Thursday, April 30, 2015

Ingin Masuk Islam dan Belajar di Pesantren


Ingin Masuk Islam dan Belajar di Pesantren

PERNIKAHAN DENGAN MUALAF DITENTANG KELUARGA

Assalamu'alaikum wr.wb
saya ingin bertanya dan meminta bantuan dari pihak PP alkhoirot terkait hubungan saya dengan seorang pria non muslim yang sudah berjalan 4 tahun dan dia berniat menikahi saya dan mau masuk islam. Namun keluarga saya sebagian besar menolak karna kisah yang mereka dengar selama ini tentang mualaf yang menikah dengan muslim banyak negatifnya. Terlebih pria yang dekat dengan saya ini berasal dari daerah pelosok yang mayoritas penduduknya non muslim.

Sekarang ini hubungan kami hanya hubungan jarak jauh dengan berkomunikasi lewat hp sekali dalam 2 atau 3 bulan karena kondisi daerahnya yang jauh dari sinyal.
Yang ingin saya tanyakan
1. sahkah keislamannya nanti jika ia masuk islam lantaran perasaan terhadap saya?
2.apabila hukum nikah sudah wajib bagi kami, sementara keluarga saya belum restu sah kah pernikahan kami?(orang tua saya merestui asalkan ia islam,namun karena mereka mempertimbangkan hubungan saya dan saudara yang tidak setuju, mereka sepertinya bimbang)
3. bisakah saya minta bantuan pihak PP alkhoirot untuk proses pengikraran syahadatain bila ia siap nanti?
4. bisakah ia mondok dan mendapat bimbingan di PP ini, sebab selain ingin hidup bahagia di dunia bersamanya tentu sebagai muslimah saya juga ingin ia menjadi imam yang baik, agar juga dapat kebahagiaan di akhirat kelak.

Maaf jika cerita dan pertanyaan saya cukup panjang. Terimakasih sebelumnya saya ucapkan.
Wassalamu'alikum wr.wb

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. PERNIKAHAN DENGAN MUALAF DITENTANG KELUARGA
  2. SUAMI TIDAK MAU PULANG
  3. SUAMI SELINGKUH DAN JARANG SHALAT
  4. PERTIMBANGAN BERCERAI
  5. TERTARIK PADA PRIA TAPI MALU MENGUNGKAPKAN
  6. SUMPAH ISLAMNYA BATAL
  7. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Islamnya sah walaupun dia masuk Islam karena cinta. Seorang non-muslim yang menyatakan masuk Islam dengan membaca syahadat, maka dia sudah menjadi muslim apapun yang menjadi penyebabnya. Baca: Panduan Jadi Mualaf

2. Yang terpenting dalam pernikahan adalah ayah anda. Kalau dia mau menjadi wali nikah, maka pernikahan sah walaupun keluarga lain tidak setuju. Apabila ayah tidak mau menjadi wali nikah, maka wali hakim dapat menikahkan anda berdua asalkan dia sudah memeluk Islam. Baca detail: Tata Cara Masuk Islam Menjadi Mualaf Pernikahan Islam

3. Bisa saja.

4. Bisa. Belajar di pesantren merupakan jalan terbaik baginya karena beberapa hal: Pertama, agar keluarga anda lebih percaya padanya dan tidak meragukan keislamannya. Kedua, agar dia betul-betul pantas menjadi seoang imam keluarga. Ponpes Al-Khoirot menerima semua tipe calon santri baik yang mengikuti program dalam waktu lama atau program kilat. Lebih detail lihat di: www.alkhoirot.com

___________________________


SUAMI TIDAK MAU PULANG

Pak ustadz saya mau tanya. suami saya tidak mau pulang kerumah saya padahal janji nya sebelum nikah tinggal dirumah saya..tapi setelah saya melahirkan dan punya anak suami saya tidak mau pulang. saya melahirkan dirumah suami atas kemauan suami saya...sekarang saya pulang sendiri kerumah saya..saya sudah memohon agar mau pulang tapi suami saya tetap tidak mau..mohon bantuan nya pak ustadz..terima kasih

JAWABAN

Kalau itu artinya suami ingin supaya istrinya tinggal bersama suami, maka istri berkewajiban untuk patuh dan taat pada keinginan suaminya. Tapi kalau ketidakmauan suami itu dikarenakan ada kesalahan istri, maka istri hendaknya memohon maaf dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi. Rumah tangga harmonis adalah apabila kedua belah pihak saling mengalah dan bersedia untuk saling berkorban. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

___________________________


SUAMI SELINGKUH DAN JARANG SHALAT

assalamukaliku wr.wb.

