Shalat Taubat

Shalat Taubat

Shalat taubat (bahasa Arab, صلاة التوبة أو سلاة التوابين) adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan sebagai salah satu cara untuk bertobat memohon ampun pada Allah atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Kesalahan itu tidak harus berupa perbuatan yang diharamkan, tapi juga dapat berbentuk perbuatan yang makruh. Hukum shalat taubah adalah sunnah berdasarkan pada hadits, atsar Sahabat dan pendapat empat madzhab fiqih Syafi'i, Maliki, Hanafi, Hanbali. Shalat tobat disebut juga dengan shalat istighfar atau shalat minta ampun (Arab, صلاة الإستغفار)

DAFTAR ISI
  1. Dalil Shalat Taubat
  2. Hukum Sholat Taubah
  3. Syarat dan Tata Cara Shalat Taubat
  4. Niat Shalat Taubat
  5. Bacaan Shalat Taubat
  6. Doa dan Bacaan Setelah Shalat Taubat
  7. ًWaktu Pelaksanaan Shalat Taubat


DALIL SHALAT TAUBAT

Hadits sahih riwayat Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad dalam Musnad .

مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ
Artinya: Tidaklah seorang hamba berbuat satu dosa, lalu ia bersuci dengan baik, lalu berdiri untuk shalat dua rakaat, kemudian memohon ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya.

Kemudian Nabi membaca surat Ali Imron 3:135

،ثم قرأ هذه الآية: [وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
Artinya: Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

Hadits Nabi riwayat Ibnu Hibban, Hakim dan Tabrani dalam Al-Ausath

وقال صلى الله عليه وسلم لمعاذ: إذا أسأت فأحسن.

Artinya: Nabi berkata pada Muadz: Apabila engkau berbuat dosa, maka berbuatlah kebaikan (sebagai bentuk taubat).

Sebuah atsar Sahabat yang sahih riwayat Abdurrazzaq dan Abu Ya'la Al-Mushili mengisahkan perilaku generasi salaf yaitu Sahabat dan Tabi'in di mana banyak dari mereka yang sering melakukan shalat taubat berdasarkan riwayat dari Abdul Aziz bin Abu Rawwad dari Nafi' dari Ibnu Umar, ia berkata:

كَانَ إِذَا شَهِدَ الْعِشَاءَ الآخِرَةَ مَعَ النَّاسِ صَلَّى رَكَعَاتٍ، ثُمَّ نَامَ، وَإِذَا لَمْ يَشْهَدْهَا فِي جَمَاعَةٍ، أَحْيَا لَيْلَةً، قَالَ: أَخْبَرَنِي بَعْضُ أَهْلِ مَعْمَرٍ، أَنَّهُ كَانَ يَفْعَلُهُ، فَحَدَّثْتُ بِهِ مَعْمَرًا، قَالَ: كَانَ أَيُّوبُ يَفْعَلُهُ

Artinya: Apabila Ibnu Umar shalat Isya' berjamaah, maka dia shalat beberapa rakaat, lalu tidur. Apabila tidak shalat berjamaah, maka ia bangun malam dan ia berkata: Telah menceritakan padaku sebagian ahli Ma'mar, bahwa dia melakukan itu (shalat taubat), lalu aku ceritakan pada Ma'mar dan ia berkata: Ayyub juga melakukannya.

Dari Atsar ini dapat disimpulkan bahwa mereka para Sahabat yakni Ibnu Umar, Ma'mar dan Ayyub As-Sakhtiyani - melakukan shalat Taubat secara terus menerus setiap hari.


HUKUM SHOLAT TAUBAH

Hukum shalat taubat adalah sunnah menurut empat madzhab fiqih yaitu mazhab Maliki, Hanafi, Syafi'i dan Hanbali berdasarkan pada hadits sahih riwayat Tirmidzi di atas. Hadits terserbut bermakna bahwa apabila seorang muslim melakukan dosa dan hendak bertaubat dari dosanya itu maka sunnah baginya untuk melakukan shalat sunnah dua rakaat dan melakukan taubat dari dosanya pada Allah Taala.

Termasuk dari bertaubat adalah taubat dari melakukan perkara makruh dan melewati batas yang tidak menapai tingkat perbuatan yang haram.


SYARAT DAN TATA CARA SHALAT TAUBAT

Sebagaimana setiap shalat, syarat pertama adalah mushalli (orang yang shalat) harus suci dari hadats kecil dan besar. Kalau belum hendaknya mandi junub dan berwudhu terlebih dahulu. Lihat: Cara Wudhu dan Mandi Junub

Setelah itu, lakukan shalat 2 raka'at.

- Shalat hendaknya dilakukan sendirian, bukan berjamaah karena ia termasuk shalat sunnah yang tidak dilakukan secara berjamaah.

- Dan setelah shalat disunnahkan membaca istighfar, memohon ampun pada Allah.

- Bacaan saat shalat selain Al-Fatihah boleh membaca bacaan atau surah apa saja. Tidak ada ketentuan khusus. Namun umumnya surah yang dibaca setelah Fatihah adalah Al-Kafirun pada rokaat pertama dan Al-Ikhlas pada rokaat kedua.

- Disarankan bersamaan dengan shalat taubat ini agar melakukan amal kebaikan berdasarkan firman Allah QS Thaha ayat 82 وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَى. Artinya: Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.

- Amal kebaikan paling utama yang dilakukan seorang yang bertaubat adalah sedekah. Karena sadaqah itu termasuk dari sebab terbesar yang dapat menghapus dosa. Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:271

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ

Artinya: Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.


NIAT SHALAT TAUBAT

Niat shalat taubat adalah sebagai berikut:

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Teks latin: Ushalli sunnatat Taubati rokaataini lillahi taala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah.


BACAAN SHALAT TAUBAT

Rakaat pertama: Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun
Rakaat kedua: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas.


DOA DAN BACAAN SETELAH SHALAT TAUBAT

Setelah salam, lalu membaca istighfar 100 kali اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ

Setelah istighfar, baca doa dibawah ini:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya: Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.


WAKTU PELAKSANAAN SHALAT TAUBAT

Shalat taubat (tobat) termasuk dari shalat sunnah mutlak yang dapat dilaksanakan kapan saja. Siang dan malam. Kecuali waktu yang dilarang melakukan shalat sunnah.

Adapun waktu larangan shalat sunnah ada 5 (lima) sebagai berikut:

1. Dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
2. Dari terbit matahari sampai matahari naik sepenggalah (قيد رمح).
3. Dari saat matahari persis di tengah-tengah sampai condong.
4. Dari shalat ashar sampai tenggelam matahari.
5. Menjelang tenggelam matahari sampai tenggelam sempurna.

Baca juga: Cara Taubat Nasuha

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

42 comments:

  1. Assalamu'alaikum..
    mohon diizinkan share ya biar bisa lebih bermanfaat dan berguana bg orang banyak

    Wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan kalo ga' apl baca anya gimana gan

      Delete
    2. mantap gan, lebih banyak tersebar lebih bagus...

      Delete
    3. sharing memang membahagiakan, tetap berbagi dimanapun dan kapanpun :-)

      Delete
    4. Terima kasih pak admin telah berbagi.. semoga kita semua menjadi orang-orang yang taubatnya di terima Allah SWT..

      Delete
  2. Assalamu'alaikum wr wb...
    tolong jelaskan lebih rinci tentang waktu pelaksanaan sholat taubat

    wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya penjelasan di atas sudah rinci sekali. Yaitu bahwa shalat taubat boleh kapan saja selama tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat. Namun biasanya anjurannya adalah saat sepertiga malam akhir.

      Delete
    2. Apakah waktu sholat yang nomor 4 dan 5 maksudnya sama?

      Delete
  3. Terimakasih banyak atas nformasinya gan

    ReplyDelete
  4. kalo baca'anya gak apal gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. alkhoirot.netDecember 13, 2012

      Yg penting baca Fatihah-nya yg wajib dan tahiyat (tasyahud). Yg lain tidak dibaca gak apa2. Tapi kalau ingin membaca, ditulis saja di kertas dan dibaca pada waktunya. Doa bisa dalam bahasa Indonesia.

      Delete
  5. terima kasih atas infonya,
    semoga Alloh menerima tobat kita semua dan memberikan rahmat serta barokah kepada kita. amin

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum wr wb...
    Pak apakah badan bertato tidak sah untuk melakukan ibadah?
    Saya dengar dari orang kalau badan bertato tidak sah juga untuk mandi wajib?
    Apakah harus di hilangkan dulu tatonya?
    Mohon jawabanya sangat penting untuk saya.

    Wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap sah ibadah.
      Pilahh2 jenis tatonya; bila menutup kulit (menghalangi air ke pori2) it tdk sah.
      Hilangkan tato it harus, tapi klo sampe harus ngelupas kulitnya ga usah, tobat aja.

      Delete
  7. Infonya sangat bermanfaat sekali masbro (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan pun hati anda tergerak u/ ngerjakan, itulah waktu yg tepat :-)

      Delete
  8. AnonymousJune 23, 2014

    Waktu yang tepat kapan?

    ReplyDelete
  9. AnonymousJune 25, 2014

    jam berapa buat sholat taubat? tolong respon cepat dong

    ReplyDelete
  10. apakah setelah solat taubat diperbolehkan menjalankan solat sunat tahajud? terima kasih

    ReplyDelete
  11. AnonymousJuly 17, 2014

    terimakasih ilmunya semoga Alloh memberi pahala yang besar

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih sekali, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan memberikan rahmat kepada anda. Semoga kita senantiasa digolongkan dgn orang2 yg beriman dan diridhoi Allah SWT. Aamiin Aamiin ya rabbal alaamiin

    ReplyDelete
  14. Terima kasih. Artikel ini mjd panduan kami dalam menyempurnakan ilmu dan ibadah. Semoga mjd amal jariyah. M. Aamiiin

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum terima kasih informasinya.. mohon ijin share.. insya AllahBerkah. karena ilmu yang mengalir, maka akan mengalir pula pahalanya

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum, semoga amalan yang kita amalkan menjadi berkah

    ReplyDelete
  17. Assslm pak mhn bantuannnnya.apakh shlat taubat itu stlh tskbiaratul ihram kt. Harus bc doa iftitah at tdk pak mhn pnjlsannya sgr

    ReplyDelete
  18. Apkh shlt taubt itu bc jg doa. Iftitah at tdk?

    ReplyDelete
  19. sholat sunah lainnya dong.. :)

    ReplyDelete
  20. Terma kasih semoga jadi pencerahan.

    ReplyDelete
  21. terima kasih mas artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  22. mau tanya kalo sholat taubat di kerjakan setiap selesai sholat wajib itu boleh tidak?

    ReplyDelete
  23. semoga bisa taubat dan semakin baik dalam menjalani kehidupan di dunia untuk bekal di hari akhir

    ReplyDelete
  24. bagaimana kalu kehilangan gelang gan
    mohon petunjuk

    ReplyDelete
  25. menarik sekali membasannya, jadi ada ilmu baru nih...

    ReplyDelete
  26. makasih atas pencerahannya pak,,,semoga kebaikan selalu bersama anda

    ReplyDelete
  27. bolehkah shalat taubat dilaksanakan setelah shalat tahajud,,terimakasih

    ReplyDelete
  28. Terimakasih.

    ReplyDelete
  29. assalaamu'alaikum
    Terimakasih atas informasinya =D

    ReplyDelete
  30. Terima kasih sangat bermanfaat,,

    ReplyDelete
  31. apakah tobatnya seorang hamba yang sangat besar bisa dimaafkan dengan sholat taubat?

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!