Hukum Menggambar dalam Islam

Hukum Menggambar dalam Islam

Hukum menggambar/membentuk, melukis atau memahat bentuk manusia atau segala sesuatu yang ada nyawa (ruh)-nya baik dalam bentuk patung, lukisan atau kartun, fotografi dan video dalam pandangan syariah fikih Islam

  1. Dalil Haramnya Membuat Bentuk Makhluk Bernyawa
  2. Pendapat Ulama tentang Tashwir (التصوير)
    1. Mutawalli Sya'rawi
    2. Ahmad Huraidi
    3. Fatwa Yusuf Qardhawi tentang Tashwir
  3. Hukum Tashwir (التصوير) Makhluk Bernyawa
    1. Hukum Membuat Patung Makhluk Bernyawa
    2. Hukum Menggambar Kartun Makhluk Bernyawa
    3. Hukum Fotografi dan Video
    4. Hukum Membuat Kartun Animasi Komputer
  4. Hukum Menggambar Makhluk Tidak Bernyawa

Assalamm'ualaikum warohmatullohi wabarokatuh
maaf pak ustad jika pertanyaan saya akan berbelit belit. ini semua memusingkan saya. saya ingin jawaban yang paling pasti saja dengan pertanyaan saya ini.

1. Apakah menggambar kartun yang lucu lucu dan tidak mirip mirip amat dengan manusia juga haram? saya mengetahui hadits yang menerangkan tentang hal ini Dari Ibnu, dia berkata, “Rasulullah Saw bersabda, "Siapa yang menggambar suatu gambar dari sesuatu yang bernyawa di dunia, maka dia akan diminta untuk meniupkan ruh kepada gambarnya itu kelak di hari akhir, sedangkan dia tidak kuasa untuk meniupkannya.’” (HR Bukhari).

2, lalu ada yang lebih ekstrim lagi yang mengatakan kalau memfoto dan merekam video hukumnya haram. karena sama sama meniru ciptaan Alloh dengan perangkat moderen. jadi kaum ini mengharamkan benda benda elektonik seperti kamera dan sebagainya.

lalu saya mengetahui lagi suatu artikel yang kurang lebih isinya seperti ini

Seseorang dilarang untuk mengenakan pakaian yang bergambar hewan atau manusia, dan juga dilarang untuk mengenakan sorban serta jubah atau yang menyerupai itu yang didalamnya terdapat gambar hewan atau manusia atau makhluk bernyawa lainnya.

maka mereka menyimpulkan bahwa dilarang menyimpan/menggantung lukisan, gambar, foto. baik itu berupa file di komputer.
hal ini sangat membuat saya was was. maka dari itu, saya mohon pencerahannya pak ustadz. terima kasaih
wassalammu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
riantoro monte


DALIL HARAMNYA MENGGAMBAR MAKHLUK BERNYAWA
Hadits sahih yang melarang seorang muslim menggambar makhluk bernyawa cukup banyak sebagai berikut

a. Hadits Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih):

إن أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون
Artinya: Yang paling parah siksanya di hari kiamat adalah mushawwir (tukang membuat patung/tukang gambar) .

b. Hadits Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih):

(إن الذين يصنعون هذه الصور يعذبون يوم القيامة يقال لهم أحيوا ما خلقتم
Artinya: Orang-orang yang membuat gambar-gambar ini akan disiksa di hari kiamat. Dikatakan pada mereka: hidupkan apa yang kamu ciptakan.

c. Hadits Bukhari

نهى عن ثمن الدم وثمن الكلب وكسب البغي ولعن آكل الربا وموكله والواشمة والمستوشمة والمصور
Artinya: .... Allah melaknat pemakan riba ... dan tukang membuat patung/tukang gambar.

d. Hadits Bukhari Muslim (muttafaq alaih):

من صور صورة في الدنيا كلف أن ينفخ فيها الروح وليس بنافخ
Artinya: Barangsiapa menggambar di dunia maka i` akan dipaksa untuk meniupkan nyawa pada patung/gambar itu. Padahal dia bukanlah orang yang dapat memberi nyawa.

e. Hadits Muslim:

وعن عائشة رضي الله عنها قالت: دخل علي النبي صلى الله عليه وسلم وقد سترت سهوة لي بقرام فيه تماثيل فلما رآه هتكه وتلون وجهه وقال ((يا عائشة أشد الناس عذابا يوم القيامة الذين يضاهئون بخلق الله)) قالت عائشة فقطعناه فجعلنا منه وسادة أو وسادتين
Artinya: Nabi melarang Aisyah memakai bantal yang ada gambarnya.

f. Hadits Bukhari Muslim (muttafaq alaih):

إن الملائكة لا تدخل بيتا فيه تماثيل أو تصاوير
Artinya: Malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang ada patung atau gambar.

