Pondok Pesantren Modern Gontor

Profil Pondok Modern Gontor Ponorogo

Sejarah profil dan pengasuh (Trimurti) Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo Jawa Timur Pondok Gontor didirikan pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur oleh tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari. Tiga bersaudara ini adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie, dan KH Imam Imam Zarkasy dan yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti.

DAFTAR ISI
  1. SEJARAH SINGKAT PONDOK PESANTREN GONTOR
  2. DAFTAR PENGASUH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR
  3. PENDAFTARAN DAN BIAYA MASUK PONDOK GONTOR



1. SEJARAH SINGKAT PONDOK GONTOR



Pada masa itu pesantren ditempatkan di luar garis modernisasi, dimana para santri pesantren oleh masyarakat dianggap pintar soal agama tetapi buta akan pengetahuan umum. Trimurti kemudian menerapkan format baru dan mendirikan Pondok Gontor dengan mempertahankan sebagian tradisi pesantren salaf dan mengubah metode pengajaran pesantren yang menggunakan sistem watonan (massal) dan sorogan (individu) diganti dengan sistem klasik seperti sekolah umum. Pada awalnya Pondok Gontor hanya memiliki Tarbiyatul Atfhfal (setingkat taman kanak-kanak) lalu meningkat dengan didirikannya Kulliyatul Mu'alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan lulusan sekolah menengah. Pada tahun 1963 Pondok Gontor mendirikan Institut Studi Islam Darussalam (ISID).



Pesantren Gontor dikelola oleh Badan Wakaf yang beranggotakan tokoh-tokoh alumni pesantren dan tokoh yang peduli Islam sebagai penentu Kebijakan Pesantren dan untuk pelaksanaannya dijalankan oleh tiga orang Pimpinan Pondok(Kyai) yaitu KH Hasan Abdullah Sahal (Putra KH Ahmad Sahal). Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasy (putra KH Imam Zarkasy)dan KH Syamsul Hadi Abdan,S.Ag. Tradisi pengelolaan oleh tiga pengasuh ini, melanjutkan pola Trimurti (Pendiri).



Pada saat peristiwa Madiun tahun 1948 saat Muso telah menguasai daerah Karesidenan Madiun (Madiun, Ponorogo, Magetan, Pacitan dan Ngawi) dan membunuhi banyak tokoh agama, dimana pada saat itu TNI sudah dilumpuhkan oleh PKI, Pesantren Gontor diliburkan dan santri serta ustadnya hijrah guna menghindar dari kejaran pasukan Muso. KH Ahmad Sahal(alm) selamat dalam persembunyian di sebuah Gua di pegunungan daerah Mlarak. Gua tersebut kini disebut dengan Gua Ahmad Sahal. Kegiatan Pendidikan Pesantren dilanjutkan kembali setelah kondisi normal.



Pandangan Modern KH Ahmad Sahal, sebagai Pendiri tertua dari Trimurti dan kedua adiknya yaitu KH Zainudin Fanani dan KH Imam Zarkasy diwujudkan pula dalam menyekolahkan putra-putrinya selain di sekolah agama (pesantren) juga di sekolah umum. Drs. H. Ali Syaifullah Sahal (alm) alumni Filsafat UGM dan sebuah Universitas di Australia, dosen di IKIP Malang; Dra. Hj. Rukayah Sahal dosen IKIP (UMJ) Jakarta dll. Dan tentu menjadi bahan pemikiran anggota Badan Wakaf saat ini, untuk mewujudkan Pesantren Gontor menjadi semacam Universitas Al Azhar di Mesir, sebuah universitas yang memiliki berbagai bidang kajian (Agama serta Ilmu dan Teknologi) yang berbasiskan Islam.



Pada tahun 1994 didirikan pondok khusus putri untuk tingkat KMI dan pendidikan tinggi yang khusus menerima alumni KMI. Pondok khusus putri ini menempati tanah wakaf seluas 187 hektar. Terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kini, pondok khusus putri memiliki lima cabang, tiga cabang berlokasi di Ngawi, satu cabang di Sulawesi Tenggara dan satu di Kediri. Hingga kini gontor telah memiliki 10 cabang yang terdiri dari 13 kampus di seluruh Indonesia dan santri/ santriwatinya mencapai 14.273 orang. Tidak seperti pesantren pada umumnya, para pengajarnya pun berdasi dan bercelana panjang pantalon.





DAFTAR PENGASUH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR



PENGASUH / PENDIRI (TRIMURTI)



1. KH Ahmad Sahal,

2. KH Zainudin Fananie

3. KH Imam Imam Zarkasy



PENGASUH SAAT INI



1. KH Hasan Abdullah Sahal

2. Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasy

3. KH Syamsul Hadi Abdan, S.Ag





PENDAFTARAN DAN BIAYA MASUK GONTOR



SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN



Menyerahkan 2 (dua) lembar fotocopy STTB terakhir atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.



Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor.



Menyerahkan pasfoto berukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar (putra); dan pasfoto berjilbab berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar dan 3 x 4 sebanyak 8 lembar (putri).



Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran.



Menyerahkan 1 (satu) lembar fotocopy Akta Kelahiran (putra); dan 3 (tiga) lembar fotocopy Akta Kelahiran (putri).



Menyerahkan 1 (satu) lembar fotocopy KTP wali santri/yang mewakilinya (khusus putra).



Menyerahkan 1 (satu) lembar fotocopy Kartu Keluarga (khusus putri). Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan.



