Menyikapi Serangan Anti-Islam di Internet

Cara Menghadapi Suami Pelit

MENANGGAPI SERANGAN ANTI ISLAM DI INTERNET

Assalamualaikum..
Saya menemukan artikel yang menarik soal waris yang sepertinya dibuat oleh kaum kafir. Berikut link artikelnya (link dihapus - red)

1. Nah yang saya tanyakan bagaimana menanggapi artikel seperti itu?

Jujur saya ingin menampar wajah penulis itu karena dia sudah melecehkan Allah dan Nabi Muhammad SAW di akhir artikel. Karena saya yakin Allah itu Maha Sempurna. Dan apa yang ditulis di ayat Qur an adalah benar.
Terima Kasih.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. CARA MENGHADAPI SUAMI PELIT
  2. KEPONAKAN SEPUPU MAHRAM ATAU BUKAN?
  3. MENANGGAPI SERANGAN ANTI ISLAM DI INTERNET
  4. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Sikap anti-Islam sudah ada sejak jaman dahulu kala yakni sejak awal Islam dibawa oleh Rasulullah. Dan itu terus terjadi secara terus menerus dan sistematis sampai sekarang. Berbagai cara dilakukan untuk mengungkapkan sikap anti-Islam. Dan dari berbagai kelompok mereka berasal. Mulai dari kalangan pemeluk agama lain yang merasa tersaingi -- biasanya adalah pemeluk Nasrani, sampai pada kalangan agnostik atau atheis yang memang bersikap sinis pada semua agama.

Apa yang harus kita lakukan adalah tergantung dari siapa kita dan kemampuan apa yang kita miliki. Cara terbaik adalah mengacuhkan dan mengabaikan artikel sampah seperti itu. Karena Islam itu luhur dan suci, Islam tidak akan menjadi rendah karena hinaan; dan akan tetap mulia dengan atau tanpa pembelaan dari kita. Terbukti, ditengah semakin banyaknya kampanye anti Islam di seluruh dunia dan Amerika pasca peristiwa terorisme 11 September, jumlah mualaf justru makin banyak.

Selain itu, mengacuhkan mereka yang anti-Islam itu jauh lebih menguntungkan bagi kita, dan sangat merugikan mereka karena kampanye kebencian mereka terhadap Islam tidak mendapat ekspose yang mereka harapkan.

Kalau anda tetap ingin bersikap atau berkomentar, lakukan itu dengan kepala dingin tanpa membalas balik dengan cacian terhadap agama mereka. Idealnya, anda membentuk suatu kelompok dengan keahlian yang berbeda-beda dan punya semangat yang sama untuk secara khusus memberi pencerahan pada mereka yang anti-Islam dengan cara yang baik. Dan salah satu pencerahan terbaik dari seorang muslim terhadap pasukan anti-Islam adalah dengan memberi suri tauladan budi pekerti yang luhur. Akhlakul karimah yang baik dalam bersikap dapat merubah cara pandang mereka terhadap umat Islam.

Namun, kalau anda adalah tipe temperamental, maka sikap paling ideal adalah dengan tidak menanggapi. Cukuplah dengan tidak lagi datang ke situs-situs anti-Islam tersebut.

______________________________



CARA MENGHADAPI SUAMI PELIT

pak ustad ada yg mau saya tanyakan lagi maaf menganggu ya pak...

begini pak.. suami saya semenjak menikah sama saya blom pernah menafkahi saya pak.. krn saya ngerti suami saya itu blom ada kerjaan. sekarang suami saya udh kerja gajiny perminggu 700rb pak.. udh gajian yg ke 2x perminggu blom ada kasih saya uang cuma uang jajan 50rb.... saya heran kenapa suami saya pelit githu pak.. apa krn saya seorg wanita karier yg kerja dikantor gaji saya lebih besar dr suami saya.... menurut bapak saya yg salah apa suami saya pak.. temen" saya yg udh menikah smua uang gaji suami nya istrinya yg megang... kalau suami saya gak begitu pak.. malah kalau ada uang nyimpan" gak tau saya pak...

apa yg harus saya lakukan pak..sementara uang kontrakan,uang kredit motor saya yg bayar smuanya,,,sedih saya punya suami pelit pak..saya malu cerita ketemen" saya... makanya cuma bapaklah yg tahu masalah rumah tangga saya...mohon pencerahannya pak ustad..makasih
asslamualaikum wr.wb


JAWABAN

Tampaknya apa yang terjadi pada rumah tangga Anda erat kaitannya dengan kebiasaan awal yaitu suami sudah terbiasa tidak memberi nafkah pada istrinya dan pada waktu yang sama sang istri adalah wanita karir yang gajinya lebih tinggi dari suami. Saat suami mulai mendapat pekerjaan dia "lupa" pada kewajibannya atau mungkin dia berfikir istri tidak memerlukan nafkah darinya.

Padahal dalam QS Al-Baqarah 2:233 Allah berfirman, وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُۥ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Artinya: Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf.

Ulama sepakat (ijmak) bahwa ayat ini menjadi dasar atas wajibnya seorang suami memberi nafkah pada istri.

Langkah yang diperlukan adalah jalin komunikasi dengan suami Anda berkaitan dengan hal ini. Beri tahu dia akan kewajiban memberi nafkah kebutuhan rumah tangga yakni kebutuhan dia, istri dan anak dan beritahu berapa jumlahnya setiap minggu atau bulannya.

Apabila suami memberikan nafkah yang diperlukan sesuai kebutuhan dan kemampuannya, maka dia lepas dari kewajibannya. Namun, apabila suami tidak mau memberi, maka Anda berhak untuk mengambil sebagian harta suami dengan atau tanpa memberi tahu suami terlebih dahulu.

Dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari Muslim Rasulullah mengijinkan Hindun—seorang istri yang tidak mendapatkan nafkah dari suaminya yang bernama Abu Sofyan-- untuk mengambil harta milik suami tanpa sepengetahuannya dengan catatan, mengambil seperlunya. Dalam bahasa Nabi, “Ambillah secukupnya dari harta suamimu untukmu dan anakmu.” (HR Bukhari no. 5049; Muslim no. 1714).

Teks hadits dari kitab Sahih Bukhari sbb:
باب إذا لم ينفق الرجل ‏فللمرأة أن تأخذ بغير علمه ما يكفيها وولدها بالمعروف
عن عائشة أن هندا بنت عتبة ‏قالت يارسول الله إن أبـا سفيان رجـل شحيـح وليس يعطيني ما يكفيني وولدي إلا ما أخذت ‏منه وهو لا يعلم . فقال خذي ما يكفيك وولدك بالمعروف

Artinya: Bab (membahas tentang) Apabila Suami tidak memberi nafkah pada istrinya maka istrinya boleh mengambil harta secukupnya untuk keperluan istri dan anak tanpa sepengetahuan suami.

Dari Aisyah bahwa Hindun binti Utbah berkata Wahai Rasulullah Abu Sufyan adalah seorang lelaki yang pelit dia tidak memberiku dan anakku nafkah kecuali harta yang kuambil tanpa sepengetahuannya. Nabi bersabda, "Ambillah harta yang cukup untukmu dan anakmu secara baik."

Apabila suami sudah memberikan nafkah yang diperlukan untuk anak dan istrinya, maka tidak ada kewajiban bagi suami untuk memberikan/menitipkan seluruh gajinya pada istri.

______________________________


KEPONAKAN SEPUPU MAHRAM ATAU BUKAN?

Dear P Uztad,
Isteri saya (Ny D) telah bertahun-tahun tinggal berdua dengan Tn F yang merupakan anak laki-laki sepupu perempuannya (ny E ), ketika saya bekerja diluar pulau.
Bahkan setelah saya bekerja kembali di Jakarta, mereka juga sering berduaan dirumah saya ketika saya sedang tidak dirumah atau sedang bekerja, sedangkan dirumah hanya ada anak saya yang berusia 4 tahun.
Untuk lebih jelasnya saya sertakan hubungan Ny D ( isteri saya) dan Tuan F sebagaimana terlampir.
Pertanyaan saya :
1. Apakah Ny D isteri saya merupakan mahram atau bukan mahram bagi Tuan F
2. Kalau bukan mahram apakah yang harus saya lukukan, karena Isteri saya sangat protektif terhadap Tn F.
Terimakasih.

JAWABAN

1. Sepupu itu bukan mahram. Apalagi anaknya sepupu, semakin jauh. Hubungan mahram terjauh adalah anak dari saudara kandung alias keponakan. Lihat: Mahram dalam Islam

2. Yang perlu anda ketahui lebih dahulu adalah bahwa haram hukumnya antara dua insan lawan jenis bukan mahram melakukan khalwat atau berduaan dalam ruang tertutup. Khalwatnya itu saja sudah haram, apalagi kalau mereka melakukan hal-hal lain yang lebih jauh yang juga haram. Lihat detail: Khalwat dalam Islam.

Karena itu terjadi di rumah anda, maka anda harus bertindak cepat dan tegas karena ini menjadi tanggung jawab Anda sebagai kepala rumah tangga. Kalau anda mendiamkan hal ini terus terjadi, maka anda akan juga ikut memikul dosa karena membiarkan perbuatan dosa terjadi di depan mata.

Mengingat usia Tuan F yang sudah dewasa dan beristri, apalagi dalam proses cerai, patut dicurigai bahwa telah terjadi hubungan perselingkuhan antara istri anda dengan keponakan sepupunya. Dan itu terjadi sejak lama.

Yang harus anda lakukan adalah: (a) Bicarakan dengan istri agar F jangan lagi diijinkan datang ke rumah anda kecuali saat anda berada di rumah; (b) Kalau istri menolak perintah ini, maka anda hanya ada dua pilihan: menceraikan istri atau membiarkan perbuatan haram ini terus terjadi.

Kami memperkirakan istri akan menolak perintah anda karena kemungkinan besar mereka sudah saling mencintai. Apabila itu terjadi, maka ketegasan anda diperlukan. Karena tanpa ketegasan, anda hanya akan menjadi suami yang tidak berfungsi sebagaimana layaknya seorang suami. Lihat: Menyikapi Istri Selingkuh



Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

4 comments:

  1. AnonymousMay 01, 2014

    Terima kasih atas ilmu yang di share, semoga menjadi manfaat...

    ReplyDelete
  2. Saya malah berbeda, mkn minum terpenuhi .. jika aa keperluan dia bayar.. hanya kalau ngasih uang langsung tdk pernah....

    ReplyDelete
  3. SEO IS VERY IMPORTANT THING FOR ALL BLOG AND WEBSITE I WAS HAVING 100 VISITOR AFTER WORKING 6 MONTHS ON http://www.guruofmovie.com BUT FROM LAST 4 MONTHS I AM DOING WORK ON SEO AND NOW I HAVE 1500 VISITOR PER DAY

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!