Mimpi Melihat dan Bertemu Rasulullah

Mimpi Melihat dan Bertemu Rasulullah
ISTRI YANG DICERAI APAKAH BERHAK ATAS HARTA WARISAN?

Assalamualaikum W.W

Dear Pengasuh, Saya mohon petunjuk...
Saya mempunyai seorang teman yang saat ini sudah wafat 2 minggu yang lalu, sebelum wafat beliau sudah bercerai dengan istrinya 3 tahun yang lalu dan mempunyai anak 1 orang laki-laki yang selama ini hidup dengan mendiang, setelah teman saya wafat, si anak di ambil oleh mantan istrinya ( saat ini anak mendiang duduk di bangku SMP, kelas 1 )
1. Yang mau saya tanyakan apakah mantan istrinya berhak dengan harta yang di punyai mendiang?, sementara mantan istrinya tetap menuntut warisan.
Wassalam
Zufahmi

DAFTAR ISI
  1. Istri Yang Dicerai Apakah Berhak Atas Harta Warisan?
  2. Bagian Waris Anak Dan Istri
  3. Tidak Lagi Sayang Istri
  4. Benarkah Wanita Melahirkan Dihapus Dosanya?
  5. Wanita Pilihan Tidak Disetujui Karena Dianggap Bukan Wanita Baik-Baik
  6. Mimpi Melihat Rasulullah
  7. Suami Istri Tinggal Serumah Dengan Orang Tua
  8. Motor Nabrak Mobil Dipaksa Ganti Rugi 7 Juta
  9. Suami Tidak Jujur Berapa Gajinya

JAWABAN ISTRI YANG DICERAI APAKAH BERHAK ATAS HARTA WARISAN?

1. Istri yang sudah dicerai tidak berhak atas harta warisan mantan suaminya.
Lebih detail lihat:
- Hukum Waris Islam
- KHI (Kompilasi Hukum Islam) tentang Hukum Waris

______________________________


BAGIAN WARIS ANAK DAN ISTRI

Assalamu'alaikum wr wb

Perkenalkan saya chairullah dari banjarmasin.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih untuk waktu dan media yang disediakan untuk saya khususnya dan kaum muslimin yang terbatas ilmunya dan sebagai orang awam yang ingin mengambil manfaat dari ilmu yang ustadz miliki semoga menjadi Amala jariah yang selalu dibalas oleh Alloh swt sampai hari kiamat bagi pengelola situs pondok pesantren alkhoirot amiin.

saya dan istri ada sedikit permasalahan dalam hal waris mohon pencerahan dan jawaban yang sesuai tuntunan syariah Islam yang dibawa oleh nabi saw yaitu :

Bapak meninggal / Ayah. Istri yang ditinggalkan kawin lagi setelah masa iddah habis. Anak perempuan berjumlah 4 orang ( catatan : 2 orang lahir dari istri yang kawin ini, 2 orang dari istri pertama yg sudah meninggal , jadi istri yang tggl ini adalah istri ke 2 bapak kami). Anak laki-laki 1 orang

untuk pembagian warisannya bagaimanakah cara perhitungannya dan berapakah masing-masing bagiannya yang tuntunannya menurut syariah islam dan tuntunan nabi saw ?

Jazakallohu khairan katsiran,
Wassalamu 'alaikum wr wb

JAWABAN

Bagian waris masing-masing adalah sbb:

1. Istri kedua mendapat 1/8 (seperdelapan) dari harta warisan sedang istri pertama tidak mendapat bagian karena meninggal lebih dahulu dari suaminya.
2. Kalau almarhum tidak punya orang tua yang masih hidup, maka sisa dari 1/8 dibagikan kepada seluruh anak (putra-putri; dari istri pertama dan kedua) di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan. Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam
______________________________


TIDAK LAGI SAYANG ISTRI

Assalamualaikum ustad, saya seorang swami 2anak. Awal kmi mnikah baik2 sj smp pnya 2anak, stelah sya sdh pnya kerjaan n bsa bli kendaraan, iman sya gyang krn sring mlihat prempuan yg lbh mnarik dr istri sya, sya mnt pd istri untuk mrubah baik pakain ato fisik krn bdn istri sya gmuk, jd sya mnyuruhny olah rga, maksud sya agar sya tdk tergoda prempuan lain, tp istri sya molak ajakan sya mlah mnantang klo sdh tdk ska ceraikan sj kt istri sya, akhirnya sya tergoda prempuan lain,

PERTAYAAN
1. ustad apa yg hrs sya lakukan smentara sya sdah tdk bgtu ska sm istri sya yg pasif baik di ranjang maupun dlm kluarga?
2. Apakah ajakan sya ke istri jg slah?
Tlg di jwb di inbok ustad terimakasih
wasalamuallaikum W.W

JAWABAN

1. Ajaklah istri anda menghadap seorang ulama atau konsultan keluarga. Barangkali pernikahan masih dapat dipertahankan. Apabila cara ini juga tidak berhasil, maka dibolehkan untuk bercerai.
2. Ajakan anda tidak salah. Tapi mungkin cara anda saat mengungkapkan itu kurang menyenangkan di hati istri sehingga dia merasa tersinggung.

______________________________



BENARKAH WANITA MELAHIRKAN DIHAPUS DOSANYA?

Assalamu'alaikum,,,pa ustad saya mau bertanya,?
1. katanya kalau seorang wanita hamil melahirkan semua dosa2 nya terhapus semua,,apa benar?
2. kalau itu benar tp gimana kalau seorang wanita hamil di luar nikah melahirkan,,apa dosanya terhapus semua atau tidak?mohon pencerahannya,,,syukron

JAWABAN

1. Dalam sebuah hadits sahih Nabi bersabda

( وَالمَرْأَةُ تَمُوتُ بِجُمعٍ شَهِيدة رواه أبو داود (3111) وصححه النووي في "شرح مسلم" (13/62)
Artinya: Wanita yang meninggal dalam keadaan hamil, maka ia mati syahid. (HR. Abu Daud #3111) Menurut Imam Nawawi dalam Syarah Muslim (13/62) hadits ini sahih.

Hadits di atas menunjukkan besarnya keutamaan wanita yang hamil dan melahirkan. Dan apabila wafat saat hamil atau melahirkan, maka ia dianggap mati syahid yang berarti diampuni dosanya.

Tentu saja yang dimaksud diampuni dosanya adalah dosa-dosa kecil. Adapun dosa besar maka akan diampuni setelah melakukan taubat nasuha.

2. Kehamilan dan kelahiran yang berpahala itu apabila melalui proses yang halal menurut syariah yakni perkawinan yang sah. Hamil karena zina tidak termasuk dalam konteks hadits di atas. Karena zina termasuk dari Dosa Besar dalam Islam.
______________________________



WANITA PILIHAN TIDAK DISETUJUI KARENA DIANGGAP BUKAN WANITA BAIK-BAIK

assalamu'alaikum ustad

saya ada masalah dengan orang tua perempuan saya, umur saya 28 thn belum menikah.
masalahnya begini ustad saya udah ada pilihan wanita untuk saya nikahi, tapi ibu saya tidak setuju dengan pilhan saya karena dia mendengar gosip2 dari org lain yang di bilang wanita pilihan saya itu wanita yang tidak benar, padahal ibu saya belum kenal dengan wanita itu. yang selama mata saya melihat apa yang di bilang sama ibu saya itu tidak benar. sampai2 ibu saya slalu berfikiran buruk dan menuduh saya yang enggak2. dan ibu saya slalu mengatakan wanita itu kayak pelacur, padahal niat saya buat menikahi wanita itu bukan karna nafsu, karna dia udah yatim yang di tinggal ibunya.

1. gmna cara saya mengejelaskan kepada ibu saya yg bahwa gosip2 yang dia denger itu gak benar,,tapi ibu saya bersikeras dengan pendapatnya bahwa wanita itu gak bener.
2. apa saya harus mengikuti kehendak ibu saya dengan gosip2 yang gak jelas itu??

JAWABAN

1. Pertama, anda harus memastikan bahwa wanita pilihan anda itu memang wanita baik-baik. Caranya, selidiki dengan teliti masa lalunya dan minta seseorang atau lebih untuk meneliti. Siapa tahu tuduhan itu benar. Kalau ternyata tuduhan itu salah disertai bukti-bukti yang meyakinkan, ungkapkan semuanya pada ibu. Jangan langsung memastikan kebaikan wanita itu hanya berdasarkan penilaian anda semata karena wanita baik dan buruk itu kadang tidak ada bedanya.

2. Kalau ternyata gosip itu benar, mengikuti saran ibu itu lebh baik.

______________________________



MIMPI MELIHAT RASULULLAH

Asalamualaikum wr. wb.
saya pernah bermimpi, dalam mimpi saya dikatakan(merasa) saya sedang melihat Rasulullah SAW. Namun saya tidak yakin yang saya liat tersebut adalah Rasulullah SAW, namun saya pernah baca hadist, yang inti dari hadist tersebut dikatakan: tidak mugkin jin/syaitan meniru wujud/suara Rasulullah dalam mimpi seseorang. (maaf saya lupa isi hadist secaralengkap nya). Tapi inti nya seperti itu. Dan minpi ini terjadi sudah 2 x, namun berbeda kejadian nya (kisah dlm mimpi nya).

1. Yang saya tanyakan, bagaimana kita bisa memastikan bahwa memang yang kita liat/temui dalam mimpi adalah benar2 Rasulullah SAW,?
Mohon bimbingan nya. maafkan saya yang masih begitu awam dengan ilmu agama.
Terimakasih.
TTD: Andy, di Aceh.

JAWABAN

Hadits yang anda maksud adalah hadits sahih yang terdapat dalam kitab Sahih Bukhari #6592 dan Sahih Muslim #2266 teksnya sbb:

مَن رآني في المنام فسيراني في اليقظة ، ولا يتمثل الشيطان بي
Artinya: (Rasulullah bersabda) Barangsiapa melihatku dalam mimpi, maka ia akan melihatku saat bangun. Karena setan tidak dapat meniruku.

