Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA) Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Suami rajin ibadah tapi tidak menafkahi anak istrinya

Suami rajin ibadah tapi tidak menafkahi istri dan anaknya

Ustadz dan ustadzah mhn nasehat nya: Saya ibu rumah tangga yg telah berhenti bekerja dan telah menikah +/- 23 th.

Suami saya saat ini tidak ada pekerjaan tetap. Saya sdh terbiasa bangun sblum subuh dan bekerja dgn disiplin sd sore bahkan sd mlm, kadang tidak suka lihat suami yg tidur stlah dhuha dan baru bekerja/keluar rumah stlah djuhur (suami rajin shalat ke mesjid, namun beliau hanya memperkaya ibadah nya sendiri... tidak peduli bahkan tidak mensupport ibadah utk kami ...istri dan anaknya), suami tidak pernah kdrt dan rajin membantu pekerjaan rumah, namun jika marah sangat menakutkan saya.

Nafkah yg diberikan saat ini hanya utk makan, utk keperluan saya dan anak2 (termasuk biaya sekolah, listrik/air, bensin by2 lain spt iuran komplek, service perbaikan dll) menggunakan uang tabungan dari hasil saya bekerja) dan yg menyakitkan hati saya ketika suami beli baju utk diri sendiri. Sedangkan saya membeli sendiri dan membelikan anak2. Suami tidak pernah mau diajak komunikasi atau meluangkan waktu utk ngobrol bgm supaya kita kompak/team yg baik utk sama2 menuju surga Nya... Allah SWT. Menjadi kan keluarga yg sakinah mawaddah warahmah.

Sering saya mengajak beliau utk ngobrol utk menambah kedekatan dan samawa yg saya harapkan, namun lagi2 sakit hati yg saya terima (spt nya hanya saya yg menginginkan). Contohnya spt saya mengajak suami utk menemani saya berolahraga (jalan2/jogging) beliau tidak mau dan kemudian saya dapati ternyata beliau tidur. Namun ketika diajak sepeda an/gowes oleh teman2 beliau yg ada di komplek perumahan beliau ikut bahkan seharian (sampai sore), makan pagi dan siang mungkin ntraktir atau di traktir oleh teman2 beliau.

Saya sering sedih ustadz krn utk nafkah lahir pun (bantuan dari saya, yg saya niatkan sedekah) namun nafkah batin saya tersiksa. Dari awal menikah sd skarang suami tinggal di rumah yg saya beli sendiri, sedangkan rumah yg di beli suami di sewakan. Saya saat ini mencari hiburan/kesenangan dgn Al-Qur an dan menghafalkan nya, berusaha mencari pekerjaan lain yg bisa membuat saya bertahan. Jika saya menghendaki bercerai apakah berdosa? Saat ini kejadian berulang lg shg saya merasakan kesedihan yg membuat saya terus menangis... Jazakumullahu khair atas nasehat ustadz/ustadzah

JAWABAN.

Tidak ada larangan bagi istri untuk meminta cerai apabila memenuhi syarat. Salah satu syarat adalah

a) tidak lagi mencintai suami. Baca detail: Istri Minta Cerai karena Tak Cinta

b) Tidak menafkahi. Baca detail: Istri Boleh Tak Taat Suami yg Tak Beri Nafkah

c) Suami pendosa. Baca detail: Menyikapi Pasangan Selingkuh

عن الكاتب

KSI Al-Khoirot

التعليقات


جميع الحقوق محفوظة

Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)