Inti dari semua hadits-hadits sahih di atas adalah larangan membuat bentuk makhluk bernyawa (manusia dan hewan/binatang) dalam format gambar atau fisik tiga dimensi (mujassimah) seperti patung.

PENDAPAT ULAMA TENTANG MAKNA TASHWIR (MENGGAMBAR/MEMATUNG) (التصوير)

Ulama membagi kata tashwir (membentuk/menggambar) atau (التصوير) ke dalam tiga kategori dengan konsekuensi hukum yang berbeda:

Pertama, menggambar/membentuk makhluk bernyawa dengan tangan dalam format fisikal (jism) seperti dalam bentuk patung.
Kedua, menggambar makhluk bernyawa dengan tangan dalam format non-fisik. Seperti lukisan, kartun, dll.
Ketiga, Menggambar (menangkap bayangan) makhluk bernyawa dengan kamera atau video.



FATWA AHMAD HURAIDI, MUFTI MESIR (1960 – 1970)

Nama lengkapnya adalah Ahmad Muhammad ‘Abd al-‘Aal Huraidi adalah mufti negara Mesir antara tahun 1960 – 1970. Pada tahun 1963 Syekh Huraidi mengeluarkan fatwa soal gambar sebagai berikut:

Dalam soal tashwir (menggambar) terdapat banyak hadits Nabi antara lain riwayat Bukhari dari Abu Zar'ah sebagai berikut: دخلت مع أبى هريرة دارا بالمدينة فرأى فى أعلاها مصورا يصور فقال سمعت رسول الله ت صلى الله عليه وسلم -‏ يقول (‏ ومن أظلم ممن ذهب يخلق كخلقى فليخلقوا حبة وليخلقوا ذرة ) Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyatakan bahwa tashwir (menggambar) itu mencakup sesuatu yang memiliki bayangan dan yang tidak. Oleh karena itu, dalam pendapat saya lukisan pada tembok tidak termasuk. Ada kemungkinan hadits ini khusus pada gambar yang memiliki bayangan ditinjau dari sabda Nabi ( كخلقى) karena bentuk Nabi bukanlah gambar di dinding tetapi bentuk yang sempurna.

- Dari hadits riwayat Bukhari dari Aisyah
قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم من سفر وقد سترت بقرام لي على سهوة لي فيها تماثيل فلما رآه رسول الله صلى الله عليه وسلم هتكه وقال أشد الناس عذابا يوم القيامة الذين يضاهون بخلق الله قالت فجعلناه وسادة أو وسادتين
Artinya: Pernah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam datang dari suatu safar dan aku ketika itu menutupi diri dengan kain tipis milikku di atas lubang angin pada tembok lalu di kain tersebut terdapat gambar-gambar. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melihat hal itu, beliau merobeknya dan bersabda, "Sesungguhnya orang yang paling berat siksanya pada hari kiamat adalah mereka yang membuat sesuatu yang menandingi ciptaan Allah." 'Aisyah mengatakan, "Akhirnya kami menjadikan kain tersebut menjadi satu atau dua bantal." (HR. Bukhari no. 5954 dan Muslim no. 2107).

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyatakan: Hadits ini menunjukkan atas bolehnya membuat gambar apabila tidak memiliki bayangan dan tidak dimuliakan seperti dipakai buat bantal.

- Hadits lain riwayat Bukhari Nabi bersabda: Malaikat tidak masuk ke rumah yang terdapat gambar kecuali nomor di baju إ(‏ إن الملائكة لا تدخل بيتا فيه صورة إلا رقما فى ثوب)‏.

Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari menyatakan: Ibnu Arabi berkata: Membuat gambar apabila memiliki bentuk (jism) maka haram secara ijmak. Apabila berupa nomor ada empat pendapat. Pertama, boleh secara mutlak berdasar dzahirnya hadits. Kedua, dilarang secara mutlak termasuk nomor. Ketiga, apabila gambar itu sempurna bentuknya dan posisi berdiri maka haram, apabila terputus kepalanya atau terpisah bagiannya maka boleh. Menurut Ibnu Arabi, ini pendapat paling sahih. Keempat, apabila gambar itu berada di bawah maka boleh, apabila digantung maka tidak boleh.

- Dalam kitab Al-Hidayah dikatakan: Patung (yang meniru sesuatu) yang tidak bernyawa hukumnya tidak makruh karena ia tidak disembah. Dengan alasan pendapat Ibnu Abbas bahwa ia melarang juru gambar/pemahat dari menggambar/memahat. Pemahat/pelukis itu berkata, bagaimana bisa itu pekerjaanku? Ibnu Abbas berkata: apabila harus, maka anda dapat membuat patung kayu.

Menurut pendapat kami, boleh membuat gambar yang tidak memiliki bayangan. Begitu juga gambar yang berupa nomor pada baju. Disamakan dengan itu gambar yang dilukis pada tembok atau kertas dengan analogi menggambar atau melukis sesuatu yang tidak mempunyai nyawa seperti tumbuhan, pepohonan, dan pemandangan alam.‏ Berdasarkan hal tersebut, maka melukis dan memfoto manusia, hewan dan bagian-bagiannya apabila untuk tujuan ilmiah yang berfaedah pada masyarakat dan tidak ada unsur mengagungkan dan penyembahan maka hukumnya sama dengan hukum menggambar tumbuhan dan pepohonan dan pemandangan alama dan obyek lain yang tidak memiliki kehidupan - yakni boleh secara syariah.


FATWA MUTAWALLI SYA'RAWI

Tanya: Bagaimana hukum menggambar?
Jawab: Sebagian ulama berpendapat bahwa gambar hukumnya haram secara mutlak karena ia mencegah masuknya malaikat (ke dalam rumah) seperti halnya anjing. Malaikat Jibril pernah berkata pada Nabi: "Kami, para malaikat, tidak masuk ke suatu rumah yang ada gambar (shurah) dan anjing (kalb) [نحن الملائكة لا ندخل بيتا فيه صورة ولا كلب]." Berdasarkan hadits ini, mereka (ulama) memahami hadits ini secara mutlak atas keharaman gambar. Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa hadits ini hanya mencakup pada gambar yang jelas dan yang dibuat oleh tangan manusia. Muhammad Mutawalli Sha'rawi menyatakan bahwa gambar fotografi itu tidak apa-apa apalagi kalau ia tidak dikonfigurasi dan jauh dari modulasi bentuk aslinya.


FATWA YUSUF QARADAWI

Pendapat Yusuf Qardawi akan ditulis pada kesempatan berikutnya. Stay tune!


HUKUM TASHWIR MAKHLUK BERNYAWA

Dengan perbedaan pandangan ulama dalam memaknai kata "tashwir" (bahasa Arab, التصوير) yang disebut dalam hadits, maka berbeda pulalah hukum yang terkait dengannya. Detailnya sebagai berikut:


HUKUM MEMBUAT PATUNG MAKHLUK BERNYAWA

Dalam kategori pertama, ulama sepakat atas keharamannya. Karena memang istilah tashwir dalam bahasa Arab adalah patung.[1]


HUKUM MENGGAMBAR KARTUN MAKHLUK BERNYAWA

Sedang dalam kategori pengertian kedua-- tashwir dalam arti menggambar non-fisik-- terjadi perbedaan pendapat (ikhtilaf). Mayoritas mengharamkan. Namun, sebagian ulama ada yang membolehkan dengan argumen bahwa gambar lukisan atau kartun itu bukan dalam bentuk seperti makhluk bernyawa. Selain itu, istilah tashwir di dalam hadits bermakna patung. Bukan gambar lukisan.[2]

HUKUM FOTOGRAFI DAN VIDEO

Adapun kategori ketiga, yaitu foto dan video, mayoritas ulama membolehkan. Walaupun ada sebagian yang mengharamkan. Alasan bolehnya karena ia bukan untuk meniru ciptaan Allah, tapi merekam ciptaan Allah.[3]


HUKUM MEMBUAT KARTUN ANIMASI KOMPUTER

Membuat animasi kartun melalui komputer pada prinsipnya sama dengan menggambar. Yakni, apabila animasi sesuatu yang tidak bernyawa seperti pohon, alama dan gunung maka boleh secara mutklak. Namun, apabila dalam bentuk makhluk bernyawa maka berlaku hukum seperti menggambar yakni terjadi perbedaan ulama: ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan karena terjadinya perbedaan dalam memaknai kata "tashwir" apakah bermakna membentuk/memahat atau menggambar.


HUKUM MENGGAMBAR MAKHLUK YANG TIDAK BERNYAWA

Adapun membuat patung atau menggambar makhluk yang tidak bernyawa seperti pohon, rumah, dll, maka boleh secara mutlak.

Kesimpulan, foto dan video hukum asalnya adalah boleh menurut mayoritas ulama. Kecuali kalau foto dan video itu berisi sesuatu yang menggugah syahwat atau pornografi. Sementara menggambar atau melukis makhluk bernyawa hukumnya haram, tapi ada juga yang membolehkan. Sedangkan membuat patung makhluk bernyawa (manusia dan/atau binatang) hukumnya haram secara mutlak.

Berikutnya >> Konsultasi Agama Islam Lengkap

===============
CATATAN DAN RUJUKAN

[1] Lihat: فى اللغه العربية كلمة " تصوير - صور - تصاوير " إنما تعنى التماثيل
[2] Tafsir Thabari: إن المراد هنا من يصور ما يعبد من دون الله وهو عارف بذلك قاصدا له فإنه يكفر بذلك وأما من لا يقصد ذلك فإنه يكون عاصيا بتصويره فقط
[3] إذ ليس فيه مضاهاة لخلق الله، بل هو تصوير عين ما خلق الله

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

44 comments:

  1. astaghfirullah,,
    selama ini banyak foto yang sudah beredar di FB saya, lantas bagai mana??

    ReplyDelete
  2. Admin Al-KhoirotMarch 20, 2012

    Foto kan tidak apa2. Hanya sbagian kecil ulama yang mengharamkan.

    ReplyDelete
  3. kalo ada yang membolehkan maka itulah jalan yang ikuti karena hakekatnya hanya allah yang lebih tau akan mahluknya....syukron

    ReplyDelete
  4. jadi bagai mana pula halnya dengan video video yang ada di internet itu ????
    baru yang berdosa yang memasukkan foto atau yang di foto itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah jelas foto/video tidak apa2 menurut mayoritas ulama. Silahkan baca lagi tulisan di atas.

      Delete
  5. assalamu'alaikum wr. wb.

    bolehkah memajang foto-foto habaib didalam rumah..??

    ReplyDelete
  6. dalam menyikapi perselisihan ulama' semua harus qita kembalikan kepada alqur'an dan alhadits,dalam hal ini jelas bahwa yg mengharomkan gambat,potret,video dan sejenisnya itu lebih kuat dan diatas dalil yg sangat kuat.adapun yg membolehkan hanya sekedar memberikan gambaran tanpa dalil alqur'an dan alhadits.wallohu a'lam bishshowwab.memajang gambar habib,kiayi,ustad,syaikh dan orang-orang yg berpengaruh itu lebih sangat berbahaya dari pada gambar wanita porno?kenapa demikian?masih qt ingat bagaimana kesyirikan pertama terjadi pada kaumnya nabi nuh,disebabkan karena mereka membuat gambar dan patung orang sholih mereka yg telah meninggal dunia.niat mereka baik yaitu agar mereka ketika melihat gambar dan patung tadi mereka teringat dg kesholihannya orng sholih td sehingga mereka bersemangat ibadah sebagaimana orang sholih tadi beribadah.tapi setelah beberapa generasi akhirnya patung/gambar tersebut disembah.sehingga gambar orang sholih lebih berbahaya karena menghantarkan kepada kesyirikan besar yg terancam kekel didalam neraka.adapun gambar wanita porno,maksimal orang tersebut akan melakukan dosa besar zina.sama hukum gambarnya harom dan sama-sama berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban tipikal kader Wahabi Salafi. Tidak aneh. DDS DDB dikit-dikit syirik; dikit-dikit bid'ah :)

      Delete
  7. islam tanpa istilah bid'ah, ga boleh da istilah bid'ah, pokoknya g boleh. hehehe

    kbnyakan orang cuma sholatnya j yg ke ka'bah, tapi tfsir dll g mau ke ka'bah juga. pdhl standard 29 imam ka'bah & madinah tu sprti yg ditulis sodara al-miqdam.

    mereka wahabi?? kthuilah, wahabi hanya fitnah tuk smakin mnjauhkn kita dari 'ulama ka'bah madinah..

    astaghfirulloh, ternyta benar da orang yg mngutip kitab2 berbobot tpi hnya klimat2 yg ringan j. astaghfirulloh, penyembunyi ilmu.

    ReplyDelete
  8. assalamualakum,
    saya ingin bertanya bagaimana jika menggambar benda-benda mati namun di beri hiasan seperti mata?
    dan samakah membuat animasi komputer dengan menggambar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhoirot.netJune 27, 2012

      Lihat artikel di atas "Hukum kartun animasi"

      Delete
  9. to mas Ibnu Muji....

    saya kurang bisa memahami jawaban anda mas... mohon kita diskusi secara privat by email.. email saya doryahmad2000@yahoo.com.. thanks

    ReplyDelete
  10. AnonymousJuly 02, 2012

    haramnya itu kalau menggambar hewan dan manusia dalam bentuk 3 dimensi memang tidak boleh, yakni semua patung. kalau gambar di kertas dan komputer kan 2 dimensi, dan itu tidak dilarang. kalu mau menghukumi halal haramnya menggambar, sebaiknya pahami hadis-hadisnya secara mendalam, baru disebarkan ke orang lain.

    ReplyDelete
  11. Aristyo PramanaJuly 07, 2012

    saya hobi nggambar Anime.. apakah termasuk haram??
    menurutku sih tidak menyerupai makhluk hidup.
    mohon pencerahannya lebih lanjut..
    ~ terima kasih ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. alkhoirot.netJuly 17, 2012

      Lihat keterangan di artikel di atas

      Delete
  12. hai muin saya bukan kader salafi tapi anda gak adab dan kurang santun, ga teliti dlm menyikapi masalah

    ReplyDelete
  13. saya bekerja di tempat animasi/komik juga bagian mewarnai, apakah hukumnya? thanks

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum
    Kalau membuat animasi misalnya berjudul panduan doa anak sholeh...
    apakah diperbolehkan?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. assalamu'alaikum wr. wb.
    saya sudah banyak menggambar seperti mahkluk hidup pada saat saya tidak tau kalau itu berdosa lalu apa yang sebaiknya yang saya lakukan

    ReplyDelete
  17. oh ya mau nanya saya misal kan jaman sekrang sudah marak tuh film 3d mlah bnyak sekali di youtube
    nah itu gimana saya buat animasi kartun tentang islami saya pake 3d maya,3d max di komputer saya??

    mohon pencerahannya please blz

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3d max sama maya nya pasti bajakan tuhh.. :)

      Delete
  18. bukannya pohon itu ada nyawanya? memangnya pohon tidak ada nyawanya? *pusing serius nanya nih akhi :) tolong dijawab

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. wahai saudaraku marilah kita lebih berhati-hati lagi karena yang bertanggung jawab diakhirat kelak adalah masing-masing individu maka dari itu bukanlah akan lebih baik lagi jika kita mengikuti ulama yang mengharamkan semua jenis gambar mahluk bernyawa dari yang 3D,2D,maupun foto atau video semua ini kita lakukan agar kita selamat dari adzab Allah subkhanahu wata'ala karena para ulama yang membolehkannya belum tentu mereka selamat karena mereka juga sama seperti kita hanya manusia biasa,semoga kita semua diberikan petunjuk oleh Allah subkhanahu wata'ala agar dimudahkan menuju surgaNya,amin.
    Barokallahu fiikum

    ReplyDelete
  21. menggambar yang bernyawa gak boleh ??? memfoto yang bernyawa boleh ? (bukan untuk meniru tapi merekam ciptaaan Alloh SWT) kalo kasusnya gini, hasil foto itu kan juga menciptakan gambar dan sama2 dioperaikan dengan tangan..ada yang hasilnya lebih jelek dan ada juga yang hasilnya terlihat lebih bagus(lebih ganteng/cantik), kalo misalnya orang A difoto oleh B…kemudian temennya si C komen “kamu cantikan difoto” atau “ko difoto ini kamu keliatan jelek ya" atau "wah kamera kamu hebat ya, mirip banget sama aslinya"…bukankah hasil dari gambar foto itu termasuk "hasil gambar" yang alatnya dibuat dari manusia, dan hasil gambar foto tersebut tidakkah terlihat sperti halnya dengan menandingi atau merendahkan ciptaan Alloh SWT....?...dan juga kalo kita mengikuti ulama yang mengatakan haram tanpa mencari tau kebenarannya, kapan kita akan maju ? setiap ada kata haram kita berhenti...seperti kita mau kerumah A dan ada tulisan STOP lalu berhenti, dan tidak mau mencari tau kenapa ada tulisan STOPlalu kita hanya diam, tidak mau mencari tau apakah jalan sedang rusak, jembatan sedang diperbaiki, tanah longsor,,kita tidak akan pernah sampai, bukankah lebih baik jika kita mencari jalan memutar, memperbaiki jembatannya dulu, membersihkan longsoran tanah...kalo kita tidak melakukan apa2 maka kita tidak akan pernah sampai ke tujuan

    ReplyDelete
  22. ane tetep bingung halal haramnya gak jelas semua, lagika ane belum bisa nerima...logika disini adalah mengapa penggambar/menggambar itu bisa haram sedangkan banyak yang bilang kalo foto itu boleh...padahal yang namanya penggambar hasil akhirnya tetaplah gambar dan semua dioperasikan pakai tangan...kalopun gambar 2 D itu "misal" bisa diberi roh..apakah gambar 2 D itu bisa disebut mahluk hidup, tergolong makhluk hidup apa ??? bisa berjalan ??? bisa memutarkan kepala/badan ??? makan ??? angkat tangan?? duduk ??? sementara wujudnya hanya 2 D...tolong dijelaskan yang sejelas-jelasnya kalo bisa dari Al-Qur'an surat apa ?? ayat berapa?? maaf sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Pertanyaannya adalah , apa gambar-gambar itu sampe ke akhirat ? sampe-sampe orang2 musti ribet niupin gambar pe monyong .
    Dan lagian juga , apa iya gambar ato patung itu udah bisa dibilang menandingi Ciptaan Allah ?

    melihat dari semua hadist diatas kok malah keliatan kek Arogan banget si Rosulnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ainuD atkaFOctober 10, 2014

      orang tolol gak usah menghina Rosul

      Delete
  24. Astaghfirullohaladzim.... dosa besar mengina rosul....

    ReplyDelete
  25. AnonymousMay 14, 2014

    sampai tidaknya ke akhirat mana ada manusia yang bisa jawab, kita meyakini adanya akhirat tapi tak pernah orang mati bangkit dan bersaksi akan adanya akhirat...
    sepertinya baik 'gambar' dan 'anjing' di sini adalah perumpamaan... Sayangnya saya terlalu naif untuk menyimpulkan arti dari perumpamaan tsb. Namun tetap tak menutup kemungkinan bahwa apa yang dikatakan orang2 adalah salah atau adalah benar... Maksud saya, belum tentu pendapat saya maupun para ulama atau agan-aganwati sekalian bisa di judge benar atau di judge salah. Al-quran butuh pemahaman, menuntut ilmu Al-quran gak semudah menuntut ilmu2 lain, makanya selalu ada pertentangan. Semua kembali ke masing-masing, pikiran manusia gak bisa sama... Pertentangan is our nature *no offense
    InsyaAllah jika kita yakin mau berada di jalan yang benar, Allah akan menuntun kita dengan sendirinya... *maaf jika menyinggung, manusia tak luput dari salah*

    ReplyDelete
  26. AnonymousMay 15, 2014

    Angel men Urip iki,....arep kreatif ae kog repot.....sing jare cenderung iso di sembah-sembah, lan tetek bengek...orang itu kan tergantung konsep dan niatnya dihati apa. Kog kayak tahu aja isi hati orang.Lalu hasil seni budaya yang memang niatnya bertujuan untuk smakin mendekat kepada Allah itu trus gimana ?....masak Allah menjauh kalau kita berusaha mendekat. Yang salah itu kan diTUHANKAN DAN DISEMBAH-SEMBAH.

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum. .saya baru saja mulai melukis..ada beberapa gbr manusia dan binatang tapi tidak utuh. ..Rencana mau untuk cati nafkah
    ..jadi stres skrg..Kata nya haram...karena kalo 2 Dimensi tdk mengapa. .jadi sy bingung. .mau liat tafsirnya di al quran ayat yg mana aja. Apakah pelukis daa kategori pekerjaan haram dan sesat..mohon pencerahan yg jelas dan mutlak. Trims

    ReplyDelete
  28. Numpang copy ya gan , buat ngasih tau temen2 ane yg suka gambar

    ReplyDelete
  29. AnonymousJuly 11, 2014

    sejak kecil aku suka gambar2, bahkan sudah buat komik kecil2an...lalu kemarin juga gambar wajah orang setengah badan...lalu ada yg memberi tahu kalau gambar itu haram. trus gambar2nya kubakar semua meski masih ada yang belum karna ngga ada waktu buat nyari mengingat gambar itu gambar yg sangat lama. niatnya hanya untuk mengarang cerita, tapi kebentur hukum islam.. pertanyaannya, gambar-gambar itu sudah merajalela di internet dan banyak orang sudah memiliki file gambarku...trus gimana dong, meskipun hardcopynya dah kubakar, dan aku stop total menggambar makhluk hidup (bahkan buku gambar dan pensil baru saja kubeli), gambar2 itu sudah tersebar lewat file...masihkah disiksa juga nanti di hari kiamat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah kalau sudah berusaha bertobat dan hapus semua nya, sudah berusaha semaksimal mungkin. selebihnya yg gk sanggup dijangkau lg, serahkan sm Allah. Insya Allah semoga Allah mengampuni. Allah Maha Mengetahui usaha hamba2Nya :)

      Delete
  30. yah gw gue bru beli buku gambar dah gw gambar ampe pnuh tu buku dengan semua anime, dan juga gw udh menggambar sejak msih kelas 2 sd lg, buktinya poto gw ni anime. gue mah gk bisa niup roh ke gambar gw....adoh, masuk neraka lh gw klo bgini :'( #SadFace

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti komen Anonymous diatas km aja luca. atau kalau bingung gmn mau ambil sikap, segera ambil cepet tanya sm guru agama atau ulama atau ustadz. tanya solusinya gmn dan baiknya gmn. tentunya baik yg menurut agama otomatis akan baik jg untuk diri :)

      Delete
  31. kalau mengedit komik gimana hukumnya gan?
    mengedit disini maksudnya memasukkan terjemahan ke dalam balon percakapan

    trus saya kan suka membuat icon folder film, jadi saya harus mengedit gambar dengan photoshop, mengedit disini gambar filmnya saya crop, saya beri tulisan dan kadang saya perjelas garis gambarnya, nah hukumnya gimana gan?

    ReplyDelete
  32. Menurut saalah seorang santri yg saya kenal.
    hukum menggambar itu dipeebolehkan asal bukan untuk disembah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukhlas HidayatAugust 31, 2014

      gambar yang bernyawa hukumnya diperbolehkan karena orang yang menganut Islam di Jawa disebabkan adanya wayang kulit (gambar bernyawa) yang merupakan hiburan yang disebarkan oleh Sunan Kalijaga (tokoh Islam) dan di ayat Al-Qur'an tidak disebutkan gambar dan patung yang bernyawa itu hukumnya haram

      Delete
  33. tapi kalau wayang kulit itu gimana?

    ReplyDelete
  34. 1. Kalau membuat tampak hidup benda-benda mati gimana hukumnya pak? seperti film kartun CAR, atau umpama bikin video animasi karakternya pensil tapi dikasih tangan kaki mata dan mulut lalu dibuat bergerak seperti manusia menggunakan komputer?

    2. Membuat robot berbentuk makhluk hidup dan bertingkah seperti makhluk hidup, bagaimana juga pak?

    Kenapa ya, sekarang tidak ada lagi ijmak ulama tentang masalah-masalah kontemporer? kan sekarang teknologi sudah maju?

    Kami yang orang awam jadinya bingung, ada ulama yang membolehkan dan ada yang mengharamkan.

    ReplyDelete
  35. Min,,,klo buat komik,,blh gk?dan seluruh badan kelihatan,,boleh gk?

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!