Friday, July 12, 2013

Aliran Sesat Yang Meresahkan


Aliran Sesat Yang Meresahkan
ALIRAN SESAT YANG MERESAHKAN

assalamu alaikum...ustad.. tolong deh kasih pencerahan buat kami...di daerah kami khususnya satu RW banyak aliran agama kepercayaan...yang baru-baru ini sangat meresahkan warga yaitu...adanya aliran sapto darmo...
yang konon katanya bisa berbicara dengan jin mengetahui arwah leluhur..
mengobati org sakit...menerawang...

tapi cara golongan tersebut memang berbeda dengan islam...karena bukan islam...anehnya banyak diantara saudara kita muslim banyak yang minta pertolongan kepadanya misalnya pijat...atau sakit apa sajalah...dan merasa golongannya adalah golongan yang asli ..dalam arti tidak hanya dibibir saja..memang suka tolong tapi ucapannya selalu membuat orang takut akan akibat kalau salah omong sama golongan itu. mohon maklum dan sudilah pencerahannya berdasarkan ajaran islam yang benar...
wasalamu alaikum

DAFTAR ISI
  1. Aliran Sesat Yang Meresahkan
  2. Pacar Hamil Dan Cara Bicara Pada Orang Tua
  3. Terjemahan Niat Shalat Taubat
  4. Dosa Wanita Menyambung Rambuat Apakah Diampuni
  5. Memakai Pemutih Untuk Mengembalikan Warna Asli Kulit
  6. Orang Kaya Tidak Bayar Zakat Lalu Bangkrut
  7. Penerima Sedekah Yang Utama
  8. Hak Waris Istri
  9. Warna Baju Yang Sunnah
  10. Merasa Bersalah Karena Menikah Dengan Pria Mantan Pacar Sahabat
  11. Kurban Untuk Orang Tua Tapi Masih Punya Hutang
  12. Wanita Jimak Saat Qadha Puasa Ramadan
  13. Hubungan Tidak Direstui Orang Tua

JAWABAN ALIRAN SESAT YANG MERESAHKAN

Ringkasan: banyaknya aliran sesat di tempat Anda karena kurang atau tidak adanya ulama. Oleh karena itu, datangkan ulama secara berkala (seminggu sekali minimal) untuk memberi pencerahan pada masyarakat.

Ajaran Islam adalah ajaran yang simpel dan mudah difahami. Inti ajaran Islam ada pada rukun Islam yang lima yaitu Syahadat, shalat 5 waktu, puasa Ramadan, bayar zakat harta dan fitrah, naik haji ke Makkah apabila mampu. Di samping rukun Islam yang lima, ada juga larangan-larangan Islam yang harus dijauhi. Lihat Daftar Dosa Besar

Apabila kita konsisten mengamalkan rukun Islam yang lima dan menjauhi dosa-dosa yang dilarang, maka insyaAllah kita menjadi muslim yang baik. Dalam Islam tidak perlu mengikuti aliran tertentu, apalagi aliran sesat.

Kemampuan berbicara dengan jin bukanlah sesuatu yang hebat. Biasa-biasa saja. Ia dapat dilakukan dengan cara berguru pada ahlinya tanpa harus ikut aliran sesat. Mengobati orang sakit secara gaib juga dapat dilakukan dengan cara belajar pada ahlinya yang tetap berkomitmen pada ajaran Islam yang lurus tanpa perlu berguru pada orang yang beraliran melenceng.

Saran saya, tokoh masyarakat seperti Anda hendaknya sesering mungkin mengundang para ulama, kyai, ustadz dari kalangan NU (Nahdlatul Ulama) -- jangan yang dari Wahabi -- untuk memberi pengarahan dan pencerahan pada masyarakat. Dan coba mengajak para anggota Jamaah Tabligh untuk datang ke kampung Anda agar suasana desa Anda menjadi lebih bernuansa islami.

______________________________


PACAR HAMIL DAN CARA BICARA PADA ORANG TUA

Assalamu'alaikum ustadz
mohon bantuannya, saya ingin meminta solusi dari ustadz. saat ini saya dilanda musibah, hal ini mungkin atas dasar kebodohan saya sendiri. pacar saya hamil di luar nikah dan tentunya saya pun ingin bertanggung jawab dan tidak ada sedikitpun niat untuk menggugurkan kandungannya karena saya tahu itu akan menambah dosa-dosa saya. saya berencana menikahinya tapi saya tidak ingin orang tua saya tahu atas kecelakaan ini.

1. kira-kira alasan apa yang tepat untuk menutupi hal ini karena saya takut kalau saya mesti jujur atas semuanya. 2. dan bagaimana cara meyakinkan orang tua saya supaya menyetujuinya. terimakasih sebelumnya.
wassalam

JAWABAN

1. Katakan saja ingin menikah untuk menghindari zina.
2. Katakan tidak akan menikah kecuali dengan dia. Kalau tidak berhasil, minta tolong pada teman terdekat orang tua anda.

______________________________



TERJEMAHAN NIAT SHALAT TAUBAT

Assalamualaikum wr wb.saya herlina ingin bertanya tentang shalat taubat krn saya tdk bs membaca alquran maka saya ingin
1. terjemahan dlm bhs latin nya niat shalat taubat
2. kemudian bacaan surat al khafirun dan jg doa sesudah shalat taubat itu saja yg ingin saya tanyakan wasalam

JAWABAN

1. Niat shalat taubat: Usolli sunnatat taubah rokatain lillahi taala.
2. Bacaan surat al-kafirun dan al-ikhlas tidak wajib. Yang wajib cuma Al-Fatihah.
Lebih detail lihat: Panduan Shalat Taubat
______________________________



DOSA WANITA MENYAMBUNG RAMBUAT APAKAH DIAMPUNI

Assalamualaikum
Ustadz saya mau bertanya (1) apakah wanita yang pernah menyambung rambutnya.ketika ia bertaubat dosanya bisa diampuni oleh Allah SWT ? (2) Ataukah tidak akan pernah diampuni.?


JAWABAN

1. InsyaAllah akan diampuni oleh Allah asal tidak diulangi lagi. Lihat: Taubat Nasuha
2. Lihat poin 1.

______________________________



MEMAKAI PEMUTIH UNTUK MENGEMBALIKAN WARNA ASLI KULIT

Assalamualaikum ustadz.....kalau tidak salah seingat saya dulu waktu masih berumur sekitar 10 tahun'an kulit saya putih. sekarang saya sering terkena cahaya matahari....mungkin kulit saya yang menghitam disebabkan oleh pancaran sinar matahari tersebut.....buktinya kulit dipaha saya yang jarang kena matahari sekarang masih terlihat
putih.....apakah diperbolehkan saya memakai pemutih kulit karena seingat saya dulu kulit asli saya adalah putih ??? Mohon pencerahannya Ustadz....terima kasih

JAWABAN

Kalau bertujuan untuk membahagiakan suami, bukan untuk diperhatikan lelaki yang bukan mahram, maka dibolehkan asal seijin suami. Lihat juga: Hukum Suntik Kecantikan dan Hukum Pemutih

______________________________



ORANG KAYA TIDAK BAYAR ZAKAT LALU BANGKRUT

punten kang kalau ada org yg kaya ,,yg sdah wajib mengeluarkan zakat,akan tetapi dia tidak langsung membayarkannya
sampai kurun waktu bertahun tahun,kmudian sampai dia jatuh miskin pertanyaan nya
1. apakah dia masih dikenai kewajiban zakat stelah jatuh miskin tsb?
2. Apabila ada org kaya,dia sudah mampu berhaji,namun dia enggan utk langsung melaksankan haji tsb
hingga pada akhirnya dia jatuh miskin,,
prtanyaannya,,,apakah dia msih tetap dikenai kewajiban melaksanakan haji stelah ia miskin tsb(berhutang haji)


JAWABAN

1. Iya dia wajib membayar zakat. Saat tiba waktu membayar zakat, maka wajib segera menunaikannya. Sama dengan wajibnya menunaikan shalat saat tiba waktunya. Dan berdosa apabila tidak melaksanakannya. Apabila dia bangkrut dan tidak mampu menunaikan zakat, maka dia punya tanggungan untuk membayarnya. Kalau terus miskin, maka sebaiknya dia bertaubat dan mohon ampun pada Allah atas kelalaian yang dilakukan. Akan lebih baik kalau ahli warisnya melunasi hutang zakatnya kalau mampu. Syarbini dalam kitab Muhadzab (Majmuk V/331) menyatakan:
من وجبت عليه الزكاة لم يجز له تأخيرها؛ لأنه حق يجب صرفه إلى الآدمي، توجهت المطالبة بالدفع إليه، فلم يجز له التأخير، كالوديعة إذا طالب بها صاحبها، فإن أخّرها، وهو قادر على أدائها، ضمنها؛ لأنه أخّر ما يجب عليه، مع إمكان الأداء فضمنه، كالوديعة"
Arti ringkasan: Orang yang mampu membayar zakat tapi tidak melakukannya, maka wajib menggantinya sebagaimana barang titipan.

2. Iya, kewajiban haji juga begitu wajib segera dilakukan saat mampu. Sama dengan kasus zakat di atas.

______________________________



PENERIMA SEDEKAH YANG UTAMA

Assalamualaikum
pak ustad saya mu bertanya
1. sedekah itu yng lebih utama kepada siapa??
2. bagaimana menyikapi isteri yang tidak taat

terimakasih ulul Azmi tangerang

JAWABAN

1. Sedekah dalam pengertian bahasa Indonesia berarti bukan zakat wajib tapi pemberian yang sunnah. Berbeda dengan zakat wajib yang harus diberikan pada delapan golongan, sedekah sunnah dapat diberikan pada siapa saja yang membutuhkan baik perorangan atau yayasan pendidikan atau pesantren. Yang paling utama dari kedelapan itu adalah fakir miskin. Dan dari fakir miskin itu adalah kerabat dekat yang miskin. Lebih detail lihat: Panduan Zakat Harta dan Fitrah

______________________________



HAK WARIS ISTRI

Ustads
kakek saya punya 3 anak laki-laki, setelah nenek meninggal dia beristri lagi dan tidak memiliki anak. sekarang kakek meninggal dan punya sebidang tanah, ternak, rumah yang ditinggalinya, dan pensiunan.
bagaimana hak anak laki dan istri (nenek tiri) saya? mohon jawaban dan penjelasannya. terima kasih

JAWABAN

1. Istri yang masih hidup mendapat 1/8 (seperdelapan)
2. Sisanya dibagikan kepada ketiga anaknya.

______________________________



WARNA BAJU YANG SUNNAH

Assalamualaikum ustadz.....

1. Apakah sunnah memakai baju berwarna putih ?
2. Apakah memakai pakaian berwarna merah dan kuning hukumnya haram ?
3. Kalau kita lihat film-film di Tv para superhero seperti Batman atau superman,,,mereka memakai kostom yang menjadi ciri khas mereka...apakah pakaian seperti itu disebut sebagai pakaian kebesaran yang diharamkan ?
4. Bagaimana hukumnya laki-laki memakai alat pelindung dari emas ? Seperti sepatu atau sarung tangan.....
Mohon maaf atas segala kesalahan, terima kasih


JAWABAN

Pada dasarnya memakai baju dengan warna apapun dibolehkan kecuali ada dalil hadits yang menganggap sunnah (dianjurkan oleh Nabi atau pernah dilakukan Nabi), atau menganggapnya makruh (ada larangan atau celaan dari Nabi). Quran sendiri tidak ada membahas masalah warna baju yang dipakai seseorang baik laki-laki atau perempuan.

1. Sunnah memakai baju warna putih.

Ada yang hadits sahih riwayat Bukhari dari Abu Dzar yang menceritakan bahwa Nabi memakai baju berwarna putih sbb: عن أبي ذر رضي الله عنه قال : أتيت النبي صلى الله عليه وسلم وعليه ثوب أبيض وهو نائم ثم أتيته وقد استيقظ (Aku datang menemui Rasulullah beliau sedang tidur memakai baju putih)

Dalam hadits lain riwayat Bukhari dari Sa'd menceritakan: رأيت بشمال النبي صلى الله عليه وسلم ويمينه رجلين عليهما ثياب بيض يوم أحد ما رأيتهما قبل ولا بعد (Aku melihat di sebelakah kiri Nabi rua orang laki-laki memakai baju putih pada hari perang Uhud).

Warna putih juga sunnah dipakai selagi kita hidup atau sebagai kain kafan orang mati. Nabi bersabda dalam hadits riwayat Abu Daud: الْبسوا من ثيابكم البياض فإنها خير ثيابكم وكفنوا فيها موتاكم (Pakailah baju warna putih juga untuk kain kafan orang mati).

2. Memakai baju warna merah total makruh bagi laki-laki dan boleh bagi wanita berdasarkan hadits riwayat Ahmad dan ibnu Majah نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن المفدّم (Nabi melarang memakai baju yang berwarna merah). Kata muqaddam maknanya adalah المشبع بالحمرة(merah penuh)

Hadits lain riwayat Abu Daud dan Tirmidzi menyatakan: مر على النبي صلى الله عليه وسلم رجل وعليه ثوبان أحمران فسلم عليه فلم يرد عليه النبي صلى الله عليه وسلم (Seorang laki-laki berpakaian warna merah lewat bertemu Nabi dan mengucapan salam tapi tidak dibalas oleh Nabi)

Dari hadits tersebut kalangan Wahabi --dengan menyitir pendapat Ibnu Qayyim-- menyatakan bahwa baju warna merah total itu haram. Yang benar adalah makruh. Seperti dikatakan oleh Tabari sbb: الذي أراه جواز لبس الثياب المصبغة بكل لون إلا أني لا أحب لبس ما كان مشبعا بالحمرة ولا لبس الأحمر مطلقا ظاهرا فوق الثياب لكونه ليس من لباس أهل المروءة في زماننا ، فإن مراعاة زي الزمان من المروءة ما لم يكن إثما (Menurut pendapat saya, semua warna baju itu boleh. Saya tidak suka memakai warna baju merah karena ia bukan warna yang bermartabat pada zaman kami... )

Sedang baju warna kuning boleh karena tidak ada hadits yang melarangnya.

3. Bukan. Baju kebesaran yang diharamkan adalah yang biasa dipakai oleh orang kafir karena ada larangan menyerupai orang kafir.
4. Tidak boleh. Lihat: Hukum Memakai Emas Perak Suasa
______________________________



MERASA BERSALAH KARENA MENIKAH DENGAN PRIA MANTAN PACAR SAHABAT

Afwan sebelumnya semoga dibalas,sy H usia 25 thn. Pak ustadz sudah 7 thn ini saya masih merasa bersalah terhadap sahabat saya. Karena suami saya adalah bekas kekasih sahabat saya, sebelum menikahpun sy sudah 3 kali datang untuk meminta maaf kepada sahabat sy. tetapi dia tetap membenci sy.
Yang ingin sy tanyakan,
1. Apakah sy tetap berdosa sampai dia memaafkan sy.
2. Apa yang harus sy lakukan? ketika bertemu dengan sy sampai sekarangpun dia berpaling muka.
3. Apakah Allah swt akan membenci sy?
Sy harap bpk ustadz bs memberi sy solusi. Terimaksih
wassalam.


JAWABAN

1. Anda tidak bersalah padanya secara syariah. Hubungan pacaran antara dia denga suami anda dulu adalah hubungan yang dilarang oleh Islam. Yang tidak boleh adalah bagi seorang pria melamar wanita yang sudah menjadi tunangan pria lain.

2. Itu bukan kesalahan Anda. Jadi, anda tidak perlu meminta maaf. Tentu saja tidak apa-apa bagi anda meminta maaf karena anda merasa salah secara sosial dan itu sudah cukup tidak perlu merasa bersalah dengan sikapnya yang tidak memaafkan anda.

3. Anda tidak melakukan sesuatu yang salah. Lihat poin 1 dan 2.

______________________________



KURBAN UNTUK ORANG TUA TAPI MASIH PUNYA HUTANG

Asalamualaikum,pak ahmad, sy mau tanya.
1. apa hukumnya. klau kita mau kasih orang tua untuk niat melakukan kurban di hari raya idul adha. sementara saya masih mempunyai hutang masih belum selesai di lunasi?mohon penjelasannya.terima kasih


JAWABAN

1. Kalau hutangnya belum jatuh tempo, tidak apa-apa melakukan kurban untuk orang tua. Kalau waktunya jatuh tempo, lebih baik bayar dulu hutangnya. Lebih detail lihat: Kurban dalam Islam.
______________________________



WANITA JIMAK SAAT QADHA PUASA RAMADAN

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin bertanya tentang kafarat.
Ada seorang wanita yang menyahur hutang atau mengqodho puasa ramadhan. Pada saat mengqodho wanita tersebut melakukan jima' tanpa membatalkan puasanya..kemudian wanita tersebut diketahui hamil.
1. Bagaimana dengan kafaratnya?? apakah harus puasa 2 bln berturut2 atau membayar denda...
Mohon penjelasannya..
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb


JAWABAN

1. Membatalkan puasa qadha Ramadan tidak wajib kafarat; hanya wajib mengulangi puasa yang dibatalkan. Yang wajib kafarat hanya ketika melakukan hubungan intim saat bulan Ramadan. Namun sebaiknya dia memohon ampun pada Allah karena membatalkan puasanya. Ibnu Rushd dalam Bidayatul Mujtahid II/80 menyatakan: واتفق الجمهور : على أنه ليس في الفطر عمدا في قضاء رمضان كفارة لأنه ليس له حرمة زمان الأداء أعني : رمضان
Artinya: Mayoritas ulama sepakat bahwa orang yang membatalkan puasa saat mengqadha Ramadan tidak wajib kafarat karena bukan pada keharaman waktu melaksanakan puasa Ramadan.

______________________________



INGIN MENIKAHI JANDA HUBUNGAN TIDAK DIRESTUI ORANG TUA

Assalamu'alaikum wr.wb
Ustad saya berumur 24th dan pasangan saya 28th,status pasangan saya janda,kami saling menyayangi,org tua dari pasangan saya sudah menyetujui hubungan kami, sedangkan dari orang tua saya tidak menyetujui hubungan kita karena status janda, umur lebih tua, saya tidak mempermasalahkan pasangan saya janda atau perawan, umur lebih tua, tapi saya merasa nyaman dengan dia,
Pertanyaan saya:
1.Bagaiman cara menjelaskannya ke orang tua saya supaya di restui,
2. Amalan apa yg harus dilakukan supaya hati org tua saya luluh dan mw menerima pasangan saya.
Terimakasi
Wasslamualaikum

JAWABAN

1. Minta tolong orang dekat orang tua Anda agar membantu membujuk mereka dan meyakinkan mereka untuk menyetujui.
2. Cukup lakukan shalat tahajud dan berdoa dengan bahasa ibu Anda.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..