Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA) Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Foto Muhammad bin Abdul Wahab Pendiri Wahabi Asli atau Palsu?

FOTO MUH BIN ABDUL WAHAB Yth. Pengurus Alkhoirot Di Tempat Saya ingin menanyakan beberapa hal di bawah ini :

1. Saya mengamati bahwa halaman pada https://www.alkhoirot.net/2011/12/nama-ulama-wahabi-salafi.html?m=1#1a terdapat foto yang dianggap "Muhammad bin Abdul Wahhab". Padahal, foto baru ada setelah Muhammad bin Abdul Wahhab . Apakah hal itu termasuk kesalahan?

2. Tanpa mengurangi kehormatan dan kecintaan saya kepada Yayasan Alkhoirot, saya jadi ragu apakah boleh menggunakan jawaban dari permasalahan syariat yang diberikan oleh Alkhoirot.com karena di Alkhoirot.com telah memasukkan Foto yang dianggap MBAW tadi.

3. Apa hukum bermain saham?

Saya sendiri Alhamdulillah masih mengikuti paham NU. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan. Nuwun

JAWABAN

1. Foto yang terdapat di halaman tersebut adalah foto yang diduga Muhammad bin Abdul Wahab. Beliau lahir pada 1703 masehi bertepatan dengan 1115 hijriyah dan wafat pada 1792 atau abad ke-18 masehi bertepatan dengan 1206 hijriyah dalam usia 88 atau 89 tahun (versi wikipedia). Kalau anda tidak memercayai foto tersebut sebagai fotonya dengan alasan teknologi fotografi belum ditemukan saat itu, maka itu tidak benar. Teknologi fotografi sudah ditemukan jauh sebelum itu. Walaupun tidak secanggih saat ini. Lihat info di sini: https://www.ripeinsurance.co.uk/photography/the-edit/when-was-photography-invented/

Namun demikian, kami juga tidak menjamin bahwa itu adalah foto Bin Abdul Wahab yang asli. Beberapa situs berbahasa Arab yang kami kutip hanya menyertakan foto tersebut sebagai ilustrasi saat menulis tentang Muhammad bin Abdul Wahab. Berikut beberapa situs tersebut:

- islamion.com . Link: shorturl.at/rtDJU
- mawdoo3.com . Link: shorturl.at/bnFGU
- www.msf-online.com . Link: shorturl.at/rBEVZ

Pada ketiga link tersebut, tampak penulisnya membahas MBAW dengan penuh hormat dan pujian atas pemikiran beliau yang menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang punya kecenderungan bermanhaj Salafi/Wahabi. Atau, kalau bukan Salafi/wahabi, penulisnya adalah orang terpelajar yang netral dan menghargai ulama. Namun pada saat yang sama, ketiga halaman tersebut sama-sama menampilkan ilustrasi foto MBAW sebagaimana yang terdapat di halaman alkhoirot.net.

Kesimpulan dan poin terpenting adalah:
1. Kalangan orang Arab yang condong ke manhaj Salafi/Wahabi pun banyak yang menganggap foto tersebut adalah foto MBAW.
2. Foto adalah ilustrasi yang tidak begitu signifikan terhadap suatu tokoh pemikir. Yang terpenting adalah pemikirannya. Mempermasalahkan fotonya, bukan pemikirannya, sama dengan sibuk mengurusi sekam dari berasnya. Mementingkan ranting dari pohonnya.

2. Tidak ada kewajiban untuk ikut pendapat dan jawaban yang diberikan oleh alkhoirot.net. Jawaban yang kami berikan berdasarkan pandangan mazhab empat dan ulama muashirin bilaman perlu. Kami hanya membantu umat Islam untuk mendapat akses pada ilmu-ilmu dari para ulama syariah mazhab empat dan lainnya. Boleh diikuti dan boleh juga diabaikan. Dalam Islam, fatwa syariah itu tidak mengikat. Terutama terkait masalah ikhtilaf.

3. Tergantung jenis usaha yang akan dibeli sahamnya. Boleh kalau bisnis yang dibeli sahamnya itu adalah bisnis halal. Dan haram kalau produknya produk haram. Baca detail: Hukum Bursa Saham

Bagi kami tidak penting apakah penanya itu NU, MU, PERSIS, HTI atau Salafi/Wahabi. Kami akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan berdasarkan metode yang kami miliki. Baca detail: Cara Tanya Hukum

عن الكاتب

KSI Al-Khoirot

التعليقات


جميع الحقوق محفوظة

Konsultasi Syariah Islam Al-Khoirot (KSIA)