Hutang Tidak Dibayar dan Cara Nikah Siri




Hutang Tidak Dibayar

Niat menolong seorang teman yang membutuhkan dengan memberi pinjaman. Ternyata hutang tidak dibayar.

HUKUM HUTANG TIDAK DIBAYAR

PERTANYAAN
Asalamualaikum wr wb.

Perkenalkan, nama saya Angrian Permana (24 tahun), tinggal di kota serang

Pa ustad maaf, saya ada masalah, mau curhat.

Ceritanya sekitar 1 bulan yang lalu teman lama saya datang ke rumah untuk meminjam uang sebesar 500 rb. dia janji akan membayarnya 5 hari.

setelah waktunya tiba dia tidak mau bayar, sudah 6 kali saya menagihnya tapi dia gak bayar dengan alasan gak ada uang. saya sangat sangat kecewa dengan teman saya itu, dia bilang diawal buat bayar bapaknya keluar rumah sakit, istrinya mau tujuh bulanan, bapaknya mau ikutan liat tujuh bulanan tersebut. karena gak tega saya akhrnya meminjamkannya.

DAFTAR ISI
  1. Hutang Tidak Dibayar
  2. Syarat Pernikahan Siri
  3. Pembagian waris perempuan bekerja yang menikah tanpa anak

tapi kalau begini caranya saya tidak ikhlas, saya sudah susah ngumpulin uang dari hasil kerja, tapi malah dibohongin ama temn lama saya sendiri. ketika meminjam uang ia bilang bekerja sebagai guru di MTS, dan istrinya bekerja dipabrik. tapi semuanya itu bohong setelah saya tanya ke tetangganya, bahkan ia dikeluarkan dari MTS (menurut info) karena korupsi. saya kasihan kalau lihat mamah saya sekarang, mamah saya lagi butuh dana, tapi saya gak berani bilang, pasti sedih banget.

Bagaimana ini pa ustad, saya gak tenang kalu gini, gak bisa ikhlas.
seandainya kalau saya ikhlaskan, apa bisa jadi pengganti sebagai sedekah saya? sayabenar benar gak bisa tenang dan ikhlas. karena ia sudah bohong kepada saya, kalau awalnya jujur saya masih bisa maklum... mohon penjelasannya pa ustad

makasih
AP


JAWABAN HUKUM HUTANG TIDAK DIBAYAR

Memberi pinjaman pada yang membutuhkan adalah baik dan mendapat pahala. Namun, dapat berakhir dengan kesedihan atau konflik kalau tidak dilakukan secara hati-hati.

Hutang piutang adalah persoalan hubungan transaksi (muamalah) antar-manusia yang memiliki resiko konflik di kemudian hari. Oleh karena itu, sebelum Anda -- atau siapapun-- berniat memberi pinjaman pada seseorang, maka hendaknya mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Lihat dulu rekam jejak (track record) teman atau orang yang akan dibantu. Misalnya, (a) apakah dia dapat dipercaya; (b) apakah punya penghasilan, kalau tidak punya penghasilan atau gaji tetap patut diragukan cara dia mengembalikan uang; (c) lihat gaya hidupnya, orang yang gaya hidup boros sulit melunasi hutangnya.

2. Buat perjanjian bermaterai dengan disaksikan dua saksi agar kalau terjadi masalah dengan pembayaran utang dapat diselsesaikan secara hukum. Ini juga perintah dalam Al-Quran 2:282. Karena hutang menjadi salah satu modus penipuan.

Sekarang nasi sudah jadi bubur. Maka tidak ada jalan lain kecuali bersabar. Tagih terus hak Anda padanya setiap kali ada ksesempatan baik menagih sendiri atau menggunakan bantuan teman yang mungkin dia segani.

Perlu diingat, bahwa hutang yang tidak dibayar akan menjadi beban bagi yang bersangkutan dunia dan akhirat.

