Tuesday, June 02, 2015

Mengapa Sulit Dapat Jodoh?


Mengapa Sulit Dapat Jodoh?
SULIT MENDAPAT JODOH

Assalamualaikum wr wb, bpk/ibu ustad, saya irma, 24 tahun, saya bekerja di perusahaan tekstil di jawa barat. Saya mempunyai problem, sebenarnya keinginan saya besar untuk menikah, usia saya sudah cukup, tetapi sampai saat ini saya tidak menemukan jodoh saya, saya tidak dekat dengan siapapun. Sementara teman-teman baik perempuan maupun laki-laki rata-rata sudah menikah jadi saya sulit untuk menemukan calon suami.

Saya sudah berikhtiar dengan bertanya apabila ada kenalan dari para sahabat saya, tapi nihil, karena rata-rata mereka sudah menikah. Bu/bpk ustad, kini hati saya sudah pasrah, bahkan dijadikan istri kedua/menikah dengan duda pun saya rela. Setiap hari saya berdoa supaya dipertemukan dengan jodoh saya. Saya sudah posting mengenai pencarian jodoh saya di blog, tapi belum ada respon. Bu/bpk ustad saya harus bagaimana untuk menemukan calon suami saya?

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. SULIT MENDAPAT JODOH
  2. HUBUNGAN INTIM SETELAH TALAK
  3. MIMPI ANAK KECIL DAN ORANG TUA
  4. WASIAT HARTA UNTUK PUTRI ANGKAT
  5. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Mencari jodoh tidak sulit asal anda berada di tempat yang tepat dan berperilaku yang tepat pula. Perilaku yang tepat maksudnya: (a) anda sebaiknya memakai jilbab karena dengan itu pria akan terkesan pada pandangan pertama bahwa anda itu orang baik. Ingat, pria itu umumnya mencari calon istri yang baik dan agamis dan berjilbab itu simbol keagamisan dan kebaikan. (b) Namun kesan yang baik itu harus diikuti oleh realitas keseharian. Anda harus berperilaku baik, rajin menambah wawasan agama, mengikuti kegiatan pengajian dan berteman dengan kalangan perempuan yang baik-baik juga. Maka, apabila demikian, insyaAllah akan banyak kalangan perempuan yang akan menawarkan diri untuk membantu anda mencarikan pasangan. Kuncinya adalah: perilaku yang baik, taat agama, dan aktif mengikuti acara keagamaan seperti majlis taklim dan semacamnya.

Jangan lupa, berdoa juga tak kalah pentingnya. Rajinlah berdoa setiap selesai shalat minta pada Allah agar dimudahkan jodoh dan mendapat jodoh yang baik dan soleh.

Baca detail:
- Cara Mudah Mencari Jodoh
- Cari Jodoh yang Islami

_______________________________


HUBUNGAN INTIM SETELAH TALAK

Assalamualikum
Perkenalkan saya seorang istri dari seorang suami berinisial KS. Pada akhir bulan september 2014 suami saya tiba-tiba datang ke rumah orang tua saya bersama bibinya (adik dari ibu kandungnya) dan bilang ke orang tua saya bahwa dia tidak dapat melanjutkan hubungan rumah tangga nya lagi dengan saya tanpa pemberitahuan alasan yang jelas. Selama rumah tangga kami tidak pernah mengalami masalah yang serius, hanya mertua saya selalu ikut campur dalam rumah tangga sehingga suami saya tidak memiliki sikap dan selalu menuruti apa perintah orang tua nya.

Setelah 1.5 bulan kami terpisah, suami saya kembali menemui saya dan kami melakukan hubungan suami istri. Tetapi setelah kejadian itu kami beradu argumen kembali karena mertua saya. Sampai akhirnya saya sekarang pisah sudah 7bulan tanpa diberi nafkah sedikit pun selama pisah. Suami saya selalu bilang bahwa dia akan mengurus semua perihal tentang perceraian tetapi tidak pernah terbukti. Sekarang untuk komunikasi pun saya dibuat susah oleh suami saya karena no telepon saya diblock, sehingga saya tidak dapat berkomunikasi untuk minta penjelasan dari status saya sekarang.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Bagaimana status saya sekarang?
2. Dengan hubungan suami istri tersebut apa itu bisa dikatakan sebagai tanda rujuk?
3. Jika kami ingin kembali lagi apa ini sudah termasuk talak 2 dari suami saya karena 7bulan terpisah dan tidak ada nya nafkah yang diberikan kepada saya
4. Bagaimana hukum orangtua yang selalu memcampuri rumah tangga anak nya sampai bertindak untuk mencoba memisahkan karena mertua saya bilang pada suami bahwa mereka kecewa dengan sikap saya, tapi saya tanya lebih jelas apa tindakan saya yang sudah membuat mereka kecewa, tetapi tidak dapat menjelaskan secara rinci

Terimakasih atas jawabannya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
Wasalamualaikum

JAWABAN

1. Hubungan intim yang dilakukan antara anda dan suami 1.5 bulan setelah suami mengucapkan cerai itu dianggap rujuk menurut sebagian pendapat ulama. Oleh karena itu, apabila setelah hubungan intim itu tidak ada ucapan cerai, maka anda berdua tetap suami istri yang sah.

2. Iya, sebagai tanda rujuk seperti disebut di poin 1.
3. 7 bulan pisah dan tidak adanya nafkah tidak otomatis menjadi talak. Talak hanya terjadi kalau ada ucapan suami "Aku ceraikan kamu" atau ada keputusan pengadilan. Baca detail: Cerai dalam Islam

4. Orang tua tidak seharusnya ikut campur urusan rumah tangga anak dan menantunya kecuali apabila terkait masalah syariah seperti menantunya pendosa atau murtad.

_______________________________


MIMPI ANAK KECIL DAN ORANG TUA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillahirabbil'alamiin
Amma ba'du

Almukarrom ustadz Saya laily usia 23 tahun ingin berkonsultasi dengan mimpi saya ditahun 2012 yang sampai saat ini masih saya ingat.

Saya bermimpi melihat 2 orang anak kecil perempuan usia sekitar 13 tahun , salah satu ada bilang kepada saya : "di tunggu di sana" (sambil menunjuk ke arah jalan setapak) dan meminta saya untuk mengikutinya sedangkan perempuan yang satu lagi mengawal saya dibelakang, saya mengikuti mereka. Sampailah pada sebuah gubuk tua, seperti mushola tapi sudah lama tidak dijamah, lantai tanah, tembok kotor debu dan ada sebuah mimbar.

Di mimbar saya melihat ada kakek yang sedang berdiri melihati saya, beliaulah yang menunggu. Ada sedikit cahaya matahari dari celah-celah bangunan yang menyorot ke kakek. Kakek memakai baju putih dan songko putih. Sebelum bertanya saya memberi anggukan seperti salam kepada beliau dan bertanya : "Dengan siapa? Ada apa? Kenapa saya? " Tapi kakek tetap diam dan tidak berbicara satu kata pun, sampai akhirnya dua perempuan tadi menjemput saya kembali.

Beberapa hari kemudian saya baru ingat, kakek yang saya temui itu pernah saya lihat di facebook teman di album keluarganya, akhirnya saya putuskan untuk menghubunginya, dengan percakapan seperti ini :

"apakah itu kakek mu yang berfoto bersamamu?" tanya saya
"iya, itu mbah ku dari ibu" jawabnya
"aku bertemu beliau dimimpi, apa kabar beliau? "
"beliau sudah meninggal tahun 2008".

Saya langsung minta maaf ustadz, karna saya merasa lancang sekali, lalu saya bertanya namanya dan mengiriminya doa. Jujur ustadz teman saya ini pria seusia saya, diam-diam saya menyukainya tanpa ada yang mengetahuinya, dia pernah langsung bertanya kepada saya (kamu suka sama saya?) saya jawab "tidak".

1. Karna saya tidak mau berhungungan dengan lawan jenis sebelum halal ustadz.
Mohon pencerahanya ustadz.

JAWABAN

1. Kalau memang anda menyukai pria itu dan pria itu baik menurut anda, menurut teman dan menurut kenyataan, maka anda sebaiknya berterus terang kepadanya kalau anda suka asal dengan syarat tidak ada pacaran secara fisik untuk menghindari dosa. Jadi, anda ingin langsung dilamar olehnya. Itulah isyarat dari mimpi tersebut. Itu kalau mimpi ini berasal dari malaikat. Adapun apabila berasal dari bisikan jin atau diri sendiri maka tidak ada artinya. Baca: Mimpi dalam Islam


_______________________________


WASIAT HARTA UNTUK PUTRI ANGKAT

ass. wr.wb,,
perkenalakan saya dengan demy, yang saya mau tanyakan soal pembagian harta warisan,, seorang suami meninggal dengan meninggalkan satu orang istri dan seorang putri angkat.. suami (alm) memiliki 2 saudara perempuan dan 2 saudara laki-laki ayah dan ibu sudah meninggal. sebelum meninggal suami berwasiat harta peninggalan untuk putri angkatnya bersekolah.

1. pertanyaan : "bagaimana jika salah satu saudara perempuan menuntut harta peninggalan?"

2. pertanyaan kedua: suami sempat setor haji dan berwasiat jika meninggal nama diganti dengan putri angkat, bagaimana hukumnya apakah sah/boleh?

saya menunnggu balasan email karena sangat penting bagi keluaga kami
terima kasih...

JAWABAN

1. Putri angkat bukanlah termasuk ahli waris, karena itu almarhum boleh mewasiatkan hartanya pada putri angkat asal tidak lebih dari 1/3 dari keseluruhan harta almarhum. Baca detail: Wasiat dalam Islam

Setelah dipotong dengan harta yang diwasiatkan kepada putri angkat, maka sisanya harus diwariskan kepada ahli waris yang ada sebagai berikut:
(a) Istri mendapat 1/4
(b) Sisanya yang 3/4 dibagikan untuk saudara kandung almarhum baik yang laki-laki maupun yang perempuan di mana saudara lelaki mendapat dua kaii lipat dari saudara perempuan.

2. Boleh apabila jumlah total yang diwasiatkan tidak lebih dari 1/3 dari keluruhan harta. Apabila melebihi dari 1/3 maka harus disepakati oleh ahli waris lain. Baca detail: Hukum Waris Islam

Lihat juga di Channel Youtube: Konsultasi Hukum Waris Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..