus dilaksanakan. Tidak masalah walaupun bertemu Jum'at. Yang makruh kalau puasa Jum'at sendirian dan tanpa ada nadzar. Lebih detail: http://www.alkhoirot.net/2012/02/hukum-nadzar.html

____________________________



PRIORITAS NAFKAH ANTARA ORANG TUA, MERTUA PEREMPUAN DAN ORANG TUA ANGKAT

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu'alaikum warrahmatullahhi wabarokattu...
Saya mempunyai 3 orang tua.
1. Mertua (janda bersama seorang anak cacat)
2. Orang tua angkat (dari bayi sampai dewasa dirawatnya) (janda dengan kondisi sakit stroke dan diabetes)
3. Orang tua kandung (masih lengkap tapi tak punya penghasilan)
Yang mana dulu yang harus didahulukan kepentingannya mengingat masing masing punya permasalahan yang berbeda. Apalagi kalau mau lebaran, selalu dilema. Apalagi kami tak punya banyak materi untuk diberikan. Bagaimana juga caranya memberi pengertian kepada orang tua kami agar tidak salah pengertian. Terima kasih atas jawabannya.
Wassalamu'alaikum warrahtullahi wabbarakatu...

JAWABAN

Prioritasnya adalah orang tua kandung karena ini kewajiban syariah. Setelah itu, orang tua angkat karena dia berada di bawah pemeliharaan Anda walaupun sebenarnya bukan kewajiban. Kalau masih ada rezeki, dapat membantu mertua.

____________________________



MIMPI DIANIAYA DAN MELIHAT TEMAN SEDIH

Assalamu'alaikum pak ustad,
1. tadi pagi setelah sahur saya tertidur dan bermimpi. Saya bermimpi melihat teman saya sedang bersedih. wajahnya begitu murung, kalo tidak salah penyebabnya karena uangnya hilang atau apa. Lalu aku coba membantu dia dengan menenangkannya, tapi dia bilang ada seorang ustadz membertahunya untuk melakukan sebuah amalan. Lalu kami mengobrol entah apa, kami membicarakan tentang amalan para nabi. Kemudian datang Ustad itu, dia memakai gamis putih panjang, wajahnya agak masam tapi kelihatannya dia sangat baik dan sesudah itu saya lupa kelanjutannya karena terbangun.

2. Oh ya pak, kemarin juga saya bermimpi, saya dianiaya sampai berdarah-darah dan saya sangat takut, tapi pada akhirnya semua masalah selesai, sipenjahat dapat balasan dan saya merasa tenang.

Nah pak, kira-kira makna dari semua mimpi yang saya alami itu apa? Makasih pak ustad. Wassalamu'alaikum.

JAWABAN

1. Mimpi selalu ada 3 kemungkinan: dari setan, dari diri sendiri atau dari Allah. Mimpi Anda adalah kemungkinan yang kedua. Jadi, tidak ada artinya.

2. Kalau mimpi ini masuk kategori mimpi yang benar, maka Anda akan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi asal disertai dengan usaha maksimal.

____________________________



FIDYAH TIDAK PUASA KARENA SAKIT

Assalamualaikum ustad...
Ma'af ustad saya mau bertanya tentang fidyah utk org yg tdk berpuasa karena sakit.
1. Apakah ada batas waktu utk pembayaran fidyahnya? dan brapa besar fidyah yg harus dikeluarkan?
2. serta masih wajibkah mengqodho puasa yg ditinggalkan tsb?
Mohon penjelasannya.

Jazakumullah...

JAWABAN

1. Kalau tidak puasa karena sakitnya tidak sembuh-sembuh, maka wajib bayar fidyah dan tidak wajib qadha. Waktu pembayaran adalah segera setelah ada kemampuan.
2. Kalau karena sakit yang tidak sembuh-sembuh, maka tidak wajib qadha. Kalau sakitnya bisa sembuh, maka wajib qadha dan tidak wajib fidyah.

____________________________



ETIKA MEMPELAJARI ILMU GAIB

mohon infonya, bagaimana etika mengkaji ilmu gaib, dan bagaimana cara membukanya. terima kasih. mohon infonya. bila perlu bisa saya sempatkan silaturahmi ke pondok.

JAWABAN

Belajar ilmu ghaib dalam arti ilmu kesaktian itu harus ada guru pembimbing. Karena ini adalah ilmu yang memakai khadam jin. Tanpa pembimbing dikuatirkan akan dapat merusak jiwa yang bersangkutan.
____________________________


SEPUTAR MA'HAD ALY DAN TAHFIDZ AL QURAN AL-KHOIROT

Assalamualaikum.
1. Apakah ada program tahfizul quran untuk ma'had 'ali? Brp rincian biaya untuk masuk ma'had 'ali di pesantren ini?
Syukran assalamualaikum wr.wb

JAWABAN

1. Tahfidz Al-Quran adalah program tersendiri. Anda dapat mengikutinya secara bersamaan dengan program ma'had aly.
2. Ma'had Aly di Al-Khoirot adalah kelanjutan dari madrasah diniyah. Materi yang dikaji adalah 4 kitab. Biayanya sama dg madrasah diniyah sekitar Rp.40.000/bulan. Sedang biaya daftar sekitar Rp. 500.000. Lihat di www.alkhoirot.com



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..