Friday, November 26, 2021

Ibu selingkuh, anak stres bagaimana cara mengatasi?

IBU SELINGKUH, ANAK STRES BAGAIMANA CARA MENGATASI?

Assalamualaikum

Ibu saya kecanduan sosial media, padahal sudah saya larang, ibu saya malah minta buatkan akun facebook sama temannya, hebohnya minta ampun, tiap hari upload foto, tambah teman sana sini di facebook.

Sampai - sampai saya terkejut banyak laki-laki asing chat sayang-sayang dengan ibu saya, bahkan ada yang kurang ajar mengajak ibu saya tidur.

Saya sebagai anak bingung harus bagaimana, sementara dirumah, pendapat saya tak pernah dihitung, selalu diabaikan, hal ini memang belum saya ceritakan pada ayah saya, mengingat ayah saya gampang emosi.

Tak berapa lama, akun facebook ibu saya kena retas, kalau saya tidak salah ingat, ada sampai 2 atau 3 kali.

yang terakhir, ibu saya menonaktifkan nomor handphone nya, dia minta tolong sama bibi saya (adik ayah saya), untuk mengecek handphone ayah saya, bahwa kata ibu kepada bibi saya ada yang ingin mengirimkan foto wanita telanjang dan bagian kepala di edit menjadi kepala ibu saya, saya langsung panik setelah tahu dari bibi saya, kami buru-buru mengecek handphone ayah saya, dan tidak menemukan apapun.

Saya pikir ibu saya sudah jera, pernah tak sengaja saya mendengar ibu saya telponan dengan orang lain dengan panggilan " mama dan papa", saya curhat ke bibi saya, ternyata bibi saya juga pernah mendengar hal yang sama, sementara sama ayah saya tidak pernah menggunakan panggilan "mama dan papa". Intonasi suara ibu saya pelan, sedangkan pada umumnya intonasi suara ibu saya sangat kuat kalau bicara dan menelepon, dan ibu saya pernah menghindari saya ketika dia sedang menelepon.

Saya khawatir ibu saya ditipu, karena mana mungkin ada yang suka dengan perempuan kelahiran tahun 1966, sangat tua, kalau bukan karena ingin merampas uang ibu saya. Ibu saya ini sangat suka pamer jabatan, gelar dan lain-lain, terlebih lagi sangat senang kalau dipuji.

Saya jadi curiga setiap ibu saya pergi keluar rumah, saya khawatir ibu saya mengirimkan uang ke orang lain (masi menduga duga tidak ada bukti).

Setau saya kalau ibu saya pulang dari pasar pasti bawa sesuatu, baru-baru ini ibu saya mengaku pulang dari pasar tapi tidak beli apa-apa, saya jadi curiga ibu saya pergi ke atm dan mengirim uang.

Saya tidak yakin orang tersebut orang yang tinggal dikota yang sama dengan kami, tapi saya berharap saya bisa jumpa dengan orang tersebut dan menusuknya sampai mati.

Saya cukup stres memikirkan hal ini, yang ada dibenak saya adalah bagaimana saya bisa membunuh laki-laki ini, saya merasa tidak peduli dengan dosa dan hukum negara.

Terima kasih.

JAWABAN

Kekhawatiran anda pada ibu anda itu wajar. Itu tanda sayang. Namun harus diingat bahwa beliau adalah ibu yang harus dihormati. Bahkan seorang anak muslim tetap harus menghormati dan berbakti pada ibunya yang kafir. Tidak ada dosa yang lebih besar dari dosa kufur. Baca detail: Hukum Taat dan Berbakti pada Orang Tua

Selain itu, ayah anda masih ada. Dan beliau lebih berhak mengatur dan mendidik ibu anda daripada anda. Akan lebih ideal serahkan masalah ini pada ayah anda untuk mengurusnya.

anda lebih baik fokus pada apa yang sedang dilakukan saat ini. Kalau sedang sekolah atau kuliah, belajarlah lebih keras. Kalau sedang bekerja, maka lakukan pekerjaan lebih berdedikasi.

MAKAN GAJI BUTA?

Assalamualaikum WarahmatuLlahi Wabarakatuh

Para yai saya mau bertanya. Saya mengajar di salah satu lembaga.

Nah selain mengajar seharusnya ada juga tugas mengisi buku absen dan prestasi siswa. Akan tetapi mulai 2 bulan kemarin saya tidak mengisi absen dan buku prestasi. Dan baru saya sadari ternyata saya tidak melakukan pengajaran sesuai dengan metode yang diberikan oleh pengasuh.

Saya mengajar di sebuah ponpes, sebenarnya statusnya bukan gaji, lebih tepatnya bisyaroh.

Pertanyaannya.

1. Bagaimana status gaji saya? Apakah halal atau haram, mengingat saya juga bekerja tetapi ada sebagian tugas yang tidak saya laksanakan.
2. Gaji bulan kemaren sudah saya belikan barang. Apa status hukum barang tersebut? Andaikan haram adakah solusinya selain membuang barang tersebut? Terimakasih sebelumnya

JAWABAN

1. Status gajinya halal karena dari jenis kerja yang halal. Sedangkan tugas yang tidak dilaksanakan bisa dikomunikasikan pada lembaga terkait, meminta maaf dan mengakui kesalahan serta berjanji tidak akan mengulangi.

Selanjutnya, apabila pihak lembaga memaafkan dan tidak memotong bisyaroh, maka masalah dianggap selesai.

2. Lihat poin 1. Baca detail: Bisnis dalam Islam

Dapatkan buku-buku Islam karya A. Fatih Syuhud di sini.. Konsultasi agama, kirim via email: alkhoirot@gmail.com

1. Kirim konsultasi Agama ke alkhoirot@gmail.com atau info@alhoirot.com Cara Konsultasi lihat di sini!
2. Cara tanya hukum waris Islam, lihat di sini
3. Situs pesantren Al-Khoirot, lihat: alkhoirot.com
4. Situs resmi tanya jawab agama KSIA: alkhoirot.net dan islamiy.com

EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.