Monday, November 07, 2016

Suami Ingkar Ucapan Talak


Suami Ingkar Ucapan Talak
SUAMI TIDAK MENGAKUI (INGKAR) UCAPAN TALAK

Assalamua'alaikum wr wb
perkenalkan saya laki-laki, saya mau mengajukan pertanyaan dan mohon solusinya ustad

Saya adalah pria 36 tahun dan menikah sudah 7 tahun, jadi begini ustad, pada saat kira2 usia perkawinan saya 1 tahun, saya bertengkar hebat dengan istri karena dia suka membantah, pada saat itu istri sempat mengeluarkan kata2 " kalau kamu tidak suka dengan saya, nikahlah dengan ibumu", saya langsung emosi sehingga terucap kata talak yang pertama, setelah itu kami saling instropeksi dan saling memaafkan.

TOPIK SYARIAH ISLAM
  1. SUAMI TIDAK MENGAKUI (INGKAR) UCAPAN TALAK
  2. CARA TERLEPAS DARI LILITAN HUTANG RIBA
  3. CARA KONSULTASI AGAMA

pada saat usia perkawinan sekitar 4 tahun, istri saya ketahuan suka dan menyayangi salah satu relasi kerja dia dan saya sempat mengetahui dari kiriman BBM istri saya kalau istri saya sempat ingin menikah dengan relasi kerjanya dan menunggu relasi kerjanya untuk cerai dengan istrinya, ketika saya ketahui hal tersebut saya marahh dan dia akhirnya mengakui dan meminta maaf serta berjanji untuk tidak ketemu lagi dengan relasi kerjanya tersebut, tapi ternyata dia masih sering telepon atau BBM (itu yang saya ketahui) sampai akhirnya saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, istri saya dan pria relasi kerjanya keluar dari hotel short time. saya tegur mereka dan mau menyelesaikan di kantor polisi, ternyata relasi kerja istri saya lari tidak mau ke polisi, saya marah sekali dan keluarlah kata talak kedua. tapi karena melihat anak akhirnya saya rujuk kembali dengan istri.

kejadian ketiga baru saja terjadi, saat usia perkawinan 7 tahun, istri saya suka lagi ke relasi kerja dia tapi orang berbeda, saya sempat mengetahui dari whattsapp di hp istri saya kalau istri saya ingin dinikahi pria tersebut dan ingin punya anak dari pria tersebut, pada saat hari sabtu saat istri bilang ada urusan kantor ternyata sempat bertemu dengan relasi kerja dia tersebut dan akhirnya dia mengakui kalau bertemu dengan relasi kerja tersebut. saya marah kepada istri saya dan mengajak dia untuk mengurus ke kantor...tapi tp tidak terucap kata talak (menurut keyakinan saya). tetapi kata istri saya dan dia yakin kalau saya sempat mengeluarkan kata talak

1. Apa yang saya harus lakukan ustad, mengingat saya menyesal juga karena kasihan dengan anak2 akan tetapi saya merasa tidak pernah mengeluarkan kata talak
atas nasehat dan solusi nya saya mengucapkan terima kasih
wassalamu'alaikum wr wb


JAWABAN

1. Kalau memang suami tidak merasa mengucapkan kata talak, maka ucapan suami yang dianggap. Artinya, masih jatuh talak 2. Dalam sebuah hadits hasan (menurut Imam Nawawi) riwayat Ibnu Majah Nabi bersabda:

إنّ الله وضع عن أمّتي الخطأ، والنسيان، وما استكرهوا عليه

Artinya: Allah memaafkan umatku yang salah (tidak sengaja), lupa, dan yang terpaksa.

Ibnu Qudamah dalam Al-Mugni, hlm. 7/387, menyatakan:

إذا ادعت المرأة أن زوجها طلقها فأنكرها فالقول قوله ; لأن الأصل بقاء النكاح وعدم الطلاق ، إلا أن يكون لها بما ادعته بينة ، ولا يقبل فيه إلا عدلان

Artinya: Apabila istri mengaku suaminya pernah mentalaknya lalu suami mengingkari maka ucapan suami yang dianggap. Karena, yang asal adalah tetapnya nikah dan tidak adanya talak. Kecuali apabila istri dapat menunjukkan dua saksi yang adil. Lihat: Suami Tidak Mengkui Ucapan Talak

Perlu juga diketahui bahwa dalam kasus pertama, apabila kata talak diucapkan saat emosi, maka ada ulama dari madzhab Hanbali yang menyatakan talak tidak terjadi. Lihat: Talak Saat Emosi

Perlu juga diketahui, bahwa menurut syariah Islam seorang pria dibolehkan mentalak istrinya yang sering selingkuh namun juga dibolehkan mempertahankan rumah tangga. Baca: Menyikapi Istri Selingkuh

_________________


CARA TERLEPAS DARI LILITAN HUTANG RIBA

Assalamu'alaikum wr. wb.

Sekian lama kami menelusuri makalah islam diinternet yang berhubungan dengan masalah yang sedang kami hadapi selama ini belum menemukan hasil yang kami harapkan.Yang pada akhirnya kami menemukan situs alkhoirot.net, dan langsung kami mengajukan permasalahan kami selama ini belum kunjung selesai, semoga dengan pertanyaan ini kami mendapatkan solusi yang mengharapkan keridhoan-Nya.

Kami sudah lama mengalami keterpurukan dalam usaha rumahan dibidang payment online, yang sebelumnya hasil cukup memuaskan.

Mungkin Allah menghendaki lain yaitu semenjak bulan Juli 2016 usaha mengalami penurunan, sedangkan sisa modal terus berkurang buat mengangsur pinjaman Koperasi Simpan Pinjam Harian yang menerapakan bunga 20%. Ini kami lakukan karena pada awalnya untuk menambah permodalan pada usaha kami (ini kami lakukan karena pinjaman mudah tanpa jaminan).

Dua bulan berlalu modal telah habis, kami sadar dan takut akan dampak pinjaman yang berbau riba dan berniat untuk tidak melakukan lagi. Sisa hutang KSP kini masih banyak entah darimana dapat melunasinya. Usaha pinjam modal lagi ke saudara dan kerabat tidak membuahkan hasil. Keseharian hanya berpikir dan bingung langkah apa yang harus dikerjakan.

Melakukan shalat sunnah malam dan bertaubat dengan berdoa seperti yang diajarkan Rasulullah saw (artinya: Ya Allah aku berlindung dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari belenggu hutang dan tekanan manusia) yang dikerjakan dalam sujud maupun setelah shalat agar Allah berkenan menunjukan jalan keluarnya. Ditambah lagi puasa sunnah Senin dan Kamis.

Namun sampai kami mengajukan pertanyaan ini sepertinya doa belum terjawab, bahkan hati dan pikiran belum terbuka langkah apa esok hari yang harus kami kerjakan.

Oleh karena itu kami berharap ustadz dapat membimbing/mendapat pencerahan terbaik bagi kami agar terlepas dari lilitan hutang.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

JAWABAN

Doa adalah salah satu bentuk ikhtiar dalam menghadapi masalah yang dialami. Bukan satu-satunya solusi. Silahkan baca doa berikut yang berasal dari hadits Rasulullah untuk ikhtiar hutang terlunasi:

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك، و اغنني بفضلك عمن سواك اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء و تنزع الملك ممن تشاء و تعز من تشاء و تذل من تشاء بيدك الخير انك على كل شيء قدير.تولج الليل في النهار و تولج النهار في الليل و تخرج الحي من الميت و تخرج الميت من الحي و ترزق من تشاء بغير حساب رحمن الدنيا و الاخرة و رحيمهما،تعطي من تشاء منهما و تمنع من تشاء،ارحمني رحمة تغنني بها عن رحمة سواك

Cara baca:

Allahumma ikfini an haramika, waghnini bifadlika amman siwaaka. Allahumma maalikalmulki tu'til mulka man tasya wa tanzi'ul mulka mimman tasya. wa tu'izzu man tasya. wa tudzillu man tasya biyadikalkhoir innaka ala kulli syay'in qodir. tuulijullaila finnahaari watuulijun nahaara fillaili. watukhrijul hayya minal mayyiti matukhrijul mayyita minal hayyi. watarzuqu mantasya'u bighoiri hisaab. rohmaanadduniya wal akhiroh wa rohimahuma. tu'ti man tasya minhuma wa tamna'u man tasya. irhamni rohmatan tughnini biha an rohmatin siwaaka

Baca doa di atas setiap selesai shalat. Bisa juga dibaca di luar shalat. Semoga Allah memberi jalan bagi anda untuk melunasi hutang anda. Amin.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..