Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Hukum Talak dengan Dua Saksi

Talak dengan Dua Saksi


 Menurut fikih madzhab empat, talak sharih suami yang diucapkan pada istrinya secara lisan itu hukumnya sah walaupun dilakukan tanpa saksi. 

Namun, ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa talak tanpa ada saksi itu hukumnya tidak sah. Berikut uraiannya.

 

Pendapat yang mensyaratkan adanya saksi dalam talak dan rujuk 

 As-Shan'ani dalam Subulus Salam, 2/267, menyatakan pendapat Imam Syafi'i dalam qaul qadim:


دلَّ على ما دلَّت عليه آية سورة الطَّلاق، وهي قوله تعالى: (وَأَشْهِدُوا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنكُمْ) [الطلاق: 2]، بعد ذِكْره الطَّلاق، وظاهر الأمر وجوبُ الإشْهاد، وبه قال الشَّافعي في القديم، وكأنَّه استقرَّ مذهبه على عدَم وجوبه، فإنَّه قال الموزعي في “تيسير البيان”: وقد اتَّفق الناس على أنَّ الطَّلاق من غير إشهاد جائز .اهـ.

Artinya: Yang ditunjukkan oleh ayat dalam Surat At-Talak ayat 2 ("dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil ") setelah Allah menyebut talak. Menurut zhahirnya ayat, wajib ada saksi. Ini pendapat Imam Syafi'i dalam qaul qadim menyatakan wajib ada saksi (saat pernyataan talak suamii). Namun, pendapat terakhir al-Syafi'i adalah tidak wajib saksi. Al-Mazra'i berkata di kitab Taisir al-Bayan: "Ulama sepakat bahwa talak tanpa saksi itu boleh."

Sayid Sabiq dalam Fiqhus Sunnah menyatakan:


وممن ذهب إلى وجوب الإشهاد واشتراطه لصحته من الصحابة: أمير المؤمنين علي بن أبي طالب، وعمران بن حصين - رضي الله عنهما - ومن التابعين: الإمام محمد الباقر، والإمام جعفر الصادق، وبنوهما أئمة آل البيت - رضوان الله عليهم - وكذلك عطاء، وابن جريج، وابن سيرين - رحمهم الله -. اهـ.

Artinya: Ada sebagian ulama berpendapat atas wajibnya ada saksi dan menjadi syarat keabsahan talak. Dari kalangan Sahabat Nabi ada Ali bin Abi Thalib dan Imran bin Husain. Dari Tabi'in: Muhammad al-Baqir, Ja'far al-Shadiq dan putra keduanya dari kalangan ahlul bait. Begitu juga Atha', Ibnu Juraij, Ibnu Sirin.

Ibnu Hazm dalam kitab Al-Muhalla bi al-Atsar, hlm. 10/17, menyatakan: 


 وكان مَن طلَّق ولم يُشْهِد ذَوَي عدل، أو راجَعَ، ولم يُشْهِد ذوي عدل - متعدِّيًا لحدود الله تعالى، وقال رسول الله صلَّى الله عليْه وسلَّم: "مَن عمِل عملاً ليْس عليه أمرُنا فهو رد". اهـ.

Artinya: Suami yang menceraikan istrinya tanpa disaksikan dua saksi yang adil, atau rujuk tanpa saksi dua orang yang adil, maka dia melanggar ketentuan Allah. Nabi bersabda: Siapa yang melakukan amalan yang tidak sesuai perintahku, maka dia tertolak.

Kalangan ulama muashirin (kontemporer) yang berpendapat wajibnya ada saksi talak adalah Muhammad Abu Zahrah dan Ahmad Syakir (lihat kitabnya, Nizham al-Talak fi al-Islam).

 

Yang menyatakan dua saksi talak itu sunnah, tidak wajib

Imam Syafi'i dalam qaul jadid menyatakan sunnah alias tidak wajib. Dalam Al-Umm, hlm. 7/88, ia menyatakan:

 

فأمر الله عز وجل في الطلاق والرجعة بالشهادة وسمى فيها عدد الشهادة فانتهى إلى شاهدين فدل ذلك على أن كمال الشهادة على الطلاق والرجعة شاهدان …ودل ما وصفت من أنِّي لَم ألْقَ مُخالفًا حفظْتُ عنْهُ من أهل العلم أنَّ حرامًا أن يطلِّقَ بغير بيِّنة، على أنَّه والله أعلم دلالة اختيار، واحتملت الشَّهادة على الرجعة من هذا ما احتمل الطَّلاق

Artinya: Allah memerintahkan adanya saksi dalam masalah talak dan rujuk dan mengakhiri dengan menebut dua saksi. Itu menunjukkan bahwa persaksian yang sempurna atas talak dan rujuk adalah dua saksi. Apa yang saya sebut menunjukkan bahwa saya tidak menemukan pendapat ulama yang berbeda bahwa mentalak tanpa saksi itu pilihan (tidak wajib). Dan itu berlaku untuk rujuk dan talak.

Ali al-Syaukani dalam Nailul Autar menyatakan:

 وقد عرفت الإجماع على عدم وجوب الإشهاد على الطلاق. اهـ.

Artinya: Sudah diketahui adanya ijmak ulama atas tidak wajibnya saksi untuk talak.

Tahir ibn Asyur dalam Tafsir al-Tahrir, wa  Al-Tanwir dalam menafsiri QS al-Talaq ayat 2 ia menyatakan:

 

 واتفق الجميع على أن هذا الإشهاد ليس شرطا في صحة المراجعة أو المفارقة؛ لأنه إنما شرع احتياطا لحقهما، وتجنبا لنوازل الخصومات؛ خوفا من أن يموت فتدعي أنها زوجة لم تطلق، أو أن تموت هي فيدعي هو ذلك، وكأنهم بنوه على أن الأمر لا يقتضي الفور، على أن جعل الشيء شرطا لغيره يحتاج إلى دليل خاص غير دليل الوجوب؛ لأنه قد يتحقق الإثم بتركه ولا يبطل بتركه ما أمر بإيقاعه معه، مثل الصلاة في الأرض المغصوبة، وبالثوب المغصوب. اهـ

Artinya: Seluruh ulama sepakat bahwa kesaksian tidak menjadi syarat sahnya rujuk dan talak. Kesaksian dianjurkan untuk kehati-hatian untuk menjauhi terjadinya permusuhan...


Kesimpulan

Yang berfatwa wajibnya ada saksi dalam talak adalah sebagian generasi Salaf (Sahabat dan Tabi'in), Seperti Umar, Imran ibn Hushain, Ali bin Abi Thali, Atha', Ibnu Juraij, Ibnu Sirin, mazhab qaul qadim Imam Syafi'i, dan Ibnu Hazm.

Tapi Imam Syafi'i menarik kembali pendapatnya di qaul jadid dan menyatakan sunnah. Begitu juga mayoritas mazhab empat menyatakan sunnah, tidak wajib mendatangkan saksi.[alkhoirot.net]

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam