Islam Tidak Membuat Orang Kaya atau Miskin

Islam Tidak Membuat Orang Kaya atau Miskin

Islam bukan agama yang akan membuat orang kaya atau membuat orang miskin. Figur terbaik Islam yaitu Nabi Muhammad mengalami keduanya

PERTANYAAN
Assalamualaikum. ,

senang sekali saya di respon oleh anda dengan cepat. dan ada beberapa pertanyaan yang membuat saya ragu di Islam [mohon pak Haji jangan marah dulu ya, karena biasanya semua yang tertulis di Quran adalah sempurna & bisa dipertanggung-jawabkan].

begini Pak Haji. saya sudah 6 tahun belakangan ini ingin menjual harta Warisan dari Ayah saya. yaitu : sebidang tanah seluas 9000 m2 dan bangunan 300 m2 yang tidak produktive. dan bisa dilihat {alamat url dihapus - red}

dimana kami bertujuan agar :

1. tidak ada keributan diantara ahli waris dan lebih harmonis
2. Sesuai petunjuk Islam, agar cepat dibagi2 bila si pemilik sudah tiada.
3. hampir 75% Ahli waris membutuhkan untuk:
a. biaya hidup sehari2
b. biaya sekolah yang selalu meningkat
c. anak ke-2 sedang KPR Rumah dan butuh untuk melunasi.
d. modal usaha yang lebih produktive.
c. dll yang bersifat postive dan produktive.
4. Lahan/ tanah tersebut tidak produktive bila dipertahankan karena juga ada biaya bulanan [FIXED Cost] salah satunya bayar PBB.

dan beberapa usaha yang telah kami lakukan untuk menjual tanah ini adalah:

iklan di koran :Sindo [30 hari], Kompas [ 4 kali tiap weekend], Pos Kota [8 kali tiap weekend] , dan surat kabar lain nya
website, seperti url diatas
Banner di depan tanah/ Rumah/ Gerbang
Kontrak dengan beberapa Agent Properti
Banner kecil di jalan utama yang diletakkan di U-Turn, agar para pengendara bisa melihat dan membaca
ibu Mertua mendoakan di tanah suci sewaktu naik haji tahun 2010
Sedekah ke Panti Asuhan 3-4 kali
Rukhiyat 1 kali
di doa kan oleh 3 Udztad yang berbeda
Harga Normal Rp. 15 M dan saya diskon menjadi Rp. 10 M
Boleh diangsur selama 1 tahun
semua ahli waris meng-ihklaskan harta warisan ini dijual karena tiap ahli waris meminta porsi mereka masing2 untuk kebutuhan premier.
Berdoa oleh semua ahli waris setiap Shalat Wajib dan Sunah dengan doa2 dari Udz. Yusuf Mansyur dari buku: [alamat url dihaus -red] dll yang saya juga sudah lupa

namun alhasil selama ini adalah:
1. yang datang 80% adalah Makelar. dan Makelar membawa makelar [saya pribadi tidak masalah dengan makelar, siapa tahu memang benar mereka bisa membawa pembeli dan saya tidak keberatan dengan 2.5% komisi mereka]
2. sisanya adalah developer yang semua mengajak kerja sama tetapi mereka tidak mau investasi (herankan Kerjasama tapi mereka tidak mau investasi]. dan saya sudah ditipu oleh 3 pihak yang berbeda setelah 3 tahun lalu saya coba untuk kerjasama. dan pihak ke-2 adalah berakhir di pengadilan Tangerang. karena ada kasus Pidana 'pengelapan dan penipuan'. [saya tidak perlu uraikan masalah pidana ini ke pak Udz, karena Aib Orang]. Tapi intinya adalah saya sudah mencoba dan gagal.
3. Tidak seorang Users/ Pembeli yang mau beli tanah saya.

memasuki tahun ke-6 ini, kami semua meng-evaluasi, kenapa tidak laku juga ? ini pertanyaan nya. dan saya akhirnya memanggil Seorang Udztad di Kota Wisata. dan dia yang me-Rukiyahkan rumah saya beberapa bulan lalu. dan setelah itu dia mengatakan:
1. Sabar
2. Shalat
3. Harga yang saya tawarkan adalah sudah murah dan wajar kata Uztd. tersebut

Dikarenakan ada kebutuhan mendesak yaitu kenaikan kelas dan 3 orang ahli waris membutuhkan Dana yang tidak bisa di sabar2kan lagi, saya pun kembali ke Udztad tersebut. pertanyaan saya adalah :

1. Apakah Allah SWT ingkar Janji ? karena Dia menjanjikan di Qur'an adalah 'Sembahlah Aku dan Kupenihi semua permintaan mu'.

sudah 6 tahun kami semua usaha dan ber-doa; tetapi tidak ada juga calon pembeli. adapun yang menawar, tapi dia berani Rp. 5 Milyar, dan bayar nay lebih dari 12 bulan, entah sampai berapa lama ? ini tidak jelas. dan ini juga developer.

2. Berapa lama lagi saya harus bersabar ? ok-lah tidak usah 6 tahun terakhir. 2 tahun terakhir saja deh. setelah saya memutuskan tidak mau kerja sama karena saya tahu akan berakhir di Kepolisian dan pengadilan.

saya jadi bingung, saya minta Allah karena saya sulit menjual dengan harga yang dibawah layak. padahal saya sudah Diskon 30%.

Saya ada Solusi lain dan ini menentang ajaran Islam :

1. Boleh ngak saya ke paranormal untuk menanyakan kenapa sulit dijual dan jalan keluar nya ?

Begitulah Keluhan dan pertanyaan saya yang menggangu saya ini; saya mohon maaf sekali lagi dengan pertanyaan saya di atas; tidak sopan atau kasar, tapi saya harus bertanya, karena saya memeluk Islam harus nya saya mendapatkan privillage dari yang non-Islam.

P/S: bila ada waktu, saya ingin sekali bertemu anda suatu saat nanti, agar saya ingin kepastian. atau saya bisa minta no. telpon pak Haji, agar kita bisa berdiskusi.

Wassalam,

JAWABAN
Assalamualaikum

Setiap orang memandang Islam selalu dari kacamata yang berbeda sesuai dengan latarbelakang dan keahliannya. Baik itu orang awam maupun mereka yang disebut ustadz, ulama, kyai dan paranormal. Bagi seorang "ustadz" paranormal, Islam dilihat dari segi ia mampu memberi kekuatan ghaib, melariskan dagangan, menyembuhkan orang sakit, memperlancar usaha, mengabulkan doa, Bagi seorang mubalig "entrepreneur", Islam dianggap sebagai kekuatan mencari rejeki secara matematis yang dengan sedekah sekian akan "dibalas" dengan berlipat ganda menjadi sekian rupiah dalam waktu singkat. Orang kemudian menjadi kecewa setelah ia melihat bahwa ternyata persepsi Islam seperti di atas tidak sesuai dengan kenyatana yang dihadapi.

Padahal tema utama Islam adalah sebagai tuntunan jalan hidup (way of life) yang apabila ditaati secara penuh oleh pemeluknya maka orang tersebut akan menjadi sebuah pribadi yang memiliki temperamen yang ideal: dewasa, jujur, konsisten, stabil, teguh pendirian, peduli, pekerja keras dan tidak mudah putus asa serta dicintai banyak orang seperti pribadi Rasulullah yang perilakunya merupakan representasi ideal Islam seperti secara eksplisit disebut dalam QS Al-Qalam 68:4 وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
Artinya: Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.

Dalam QS Al-Ahzab :21 Allah berfirman:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآَخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah

Kalau Nabi Muhammad adalah figur muslim terbaik, maka kita dapat belajar Islam dari sejarah hidup Nabi semasa muda yang secara ringkas sebagai berikut:

1. Muhammad kecil adalah seorang yatim piatu. Ditinggal mati ayahnya saat masih dalam kandungan dan ditinggal mati ibunya saat usia 6 atau 7 tahun.
2. Pengasuhan Muhammad diteruskan oleh kakeknya bernama Abdul Muttalib sampai usia 8 tahun kakeknya juga meninggal. Pengasuhan diteruskan oleh pamannya bernama Abu Talib. Selama ini Muhammad adalah anak yang secara ekonomi termasuk miskin.
3. Usia 12 tahun Muhammad mulai berbisnis ke luar negeri yaitu Suriah.
4. Muhammad mulai dikenal sebagai Al-Amin yaitu seorang pribadi yang dapat dipercaya bukan hanya karena kejujurannya tapi juga karena sikap bijaknya.
5. Usia remaja sampai menjelang dewasa Muhammad dikenal sebagai pebisnis sukses dan mampu secara ekonomi. Ini tak lepas dari dua hal (a) karena dipercaya banyak orang dan (b) karena pekerja keras.

Dari kehidupan Nabi sejak kecil sampai usia dewasa kita belajar beberapa pelajaran penting tentang Islam sebagai berikut:

1. Bahwa Islam bukan agama yang akan membuat orang kaya atau membuat orang miskin. Figur terbaik Islam pernah mengalami dua macam kehidupan berbeda sebagai anak yatim piatu malang dan miskin dan seorang pebisnis sukses yang kaya di saat masih muda.

2. Kaya dan miskin, sukses dan gagal, bangkit dan bangkrut dalam berusaha adalah peristiwa biasa dalam hidup. Ia dapat menimpa seluruh manusia apapun agamanya dan apapun status sosialnya baik di mata manusia maupun di mata Allah. Yang terpenting adalah bagaimana cara menghadapi semua itu. Dan Islam memberikan konsep terbaik bagi pemeluknya yang mau mempelajari agamanya sebagai tuntunan hidup.

3. Musibah yang menimpa manusia dapat berupa hukuman karena kesalahan kita atau ujian untuk menguji kekuatan mental kita.

4. Bahwa manusia pilihan Tuhan pun akan selalu terkena ujian dan cobaan. Ingat, bahwa ujian Allah itu dapat berupa kesulitan/kekurangan atau kelebihan ekonomi.

4. Dalam QS Yusuf 12:111 Allah menyuruh manusia supaya belajar dari kisah-kisah para Nabi. Dan mayoritas di dalamnya mengisahkan tentang kegagalan yang menimpa para Nabi di samping juga keberhasilan.

KESIMPULAN DAN SARAN

1. Saya kira usaha Anda dan keluarga dalam menjual tanah sudah cukup maksimal, kalau ternyata belum laku-laku maka perlu dilakukan langkah alternatif sebagai berikut:

(a) Menurunkan harga tanah
(b) Menjadikan tanah tersebut sebagai lahan usaha produktif seperti pertokoan, ruko, dsb.
(c) Menyewakan tanah tersebut dan hasilnya dibagi.

2. Seorang muslim yang baik adalah pribadi yang cerdas dan rasional dalam masalah duniawi[1], tidak mudah putus asa[2] dan tidak mudah menyalahkan siapapun kecuali dirinya sendiri atas kegagalan atau musibah yang menimpa[3].

3. Apakah Anda harus sabar? Jawabnya adalah "Ya" tapi sabar yang produktif. Sabar yang produktif adalah kesabaran yang diiringi dengan usaha yang tanpa henti dan tidak hanya terpaku pada Plan A (jual tanah). Tapi cobalah Plan B, Plan C, dst.

-----------
[1] QS Ibrahim 14:52 "..agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran. "

[2] QS Yusuf 12: jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir"
QS Az-Zumr 39:53 Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.

[3] QS Ibrahim 14:22 "janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri."

BACAAN LANJUTAN

>> Ingin bunuh diri karena musibah
>> Ditipu rekan kerja, banyak hutang dan cara menyucikan diri

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. haturnuhun info'y...mudah-mudahan bermanfaat,,,,,

    ReplyDelete
  2. kalo boleh kasih saran..tanahnya di kaplingkan saja atau di pecah..dengan tanah yg berukuran lbh kecil mungkin akan lebih cpt laku,karena dg nominal 10M sangat kecil kemungkinan org mempunyai uang sebanyak itu..

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!