Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Air Mustamal Menurut Empat Madzhab

Air Mustamal Menurut Empat Madzhab
AIR MUSTA'MAL MENURUT EMPAT MADZHAB

assalamualaikum

1. pak ustadz apakah air musta'mal bisa untuk bersuci menurut pendapat 4 mazhab ?
2. apakah setetes air kencing atau sedikit tai cicak masuk kedalam air yang tidak sampai 2 qullah jumlahnya cuma satu ember, tapi air di dalam ember tersebut tidak berubah rasa, warna dan baunya, apakah air dalam ember tersebut menjadi najis semua ?
3. apa hukumnya menjawab salam atau mengucapkan asma allah saat buang air atau buang hajat ? apakah termasuk melecehkan allah yang membuat kita kafir
4. apabila kita memakan makanan yang dari hasil maling atau makanan haram bolehkah kita mengucapkan bismillah sebelum memakannya ? kalau tidak boleh misalnya apakah kita mengucapkan bismillah sebelum memakan kue itu termasuk melecehkan allah yang membuat kita murtad ?
5. benarkah pendapat dari ibnu taimiyah dan ibnu utsaimin yang beredar di internaet ? apakah boleh kita mengikuti pendapat mereka ?
terimakasih sebelumnya pak ustadz

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. AIR MUSTAKMAL UNTUK BERSUCI, BOLEHKAH?
  2. AIR MUSTA'MAL DAN HUKUMNYA MENURUT EMPAT MADZHAB
    1. MADZHAB SYAFI'I
    2. MADZHAB MALIKI
    3. MADZHAB HANAFI
    4. MADZHAB HANBALI
  3. CARA KONSULTASI AGAMA

JAWABAN AIR MUSTAKMAL UNTUK BERSUCI, BOLEHKAH?

1. Ringkasan: Air musta'mal yang bekas wudhu atau mandi besar boleh dipakai lagi untuk bersuci menurut sebagian pendapat dalam madzhab Syafi'i, bahkan salah satu pendapat Imam Syafi'i sendiri. Namun, pendapat utama dalam madzhab Syafi'i tidak membolehkan. Pendapat dari madzhab lain silahkan lihat rinciannya di bawah.


AIR MUSTA'MAL DAN HUKUMNYA MENURUT EMPAT MADZHAB

Al-Jaziri dalam Al-Fiqh ala Al-Madzahib Al-Arba'ah, hlm. 1/37-40, menyimpulkan pendapat madzhab empat yakni Syafi'i, Maliki, Hanafi dan Hanbali dalam soal air musta'mal sebagai berikut:

MADZHAB SYAFI'I


الشافعية قالوا: تعريف الماء المستعمل، هو الماء القليل الذي يؤدي به ما لا بد منه، حقيقة، أو صورة، من رفع حدث في نظر مستعمله، أو إزالة خبث.
وشرح هذا التعريف هو أن المراد بالماء القليل ما نقص عن القلتين المذكورتين في أعلى صحيفة قالوا، فإذا توضأ "أو اغتسل من ماء قليل، واغترف منه لغسل يديه بعد غسل وجهه بيده، فإنه يكون مستعملاً، وإنما يصير الماء مستعملاً بشروط: الأول: أن يستعمل في فرض الطهارة، فإذا توضأ لصلاة نافلة، أو مس مصحف، أو نحو ذلك، فإن الماء لا يستعمل بالاغتراف منه، الشرط الثاني: أن يكون ماء المرة الأولى، فلو غسل وجهه خارج الإناء مرة، ثم وضع يده للغسل مرة ثانية وثالثة، فإن الماء لا يستعمل بذلك، الثالث: أن يكون قليلاً من أول الأمر، فإذا كان الماء قلتين فأكثر، ثم فرقه في آنية، فإنه لا يستعمل بالاغتراف منه، ومثل ذلك ما إذا جمع الماء القليل المستعمل حتى صار قلتين، فإنه يصبح كثيراً لا يضره الاغتراف منه، الرابع: أن ينفصل عن العضو فلو جرى الماء على يده، ولم ينفصل عنها، لا يكون مستعملاً.