Artikel berikutnya: Hutang dalam Islam

_________________________________


CARA PERNIKAHAN SIRI

asalammualaikum pak ustad atau ibu ustazah...
nama saya H,umur saya 23tahun,saya asli jawa tengah.saya punya seorang pacar yng umurnya beda 2tahun.asli nias sumatra utara.saya muslim,sedangkan pacar saya kristiani. yang insya allah akan menjadi seorang mu'alaf.kami pacaran baru tiga bulan. saya sudah memperkenalkan pacar saya pada orang tua saya,tapi saya belum pernah bertemu dengan orang tua pacar saya. kami kerja di satu gedung yang sama.saya sangat ingin sekali menikahi pacar saya.tapi status keyakinan kami beda.dan pacar saya juga tidak memberi tau pada orang tuanya. sedangkan saya dan pacar saya ingin sekali bersatu tuk menjadi suami dan istri. tapi,kami berdua tersandung dengan masalah biaya dan orang tua pacar saya.yang tidak tau akan hubungan kami. karna biaya yang mahal mengganjal kami berdua.posisi saya dan pacar saya sekarang di jakarta.dan orang tua pacar saya ada di sumatra, atau tepatnya nias.dan kami berdua mengambil jalan nikah (siri).untuk menghidari fitnah dan zinah. sebelum kami berdua mempunyai cukup uang untuk menemui orang tua pacar saya. dan selanjutnya menikah resmi secara hukum.

yang jadi pertanyaan kami berdua adalah:
(1)...apa yang harus kami lakukan...?
(2)...apakah kami bisa menikah (siri).tanpa sepengetahuan orang tua perempun.atau pacar saya...?
(3)...dan apa saja yang menjadi persyaratan nikah siri.....?

kami berdua sangat membutuhkan jawaban bapak atau ibu..

terima kasih telah sudi membaca email saya.semoga allah subhhanna watta alla membalasnya dengan pahala yang melimpah.amin..

wassalammu allaikkum warah matullohi wabarakatuh....

JAWABAN

1. Menikah siri adalah langkah terbaik untuk menghindari zina antara Anda berdua apabila memang kesulitan biaya untuk melakukan pernikahan secara resmi. Dengan nikah siri, maka hubungan anda berdua menjadi legal secara syariah, walaupun belum resmi secara legal formal. Artinya, dengan nikah siri anda akan terhindar dari perbuatan zina yang merupakan dosa besar. Sikap pacar anda yang mau masuk Islam juga patut dipuji. Walaupun hidayah itu datang melalui perkawinan, tapi kalau dia komitmen menjalankan ajaran Islam, maka insyaAllah dia akan mendapatkan pahala yang besar setta dihapus dosa-dosa masa lalu saat masih non-muslim.

2. Bisa. Anda dapat melakukan pernikahan dengan melalui wali hakim dengan meminta tokoh agama atau imam masjid yang dikenal pandai fiqih untuk menikahkan anda di Jakarta. Namun harus dipastikan, calon istri anda masuk Islam lebih dahulu.
3. Syarat nikah siri sama dengan syarat perkawinan secara agama, yaitu (a) Ada wali atau wali hakim (dalam kasus anda); (b) ijab kabul; (c) ijab qabul; (d) dua saksi; (e) kedua calon pengantin.

Baca juga: http://www.alkhoirot.net/2012/06/hukum-menikah-siri-dengan-syarat-tidak.html

_________________________________


PEMBAGIAN WARIS PEREMPUAN BEKERJA YANG MENIKAH TANPA ANAK

Assalaamu 'alaikum wr wb

Semoga kiranya Ustadz berkenan menjawab pertanyaan saya.

Saya, Dian, merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara kandung (seibu seayah). Kakak tertua perempuan kandung (seibu seayah) kami meninggal dunia bulan Maret lalu. Almarhumah menikah selama 13 tahun tanpa anak dengan seorang laki-laki.