kepada pak ustasd.selama ini saya telah menjalani pernikahan saya selama 13 th. saya sangat mendambakan laki" yang bisa membimbing ku dunia & akherat. tapi yang saya dapatkan malah sebaliknya. suami saya kadang" dlm sehari solat kalau dia dirumah saja & kalau pun solat jum'at bisa dihitung dlm 1 th 3-4 kali.

bukan hanya itu yang membuat ku terasa tersiksa. dia selalu maen perempuan di belakang ku. sampai" dia menghamili permpuan di luar nikah.

lain dari pada itu saya memiliki 2 anak tiri . ke 3 faktor ini yang membuat hati ini tidak tenang aku jalani hari2ku. aku mampu bertahan sampai sekarang karna aku tak sanggup berpisah dengan anak"ku.

dan aku berusaha menjadi hamba utuk bisa memaapkan orang lain. tapi knapa hati ini selalu tidak ikhlas. di setiap aku lihat permpuan yang telah menyakitiku hati ini selalu benci.

pertanyaan saya:

1.apa yang harus aku lakukan. apakah aku minta cerai dengan suamiku aku tak berdosa? & di samping itu aku tak sanggup berpisah dengan anak" ku.
2. bagai mana cara aku untuk bisa memaafkan dengan ikhlas ke salahan orang lain.

mohon jawabannya / solusinya supaya aku bisa lebih tenang.
wassalamu'alikum wr.wb

JAWABAN

1. Dalam kasus di atas, anda bisa minta cerai pada suami atau kalau suami menolak anda dapat melakukan gugat cerai ke pengadilan agama. Namun itu pilihan. Kalau merasa tidak mampu pisah dengan anak-anak, maka anda harus bertahan apapun resikonya. Baca: Menyikapi Suami Istri Selingkuh

2. Cara termudah adalah apabila berpisah dengan suami. Tapi kalau ingin tetap bertahan, maka kurangi kadar cinta anda pada suami dan abaikan apapun yang dilakukan suami serta fokuskan pada mengurus dan mendidik anak.

___________________________


PERTIMBANGAN BERCERAI

Salam kenal,

Saya seorang istri berusia 32tahun & telah memiliki 2orang anak. sudah 2minggu saya pisah ranjang dengan suami & dalam proses perceraian. Sekarang saya & suami sedang istikharah apakah mau melanjutkan pernikahan yang telah dibina selama enam tahun atau mengakhirinya dengan perceraian. Sebenarnya saya ingin membina rumah tangga yang bahagia dengannya tapi dia sudah memutuskan akan menikah lagi. Belum jelas dia kapan akan menikah lagi dan dengan siapa menikahnya nanti. Hanya sekarang dia sudah ikrar akan menikah lagi nanti. Kalau suatu hari nanti dia jatuh cinta lagi, dia pasti akan menikah lagi katanya. Kalau saya tidak mengizinkan, dia tetap akan menikah lagi & menceraikan saya. sakit mendengar pengakuannya.

Saya pikir daripada cerai nanti, mending cerai sekarang saja karna anak2 masih kecil (balita & bayi) dan belum mengerti apa2 sehingga tidak menimbulkan goncangan & dampak psikologis yg buruk. Hubungan saya dengan suami sangat baik. tidak pernah bertengkar hebat & suami cukup religius. Saya selalu berusaha bersikap baik & tidak ada kebutuhannya yang tidak saya penuhi. Dia mengakui kalau saya istri yang baik & tidak ada yg kurang dalam apapun.

Tapi dia bilang hatinya selalu hampa. entah kenapa dia selalu merasa tidak sakinah hidup dengan saya katanya. dia ingin ketentraman. Dia mengatakan mungkin dengan menikah lagi, dia akan bisa mengisi hatinya yang hampa & mendapat ketentraman dengan wanita lain. Dia akan menikah lagi dengan wanita lain tanpa harus bercerai. penyebab hatinya hampa karena dia belum bisa melupakan mantannya.

Dia masih mencari orang yang mirip dengan mantan kekasihnya dulu karna mantannya sudah menikah sekarang. Saya belum ikhlas dipoligami. justru dengan itu, saya takut menjadi istri yang durhaka kelak yang tidak mampu melaksanakan kewajibannya sebagai isteri. takut tidak bisa bersikap baik lagi karena hati saya sudah terluka. Bersikap buruk terhadap suami dibenci Allah. Daripada Allah murka karena perlakuan buruk saya terhadap suami, lebih baik saya bercerai. Setahu saya, rumah tangga bertujuan untuk membuat 2 orang hidup bahagia. Kalau salah satu tersakiti, tujuan berumah tangga tidak tercapai. Kami dulu menikah atas keinginan sendiri dan bukan dijodohkan. pertanyaan saya;
1. Bagaimana saya harus menyikapi permasalahan ini?
2. Adakah doa agar suami tidak berpoligami? Saya tidak mencela poligami karena itu sesuai syari'at, akan tetapi hati saya belum ikhlas.

JAWABAN

1. Hidup memang tidak pernah ideal, termasuk dalam kehidupan rumah tangga. Tentu anda merasa sakit hati diperlakukan demikian namun karena rencana dia belum terlaksana tidak ada salahnya anda bersabar bersamanya dan berusaha bersikap sebaik mungkin. Hanya dengan sikap yang baik ada kemungkinan rencana suami itu bisa gagal.

2. Poligami tidak haram dalam Islam. Berdoalah agar suami menjadi semakin sayang pada anda. Hanya itu cara agar dia tidak jadi berpoligami. Doanya agar disayang suami lihat di sini.

___________________________


TERTARIK PADA PRIA TAPI MALU MENGUNGKAPKAN

Assalamualaikum wr wb.

ada yang mau saya tanyakan,

1. Saat ini saya mengagumi/tertarik pada laki-laki, sering bertemu setiap ada acara di kantor , masalahnya, apakah dia sudah menikah, sudah punya calon istri atau masih lajang saya tidak tahu. Di Akun facebooknya pun tidak dicantumkan statusnya. Saya ingin menjalin pertemanan di facebook tapi saya tidak berani meng-add-nya, dan saya malu ingin tanya ke temannya. Apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui status laki-laki tersebut??

2. Jika laki-laki tersebut belum menikah dan belum punya calon istri apakah saya boleh mengungkapkan ketertarikan saya kepada laki-laki tersebut?

3. Apakah ada amalan-amalan atau doa-doa untuk mendamaikan 2 keluarga yang sedang berselisih/bertikai?

Terima kasih, Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

JAWABAN

1. Langkah pertama dapat dimulai dengan request pertemanan via Facebook. Tidak perlu malu, karena dia tidak akan curiga anda tertarik. Setiap hari tentunya ada perempuan yang request menjadi temannya di Fb, dan anda hanyalah salah satunya. Langkah kedua, bertanya pada temannya dengan cara yang seakan tidak disengaja tentang statusnya. Tanyalah sambil lalu dimulai dengan membahas tentang kantor atau perusahaan pria tersebut setelah itu baru diarahkan sedikit tentang dia yang sering ikut rapat. Cara yang termudah adalah apabila anda punya teman wanita yang akrab, maka anda bisa minta tolong padanya secara terus terang untuk menyelidikinya.

2. Boleh saja. Tapi itu kurang elegan. Bahkan Khadijah, istri Nabi, ketika tertarik pada Nabi, dia meminta tolong pada perempuan lain untuk menjadi mediator. Akan lebih terhormat kalau anda meminta bantuan sahabat anda untuk menyatakan hal ini.

3. Ada. Baca doanya di sini. Doa ini asalnya untuk istri agar disayang suami atau sebaliknya. Namun bisa juga dipakai untuk dua orang yang bertikai. Kalau tidak bisa baca, gunakan Google translate, copy paste doa tersebut dan klik ikon suara.

___________________________


SUMPAH ISLAMNYA BATAL

Assalamualaikum.
Saya ingin menanyakan 3 hal terkait sumpah.

1. jika bersumpah "demi allah saya tidak melakukanny, jika saya lakukan mau batal islam saya". apa boleh bersumpah seperti ini dengan konsekuensi?

2.kemaren saya bayar kafarat sumpah dengan puasa 3 hari. sebelumnya saya kira memberi makan 10 orang miskin selama 3 hari karena itu merasa tak sanggup dan juga saya kesulitan mencari orang miskin. Apa sah pembayaran kafarat sumpah dengan puasa 3 hari tsb? Apa saya harus bayar kafarat lagi?

3. kalo bersumpah "demi allah saya tidak akan melakukanny, jika saya langgar mau batal islam saya".dan saya merasa tidak sanggup menmpertahakan sumpah tsb sehingga ingin menarik kembali sumpah tsb dengan membayar kafaratnya. Jika saya sudah bayar kafaratnya. apakah konsekuensinya juga batal?

Mohon sekali pencerahannya..Trims. wassalamualaikum.

JAWABAN

1. Islam hanya mengakui doa dengan nama Allah. Adapun ucapan "batal Islam saya" itu tidak dianggap dalam arti tidak ada dampak hukumnya. Yang pasti kalau sumpah itu dilanggar, maka akan terkena kafarat sebagaimana kafaratnya pelanggar nadzar. Baca detail: Nazar dalam Islam

2. Sah. Sekedar diketahui, kafarat memberi makan 10 orang miskin hanya satu kali dan 1 hari, bukan 3 hari.

3. Iya. Lihat jawaban 1.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..