Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA) Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Doa buruk ibu yang pendosa apakah terkabul?

Doa buruk ibu yang pendosa apakah terkabul?

Assalamualaikum, Saya Rifa 24thn Jakarta.

Ibu kandung saya sering kawin cerai, berpacaran dengan suami orang, memilih suami yang tidak tepat yang akhirnya membawa masalah baru di keluarga. Sejak kecil saya tidak jadi prioritasnya, dia sering bilang bahwa saya segalanya, dia sayang sama saya tapi pada praktiknya semua keputusan yang dia ambil dihidupnya hanya atas dasar keinginan dan nafsunya saja, tidak atas dasar memikirkan masa depan saya.

Dia tidak mengajari saya beragama. Menyuruh saya ngaji waktu kecil pun bisa dihitung jari, sampai ketika besar saya baru sadar saya tidak bisa ngaji. Sekarang dia kembali menikah dengan suami yang tidak menyukai saya anak kandungnya dan tidak menafkahi dia secara materi sehingga dia harus pontang panting bekerja mencari uang.

Saya khawatir saya menyarankannya untuk berpisah saja karna banyak hal yang tidal baik terjadi juga dengan nya. Saya bilang saya akan bertanggung jawab untuk kebutuhannya jika kelak dia tak ada suami lagi, tapi dia setengah setengah, seolah olah tidak mau ada permasalahan ini, dia tidak mau membahas masalah ini dan membiarkannya saja. umurnya sudah 48 tahun tapi pola kehidupannya terus begitu, tidak berubah dan tidak belajar dari yang sudah sudah.

Saya tidak terlalu sering mengunjunginya dan suaminya lagi sekarang setelah suaminya menulis sesuatu yg kasar terhadap saya, menyakiti hati saya dan ibu saya tidak membela saya.

Kemarin ada Pak Ustad mendatangi saya menyinggung tentang doa Ibu kandung dan berbakti kepada orang tua.

Apakah doa ibu yang seperti itu masih dikabulkan Allah? sekalipun dia jarang ibadah dan hanya berdoa sekali untuk menghukum saya yang sakit hati karna suami pilihannya? Apa yang sebaiknya saya lakukan?

JAWABAN

1. Doa buruk ibu pada anaknya bisa terkabul bisa juga tidak . Akan terkabul kalau doa tersebut muncul karena si anak telah menyakiti ibunya. Dan ini berlaku secara umum. Artinya, doa orang yang terzalimi itu terkabul. Sama saja yang terzalimi itu seorang pendosa. Baca detail: Sumpah Kutukan Akankah Menjadi Nyata?

2. Anak wajib berbakti pada orang tuanya. Walaupun orangtuanya mungkin pernah menyakitinya. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua

3. Sebaiknya anda silaturahmi ke ibu dan memohon maaf. Berusaha membantunya apabila ada yang bisa dibantu.

عن الكاتب

KSI Al-Khoirot

التعليقات


جميع الحقوق محفوظة

Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)