Wednesday, August 20, 2014

Panduan Bisnis Online


Panduan Bisnis Online

Dulu, untuk mengais rejeki dan mencari uang orang harus pergi ke ladang menanam padi, jagung dan tanaman pertanian lain. Atau pergi ke kantor sebagai pegawai swasta atau pegawai negeri sipil dan mendapat gaji bulanan. Atau, pergi ke pasar jualan barang dagangan. Atau buka toko sembako di depan rumah dan mendapat keuntungan dari selisih harga. Semua jenis bisnis dunia nyata ini masih berlaku sampai sekarang. Namun, itu bukan satu-satunya. Munculnya era teknologi internet telah membuka peluang bisnis yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dengan nilai transaksi yang juga tak kalah fantastis. Di samping itu, pekerjaan melalui dunia internet tergolong beriaya jauh lebih murah dan tidak padat karya. Hanya dengan sebuah laptop dan koneksi internet, maka kita bisa melakuk bisnis online. Hasilnya? Tentu saja itu akan sangat tergantung pada kemampuan atau skill individu masing-masing. Yang jelas, banyak blogger dan webmaster yang saat ini keluar dari pekerjaan rutinnya di dunia nyata dan memfokuskan diri bekerja penuh secara online. Di Barat, orang seperti ini disebut Profesional Blogger atau pro-Blogger.

Aktifitas kita di internet dapat menghasilkan uang tambahan. Pada sebagian blogger dan webmaster, bisnis online atau cari uang lewat internet justru menjadi penghasilan utama. Bagaimana cara mendapatkan atau mencari uang melalui internet?

Secara garis besar, ada tiga macam bisnis online yang banyak diikuti pebisnis online. Pertama, pasang iklan PPC (pay per click) dii mana kita akan mendapat komisi setiap ada pengunjung yang mengklik iklan yang dipasang di situs kita atau iklan CPM di mana pemilik situs atau blog akan mendapat bayaran setiap 1000 pageview. Kedua, program afiliasi. Kita sebagai publisher akan mendapat komisi apabila ada pengunjung yang melakukan transaksi melalui iklan yang dipasang di blog/situs kita. Ketiga, jualan barang melalui internet. Tipe ketiga ini sebenarnya tidak berbeda dengan jualan biasa di dunia nyata. Penjual menjadikan internet hanya sebagai ajang untuk promosi saja. Saat terjadi transaksi, maka itu dilakukan melalui dunia nyata.

DAFTAR ISI
  1. Iklan PPC dan CPM
  2. Iklan PPA Pay Per Action / Afiliasi
  3. Jualan Barang via Internet
  4. Jualan Iklan Langsung
  5. Pro Blogger Sukses



IKLAN PPC (PAY PER CLICK) DAN CPM (CLICK PER 1000 IMPRESSION)

Mayoritas pebisnis online mengikuti program iklan PPC (pay per click - dibayar setiap ada yang mengklik iklan di blog/situs kita).

Cara kerja iklan PPC adalah sebagai berikut: Ada tiga pihak yang terlibat. (a) Perusahaan penyedia jasa periklanan (Ads company). Contoh, Google. (b) Pihak pemasang iklan (advertiser). Contoh, Samsung; (c) Blogger/webmaster/orang yang mempunya blog/situs yang bersedia bersedia menaruh iklan di situs/blog-nya. Yang terakhir ini disebut publisher.

Setiap ada yang mengklik iklan, maka advertiser harus membayar sejumlah uang pada perusahaan periklanan. Dan hasilnya dibagi dua antara perusahaan periklanan dan penerbit (publisher) iklan. Saat ini perusahaan jasa periklanan PPC luar negeri terbesar dan global dalam arti banyak publishernya berasal dari seluruh dunia termasuk Indonesia adalah: Google Adsense, Infolinks, Chitika, Media.net (Yahoo Bing), Qadabra, Adversal,

Contoh iklan adsense

Sedang jasa periklanan Indonesia paling populer adalah (a) Kliksaya; (b) Kumpulblogger; (c) idblognetwork; (d) Adsensecamp

Dibanding iklan Adsense, komisi iklan buatan Indonesia jauh lebih kecil.

