Thursday, April 17, 2014

Shalat Hajat


Shalat Hajat

Shalat hajat adalah shalat sunnah 2 (dua) rakaat) yang dilakukan ketika ada hajat (keperluan). Shalat hajat ini dijadikan wasilah (perantara) oleh seseorang pada Tuhannya dengan tujuan agar Allah memenuhi keinginan orang itu.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. DALIL SHALAT HAJAT
  2. UANG DARI JUAL SISA SOLAR KAPAL LAUT
  3. ISTRI MINTA CERAI LEWAT SMS
  4. SUAMI SUKA MAIN KASAR PADA ISTRI
  5. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


DALIL SHALAT HAJAT

1. Hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Nabi bersabda:

من كانت له إلى الله حاجة أو إلى أحد من بني آدم فليتوضأ فليحسن الوضوء ثم ليصل ركعتين ثم ليثن على الله وليصل على النبي صلى الله عليه وسلم ثم ليقل لا إله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسألك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلا غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين "

Artinya: Barangsiapa yang memiliki keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam maka hendaknya dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya, kemudian hendaknya dia shalat 2 rakaat kemudian memuji Allah, dan bershalawat kepada nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian membaca: لاإله إلا الله الحليم (dan seterusnya) --artinya--
Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Al-Halim Al-Karim, Maha Suci Allah Pemilik Arsy yang besar, segala puji bagi Allah, rabb semesta alam, aku memohon kepadaMu apa-apa yang mendatangkan rahmatMu, dan ampunanMu, dan aku memohon kepadaMu untuk mendapatkan setiap kebaikan dan keselamatan dari setiap dosa, janganlah Engkau tinggalkan bagi ku dosa kecuali telah Engkau ampuni, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku rasa gelisah kecuali Engkau beri jalan keluar, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku keperluanku yang engkau ridhai kecuali Engkau tunaikan untukku, wahai Yang Maha Penyayang.

2. Ijmak (kesepakatan) ulama empat madzhab atas sunnah-nya shalat hajat. Ulama madzhab empat yang mensunnahkan/mensyariatkan shalat hajat adalah sebagai berikut:
a. Madzhab Maliki: Imam Dasuki dalam kitab Hasyiah-nya.
b. Madzhab Hanafi: Imam Najim dalam kitab Al-Bahr ar-Ra'iq dan Ibnu Abidin dalam kitab Hasyiah-nya.
c. Madzhab Syafi'i: Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmuk Syarh al-Muhadzab
d. Madzhab Hanbali: Ibnu Qudama dalam Al-Mughni, Bahuni dalam Kasyaful Qina, Ibnu Qasim dalam Hasyiah ar-Raudh.


CARA SHALAT HAJAT

1. Sebagaimana shalat lain, syarat utama adalah suci dari hadats kecil dan hadats besar. Kalau tidak, maka harus berwudhu (untuk hadats kecil) dan mandi junub terlebih dahulu untuk hadats besar.

2. Lakukan shalat 2 (dua) raka'at.
a. Rakaat pertama membaca Al-Fatihah dan surat Al-Kafirun.
b. Rakaat kedua membaca Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas. Dan setelah salam, baca doa di bawah.

3. Berdo'a membaca doa berikut:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Teks latin:

Lailaha illallah alhalimul karimu subhanallah robbul arshil adzim alhamdulillahi robbil alamin as-aluka mujibati rohmatika wa azaima maghfirotika walghanimata min kulli birrin wassalamata min kulli itsmin la tada' li dzanban illa ghafartahu wala hamman illa farrojtahu wala hajatan hiya laka ridho illa qadhaitaha ya Arhamarrahimin

4. Setelah itu, mintalah kepada Allah apa yang dikehendaki baik perkara dunia maupun akhirat.


WAKTU PELAKSANAAN SHALAT HAJAT

Tidak ada waktu khusus untuk pelaksanaan shalat hajat. Jadi, shalat hajat boleh dilaksanakan kapan saja kecuali pada waktu yang dimakruhkan atau diharamkan untuk shalat sunnah seperti setelah shalat subuh, tepat matahari di atas (sebelum condong), dan setelah shalat ashar.

_________________________________


UANG DARI JUAL SISA SOLAR KAPAL LAUT

Assalamu alaikum wr.wb.

pak ustadz, saya seorang pelaut yg bekerja di atas kapal, selama ini kita selalu menjual sisa solar yg Di berikan pencharter dan uangnya kita bagi2, saya merasa ragu akan kehalalan uang tsb, walaupun pihak pencharter atau perusahaan tidak merasa dirugikan, karena yg mereka tahu bahan bakar habis untuk operasional dan mereka memberikan lagi bahan bakar rutin, contoh seminggu 10 ton tapi kita bisa menghemat pemakaian hanya 6 ton dan sisanya kita jual pak ustadz tanpa sepengetahuan pencharter,

1. bagaimana hukumnya uang tsb halal apa tidak?

..sekian dan terima Kasih.

JAWABAN

1. Itu uang haram karena anda mengambil hak orang lain dalam hal ini pencharter / perusahaan. Uang itu baru disebut halal kalau anda secara terus terang menyatakan kepada pihak perusahaan atau pencharter bahwa solar yang terpakai sebanyak 6 ton, dan pencharter menyerahkan yang sisanya kepada anda untuk para pekerja.

_________________________________


ISTRI MINTA CERAI LEWAT SMS

Ustad.saya mau tanya.bagai mna hukumnya jika seorang istri mnta cerai lawat sms...

JAWABAN

Istri yang meminta cerai pada suaminya itu tidak ada pengaruhnya pada status perkawinan. Yang penting itu adalah suami. Kalau suami menceraikan istrinya melalui SMS, maka hukumnya jatuh talak kalau disertai dengan niat. Kalau tidak disertai dengan niat maka talak tidak terjadi.

Adapun istri yang minta cerai itu baru ada pengaruhnya pada status perkawinan apabila suami mengiyakan. Lihat: Cerai dalam Islam

_________________________________


SUAMI SUKA MAIN KASAR PADA ISTRI

Assalammualaikum,

Saya ingin bertanya mengenai isu rumah tangga. Saya Janda 2 anak dan menikah dengan seorang duda yang tidak mempunyai zuriat (keturunan - red) yang saya kenali selama 4 tahun. Kami baharu sahaja bernikah di bulan december 2013 dan ini baru masuk 5 bulan tetapi saya menanggung segala urusan rumah tangga dan juga kos rumah. Suami saya baru sahaja bekerja.

Kami berdua selalu bertengkar mengenai tanggungjawab dan kewangan dan jugak mengenai sex. Till I cry infront of him, that he tidak ada nafsu terhadap saya or is there anything wrong with me.

Kami pernah bertengkar dan suami saya pernah mencekik dan menolak saya semasa 2 bulan dalam pernikahan. Tetapi selepas tu, saya memaafkan dia dan memberitahu agar jangan mengulangi perbuatan itu untuk mengasari saya. Saya benci lelaki yang ringan tangan.

Baru2 ini, kami bertengkar lagi dan kali ini dia menarik rambut dan menolak saya ke tembok. Saya sedang menggosok bajunya dan baju sekolah anak2. Anak lelaki saya nampak kejadian itu. Saya teramat sedih, sambil mengosok (menyeterika - red) saya menangis. Suami menukar pakaian dan keluar rumah dan pergi ke rumah ibunya.

Ia berlaku ketika hari ibu. Saya memberitahunya, ni kali kedua dia bersikap kasar terhadap saya dan kali ini, anak lelaki saya ternampak apa yang berlaku. Saya terus memberitahu suami bahawa bapa saya tidak pernah jalan tangan terhadap isteri dan adik beradik termasuk saya. Tetapi Die (suami saya) menjalan tangan terhadap saya yang selama ini menanggung die. Suami saya tidah pernah menjalan tangan terhadap adik perempuan die walaupun kurang ajar terhadapnya. Even his dad never lay hands on his wife.

Skarang, saya rasa takut dan saya amat kecewa. Ni perkawinan kami kedua. I never thought that a guy will lay hands on the one he loved. Hati saya hancur. Saya tidah tahu agar saya harus continue with this marriage or not.

Now i'm undergo a counselling at one of the family service center. We went for the counselling due to our communication.

But ever since this is second time he lay hands on me, i feel out of love and nearly of giving up. Anak saya amat menyanginya as they lack of father attention and love. They love him so much.

JAWABAN

Sebaiknya anda bertanya pada suami apakah dia masih mencintai dan menyayangi Anda? Kalau iya, maka ajaklah dia untuk datang ke counseling service bersama-sama agar anda berdua sama-sama mendapat nasihat yang baik dan sama-sama mencari jalan keluar dari masalah yang anda berdua hadapi.

Kalau ternyata suami tidak ada keinginan untuk memperbaiki hubungan ini, maka perceraian adalah jalan terbaik. Lihat: Cerai dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..