SYARAT-SYARAT PENERIMAAN



1. Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau yang sederajat, untuk masuk KELAS REGULER/BIASA dengan masa belajar 6 tahun; dan berijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang sederajat, untuk masuk KELAS INTENSIF dengan masa belajar 4 tahun.



2. Mempunyai dasar agama, yakni:

a. Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik.

b. Dapat membaca al-qur’an dengan baik.

c. Dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar.



3. Lulus dalam teting/ujian masuk dan psikotest.



WAKTU DAN CARA PENDAFTARAN



Pendaftaran Calon Pelajar (Capel) Pondok Modern Darussalam Gontor dilaksanakan pada:

Tanggal 2 – 10 Syawwal untuk Gontor Putra, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Desa Madusari Kec. Siman Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

Tanggal 2 – 14 Syawwal untuk Gontor Putri, bertempat di Pondok Modern Gontor Putri 2 Desa Sambirejo Kec. Mantingan Kab. Ngawi, Jawa Timur



4. Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan.



BIAYA-BIAYA



1. Biaya Administrasi PENDAFTARAN CALON SISWA/SISWI BARU TAHUN 2014/2015, meliputi:

a. Uang Pangkal Masuk KMI Rp 1.600.000,00

b. Uang Penambahan Bangunan Baru Rp. 500.000,00

c. Uang Kepanitiaan bulan Syawwal Rp. 180.000,00

d. Uang Kertas Rp. 300.000,00

e. Uang Majalah Gontor, 1 tahun Rp. 210.000,00

f. Uang Kesehatan, 1 tahun Rp. 250.000,00

g. Uang Pembangunan Kampus Darussalam University Rp. 500.000,00

h. Uang Makan (bulan Syawwal) Rp. 260.000,00

i. Uang sekolah (bulan Syawwal) Rp. 250.000,00 Jumlah Rp.4.050.000,00 2. Pembayaran setiap bulan:

a. Uang Makan Rp. 260.000,00

b. Uang Sekolah Rp. 250.000,00

Jumlah Rp. 510.000,00



PELAKSANAAN UJIAN MASUK DAN MATERI UJIAN



Ujian Lisan, dilaksanakan tanggal 3 – 10 Syawwal (putra) dan 3 – 14 Syawwal (putri); Ujian Tulis dilaksanakan tanggal 11 Syawwal (putra) dan 15 Syawwal (putri)



Ujian masuk KMI meliputi Ujian Syafahi (ujian lisan) dan Ujian Tahriri (ujian tertulis). Materi ujian lisan meliputi: psikotest, membaca al-Qur’an, pelajaran Tajwid, dan praktek ibadah (ibadah qauliyah dan ibadah amaliyah). Sedangkan materi ujian tulis meliputi: Imla’ (menulis arab dengan dikte), Bahasa Indonesia, Berhitung Soal dan Angka (Matematika Dasar setara kelas 6 SD).



Tidak ada perbedaan materi ujian yang diujikan kepada calon pelajar dari lulusan SD/sederajat dengan calon pelajar dari lulusan SMP/sederajat.



Dalam pelaksanaan ujian masuk KMI tidak diadakan ujian ulangan/susulan dan waktu pelaksanaan ujian bisa berubah sewaktu-waktu.



PROGRAM UJIAN LANJUTAN DAN UJIAN PENEMPATAN



Bagi calon pelajar yang telah lulus Ujian Masuk KMI, diberi kesempatan untuk mengikuti Program Ujian Lanjutan, yaitu ujian akselerasi ke kelas yang lebih tinggi jika memenuhi syarat-syarat tertentu, diantaranya memiliki kemampuan dengan bekal keilmuan yang cukup untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dari kelas 1 KMI.
Khusus bagi calon pelajar putra dari kelas intensif yang telah lulus Ujian Masuk KMI akan mengikuti Ujian Penempatan Kelas (Placement Test) setelah terdaftar sebagai siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun materi yang akan diujikan pada ujian penempatan kelas ini meliputi: Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.


LAIN-LAIN



1. Ketentuan Biaya dapat berubah sewaktu-waktu.

2. Pendaftar yang belum lulus Ujian Masuk dapat mengambil kembali semua pembiayaan, selain: uang makan yang telah dipakai, sumbangan pembangunan, uang kepanitiaan bulan Syawwal, dan organisasi.

3. Pendaftaran Calon Pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor diadakan secara langsung di kampus (tidak melayani pendaftaran melalui korespondensi, telepon, atau internet).

4. Hal-hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan ke kantor KMI pada nomor telepon: 0352-313336 (putra) dan 0351-673261.


Courtesy: gontor.ac.id

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

11 comments:

  1. pondok pesantren gontor jawa timur

    ReplyDelete
  2. pendiri pondok gontor

    ReplyDelete
  3. pondok pesantren gontor ponorogo

    ReplyDelete
  4. profile pondok pesantren gontor

    ReplyDelete
  5. cara masuk pesantren gontor ponorogo

    ReplyDelete
  6. pondok pesantren modern gontor

    ReplyDelete
  7. daftar pondok pesantren di ponorogo

    ReplyDelete
  8. profil pesantren gontor

    ReplyDelete
  9. sejarah berdirinya pondok modern gontor

    ReplyDelete
  10. pendiri pondok pesantren gontor di jawa adalah

    ReplyDelete
  11. metode pendidikan di pesantren gontor

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!