هذا، وإذا توضأ، أو اغتسل من ماء قليل، ثم نوى الاغتراف من ذلك الماء، فإنه لا يستعمل، ومحل نية الاغتراف في الوضوء بعد غسل وجهه، بأن ينوي عند إرادة غسل اليدين، أما إذا نوى عند المضمضة، أو الاستنشاق، أو عند غسل وجهه، فإنها لا تجزئ، ومحلها في الغسل بعد أن ينوي الاغتسال وعند مماسة الماء لشيء من بدنه، فإذا لم ينو الاغتراف من الماء، بأن يقصد نقل الماء من محل لغسل بدنه في الغسل، وغسل أعضاء الوضوء في الوضوء، صار الماء القليل مستعملاً.

وقوله: "أو إزالة خبث" معناه: أن الماء الذي تزال به النجاسة يكون مستعملاً غير نجس، ولكن يشترط لطهارته شروط: إحداها: أن ينفصل الماء ظاهراً بعد غسل الثوب المتنجس مثلاً، بحيث لم يتغير أحد أوصافه بالخبث، بعد أن يطهر محل النجاسة من الثوب: ثانيها: أن لا تزيد زنة الماء المنفصل عن المحل المتنجس، بعد إسقاط ما يتشربه المغسول من الماء، وإسقاط ما يتحلل من الأوساخ في الماء عادة، مثال ذلك أن يغسل الثوب المتنجس بملء - صفيحة، أو حلة - من ماء قيمته عشرة أرطال، فيشرب الثوب منها عشرها - رطلاً - ويتحلل من أوساخ الثوب ربع رطلٍ مثلاً، فإذا كانت زنة الماء المنفصل تسعة أرطال، وربع، أو أقل، كان الماء طاهراً، وإلا كان نجساً. ثالثها: أن يمر الماء على النجاسة وقت تطهيرها، فلو لم يمر على النجاسة، ولم يخالطها، كان غير مستعمل.

Artinya: Madzhab Syafi'i mendefinisikan air musta'mal sebagai air sedikit yang digunakan untuk melakukan sesuatu yang wajib secara hakiki (untuk orang mukallaf) atau non-hakiki (bukan mukallaf) seperti menghilangkan hadas atau menghilangkan najis. Yang dimaksud air sedikit adalah air yang kurang dari dua qullah. Apabila seseorang berwudhu atau mandi wajib dari air sedikit lalu ia mencelupkan tangannya untuk membasuh tangan setelah membasuh wajah dengan tangannya, maka air menjadi musta'mal. Air menjadi musta'mal dengan beberapa syarat: syarat pertama, digunakan untuk bersuci yang wajib, apabila berwudhu untuk shalat sunnah atau menyentuh Al-Quran, dan lainnya maka air tidak disebut musta'mal dengan mencelupkan. Syarat kedua, air itu berada pada basuhan pertama. Apabila membasuh wajah di luar bejana satu kali, lalu meletakkan tangannya untuk membasuh untuk kedua atau ketiga kalinya, maka air tersebut bukan musta'mal. Syarat ketiga, air itu sedikit sejak awal. Apabila air itu awalnya dua qullah atau lebih, lalu dipisah dalam satu wadah maka ia tidak menjadi musta'mal dengna mencelupkan padanya. Sama dengan itu (bukan musta'mal) apabila air musta'mal yang sedikit dikumpulkan sampai menjadi dua qullah, maka ia menjadi banyak dan tidak apa-apa mencelupkan anggota tubuh ke dalamnya. Syarat keempat, air terpisah dari tubuh. Apabila air mengalir pada tangan dan belum terpisah darinya, maka air itu bukan musta'mal.

Apabila seseorang wudhu atau mandi besar dari air sedikit lalu berniat memasukkan anggota tubuh ke air itu, maka itu bukan musta'mal. Adapun tempat niat memasukkan anggota tubuh ke air saat wudhu itu setelah membasuh wajah yakni dengan niat saat hendak membasuh dua tangan. Apabila berniat saat berkumur atau istinsyaq (memasukkan air hidung), atau ketika membasuh wajah, maka itu tidak cukup. Tempat niat dalam mandi besar adalah setelah berniat mandi dan ketika menyentuhnya air pada badan. Apabila tidak berniat memasukkan anggota tubuh ke air, seperti bermaksud memindah air dari satu tempat untuk membasuh badannya untuk mandi, dan membasuh anggota wudhu dalam wudhu, maka air sedikit itu menjadi musta'mal.

Air yang digunakan untuk menghilangkan najis statusnya musta'mal tidak najis. Tapi untuk sucinya ada beberapa syarat: pertama, terpisahnya air secara lahiriyah setelah membasuh baju yang terkena najis, misalnya, tanpa berubah salah satu sifatnya oleh najis setelah menyucikan najis dari baju. Kedua, berat air yang terpisah dari baju tadi tidak bertambah dari tempat yang terkena najis setelah gugurnya air yang diserap dan gugurnya kotoran yang ada di baju pada air menurut kebiasanya. Contohnya, baju yang terkena najis dicuci dengan air sepiring atau sepanci penuh yang ukurannya 10 kati. Lalu baju menyerap 1/10-nya dan kotoran baju ada 1/4 kati. Apabila ukuran air yang terpisah ada 9 kati lebih 1/4 atau lebih sedikit maka air itu suci. Apabila tidak (yakni airnya lebih dari 10 kati) maka air itu najis. Ketiga, air mengalir pada najis saat menyucikannya. Apabila tidak mengalir pada najis, dan tidak bercampur dengan najis, maka tidak musta'mal.

Pendapat yang dikutip Al-Jaziri di atas adalah pendapat utama dalam madzhab Syafi'i. Menurut Al-Syairozi dalam Al-Muhadzab, hlm. 1/22, ada pendapat lain dalam madzhab Syafi'i yang menyatakan bahwa air musta'mal boleh itu suci dan menyucikan (boleh dibuat wudhu dan mandi besar). Berikut penjelasannya:

الماء المستعمل ضربان: مستعمل في طهارة الحدث ومستعمل في طهارة النجس فأما المستعمل في طهارة الحدث فينظر فيه فإن استعمل في رفع حدث فهو طاهر لأنه ماء طاهر لاقى محلاً طاهراً فكان طاهراً كما لو غسل به ثوب طاهر وهل تجوز به الطهارة أم لا؟ فيه طريقان: من أصحابنا من قال: فيه قولان المنصوص أنه لا يجوز لأنه زال عنه إطلاق اسم الماء فصار كما لو تغير بالزعفران وروي عنه أنه قال: يجوز الوضوء به لأنه استعمال لم يغير صفة الماء فلم يمنع الوضوء به كما لو غسل به ثوب طاهر

Artinya: Air musta'mal ada dua macam: musta'mal untuk menyucikan hadas dan musta'mal untuk menyucikan najis. Air mustakmal untuk menyucikan hadas statusnya dirinci sebagai berikut: Apabila dipakai untuk menghilangkan hadas maka ia suci karena ia air suci yang bertemu dengan perkara suci maka statusnya suci. Sebagaimana apabila air digunakan untuk mencuci baju yang suci. Apakah air musta'mal bisa digunakan untuk bersuci atau tidak? Ada dua pendapat. Sebagian ulama Syafi'iyah menyatakan ada dua pendapat. Pendapat Imam Syafi'i adalah tidak boleh karena telah hilang status air mutlak-nya maka ia seperti air yang berubah karena kecampuran minyak wangi. Menurut suatu riwayat Imam Syafi'i menyatakan bahwa boleh berwudhu dengan air musta'mal karena air tersebut musta'mal yang tidak merubah sifat air maka tidak mencegah bolehnya berwudhu sebagaimana seandainya dibuat mencuci baju yang suci.

MADZHAB MALIKI


المالكية قالوا: الاستعمال لا يرفع طهورية الماء، فيجوز استعماله في الوضوء، والغسل، ونحوهما، ولكن يكره استعماله في ذلك إن وجد غيره، فالاستعمال لا يسلب طهورية الماء، ولو كان ذلك الماء قليلاً، ثم إن المستعمل عندهم نوعان: أحدهما: أن يستعمل الماء الطهور القليل في رفع حدث، سواء كان حدثاً أصغر، أو أكبر، كما إذا استعمل الماء في الوضوء أو الغسل، أو يستعمل في رفع حكم خبث، كالماء الذي تزال به النجاسة، سواء كانت حسية، أو معنوية، كما تقدم بيانه، ثانيهما: أن يستعمل فيما يتوقف على الماء الطهور، سواء أكان واجباً، كغسل الميت، وغسل الذمية، بعد انقطاع دم حيضها ونفاسها، كي يحل له وطؤها بعد تزوجها؛ أم كان غير واجب؛ كالوضوء على الوضوء، وغسل الجمعة والعيدين، والغسلة الثانية والثالثة في الوضوء فإذا استعمل الماء في شيء من ذلك، فإنه يكره استعماله مرة أخرى، بشرطين: الأول: أن يسيل الماء على العضو، ثم يتقاطر بعد ذلك إذا استعمل في الوضوء أو الغسل، أما إذا استعمل في إزالة الخبث فإنه لا يشترط فيه ذلك، الثاني: أن ينقل من محله إلى العضو الذي يسيل عليه، أما إذا غمس فيه العضو، فإنه لا يكون مستعملاً، إلا إذا دلك فيه، فلو غطس الجنب في مغطس، ولم يدلك جسمه فيه، فإن الماء لا يكون مستعملاً.

