Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat
Sholawat munjiyat (bahasa Arab, الصلاة المنجية) adalah salah satu bacaan doa yang biasa dibaca setelah solat fardhu atau pada berbagai pertemuan. Seperti dapat difahami dari namanya sholawat adalah doa untuk untuk Nabi Muhammad dan sekaligus doa untuk diri sendiri yang membacanya. Munjiyat bermakan menyelamatkan yang berarti dengan berdoa memakai sholawat munjiyat ini, maka pembacanya berharap agar dapat selamat dari segala musibah yang sedang atau akan menimpanya dan dikeluarkan dari kesulitan yang sedang dihadapinya. Baik kesulitan materi dan ekonomi atau kesulitan mental dan fisik.

DAFTAR ISI
  1. Hukum Membaca Shalawat Munjiyat
  2. Teks Arab Shalawat Munjiyat
  3. Teks Latin Shalawat Munjiyat
  4. Sejarah Shalawat Munjiyat
  5. HUKUM SHALAWAT MUNJIYAT MENURUT ULAMA WAHABI
  6. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

HUKUM MEMBACA SHALAWAT MUNJIYAT

Menurut Muhammad bin Abdul Ghoffar Al-Syarif, profesor fakultas Syariah Universitas Kuwait, membaca shalawat munjiyat itu baik sebagaimana membaca shalawat yang lain. Karena membaca shalawat itu dianjurkan oleh Allah. Dalam Al-Ahzab :56 Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. Dr. Muhammad As-Syarif selanjutnya mengatakan:

ولما سأل الصحابة رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم كيف يصلون عليه ؟ علمهم الصيغة المعروفة بالصلاة الإبراهيمية " اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد " . واستحب كثير من العلماء إضافة لفظ السيادة إلى اسمه العزيز . وهي أفضل صيغ الصلاة عليه ، ولكنه لم يمنع من غيرها من الصيغ . وكذلك الأمر بالدعاء جاء مطلقا " وقال ربكم ادعوني استجب لكم

فلا بأس ان تداوم على الصلاة المذكورة ، بالصيغة التي ذكرتها ، لأنها مجربة وواردة عن بعض أولياء الله ، واظب عليها العارفون والصالحون من عباد الله . ويفضل ان تطلب بها إجازة ممن يملك إجازة بها - والله أعلم - .
Artinya: Dan karena adanya hadits di mana Sahabat bertanya pada Nabi bagaimana cara bershalawat pada Rasulullah? Nabi mengajari Sahabat dengan shalawat Ibrahimiyah yaitu [اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد]. Dan banyak ulama yang mensunnahkan menambahkan lafat "Sayyidina" sebelum menyebut nama Nabi. Shalawat Ibrahimiyah adalah shighat shalawat paling utama tetapi Nabi tidak melarang sighat shalawat yang lain begitu juga perintah untuk berdoa itu berlaku mutlak. Allah berfirman "berdoalah padaku maka aku kabulkan."

Oleh karena itu, tidak apa-apa membaca shalawat (munjiyat) tersebut karena ia telah dipakai dan berasal dari sebagian wali Allah dan dijadikan amalan oleh hamba-hamba Allah dari kalangan hamba Allah yang arif dan shalih. Dianjurkan agar yang mengamalkannya meminta ijazah pada yang memiliki ijazah shalat munjiyat tersebut.


TEKS ARAB SHALAWAT MUNJIYAT


اللَهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحمَدٍ صَلاَةٌ تُنْجيْنَا بِهَا مِنَ جَمِيْعَ الأهَوْاَلِ وَالأَفَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بها جَمِيعَ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيّئاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَي الدَرَجَاتِ وَتُبَلّغُنَا بِهَا أَقْصَي الغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الخَيرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعْدَ المَمَاتِ برحمتك يا أرحم الراحمين

TEKS LATIN SHALAWAT MUNJIYAT

Allohumma sholli ‘ala syaiyidina muhammad sholatan tunjina biha min jami’il ahwali wal afat wataqdilana biha jami’il hajat watutohhiruna biha min jami’is syayyiat
watarfa’una biha a’lad darojat watuballi ghuna biha aqshol ghoyat min jami’il khoiroti fil hayati waba’dal mamat. Birohmatika ya Arhamar Rahimin.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kita dari semua keadaan yang mendebarkan dan dari semua cobaan yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan kepada kita hajat, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat kita kepada setinggi-tinggi derajat.Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kita kepada sesempurna-sempurnanya semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati.

