Ilmu Mustalah Hadits

Ilmu Mustalah Hadits


Ilmu mustalah hadits adalah ilmu yang dipakai untuk mengetahui keadaan rawi (periwayat hadits) dan hadits yang diriwayatkan (marwi) dari segi diterima atau ditolak yang akan dibuat sebagai dalil nash dalam pengambilan hukum. Dalam ilmu musthalah hadits terdapat kaidah-kaidah yang dengannya dapat dibedakan antara hadits yang maqbul (diterima) dan mardud (tertolak) atau diterima klaim perawi bahwa hadits tersebut berasal dari Nabi Muhammad. Para ulama menamakan ilmu ini dengan Musthalah Hadits yang salah satu fungsinya adalah untuk mengetahui rawi dan marwi yang diterima dan ditolak.

DAFTAR ISI
  1. Definisi Musthalah Hadits
  2. Fungsi dan Bagian Musthalah Hadits
  3. Istilah-istilah dalam Musthalah Hadits
  4. Macam-macam Hadits
    1. Hadits Sahih
    2. Hadits Hasan
    3. Hadits Dhaif

DEFINISI ILMU MUSTALAH HADITS

Ilmu mustalah hadits adalah ilmu yang dipakai untuk mengetahui keadaan rawi (periwayat hadits) dan hadits yang diriwayatkan (marwi) dari segi diterima atau ditolak


FUNGSI DAN PEMBAGIAN MUSTALAH HADITS

Fungsi dari bidang ilmu mustholah hadits ini sebagaimana disinggung di muka adalah untuk kalangan mujtahid di dalam membantu mereka membedakan hadits sahih, dhaif, dan maudhuk (palsu) sebagai salah satu sumber utama (nash) dalam pengambilan hukum syariah.

Ilmu musthalah hadits ada dua macam yaitu (a) Ilmu hadits riwayah yaitu kajian sanad hadits dan perawinya. (b) Ilmu hadits dirayah yaitu kajian matan (kandungan) hadits itu sendiri.


ISTILAH-ISTILAH DALAM ILMU HADITS

- Sanad yaitu jalan yang menyampaikan kandungan (matan) hadits. Sanad adalah para perawi hadits (rijalul hadits). Para perawi hadits disebut sanad karena mereka menyandarkan pada sumbernya.

- Isnad yaitu menceritakan atau meriwayatkan dari jalur matan (kandungan hadits) atau riwayat perawi hadits.

- Matan yaitu kandungan hadits yang sampai pada sanad.

- Mukhrij (Arab: المخرج) yaitu sebutan untuk para perawi hadits. Mukhrij adalah orang yang menuturkan para perawi hadits seperti Bukhari dan Muslim.

- Muhdits adalah orang yang mengetahui jalurnya hadits dan nama-nama perawi dan matan. Muhdits lebih tinggi dari musnid.

- Hafidz (bahasa Arab: الحافظ) yaitu orang yang hafal 100.000 (seratus ribu) hadits secara matan dan isnad dan menguasai ilmu yang dibutuhkan.

- Hujjah yaitu orang yang menguasai 300.000 (tiga ratus ribu) hadits.

- Hakim adalah orang yang menguasai seluruh hadits yang diriwayatkan secara matan, isnad, jarh, ta'dil dan tarikh.


MACAM-MACAM HADITS


- HADITS SAHIH

Hadits Sahih yaitu hadits yang isnadnya sambung dengan sanad yang adil, dhabit (kuat hafalan) tanpa cela dan syadz. Ia bersifat dhanni, bukan yakin. Hadits sahih terbagi menjadi dua yaitu sahih li dzatihi dan sahih li ghairihi.

- - SAHIH LI DZATIHI (SAHIH DENGAN DIRINYA SENDIRI)

Hadits sahih lidzatihi adalah hadtis yang mencapai kualitas kesahihan tertinggi dalam segi diterimanya dalam arti setiap rantai sanad yang tersambung semua memenuhi syarat adil dan dhabit yang sempurna dari awal sampai akhir dan tidak mengandung unsur syadz (keanehan) dan illat (kekurangan).

- - SAHIH LI GHAIRIHI (SAHIH KARENA DUKUNGAN HADITS LAIN)

Hadits sahih li ghairihi adalha hadits yang derajat kesahihannya sedikit lebih rendah dari hadits sahih li dzatihi dalam arti kedhabitan salah satu perawi tidak sempurna. Disebut sahih li ghairihi karena kesahihannya karena adanya dukungan dari hadits lain.

- HADITS HASAN

Hadits hasan adalah hadits yang sanadnya tersambung dengan sambungan yang dhabit tapi kurang sempurna dari awal sampai akhir hadits tapi selamat dari syudzudz dan illat. Hadits hasan ada dua macam yaitu hasan li dzatihi dan hasan li ghairihi.

- - HADITS HASAN LI DZATIHI

Hadits hasan li dzatihi adalah hadits yang sanadnya tersambung dengan sanad yang adil tapi tingkat dhabitnya tidak sempurna sejak dari awal sanad sampai akhir sanad tapi masih selamat dari syadz dan illat.

- - HADITS HASAN LI GHAIRIHI

Hasan li ghairihi adalah hadits yang salah satu sanadnya tertutup (mastur) dan tidak jelas keahliannya tapi tidak masuk kategori pelupa atau banyak melakukan kesalahan dalam meriwayatkan hadits dan tidak diduga berbuat kebohongan secara sengaja dan tidak dinisbatkan pada pelaku fasik yang lain dengan kata lain hadits hasan li ghairihi adalah hadits yang perawinya tidak memenuhi syarat menjadi hadits hasan li dzatihi.

- HADITS DHA'IF

Hadits dhaif adalah hadits yang yang tidak memiliki persyaratan atau kualitas sanad seperti yang dimiliki oleh hadits sahih dan hadits hasan. Hadits dhaif ada dua macam.

- - HADITS DHAIF YANG BOLEH DIAMALKAN

Yaitu hadits dhaif yang kelemahannya tidak mencegah untuk mengamalkan kandungan isinya. Hadits ini serupa dengan hadits hasan menurut istilah Imam Tirmidzi.

- - HADITS DHAIF YANG TIDAK BOLEH DIAMALKAN

Yaitu hadits dhaif yang kelemahannya membuat kita wajib meninggalkan kandungan isinya. Ia disebut juga dengan wahm.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

1 comment:

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!