Dalam hadits riwayat Ahmad #3400 teks haditsnya sbb: فإن الشيطان لا يستطيع أن يتشبه بي (Karena setan tidak bisa menyerupaiku).

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (Syarah Bukhari) 13/383-384 menyatakan bahwa pada masa Tabi'in ada dua orang yang mengaku bermimpi melihat Rasulullah. Orang pertama setelah menceritakan cici-ciri orang dalam mimpinya pada Sahabat Nabi yang masih hidup ternyata tidak sesuai dengan cici-ciri fisik Nabi. Sedang orang yang kedua sesuai.

Itu artinya, bahwa Nabi Muhammad memang tidak bisa ditiru oleh jin atau setan bentuk fisik aslinya. Akan tetapi, jin/setan dapat saja mengaku-ngaku sebagai Nabi kapan saja dengan bentuk fisik yang berbeda. Karena tidak ada seorang pun saat ini yang tahu bagaimana bentuk fisik Nabi yang sebenarnya.

Kesimpulan: orang yang anda lihat dalam mimpi itu bisa saja Nabi Muhammad tapi bisa juga jin/setan yang menggoda anda.
______________________________



SUAMI ISTRI TINGGAL SERUMAH DENGAN ORANG TUA

Assalamu'alaikum..
Ustadz,
1. bagaimana jika pasangan suami istri blm mampu mengontrak rumah sendiri dan masih tinggal bersama orang tua?
2. dimana sebaiknya pasangan yg sudah menikah itu tinggal? mohon jawabannya.. Terima kasih.. Wassalamu'alaikum

JAWABAN

1. Kalau tidak mampu beli atau mengontrak rumah sendiri, maka tidak ada salahnya tinggal bersama orang tua.
2. Idealnya tinggal di rumah sendiri. Karena salah satu nafkah suami pada istri adalah tempat tinggal (kalau mampu). Dalil dalam bahasa Arab lihat مباحث النفقات: http://www.fatihsyuhud.org/2013/05/nafaqat-madzahib-arbaah.html
______________________________



MOTOR NABRAK MOBIL DIPAKSA GANTI RUGI 7 JUTA

assalamualaikum wr.wb
saya punya masalah sampai saat ini belum selesai yang slalu makan pikiran saya...
begini pada bulan rhamadan kemarin saya kecelakaan yang menabrak mobil pribadi seseorang...trus dia meminta ganti rugi 7juta saya dipaksa menandatangani perjanjian dirumahnya..terpaksa saya tandatangani..kemudian saya cari pinjaman 1juta dan saya memohon untuk tidak sanggup bayar karena saya masih kuliah...dan pekerjaan saya tidak tetap...gimana solusinya agar orang itu bisa luluh hatinya karena berulang kali orang itu menagih uang itu....dan saya tidak punya uang walaupun 10.000 tolong solusinya...
terimakasih

JAWABAN

Anda dapat meminta bantuan lembaga hukum seperti LBH di kota anda untuk menjadi mediator. Biasanya mereka gratis.

______________________________


SUAMI TIDAK JUJUR BERAPA GAJINYA

Assalamualaikum ustad.
saya sudah 4thn menikah dan ikut suami tp dari awal menikah suami tidak pernah bilang gajinya berapa.dia cuma ngasih uang jatah belanja 1,2jt sebulan(anak saya 2 yang sulung minum sufor).sebenernya saya tidak ikhlas dperlakukan seperti itu tp kl saya nanya2 soal gaji dia sll bilang gajinya banyak/sdikit gt.kalau dia pergi tidak pernah pamit/bilang mau pergi kemana untuk urusan ap gt sepertinya saya tidak dianggap. selain itu kalau suami saya marah dia selalu ngusir saya suruh pulang kerumah orang tua saya. tp untuk pulang kerumah orang tua saya dikampung saya tidak punya uang. saya jadi merasa dperlakukan seperti asisten rumah tangga yang tanpa gaji bukan selayaknya istri.
1. kalau sekarang saya menuntut untuk dgaji setiap bulannya gimana ustad, bolehkah?

JAWABAN

Hubungan istri selalayaknya tidak berdasarkan hubungan antara bos dan pegawai atau juragan dan kulinya. Ia harus berdasarkan hubungan sepasang kekasih dan sahabat yang saling sayang dan membutuhkan.

Keinginan anda untuk menuntut gaji bulanan itu tidak tepat. Anda sudah diberi nafkah oleh suami dan itu sudah cukup. Tidak ada kewajiban suami untuk menunjukkan berapa gajinya perbulan.

Saya sarankan anda untuk memeprbaiki sikap pada suami. Bersikaplah layaknya pacar yang selalu takut menyakiti pasangannya. Berusahalah selalu menyenangkan hatinya. Cobalah meminta maaf dengan tulus padanya dan berjanji akna merubah sikap. Insyaallah sikap serupa juga akan ditunjukkan oleh suami anda.

Perlu diketahui bahwa segala macam sikap bersifat menular. Sikap baik akan berbalas baik begitu juga sikap buruk akan berbalas buruk.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. Saya ikut menyimak aja pak. terimakasih tuk semua artikelnya

    ReplyDelete
  2. Thanks informasinya

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!