SEJARAH SHALAWAT MUNJIYAT

Shalawat munjiyat adalah shalawat yang dibuat oleh ulama sufi dari tariqat Asy-Syadzili yaitu Syaikh Shalih Musa Al-Dharir. Kisah mendapatkan/terciptanya shalawat munjiyat ini adalah sebagai berikut:

عن الشيخ الصالح موسى الضرير رحمه الله، قال : ركبت البحر الملح وقامت علينا ريح قل من ينجو منها من الغرق وضج الناسفغلبتني عيني فنمت فرايت الني صلى الله عليه وسلم وهو يقول : قل لأهل المركب يقولوا ألف مرة { اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الأهوال والآفات وتقضي لنا بها جميع الحاجات ... االخ } فاستيقطت وأعلمت أهل المركب بالرؤيا فصلينا بها ثلثمائة مرة ففرج الله عنا

وللعلم انا جربتها في احدات ثورة 17 فبراير المجيدة وصليت بيها في حدود 200 مرة والحمد لله ربي تقبل مني ونجانا من طغيان ومكر الي مايتسمى هو واعوانه فأكثرو اخوتي منها حتى ينجينا الله من كل كرب وبلاء

Artinya: Dari Syekh Sholeh Musa Al-Dhorir ia berkata: Aku menaiki perahu di lautan lalu kami diserang angin yang besar sehingga sedikit dari kami yang selamat dari karam. Aku merasa sangat ngantuk dan tertidur, lalu aku bermimpi bertemu Nabi beliau bersabda: Katakan pada para penumpang perahu untuk mengucapkan ini 1000 (seribu) kali [اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الأهوال والآفات .. dst] lalu aku terbangun dan mengajarkan bacaan tersebut pada seluruh penumpang kapal. Lalu kami membaca shalawat itu 300 kali lalu Allah menyelamatkan kami.

Dalam kitab Nuzhat Al Majalis dan Al-Fajrul Munir dijelaskan asal usul sholwat munjiyat sbb:

ذكرها صاحب كتاب " نزهة المجالس ومنتخب النفائس " (ص/284)، المؤرخ الأديب عبد الرحمن بن عبد السلام الصفوري ، المتوفى سنة (ت 894هـ)، والشيخ عمر بن علي بن سالم الفاكهاني النحوي الفقيه المالكي (ت 734هـ) أورده في كتابه " الفجر المنير " (ص/31-32) فقال :

" أخبرني الشيخ الصالح موسى الضرير رحمه الله تعالى أنه ركب في البحر ، قال : وقامت علينا ريح تسمى : الأقلابية ، قلَّ مَن ينجو منها مِن الغرق ، وضج الناس خوفاً من الغرق ، قال : فغلبتني عيناي فنمت ، فرأيت النبي صلى الله عليه وآله وسلم وهو يقول : قل لأهل المركب يقولون ألف مرة : اللهم صل على سيدنا محمد ، وعلى آل سيدنا ، صلاة تنجينا بها من جميع الأهوال والآفات ، وتقضي لنا بها جميع الحاجات ، وتطهرنا بها من جميع السيئات ، وترفعنا بها عندك أعلى الدرجات ، وتبلغنا بها أقصى الغايات من جميع الخيرات في الحياة وبعد الممات .

قال : فاستيقظت ، وأعلمت أهل المركب بالرؤيا ، فصلينا بها نحو ثلاثمائة مرة ؛ ففرج عنا . هذا أو قريب منه ، صلى الله عليه وسلم


HUKUM SHALAWAT MUNJIYAT MENURUT ULAMA WAHABI

Pendapat dua ulama Wahabi Salafi dimuat di sini hanya sekedar diketahui, bukan untuk diikuti. Karena aliran Wahabi Salafi tidak termasuk aliran Ahlussunnah Wal Jamaah menurut Muktamar Ulama Ahlussunnah Wal Jamaah 2016 yang diadakan di Grozny, Chechnya. Baca detail: Kriteria Ahlussunnah Wal Jamaah

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz salah satu tokoh utama ulama Wahabi menyatakan dalam salah satu fatwanya:

وهذا الدعاء لا دليل على مشروعيته على هذه الكيفية ولا أساس له من السنة ولا أسمح لأحد أن يضيف إلى كتبي ما ليس منها وإنما المشروع للمسلم أن يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم كثيرا في كل وقت بالكيفية التي ثبتت عنه صلى الله عليه وسلم كما في حديث أبي مسعود الأنصاري رضي الله عنه قال : أتانا رسول الله صلى الله عليه وسلم ونحن في مجلس سعد بن عبادة ، فقال له بشير بن سعد : أمرنا الله تعالى أن نصلي عليك يا رسول الله . فكيف نصلي عليك ؟ قال : فسكت رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى تمنينا أنه لم يسأله . ثم قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : "قولوا اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد . والسلام كما قد علمتم

Artinya: Doa (sholawat munjiyat) ini tidak memiliki dalil syariah dan tidak ada dasarnya dari hadits. Saya tidak mengijinkan siapapun untuk menambahkan doa ini pada kitab-kitabku sesuatu yang tidak berasal dari syariah. Yang disyariahkan bagi muslim adalah membaca shalawat yang banyak setiap waktu dengan cara yang berasal dari Nabi sebagaimana disebut dalam hadits Abi Masud Al-Anshari ia berkata: Rasulullah datang pada kami saat kami berada di majlis Saad bin Ubadah. Basyir bin Saad berkata pada Nabi: Allah memerintahkan kami membaca shalawat padamu wahai Rasulullah bagaimana cara kami bershalawat padamu? Abu Mas'ud berkata: Nabi berdiam diri sampai kami berharap Basyir bin Sa'd tidak menanyakan hal itu pada Nabi. Lalu Nabi menjawab: Katakan "اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد " (Lihat: http://goo.gl/zPcLRG )

Muhammad Sholeh Al-Munjid menyatakan bahwa shalawat munjiyat hukumnya bid'ah dan tidak boleh dibaca karena tidak ada pahalanya dan teksnya hanya berdasarkan pada mimpi yang tidak berdampak hukum. Dalam fatwanya dia menyatakan.


هذه الصيغة في الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم صيغة محدثة ، لم ترد في السنة والآثار .
وشرع الله تعالى كامل ، كما قال الله تعالى : (الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمْ الْإِسْلَامَ دِينًا) المائدة/3 وبلغه لنا الرسول صلى اله عليه وسلم كاملاً ولم يكتم منه شيئاً ، فيكفي المسلم أن يعمل بما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم وصح عنه ، ولا حاجة إلى تشريع عبادة أو استحبابها برؤى أو منامات .
فليحرص المسلم على اتباع النبي صلى الله عليه وسلم وعدم الابتداع في الدين

Artinya: Teks shalawat munjiyat adalah shighat buatan sendiri yang tidak ada riwayatnya dalam hadits dan atsar (perkataan Sahabat). Syariah Allah itu sempurna seperti firman Allah dalam Al-Maidah :3. Dan syariah telah disampaikan oleh Rasulullah secara sempurna dan beliau tidak diam sedikitpun. Maka cukuplah bagi muslim untuk mengamalkan apa yang berasal dari Nabi dan sahih riwayat darinya. Tidak ada keperluan untuk mensyariahkan atau mensunnahkan ibadah yang baru atau mensunnahkannya berdasarkan pada mimpi semata. Maka muslim hendaknya menjaga untuk tetap mengikuti ajaran Nabi dan tidak beruat bid'ah dalam agama. (Lihat: http://islamqa.info/ar/128801 )

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam