Istri Cerewet dan Pezina tapi Bertobat


ISTRI CEREWET DAN CALON ISTRI PEZINA TAPI BERTOBAT

Assalamualaikum...pengasuh yang terhormat

Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan seputar pernikahan :

1. Jika seorang istri sebelum menikah pernah berzina dengan mantannya dan dia telah bertobat, lalu dia sampaikan hal tersebut kepada calon suaminya dan dia menerima dia menjadi istrinya, bagaimana pandangan Islam tentang hal tersebut
2. Bagaimana pandangan Islam jika seorang istri dari pertama menikah sampe dengan sekarang selalu menuntut cerai suaminya (bukan masalah ekonomi, pindah agama, selingkuh ataupun berzina) dengan alasan yang tidak jelas
3. Bagaimana pandangan Islam jika seorang istri setiap kali diberikan uang oleh suaminya dia selalu menolak, bahkan dia pernah melempar uang tersebut ke muka suaminya
4. Apa yang harus dilakukan oleh suami jika sang istri mengajukan cerai lagi / jika istri melakukan point ke 3

Terima kasih atas jawabannya Dodi

DAFTAR ISI
  1. Istri Cerewet dan Calon Istri Pezina tapi Bertobat
  2. Tanda Mimpi Yang Benar Dari Allah Bukan Dari Setan
  3. Istri Menolak Diajak Hubungan Intim Oleh Suami
  4. Bagian Waris Untuk Istri Dan Anak

JAWABAN ISTRI CEREWET DAN CALON ISTRI PEZINA TAPI BERTOBAT

Jawaban pertanyaan ke-1:
Secara syariah hukumnya boleh menikahi perempuan yang pernah berzina alias tidak perawan. Walaupun itu bukan perkawinan ideal secara sosial dan psikologis. Pertama, seseorang apalagi perempuan akan cenderung sulit melupakan pria pertama yang merenggut keperawanannya. Artinya, Anda akan menjadi "orang kedua" di hatinya pada saat-saat tertentu.

Kedua, perempuan itu akan sesekali membuat perbandingan antara Anda dan lelaki pertamanya baik itu dalam hatinya atau juga sesekali akan terucap dari mulutnya saat terjadi pertengkaran, dll.

Ketiga, tidak tertutup kemungkinan pria yang menjadi "true love"-nya akan kembali muncul dalam kehidupan wanita tersebut suatu hari nanti di masa depan. Saat dia bermasalah dengan Anda, wanita ini akan mencari tempat curhat. Dan curhat terbaik tentu saja pada pria firs-love-nya.

Poin yang ingin saya sampaikan adalah Anda harus mempersiapkan mental menghadapi segala kemungkinan di atas kelak apabila Anda sudah tekad memutuskan untuk menikahinya dan ternyata itu terjadi.

Lihat detail:

- Hukum Menikah dengan Wanita Tidak Perawan (Pernah Berzina)
- Pernikahan Wanita Hamil Di Luar Nikah dan Status Anak

Jawaban pertanyaan ke-2:
Perempuan seperti itu adalah tipe istri yang kata Nabi dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari Muslim (muttafaq alaih) menjadi sebab mengapa mayoritas penghuni neraka adalah perempuan. Yakni, karena banyak perempuan yang tidak bersyukur dan tidak taat pada suaminya. Teks haditsnya sbb:

قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم أُريت النار، فإذا أكثر أهلها النساء يكفرن قيل: أيكفرن بالله؟ قال: يكفرن العشير، ويكفرن الإحسان ، لو أحسنت إلى إحداهن الدهر ثم رأت منك شيئا قالت: ما رأيت منك خيرا قط

Pada saat yang sama, suami hendaknya bersikap tegas untuk "menghukum" istri yang berperilaku seperti itu. Hukuman dapat berupa (a) mendidik dia agar merubah perilakunya; dan (b) menceraikannya. Tujuan pernikahan adalah untuk ketenangan hati. Perceraian adalah solusi apabila tujuan tidak tercapai.

Jawaban pertanyaan ke-3:
Kewajiban suami adalah memberi nafkah pada istri. Dan adalah hak istri untuk menerima atau menolaknya.

Namun, sebagai pemimpin rumah tangga, suami hendaknya tidak membiarkan seorang istri bersikap tidak menyenangkan pada pemimpinnya. Suami harus memberi satu atau dua pelajaran yang mendidik. Diamnya suami dalam kondisi seperti ini adalah kebodohan yang tidak mendidik dan justru akan semakin menjerumuskan istri pada sikap yang semakin buruk.

Jawaban pertanyaan ke-4: Diterima saja. Banyak perempuan yang jauh lebih baik. Dan Anda berhak untuk mendapatkan wanita yang jauh lebih baik dari dia.

____________________________________


TANDA MIMPI YANG BENAR DARI ALLAH BUKAN DARI SETAN

Assalamuaikum
ustad saya mau bertanya
1. apa makna dari sebuah mimpi
2. dan bagaimana tanda bila mimpi itu datang dari Allah dan mimpi datang dari Setan
3. dan saya pernah bermimpi melihat matahari terbit dari barat apa makna dari mimpi tersebut
mohon prnjelasan dan infonya

JAWABAN

1. Mimpi yang benar bisa bermakna sebuah isyarat terhadap apa yang sedang atau akan kita lakukan. Namun demikian, tidak ada yang tahu pasti apakah sebuah mimpi itu berasal dari Allah atau dari setan kecuali Rasulullah. Oleh karena itu, ada baiknya tidak menganggap sebuah mimpi secara berlebihan. Bahkan seandainya mimpi anda benar dari Allah atau malaikat, tidak ada kewajiban bagi anda untuk mempercayainya apalagi melaksanakannya.

2. Mimpi yang datang dari Allah mengandung substansi yang tidak bertentangan dengan syariah Islam sedangkan mimpi yang berasal dari setan atau jin jahat biasanya selalu bertentangan dengan Quran dan hadits.

3. Terlepas dari haq atau batilnya mimpi tersebut, secara positif ia dapat dimaknai sebagai peringatan bagi anda agar mengamalkan syariah Islam secara lebih konsisten karena kiamat besar tidak ada yang tahu kapan akan tiba. Begitu juga tidak ada yang tahu kapan kiamat kecil akan tiba. Yang dimaksud dengan kiamat kecil adalah kematian.

____________________________________



ISTRI MENOLAK DIAJAK HUBUNGAN INTIM OLEH SUAMI

Asalamualaikum, saya mau tanya, apa boleh seorang istri menolak jika diajak suami untuk berjima, terus apa hukumnya.
Trimakasih

JAWABAN

Istri wajib hukumnya taat kepada suaminya termasuk ketika suami mengajak melakukan hubungan intim. Kecuali apabila penolakan itu karena ada udzur atau alasan yang dibenarkan syariah seperti sedang haid atau puasa Ramadan. Karena wajib taat, maka hukumnya berdosa apabila menolak permintaan suami untuk jimak tanpa alasan yang syar'i.

Namun demikian, kalau suami menyuruh istri melakukan perbuatan dosa, maka haram bagi istri untuk mentaati suami. Karena ketaatan pada Allah harus diutamakan.

____________________________________



BAGIAN WARIS UNTUK ISTRI DAN ANAK

Pak Ustadz, jika seorang Suami meninggal dunia. Meninggalkan seorang istri (ibu rumah tangga), dan meninggalkan 3 anak laki laki dan 4 anak perempuan. Yang mau saya tanyakan kepada Pak Ustadz,
1. berapa bagian untuk istri, berapa bagian untuk 3 anak lalki laki, dan berapa bagian untuk 4 anak perempuan.
Atas bantuan Pak Ustadz sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

JAWABAN

Perlu diketahui bahwa orang tua yakni ayah ibu dari mayit juga brhak mendapatkan warisan kalau mereka masih hidup. Ayah si mayit mendapat 1/6 sedangkan ibu mendapat 1/6. Namun, karena anda tidak menyebutkan adanya orang tua maka saya anggap mereka sudah meninggal dunia.

1. Bagian waris untuk kasus di atas (kalau orang tua sudah meninggal) adalah sebagai berikut:
- Istri mendapat bagian 1/8 (seperdelapan) dari keseluruhan harta warisan.
- Sisanya diberikan kepada seluruh anak-anak baik yang putra maupun yang putri. Di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan.

Jadi, setelah harta almarhum suami dipotong 1/8 untuk bagian istri, maka sisanya dibagi menjadi 10 bagian. Ketiga anak-anak laki-laki masing-masing mendapatkan 2 bagian sedangkan keempat anak perempuan masing-masing mendapat 1 (satu) bagian.

Lebih detail lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/09/warisan-dalam-islam.html

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. sulit sekali bagi seorang suami bila seorang istri sudah banyak menuntut..

    ReplyDelete
  2. Kalo saya pasti sulit sekali untuk melakukan itu.

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!