Selama hidup, almarhumah dan suaminya tinggal di sebuah rumah yang dananya diperoleh dari hasil penjualan sebuah rumah Alm. kedua orang tua kami dan sebagian dari tabungan mereka berdua (termasuk meminjam uang dari kantor Almarhumah kakak). Perlu diketahui bahwa kakak saya tersebut perempuan bekerja (kantoran) yang memperoleh pendapatan rutin bulanan dari kantornya, sementara suaminya hanya bekerja serabutan dengan penghasilan tidak tetap.

1. Bagaimana hukum dan cara pembagian waris yang jelas dan benar? Keluarga Almarhumah yang masih hidup selain suami adalah 1 (satu) orang saudara kandung laki-laki dan 2 (dua) orang saudara kandung perempuan. Ayah ibu kami sudah wafat tahun lalu.

Wassalaamu 'alaikum wr..wb
Dian di Jakarta

JAWABAN

Perlu diketahui, bahwa harta yang diwariskan adalah harta yang 100% milik almarhum. Apabila ada harta yang bercampur dengan milik orang lain, seperti rumah dalam kasus di atas, maka harus dipisahkan dulu mana yang harta almarhum dan mana harta milik orang lain. Setelah pasti berapa nilai harta almarhumah semuanya setelah dipotong hutang dan biaya pengurusan jenazah, maka baru dilakukan pembagian waris sesuai dengan syariat Islam sebagai berikut:

1.
a. Suami mendapat 1/2 (setengah) harta peninggalan.
b. Saudara laki-laki dan saudara perempuan kandung mendapat bagian sisa (asabah) di mana ahli waris laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dibanding ahli waris perempuan.
Lebih detail: http://www.alkhoirot.net/2012/09/warisan-dalam-islam.html


Cari artikel lain:




Bermanfaat buat Anda? Bagikan pada yang lain




Jangan lupa baca yang ini juga ..




12 comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Moshi Moshi,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mrs. cynthia Johnson, pemberi pinjaman pinjaman pribadi dilengkapi dan peluang keuangan yang terbuka bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dapat dimengerti. hubungi kami hari ini via e-mail di: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Halo, aku Ibu Sunshine Owen, pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (sunshineloancompany@gmail.com).

    ReplyDelete
  4. Halo semua,
    Saya Mrs. Robinson Arum dan dengan nama. Saya di sini untuk merekomendasikan effortof perusahaan Jessica Jackson Pinjaman, saya membutuhkan jumlah pinjaman konsolidasi Rp10.000.000 dan segera setelah saya mendapat kontak dengan Jessica Jackson perusahaan pinjaman pada Rabu pekan lalu, saya menerima peringatan dari bank saya dengan suku bunga rendah bahwa dana itu ditransfer ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin semua orang di situs ini untuk menghubungi Ibu Jessica sekarang melalui email tentang cara untuk mendapatkan pinjaman karena saya telah scamed beberapa kali oleh penipu tidak untili datang di kontak dengan Ibu Jessica, yang saya punya pinjaman saya dari dan saya sangat yakin dia dapat membantu Anda juga. Dia adalah ibu yang baik memang, menghubunginya sekarang via Email: jessicajacksonloanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui robinsonarum@gmail.com, jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. terima kasih

    ReplyDelete
  5. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita dan Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda ?? Apakah Anda membutuhkan modal untuk memulai bisnis? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, di sini datang membantu Anda karena kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga rendah dan terjangkau.
    Hubungi kami hari ini di (carrenbenfirm@outlook.com atau carrenbenfirm@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    ReplyDelete
  6. As-salamu 'alaikum

    Kami bersedia untuk menyediakan pembiayaan untuk proyek Anda dan membantu Anda keluar dari utang Anda. Kami sedang mencari cara untuk memperluas dan diversifikasi kepentingan bisnis kami dalam proyek-proyek yang layak, proposal bisnis dan dalam proses membantu keluar individu atau perusahaan yang membutuhkan pinjaman atau pembiayaan.
    Menyediakan kami dengan proposal rinci Anda sekarang jika Anda membutuhkan pembiayaan atau kredit di email kami: - ummahloanfinance @ yahoo.com
    Insya Allah kami akan memberikan bantuan sebanyak Allah telah mengutus kita untuk melakukan. Aameen!
    Hormat kami,
    Nasir Fahd Ali
    Wakil Ketua,
    Umat Pembiayaan Kredit & Development Corporation,
    Dubai.

    ReplyDelete

  7. mereka yang mencari pinjaman namaku adalah benjamin sherman., saya terdaftar pemberi pinjaman uang yang
    diizinkan untuk memberikan jaminan pinjaman kepada individu dan perusahaan bisnis
    dan juga untuk setiap badan yang membutuhkan bantuan keuangan di sini di Amerika negara dan di seluruh dunia.
    Apa pun yang membutuhkan pinjaman Anda adalah, jangka panjang atau jangka pendek pinjaman, pribadi
    atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
    kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini melalui cek bank kawat atau kasir
    telah mengirim kepada Anda. Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
    Kami menawarkan pinjaman aman dan tidak aman.

    Pinjaman durasi: 6-15yrs maksimum
    Lendinf jumlah: $3000 - $42Million

    Silahkan menghubungi kami dengan mengirimkan email ke email berikut
    Addresss.
    EMAIL:
    shermanb205@Gmail.com

    Untuk keterangan / penjelasan silakan email;

    shermanb205@Gmail.com
    Dan juga mengirimkan rincian ini diperlukan di bawah ini:
    Jumlah yang diperlukan:
    Durasi pembayaran yang akan sesuai dengan rencana Anda:
    CATATAN: SEMUA BALASAN HARUS DIKIRIM KE ALAMAT EMAIL INI
    shermanb205@Gmail.com
    Saya menunggu tanggapan Anda

    Salam
    Benjamin sherman
    Misi, Texas

    ReplyDelete
  8. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi begitu penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman Rp500.000.000 dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya punya saya Pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman ini dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya terima Mrs. Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Pleae jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak cheater dan scammers di sini di internet. Aku akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email nya obi.loanfirm@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com. Tuhan memberkati kalian semua

    ReplyDelete
  9. Halo, saya Mrs Jane Alison, sebuah pemberi pinjaman pinjaman swasta yang Memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman hari ini. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (saintloans@hotmail.com)

    ReplyDelete
  10. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya, Janny jasa, pemberi pinjaman kredit swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (kingswillloan@gmai.com)

    ReplyDelete
  11. Apakah Anda seorang pedagang atau perempuan? Jika dalam apa-apa masalah keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau hutang untuk menyelesaikan Anda, atau apakah saya membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu adalah bank-bank lokal keras / mencari modal untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan yang lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pendanaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Pinjaman Kendaraan
    * Pinjaman Real Estat
    * Pinjaman Bisnis
    * Lainnya Pinjaman
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui email: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberi suku bunga tahunan hanya 2%. Silakan Anda akan diberi kredit dalam setiap negara di dunia harus diberitahu hunian.

    Setiap pelanggan yang membutuhkan, harus memberikan kami informasi berikut untuk membuka file pengolahan pinjaman.

    1. NAMA PENUH: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. PEKERJAAN: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEKS: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. NOMOR PONSEL: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT YANG DIPERLUKAN: ..........
    11.Monthly Pendapatan ..................
    12.DURATIO dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerjasama Anda
    Theresa PINJAMAN PERUSAHAAN
    EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis? Membutuhkan
    pinjaman untuk melunasi tagihan Anda? Saat ini kami menawarkan
    pinjaman pendidikan, pinjaman usaha, pinjaman rumah, pinjaman pertanian,
    pinjaman pribadi, kredit mobil, dll Jika Anda perlu
    mengekspresikan minat Anda pada pinjaman, sehingga kita bisa
    mengirim informasi lebih lanjut kepada Anda.
    Hubungi kami melalui email joycerolandloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Speak Your Mind:


1. Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!
2. Konsultasi melalui kotak komentar tidak akan dilayani.
3. Langganan Channel Konsultasi Syariah di Youtube, klik di sini!