Program PPC ini baru akan menghasilkan apabila blog anda sudah ramai pengunjung. Minimal 2000 (dua ribu) pengunjung setiap hari. Kurang dari itu sebaiknya tidah usah memasang iklan. Konsentrasi dulu pada pengembangan konten (isi) yang orisinal supaya disukai Google. Memasang iklan pada situs/blog yang masih sedikit pengunjungnya hanya akan membuat pengunjung malas datang lagi ke blog anda karena silau melihat banyaknya iklan.

Berikut review untuk Layanan Iklan PPC dan CPM

ADSENSE

AdSense adalah Perusahaan Periklanan yang paling populer, paling diminati publisher dan paling luas jangkauan dan stok iklannya. Dan yang tak kalah penting, saat ini sudah tersedia untuk blog berbahasa Indonesia. Tidak sulit diterima menjadi publisher Adsense yang memenuhi dua syarat paling utama yaitu (a) blog / situs mengandung artikel yang semuanya berkualitas dan asli (bukan hasil copas); (b) artikel di blog / situs tidak mengandung topik yang dilarang seperti judi, narkoba, prostitusi, perdangan manusia dan pornografi. Lebih detail baca: Google Adsense


IKLAN PPA (PAY PER ACTION) / PROGRAM AFILIASI / REFERRAL

Adalah sistem mendapat penghasilan lewat internet dengan program afiliasi. Cara kerjanya adalah, setelah bergabung dengan sebuah program PPA/Afiliasi ini, maka anda akan mendapatkan kode html untuk dipasang di blog. Apabila ada pengunjung blog yang membeli barang atau melakukan transaksi dari link di blog kita, maka kita akan mendapat komisi yang jumlahnya sesuai perjanjian yang ditentukan sebelumnya.

Program PPA yang paling besar saat ini adalah Amazon.com sebagai penjual barang online terbesar dan terbuka untuk publisher/blogger dari seluruh dunia.

Di Indonesia, program PPA kurang diminati blogger dan webmaster karena jarang terjadi transaksi. Hal ini mengingat orang Indonesia belum terbiasa membeli barang secara online.


JUALAN ONLINE MELALUI INTERNET

Yaitu memanfaatkan aktifitas internet untuk memasarkan dan berjualan barang secara online. Cara ini dapat dilakukan dengan mempromosikan barang dagangan kita via situs/blog kita atau melalui forum-forum internet yang banyak dikunjungi orang. Di Indonesia, forum paling populer untuk jualan barang adalah kaskus.co.id


JUALAN IKLAN LANGSUNG

Apabila blog anda ramai pengunjung (di atas 5000/hari), maka anda dapat memasarkan langsung blog anda pada siapa saja yang hendak pasang iklan. Harga iklan tentu bervariasi tergantung jumlah pengunjung blog/situs dan ukuran serta posisi iklan. Iklan bergambar ukuran 125x125 yang diletakkan di sidebar tentu berbeda harganya dibanding iklan leaderboard (memanjang) yang ditaruh di header blog/situs.

Keuntungan jualan iklan langsung adalah anda mengambil seluruh keuntungan yang didapat tanpa harus berbagi dengan pihak ketiga (ads company).


PRO-BLOGGER SUKSES

Pro Blogger atau professional Blogger adalah orang yang punya blog atau situs yang dengan situsnya itu ia berhasil mendapat penghasilan yang cukup atau lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apa yang dilakukan oleh seorang pro-Blogger adalah menulis dengan rajin di blog atau situsnya secara teratur secara dengan kemampuannya atau sesuai dengan topik yang dipilihnya.

Blogger adalah pemilik atau penulis blog. Sedangka webmaster adalah pemilik website. Istilah webmaster lebih identik dengan orang yang ahli membuat website. Sedangkan Blogger lebih dipahami sebagai orang yang bisa membuat blog dan rajin menulis di blognya. Baik blog atau website sebenarnya bermakna sama yakni situs di internet.

Seorang Blogger profesional menulis hampir tiap hari di blognya baik menulis sendirian atau bekerja sama dengan Blogger profesional yang lain. Blog seperti mashable.com dengan trafik jutaan pengunjung perhari mendapat puluhan ribu dolar setiap harinya hanya dari iklan Adsense saja. Belum dari iklan yang lain.

Baca seluruh artikel dalam kategori: Bisnis Online



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..