Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Hutang spp dan uang pendaftaran sekolah


HUTANG SPP DAN UANG PENDAFTARAN SEKOLAH

Assalamualaikum .
Pak saya mau bertanya tentang utang piutang, Ceritanya gini . pada
tahun 2015 saya pernah masuk ke SMA swasta, na disitu saya disuruh
melunasi administrasi yang kurang lebih 1 juta dan baru saya bayar
separo . dilanjut dengan membayar uang SPP/Bulanan . Saya bersekolah
hanya bertahan 5 bulan . dan uang SPP baru saya bayar 2 bulan . Gimana
pak apa saya berhutang pada kekukarang biaya yang belum saya lunasi
tersebut . dan bagaimana saya melunasinya . sedangkan guru guru yang
mengajar dulu sekarang sudah ganti semua .
Terima Kasih

Wassalamualaikum .

JAWABAN

Soal SPP, maka yang wajib anda lunasi adalah SPP untuk 5 bulan tersebut. Berarti anda harus membayar sisa 3 bulannya. Begitu juga soal biaya admin pendaftaran, hendaknya dilunasi kekurangannya agar tidak menjadi beban bagi anda.

Adapun soal guru yang sekarang sudah ganti itu tidak masalah. Kan sekolah dan kantornya masih ada. Anda tinggal membayar pada bagian admin di kantor.

Namun demikian, kalau seandainya pihak kantor menyatakan bahwa anda tidak perlu lagi membayar sisanya, maka anda bisa bebas dari hutang tersebut. Baca detail: Hutang dalam Islam

BELUM CERAI SAH, ISTRI SUDAH ZINA

Assalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh.

Saya Mempunyai Masalah rumah Tangga.
Saya Menikahi Istri Saya Pada Tahun 2013. Dan Pada Bulan Agustus Tahun 2016. Istri Saya Meminta cerai dengan Alasan Karena Saya Selingkuh. Dan Dsitu Istri Saya menyatakan bahwa istri saya yang akan menggugat saya. Setelah Hampir Setahun berjalan Kami Pisah Ranjang (belum cerai di pengadilan)

Namun Belum ada putusan Pengadilan Karena Istri Saya belum menceraikan Saya. tiba tiba Saya mendapat Kabar Bahwa Istri saya sudah melakukan hubungan Layaknya Suami istri dengan Laki Laki Lain. Dan Kabar tersebut Stelah saya konfirmasi kebenarannya ke istri saya. Dia mengakui kebenarannya bahwa memang benar dia sudah melakukan itu. Dan bukti Foto Juga Ada. Saya mohon sarannya apa Yang harus saya lakukan. Secara batin saya tidak terima dengan kejadian tersebut

Pertanyaan Saya.
1. Apakah Saya Bisa menuntut istri saya. Dan apakah Dia bisa Di Pidanakan. .
2. Sebelum Saya mendengar Kabar istri Saya Melakukan Hubungan Bersetubuh dengan Pria Lain. Saya berniat ingin Membina kembali hubungan rumah tangga kami tapi setelah memdengar kabar tersebut Apa yang Harus Saya Lakukan. Di satu sisi saya ingin bersama kembali dengan istri saya Hanya Demi Kebahagiaan anak Saya.
3. Jika Rumah Tangga Saya dengan istri Saya tidak Bisa kembali Lagi seperti dulu. Atas perbuatannya itu. Namun saya belum bercerai Sah Secara Hukum kemudian jika Saya menikah Siri Dengan Wanita Lain. Apakah pernikahan siri saya dengan Wanita Lain Tersebut Sah Atau Tidak.

Terima Kasih Mohon Bantuannya agar saya bisa mendapatkan Solusi.

JAWABAN

1. Apabila istri berzina,maka suami bisa menceraikannya.

2. Anda punya dua pilihan secara agama yaitu menceraikan dia atau tetap mempertahankan rumah tangga. Baca detail: Menyikapi Pasangan Selingkuh

3. Pria yang poligami tidak memerlukan ijin dari istri pertama. Baca detail: Pernikahan Islam

TALAK TAKLIK DENGAN TAKBIROTUL IHRAM

Assalamulaikum ustaz...

Maaf terlebih dahulu ustaz sekiranya tulisan saya ini agak panjang. Saya ada satu soalan yang amat menganggu kehidupan seharian, dan ibadat saya. Saya akui saya seorang yang was-was dalam ibadat. Dan was-was ini semakin teruk bila ianya ada berkaitan dengan ikatan pernikahan saya.

Was-was saya dalam solat biasanya ketika mengangkat takbiratulihram. Selalu mengulang-ulang takbiratulihram. Saya cuba ustaz untuk tidak was-was..kadang berjaya ..namun adakala saya tewas jugak dengan perasaan was-was ini.

Dan..baru-baru ini ketika hendak solat, saya sudah 2 kali mengangkat takbiratulihram kerana was-was. Ketika takbiratulihram kali ketiga.. ketika saya melafazkan “Allahhhhhhhhhhuakbar”.. tetiba ada suatu suara dalam hati..seperti yang kita ketahui ketika melafazkan takbiratulihram (Allahhhhhhhuakbar)... mulut akan terbuka dan akan ada getaran/gerakan pada lidah. Permasalahan saya ustaz ialah, saya seperti tidak dapat mengawal kata-kata hati ini..kata hati menyuruh saya melakukan taklik dalam hati iaitu.. “kalau Aku Ulang Takbiratul Ihram sekali lagi, Akan Jatuh lah Talak terhadap Isteriku..” lebih memburukkan lagi keadaan, sekali lagi saya tidak dapat mengawal kata hati..kata hati saya menyuruh pula saya mewakilkan/ menyandarkan taklik dalam hati tadi kepada getaran/ pergerakan lidah ketika melafazkan takbiratulihram. Kejadian ini berlaku sangat pantas dan spontan ustaz..Secara ringkasnya;

TAKLIK DALAM HATI DISANDARKAN/ DIWAKILKAN = KEPADA kepada getaran/ pergerakan lidah ketika melafazkan takbiratulihram

Saya menjadi takut..dengan perkara ini tambah-tambah lagi melibatkan taklik. Saya meneruskan solat dan tidak berani mengulangi takbiratulihram kerana takut akan taklik tersebut. Namun..ketika pertengahan solat..was-was saya datang lagi..kali ini was-was tentang bilangan rakaat pula..saya jadi keliru..saya tahu..nanti boleh sujud sahwi untuk kes macam ni kan ustaz..tapi entah kenapa saya memilih untuk keluar solat..dan solat semula. Saya pun berniat keluar solat.. kemudian saya angkat takbiratulihram sekali lagi..”Allahhhhhhuakbar” ...kemudian saya tersentak kerana saya teringatkan taklik yang saya buat dalam hati sebentar tadi.

Perasaan saya ketika itu takut, tidak tenang..dan tertanya-tanya adakah saya sudah melanggar taklik tadi dan adakah sudah jatuh talak terhadap isteri saya? Saya tidak tenang ustaz. Kualiti hidup saya terjejas ustaz...tidak tenang..ibadat saya turut terjejas.. Tolong saya ustaz.. adakah sah taklik sekiranya TAKLIK DALAM HATI DISANDARKAN/ DIWAKILKAN = KEPADA kepada getaran/ pergerakan lidah ketika melafazkan takbiratulihram. tolong dan bantu saya ustaz...saya tertekan sgt2...

#Sedikit penambahan ustaz; Adakah lafaz takbiratulihram ..”Allahhhhhhhuakbar..” boleh dijadikan sebagai lafaz kinayah dalam kes saya ini ustaz....Tapi saya tak niatkan taklik dalam hati tersebut dengan lafaz takbiratulihram ..”Allahhhhhhhuakbar..” ..sebaliknya sandarkan taklik dalam hati tersebut kepada getaran/ pergerakan lidah ketika melafazkan takbiratulihram.. Ya Allah...apa saya tanya ni ustaz?..saya betul2 tertekan ustaz....maafkan saya ustaz...saya mahu pulih ustaz....tolong saya ustaz....

JAWABAN

Was-was anda sudah berlebihan. Dalam kasus anda, penjelasan kami sebagai berikut:
(a) Takbirotul ihram tidak bisa dijadikan talak taklik.
(b) Talak harus diucapkan secara lisan. Oleh karena itu talak dalam hati tidak dianggap.
(c) Bacaan takbirotul ihrom hukumnya wajib diucapkan agar shalatnya sah.

Baca detail:
- Cerai dalam Islam
- http://www.alkhoirot.net/2013/03/hukum-taklik-talak-dan-rujuk.html
- http://www.alkhoirot.net/2014/06/was-was-dalam-shalat-dan-wudhu.html
- http://www.alkhoirot.net/2015/11/was-was-ingin-membatalkan-shalat.html

CARA BELAJAR QURAN METODE USMANI

Assalamualaikum, mau Tanya bagaimana cara mudah belajar al qur'an utsmani?

JAWABAN

Metode Usmani harus dipelajari melalui guru. Tidak bisa belajar sendiri. Jadi, silahkan datang ke perwakilan Usmani terdekat untuk mempelajarinya.

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam