Konsultasi Keluarga

Konsultasi Keluarga Muslim

Konsultasi dan tanya jawab seputar keluarga muslim dan solusi islami dalam menempuh mahligai rumah tangga sakinah mawaddah wa rahmah bersama suami, istri dan anak cucu.

DAFTAR ISI
  1. Hukum Mencurigai Istri Selingkuh
  2. Dapatkah Anak Gugat Cerai Perkawinan Ibu dan Ayah Tiri
  3. Suami Memaksa Tinggal di Rumah Orang, Istri Tidak Setuju
  4. Hubungan Serius Melalui Orang Tua

HUKUM MENCURIGAI ISTRI SELINGKUH

Ass.Wr.Wb.
Ustadz yang terhormat. langsung aja saya konsultasikan sama Ustadz.

1. Bagaimana hukumnya mencurigai Istri yg ada foto berdua dgn lelaki lain di Hp.nya dan sering Cattingannya. krn suatu waktu ada terlihat dgn saya. Perlu Ust.ketahui hp.nya(istri)tidak boleh saya lihat.

2.sudah sering saya tanyakan mengenai foto tersebut katanya tdk ada apa2.tapi sebagai suami tentu saja nengganjal perasaan saya. Klau saya nasehati malah ia yg marah bilang saya terlalu cemburu dan memperbesar masalah yg kecil.

3. Saya memang kurang tegas krn saya memikirkan anak, setiap saya menayakan mengenai foto/cattingannya pasti pertengkaran yg timbul. Seolah ia tdk takut dosa,kadang saya menggerutu juga dgn perkembangan dunia maya ini.

4.bahkan foto kami berdua aja tdk ada di hp.nya

5. Bagaimana sikap saya Ustd. mohon pencerahan bagi saya dan dorongon ketabahan, sepertinya dia tdk takut utk diceraikan
Wasssalam
MN

JAWABAN HUKUM MENCURIGAI ISTRI SELINGKUH

1. Istri Anda telah melakukan sesuatu yang diharamkan dalam Islam yakni berkhalwat (berduaan) dengan lelaki lain dan chatting dengan lelaki lain tanpa seijian suami. Adalah kewajiban anda untuk melarangnya melakukan itu. Anda juga berhak untuk mengetahui isi hp istri Anda sebagaimana dia berhak tahu isi HP anda. Terlepas istri sudah melakukan perzinahan atau tidak/belum, anda berhak dan wajib melarang suatu perbuatan haram yang dilakukan istri dan anak. Karena keduanya berada di bawah tanggung jawab Anda. Artinya, anda ikut menanggung dosa karena melakukan pembiaran terhadap perilaku haram yang dilakukan istri.

Dalam QS At Tahrim 66:6 "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka."

2. Itu karena sejak awal Anda kurang tegas pada istri. Sebaiknya mulailah bersikap tegas padanya sejak sekarang. Caranya, beri dia peringatan bahwa (a) mulai sekarang semua hubungan dengan lelaki lain lewat hp atau dunia nyata harus seijin dan sepengatahuan suami; (b) kalau aturan ini tidak dipatuhim maka Anda harus bersikap tegas padanya. Sikap tegas apa yang harus diambil terserah kebijaksanaan Anda yang penting istri harus tahu bahwa Anda tidak main-main dalam membuat aturan. Tapi ingat, begitu membuat aturan, maka harus ada sanksi yang dikenakan kalau dilanggar. Tanpa itu, Anda akan semakin tidak berwibawa di matanya.

3. Ketidaktegasan Anda yg menjadi masalah. Bukan dunia maya yg harus disalahkan. Tanpa ada Facebook pun dia akan bermain-main dengan lelaki lain apabila diberi kesempatan. Sekali lagi, bersikaplah tegas. Karena ketidaktegasan suami akan dimanfaatkan oleh istri yang memiliki perilaku buruk. Memang perceraian harus dihindari sebisa mungkin, tapi tidak perlu takut menghadapinya kalau itu jalan terbaik di antara dua hal buruk (antara hidup bersama yang menyiksa dan hidup berpisah dengan mengorbankan anak). Saya yakin, kalau Anda tegas, istri akan mengikuti irama ketegasan Anda dengan tunduk pada Anda. Tapi kalau istri tetap tidak berubah, maka dia memang sosok perempuan yang tidak pantas menjadi istri Anda.

___________________________________________________________


DAPATKAH ANAK GUGAT CERAI IBU DAN AYAH TIRI

Assalamualaikum...
Saya mempunyai 2 orang cucu, yang satu perempuan umurnya 11 tahun dan yang satunya lagi laki-laki baru 5 tahun, kedua anak tsb tinggal bersama saya dan istri saya (neneknya), Ibunya (anak saya) sudah bercerai dengan suaminya kurang lebih 2 tahun dan sudah menikah lagi degan seorang duda yang umurnya jauh lebih muda 10 tahun darinya

Yang menjadi masalah yaitu kedua cucu saya tsb, terutama yang perempuan ingin tinggal bersama ibunya sedangkan ayahnya melarang untuk tinggal bersama ayah tirinya karena khawatir takut terjadi hal yang tidak diinginkan, mengingat banyak kasus kekerasaan dan pelecehan seksual terhadap anak ,dan kekerasan itu sudah terjadi pada cucu saya yang laki-laki,

Ayahnya merasa khawatir terlebih saya sebagai kakeknya sangat khawatir karena mengingat usia ayah tirinya yang masih muda dan terlihat belum dewasa

Yang ingin saya tanyakan:

1.bisakah kedua cucu saya tsb menggugat perceraian yang dilakukan kedua orang tuanya? Karena ketika bercerai keduanya minta disaksikan oleh orang lain, di luar sepengetahuan saya

2. Jika pada point 1. tidak bisa,bagaimana solusinya mengingat cucu saya tsb selalu menangis dan memohon untuk tinggal bersama ibunya.

Sebelumya Terima kaasih dan mohon maaf bila ada kesalahan

JAWABAN DAPATKAH ANAK GUGAT CERAI IBU DAN AYAH TIRI

1. Anak tidak dapat meminta pengadilan supaya ibunya bercerai dengan ayah tirinya. Perceraian atau talak itu urusan eksklusif antara suami dan istri. Pihak lain di luar keduanya hanya dapat menyarankan pada kedua pihak terkait tapi tidak dapat memutuskan.

2. Pendadapat menantu Anda alias ayah si anak sudah benar karena berkumpul dengan ayah tiri berpotensi ke arah yang anda kuatirkan. Solusi terbaik adalah seperti yang sekarang yaitu kedua anak tetap bersama neneknya. Dan yakinkan keduanya bahwa itulah cara terbaik. Ceritakan kemungkinan yang akan terjadi apabila mereka tetap memaksa untuk tinggal bersama ibu dan ayah tirinya.

_____________________________________________________________


SUAMI MEMAKSA TINGGAL DI RUMAH ORANG, ISTRI TIDAK SETUJU

Assalamu'alaikum..

Sya seorang istri sedang ada permasalahan dg suami.. Sya merasa suami kurang dwasa dlm mnyelesaikan masalah dan slalu mengucapkan mau mentalak 1 klo sya tidak mnurutinya..

Permsalahan kami adlh tmpt tinggal kmi.. Kami mnempati rmh kakak iparnya suami kakak perempuannya dg gratis..Krn rmh itu kosong dan tdk ada yg mnempati..suami memaksa sya unt tetap tinggal drmh itu.. Pdhl sya ga krasan dan mrasa ga nyaman tinggal dstu..

mohon pendapatnya skrg sya dan anak pulang krmh ortu sya..sya ga mau lama2 tinggal drmh itu dr pd saya paksakan malah jd penyakit.. Sya berfikir biar suami mau mentalak sya terserah mngkin jodoh sya dg suami sampe dsni..buakn berarti tanpa suami sya ga bsa bahagia.. Mngkin bsa lbh bhagia.. tolong bantuan pendapatnya apa yg terbaik unt kami lakukan..mohon scepatnya dibalas email sya ini..terima ksh.. Wassalamu'alaikum

JAWABAN SUAMI MEMAKSA TINGGAL DI RUMAH ORNAG, ISTRI TIDAK SETUJU

Hidup berumah tangga harus siap untuk melakukan kompromi-kompromi. Tidak saling memaksakan kehendak. Karena kalau itu dilakukan, maka keharmonisan dan kenyamanan hidup berkeluarga tidak akan terasa. Sebaliknya malah akan terasa menyiksa.

Jadi, ambillah jalan tengah. Musyawarahkan dengan baik dengan suami. Umpamanya, Anda bersedia tinggal di rumah tersebut, tapi untuk waktu tertentu saja. Setelah itu, harus cari rumah lain, dst. Kalau sulit dalam berkomunikasi, maka gunakan pihak ketiga sebagai mediator untuk berbicara baik-baik dengan suami Anda.

____________________________________________________________


HUBUNGAN SERIUS MELALUI ORANG TUA

assalamualaikum wr.wb,

saya ingin bertanya bgaimana caranya mennyikapi lelaki yg sedang mencoba mnjalin hubungan yg serius dg cara islami jarang komunikasi dan hmpir tadak pernah berjumpa ataupun bicara dari hati ke hati smntra dr pihak saya ada sesuatu yg ingin dasampaikan padanya jika dia benar ingin meminang saya.

apakah saya hrus mmulai pembicraan terlebih dahulu sedangkan lelaki tsb sama sekali blm mengutarakan maksudny atau isi hatinya. intinya prknalan kami dr ortu.
mhn pndptny..wassalaam.

JAWABAN HUBUNGAN SERIUS MELALUI ORANG TUA

Tampaknya lelaki tersebut adalah tipe pria yang baik yang tidak ingin "bermain api" (baca, hubungan romantis) terlebih dahulu sebelum masuk ke jenjang pernikahan. Itu satu hal yang perlu Anda apresiasi. Kalau dia tidak ingin berbicara dengan Anda tapi sudah yakin untuk meminang Anda, maka ada kemungkinan dia sudah mengetahui siapa Anda melalui informasi yang dia kumpulkan dari orang-orang dekat Anda.

Kalau Anda ingin mengetahui perihal dia, ada baiknya memakai cara serupa dengan melakukan "investigasi" meminta teman yang dipercaya untuk menyelidiki keadaannya.

Apabila Anda memiliki suatu rahasia tertentu yang ingin disampaikan padanya, seperti Anda pernah melakukan zina alias tidak perawan lagi, maka hal seperti itu memang perlu diutarakan agar calon suami siap mental dan tidak kecewa di kemudian hari. Namun, apabila anda tidak mempunyai rahasia khusus (baca, pernah berzina) yang perlu diutarakan, maka pembicaraan langsung tidak terlalu diperlukan.

Namun tidak apa-apa apabila Anda berinisiatif untuk berbicara langsung sekali atau dua kali. Idealnya, Anda mengajak orang lain -- misalnya adik kecil-- bersama Anda agar terhindar dari perilaku khalwat (berduaan antar lawan jenis) yang diharamkan dalam Islam.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!