Artinya: Madzhab Maliki berpendapat air yang sudah terpakai (musta'mal) tidak menghilangkan kesucian air. Maka, boleh memakainya kembali untuk wudhu, mandi wajib, dan lainnya. Akan tetapi makruh memakainya apabila masih ada yang lain. Air musta'mal tidak merusak kesucian air walaupun air itu sedikit. Air musta'mal ada dua: pertama, menggunakan air suci yang sedikit untuk menghilangkan hadas, baik hadas kecil atau besar. Seperti memakai air untuk wudhu atau mandi junub atau memakainya untuk menghilangkan hukum najis, seperti air yang dipakai untuk menghilangkan najis baik najis hissiyyah (ainiyah - yang tampak), atau najis maknawiyah (hukmiyah - tidak tampak).

Kedua, menggunakan air untuk perkara yang memerlukan air yang menyucikan (al-ma' al-tahur) baik wajib seperti memandikan mayit atau memandikian (istri) kafir dzimi setelah putusnya darah haid dan nifasnya supaya halal berhubungan dengannya setelah menikahinya; atau yang tidak wajib seperti wudhu bagi yang punya wudhu, mandi besar untuk Jum'at atau dua hari raya, basuhan kedua dan ketiga dalam wudhu. Apabila air digunakan untuk itu, maka makruh digunakan lagi dengan dua syarat: pertama, air mengalir pada anggota tubuh lalu setelah itu menetes apabila dipakai untuk wudhu atau mandi besar. Adapun apabila dipakai untuk menghilangkan najis maka tidak disyaratkan seperti itu. Kedua, air berpindah dari tempatnya pada anggota tubuh terkena aliran air. Adapun apabila anggota tubuh dicelupkan ke dalamnya maka tidak disebut air musta'mal kecuali apabila digosokkan. Apabila orang junub merendam diri di tempat perendaman air dan tidak menggosok tubuhnya, maka airnya bukan musta'mal.

MADZHAB HANAFI


الحنفية قالوا: إذا استعمل الماء الطهور كان طاهراً غير طهور. فيصح استعماله في العادات من شرب، وطبخ، ونحوهما، ولا يصح استعمال في العبادات، من وضوء وغسل، ثم المستعمل عندهم أربعة أنواع: النوع الأول: ما يتوقف عليه أداء قربة، من صلاة، وإحرام، ومس مصحف ونحو ذلك، النوع الثاني: ما يتوقف عليه رفع حدث، كالوضوء الكامل للمحدث حدثاً أصغر، النوع الثالث: ما يسقط به فرض، ولو لم يرفع حدثاً، كما إذا غسل بعض أعضاء الوضوء دون البعض، فلو غسل وجهه فقط، كان الماء الذي غسل الوجه، ولكنه لم يرفع حدثاً، لتوقف رفع الحدث على تمام الوضوء. النوع الرابع: ما استعمل لأجل تذكر العبادة، كوضوء الحائض، فإنه يستحب لها أن تتوضأ عند وقت كل صلاة، للتذكر ما اعتادته من الصلاة.

هذا، ولا يكون الماء مستعملاً في كل هذه الأحوال، إلا إذا انفصل عن العضو، فلو جرى الماء على ذراعه، ولم ينزل منه شيء لا يكون مستعملاً طبعاً، وإلا لما أمكن تطهير باقي العضو.

Artinya: Madzhab Hanafi menyatakan apabila air yang menyucikan (tahur) sudah dipakai maka statusnya menjadi suci tapi tidak menyucikan (tahir ghair mutahhir). Air ini sah digunakan untuk keperluan non-ibadah seperti minum, memasak, dan lainnya. Dan tidak sah menggunakannya untuk keperluan ibadah seperti wudhu, mandi besar (ghusl). Dalam madzhab Hanafi air musta'mal ada empat macam: pertama, yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah seperti shalat, ihram, menyentuh mushaf, dan lainnya. Kedua, air yang dibutuhkan untuk menghilangkan hadas seperti wudhu yang sempurna bagi hadas kecil. Ketiga, untuk menggugurkan kewajiban walaupun tidak menghilangkan hadas. Seperti membasuh sebagian anggota wudhu tidak yang lain. Apabila seseorang membasuh wajah saja maka air itu hanya membasuh wajah tapi tidak menghilangkan hadas karena untuk menghilangkan hadis perlu wudhu yang sempurna. Keempat, air yang digunakan untuk ingat ibadah. Seperti wudhunya orang haid, di mana sunnah baginya untuk berwudhu setiap waktu shalat untuk mengingat shalat yang biasa dia lakukan.

Air suci baru dianggap musta'mal dalam keempat keadaan ini adalah apabila berpisah dari anggota tubuh. Apabila air mengalir pada lengan dan tidak turun sedikitpun maka tidak disebut musta'mal. Kalau tidak demikian, maka niscaya tidak bisa menyucikan anggota tubuh yang lain.

MADZHAB HANBALI


الحنابلة قالوا: تعريف المستعمل، هو الماء القليل الذي رفع به حدث، أو أزيل به خبث، وانفصل غير متغير عن محل يطهر بغسله سبعاً، فالمنفصل قبل الغسلة السابعة نجس، والمنفصل بعدها مستعمل.

فقوله: "الماء القليل" خرج به الكثير، وهو ما كان قدر قلتين، فأكثر؛ وقوله: "رفع به حدث، أو أزيل به خبث" خرج به الماء المستعمل في طاهر، غير ما ذكر؛ وقوله: "وانفصل غير متغير عن محل يطهر بغسله سبعاً" معناه أنه إذا غسل بالماء ثوباً نجساً، أو آنية، فإنها لا تطهر إلا بالغسل سبع مرات فالمتنجس عند الحنابلة لا يطهر إلا بالغسل سبع مرات.

وألحقوا بالمستعمل ما غسل به ميت، أو وضع يده فيه كلها شخص قائم من نوم ينقض الوضوء، بشرط أن يكون النوم بالليل، وأن يكون الشخص مسلماً عاقلاً بالغاً، وأن يضع يده في الإناء قبل غسلها ثلاثة، بنية وتسمية، ومثل ذلك ما إذا صب الماء على يده كلها بدون أن يضعها فيه، كما إذا كان معه إبريق، فصب منه الماء على يده "فإن المتقاطر منها يكون مستعملاً".

هذا، ولا يحكم باستعمال الماء إلا بعد انفصاله عن محل الاستعمال.

Artinya: Madzhab Hanbali mendefinisikan air musta'mal sebagai air sedikit yang digunakan untuk menghilangkan hadas atau menghilangkan najis di mana air itu terpisah tanpa berubah dari tempat dengan basuhan ketujuh yang menyucikan. Air yang terpisah dari tubuh sebelum basuhan ketujuh hukumnya najis. Air yang terpisah dari tubuh setelah basuhan ketujuh hukumnya musta'mal.

Yang dimaksud 'air sedikit' dikecualikan darinya air banyak yaitu air dua qullah atau lebih. Kalimat "menghilangkan hadas atau najis" dikecualikan air yang digunakan untuk membasuh perkara suci selain yang disebut. Maksud "terpisah tanpa berubah dari tempat dengan basuhan ketujuh" adalah apabila air membasuh baju najis atau wadah (bejana), maka baju itu tidak suci kecuali dengan membasuhnya sebanyak tujuh kali. Benda terkena najis (mutanajjis) menurut madzhab Hanbali tidak bisa suci kecuali dengan membasuh tujuh kali.

... Air tidak dihukumi musta'mal kecuali setelah terpisahnya air dari tempat yang dibasuh.

****

2. Kalau tidak berubah airnya dimaafkan (dimakfu). Lihat detail di sini.
3. Hukumnya makruh tapi tidak apa-apa kalau diucapkan dalam hati. Jadi, tidak sampai tingkat haram apalagi sampai murtad. (Referensi: Imam Nawawi dalam Al-Adzkar, hlm. 21).
4. Boleh.
5. Terlepas dari benar atau tidaknya, mengikuti mereka tidak disarankan karena mereka aliran garis keras yang membayakan persatuan dan kesatuan umat. Secara metode pengambilan hukum, metode yang mereka pakai tidak benar menurut Imam Nawawi karena hanya menggunakan Quran, hadits dan ijmak saja tanpa qiyas. Lihat detail di sini. Baca juga: Bahaya Salafi Wahabi

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam