Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Mungkinkah anak aborsi jadi tumbal pesugihan?

MUNGKINKAH ANAK ABORSI JADI TUMBAL PESUGIHAN?

Kepada Al- Khoirot,

Pertama saya sudah dapat jawaban dalam pertanyaan sebelumnya mengenai anak saya yg saya gugurkan.

Saya benar benar merasa gelisah. Saat itu saya gugurkan kandungan sekitar 3/4 bulan. Yang saya sayangkan adalah saya mengikuti paranormal dan orang orang musyrik itu untuk melakukan syirik. Saya yang salah.

Entah bagaimana itu paranormal membakar dupa dan dari mulut saya keluar kata larung di laut (anak saya akirnya dilarung di pelabuhan ratu). Dan yang saya takutkan adalah saya melakukan perjanjian dengan alam gaib supaya dapat uang atau rejeki yg melimpah.

Dan 4 taun kemudian, yang jelas beberapa hari lalu. Mama saya beserta tetangga ada masalah dan memanggil paranormal ke rumah mama saya (karna saya tinggal di Australia bersama suami dan sudah hidup bahagia) dan paranormal itu melihat sesosok makhluk pala manusia badan ular dan bilang kalau mama dan saya melakukan perjanjian dan mengkanya saya hidup penuh dengan rizki. Kemarin saya tidak full mendetail cerita karna hati sedang sangat gelisah dan ingin buru buru bertanya.

Tetangga saya itu memberi tahu kalo anak saya di jadikan budak oleh Nyi Blorong melalu video call. Dan kalaupun mau sempurna brati meminta ijin mengambil anak saya ke Nyi Blorong. Wah saya takut bukan kepalang. Saya menyesalkan diri saya beberapa hari yang lalu dikarenakan kenapa saya ikut ikut mereka melarungkan anak saya kelaut .

tetangga bilang kalau paranormal itu bilang semua rejeki yang saya terima saat ini adalah dari perjanjian itu. Dan katanya itu siluman ga mau pergi dari rumah Mamah saya. Dan jikalau saat saya meninggal.. anak saya meminta pertanggung jawaban saya karna saya telah menjadikan dia tumbal.

Sebenarnya agak janggal jikalau saya yang melakukan perjanjian kenapa ada dirumah mama bukan ikut saya. Mengkanya saya konsultasi syariah ga mau ikut ikutan dengan mistis paranormal tukang tipu yang mau uang.

Tolong pencerahannya apakah yang saya harus lakukan . Dan apabila saya melakukan perjanjian secara sengaja atau tidak disengaja bagaimanakah saya harus menghentikanya.

Saya benar benar gelisah bukan main dan saya ingin bertaubat .

Terima kasih

JAWABAN

Pertama, tentang status anak yang mati sudah kami jelaskan secara singkat bahwa manusia / anak yang mati tidak bisa dijadikan tumbal ibunya atau siapapun untuk kemudian dijadikan budak Nyi Roro Kidul. Masalah orang mati adalah masalah gaib yang keterangan akuratnya hanya bisa diketahui dari informasi yang didapat dari Al Quran dan hadits.

Apa yang dijelaskan dalam hadits adalah bahwa orang mati itu berada di kuburnya sedangkan ruhnya bisa melihat ada yang lewat di sekitarnya. Berikut dalil hadits terkait hal ini:

1. Dalam Hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim Nabi bersabda
قولوا السلام عليكم دار قوم مؤمنين ، وإنا إن شاء الله بكم لاحقون

Artinya: "Katakan (pada ahli kubur) Assalamualaikum, rumah kaum yang beriman, kami insyaAllah akan bertemu dengan kalian semua. "

Hadits ini merupakan pembicaraan orang hidup pada yang mati. Dan percakapan hanya terjadi pada orang yang bisa mendengar percakakapn tersebut. Di sisi lain, ini juga menunjukkan bahwa ruh orang mati tidak kemana-mana. Hanya berdiam di satu tempat bersama jasadnya.

2. Hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim :

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ترك قتلى بدر ثلاثا. ثم أتاهم فقام عليهم فناداهم فقال “يا أبا جهل بن هشام! يا أمية بن خلف! يا عتبة بن ربيعة! يا شيبة بن ربيعة! أليس قد وجدتم ما وعد ربكم حقا؟ فإني قد وجدت ما وعدني ربي حقا” فسمع عمر قول النبي صلى الله عليه وسلم. فقال: يا رسول الله! كيف يسمعوا وأنى يجيبوا وقد جيفوا؟ قال “والذي نفسي بيده! ما أنتم بأسمع لما أقول منهم. ولكنهم لا يقدرون أن يجيبوا” ثم أمر بهم فسحبو

Artinya: Bahawasanya Rasulullah (صلى الله عليه وسلم) membiarkan mayat orang kafir yang terbunuh dalam peperangan Badar selama 3 hari, kemudian baginda datang kepada mereka di Badar. Baginda berdiri sambil memanggil mereka: “Ya Abu Jahal bin Hisyam, ya Umayyah bin Khalaf, ya ‘Utbah bin Rabi’ah, ya Syaibah bin Rabi’ah! Apakah tidak benar janji Tuhan yang dijanjikan kepadamu? (ya’ni kekalahan dan terbunuh). Aku telah menerima apa yang dijanjikan Tuhan kepadaku (ya’ni kemenangan).” Setelah Sayyidina ’Umar bin Al-Khattab mendengar ucapan ini dan baginda kelihatan bercakap-cakap dengan orang yang mati, lalu (Sayyidina ’Umar) bertanya: ”Ya Rasulullah! Bagaimana mereka boleh mendengar dan bagaimana mereka boleh menjawab pertanyaan itu sedangkan mereka sudah menjadi bangkai tidak bernyawa lagi?” Rasulullah menjawab kepada Sayyidina ’Umar: ”Demi Tuhan yang memegang jiwaku, mereka mendengar suaraku lebih dari kamu mendengarku ( maksudnya lebih jelas lagi pendengaran mereka – (والله أعلم ), tetapi mereka tidak dapat menjawabnya.“

Hadits kedua ini semakin memperkuat penjelasan hadits pertama, bahwa ruh tidak bisa pergi gentayangan keluar dari jasadnya. Ruh orang mati itu "hidup" namun ia selalu bertempat di mana jasadnya berada. Oleh karena itu, dalam konteks anda, pastikan jasad anak yang digugurkan dikubur jasadnya secara layak agar keberadaan jasad dan ruhnya bisa anda ketahui.

Dari penjelasan di atas, maka dipastikan bahwa semua yang diceritakan oleh dukun itu adalah bohong.

JIN MAKHLUK GAIB PENGGODA MANUSIA

Apabila makhluk gaib yang mengaku bahwa anak anda jadi tumbal nyi roro kidul itu memang ada, juga nyi roro kidul itu memang ada menurut para sejumlah dukun, maka dapat dipastikan bahwa makhluk gaib itu adalah jin.

Jin, adalah makhluk gaib yang dibuat dari api (manusia dari tanah). Jin, sebagaimana disebut dalam Quran adalah makhluk yang karakternya sama dg manusia: mereka ada yang taat beragama dan ada juga yang kafir, atau muslim tapi tidak taat. Mereka juga punya akal dan bisa berfikir seperti manusia. Manusia dan jin sama-sama mendapat perintah dari Allah untuk taat pada syariat Islam. Dalam Qur'an surah Al-Rahman mereka berdua (jin dan manusia) menjadi tujuan pembicaraan Allah: "Dan nikmat manakah yang kalian berdua dustakan?" Kalian berdua maksudnya adalah manusia dan jin.

Dalam QS Al-Dzariyat ayat 56 Allah berfirman: "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (51:56)"

Dari kalangan jin inilah manusia yang berprofesi dukun banyak mendapat bantuan kekuatan supranatural dan kemampuan paranormal.

Jadi, dapat dipastikan bahwa kalau anda pernah datang ke dukun dan si dukun berbicara macam-macam maka kemungkinan ada dua yaitu (a) dukun itu berbohong; atau (b) dukun itu berbicara karena dapat bisikan dari jin. Apabila kemungkinan terakhir yang terjadi, maka berarti jin lah yang berbohong. Baca detail: http://www.alkhoirot.net/2013/02/perbedaan-setan-iblis-dan-jin.html

ALLAH SANG PEMBERI REZEKI (AL-ROZZAQ)

Apabila saat ini rejeki anda lancar, maka syukurilah. Karena itu semua berasal dari Allah. Dalam QS Al-Dzariyat ayat 56 Allah berfirman:
إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya: Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Jadi, itu hal yang harus anda yakini: bahwa pemberi rejeki adalah Allah. Justru, kalau gara-gara ucapan dukun itu anda jadi percaya bahwa pemberi rejeki adalah Nyi roro kidul, maka pikiran seperti itu yang bisa menjadi penyebab syirik.

Jadi, tidak ada perjanjian apapun antara anda dengan jin dalam segala bentuknya. Yang ada adalah bahwa anda dan suami sedang mendapat anugerah berupa kelancaran rejeki dari Allah. Kelancaran rejeki, sebagaimana kesulitan ekonomi, adalah ujian untuk menguji anda berdua sejauh mana anda bersyukur atas nikmat itu. Atau bersabar kala mendapat musibah kekurangan.

Sekarang: fokuskan diri untuk hidup secara normal tanpa terbayangi oleh si dukun. Bekerja seperti biasa dan beribadah secara normal sesuai perintah agama. Apabila ada kelebihan, jangan lupa untuk bersedekah dan berzakat apabila mencapai syaratnya. Baca detail: Panduan Zakat

Baca juga: http://www.alkhoirot.net/2015/10/tuyul-dalam-syariah-islam.html#1

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam