Hukum Suntik Kecantikan

Hukum Operasi Kecantikan
HUKUM OPERASI KECANTIKAN

assalamu'alaikum wr.wb.
pak ustad saya mau nanya seputar merubah kecantikan fisik menurut al-qur'an dan hadits, saya seorang wanita ingin menanyakan tentang perawatan tubuh, sbb berikut :
1 Rambut saya kan kusam perpaduan warna coklat+merah.. jadi sbg wanita saya ingin tampil fresh dengan rambut indah,terlebih ingin terlihat cantik pada calon suami saya kelak..lalu setahu saya dalam islam diharamkan menyemir rambut berwarna hitam. jadi apakah jika saya menyemir warna hitam+coklat atau digabungkan menjadi coklat kehitam-hitaman di perbolehkan tidak dalam islam.?
2. lalu apakah di perbolehkan dalam islam kalau saya mau menambah volume pipi karena pipi saya tidak tembem, jadi muka terlihat lebih kurus dan tua (saya wanita yang kurus)?
3. sekarangkan banyak salon atau klinik kecantikan yang menawarkan jasa suntik/injeksi putih, apakah diperbolehkan dan tidak berdosa?
4. Lalu yang terakhir saya sebagai wanita tidak lepas dengan perawatan kecantikan seperti memakai cream pemutih wajah atau pergi kesalon untuk perawatan (lulur, spa rambut dll), jadi apakah boleh dalam islam hanya sekedar perawatan di salon?

DAFTAR ISI
  1. Hukum Operasi Kecantikan
  2. Hukum Menelan Air Ludah Saat Puasa
  3. Hukum Berhubungan Dengan Istri Orang
  4. Hukum Berdialog Dengan Jin Jahat
  5. Aqiqah Anak Setelah 40 Hari
  6. Harta Waris Peninggalan Istri
  7. Letak Sorga Dan Neraka
  8. Mimpi Diajak Turun Tangga
  9. Bagian Waris Anak Perempuan Di Bawah Umur
  10. Shalat Istikharah Untuk Memilih 3 Pria
  11. Mimpi Dilamar Mantan Pacar
  12. Cara Menghadapai Permasalahan Hidup

apakah hal yang saya tanyakan di atas termasuk merubah ketetapan allah yang telah allah berikan, tolong beri jawaban dan point mana saja yang di larang. Mohon jawaban dan pencerahannya pak ustad..

terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah di berikan.
assalamu'alaikum

FA


JAWABAN HUKUM OPERASI KECANTIKAN

1. Hukum menyemir rambut dengan selain warna hitam adalah boleh. Sedang dengan warna hitam ada yang mengharamkan tapi ada juga yang menghalalkan. Perbedaan pendapat ini berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari
أتي بأبي قحافة والد أبي بكر رضي الله عنهما يوم فتح مكة ورأسه كالثغامة بياضاً، فقال رسول الله صلى الله صلى الله عليه وسلم: غيروا هذا واجتنبوا السواد
Artinya: Abu Quhafah datang bersama ayah Abu Bakar pada hari penaklukan Makkah. Rambutnya sangat putih. Nabi bersabda: Rubahlah ini (warna rambut). Tapi jauhi warna hitam.

2. Merubah bentuk fisik yang selain warna rambut hukumnya haram kecuali karena cacat. Kalau karena cacat hukumnya boleh. Dalil keharaman adalah berdasarkan firman Allah QS An-Nisa' 4:119 dan hadits sahih riwayat Bukhari & Muslim dari Ibnu Mas'ud sbb:
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يلعن المتنمصات والمتفلجات للحسن اللآتي يغيرن خلق الله
Artinya: Aku mendengar Rasulullah melaknat pada perempuan yang mencabut alis dan mengubah bentuk gigi agar tampak cantik mereka adalah orang-orang yang merubah ciptaan Allah.

3. Tidak boleh karena termasuk merubah ciptaan Allah. Lihat poin 2. Di samping itu, suntik kecantikan termasuk suntik pemutih memiliki akses kesehatan yang berbahaya.

4. Perawatan fisik untuk kebersihan dan kesehatan dibolehkan. Sebagaimana bolehnya memakai sabun dan sikat gigi.

_________________________________________________________


HUKUM MENELAN AIR LUDAH SAAT PUASA

Assalamu'alaikum wr. wb.

Sepengetahuan saya, salah satu hal yang membatalkan puasa adalah memasukan sesuatu ke badan, baik melalui mulut, hidung, telinga dan lain-lain. Selain itu, keramas juga dimakruhkan saat berpuasa karena dikhawatirkan ada air yang masuk ke badan kita -- maaf kalau ada yang salah . Yang ingin saya tanyakan adalah:

1. Bagaimana hukumnya orang yang menelan (*maaf) ludahnya sendiri, secara ludah kan keluar terus menerus. apakah itu bisa membatalkan puasa, atau untuk masalah seperti ini di ma'fu, artinya boleh menelan ludah saat berpuasa?

2. Saat terkena flu, (*maaf) ingusnya kan keluar terus. Saat kondisi tertentu kita tidak bisa membuangnya (misal saat sholat), jadi mau tidak mau kita harus menghirupnya. Apakah hal itu juga bisa membatalan puasa atau tidak?

Mohon penjelasannya, karena hal-hal keci seperti ini jarang diperhatikan tapi perlu diketahui hukumnya juga.

Terimakasih, (Shinta El Shirazi)
Wa'alaikumsalam wr. wb.

JAWABAN

1. Menelan air ludah sendiri yang berada dalam mulut saat bulan puasa hukumnya tidak membatalkan puasa. Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmuk hlm. 6/317 berkata [ابتلاع الريق لا يفطر بالإجماع]. Artinya: menelan ludah (sendiri) tidak membtalkan puasa menurut ijmak (kesepakatan ulama empat madzhab).

2. Sedangkan menelan riak atau ingus (Arab, balgham, mukhat) maka terjadi perbedaan ulama: ada yang berpendapat membatalkan ada yang tidak. Baik dalam puasa atau shalat. Dalam keadaan sulit dihindari seperti saat shalat, pendapat yang tidak membatalkan lebih rajih (unggul). Namun demikian, ada baiknya kalau sedang pilek anda menyiapkan tisu saat shalat untuk mengeluarkan ingus tadi. Karena keluar dari perbedaan ulama lebih dianjurkan (mustahab). Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmuk merinci soal ini sbb:
النخامة إن لم تحصل في حد الظاهر من الفم لم تضر بالاتفاق، فإن حصلت فيه بانصبابها من الدماغ في الثقبة النافذة منه إلى أقصى الفم فوق الحلقوم، نظر إن لم يقدر على صرفها ومجها حتى نزلت إلى الجوف لم تضر، وإن ردها إلى قضاء الفم أو ارتدت إليه ثم ابتلعها أفطر على المذهب، وبه قطع الجمهور، وحكى صاحب العدة والبيان وجها أنه لا يفطر، لأن جنسها معفو عنه، وهذا شاذ مردود، وإن قدر على قطعها من مجراها ومجها فتركها حتى جرت بنفسها فوجهان حكاهما إمام الحرمين وغيره، أحدهما: يفطر لتقصيره، قال الرافعي: وهذا هو الأوفق لكلام الأصحاب.

والثاني: لا يفطر، لأنه لم يفعل شيئا، وإنما ترك الدفع فلم يفطر، كما لو وصل الغبار إلى جوفه مع إمكان إطباق فيه ولم يطبقه، فإنه لا يفطر، قال الشيخ أبو عمرو بن الصلاح: ولعل هذا الوجه أقرب

_________________________________________________________


HUKUM PERTEMANAN DENGAN ISTRI ORANG

Assalamu Alaikum!!!
Saya mau curhat pak Uztad.. Saya punya masalah. Sudah 2 tahu ini saya berteman dengan seorang wanita non muslim yang sudah bersuami tanpa sepengetahuan suaminya. Wanita ini curhat ke saya kalau hubungannya dengan suaminya tidak harmonis & dia tertarik masuk Islam.. Yang jadi pertanyaan saya:
1. Apa boleh saya tetap melanjutkan pertemanan dengan wanita tersebut?
2. Apa suatu saat jika wanita itu pisah dengan suaminya karena masuk Islam, apa saya dosa?
3. Jika suatu saat saya menikah dengan wanita itu setelah masuk Islam, apakah aku juga dosa?

Saya sangat bingung, sebenarnya saya mau menghentikan hubungan ini karena aku merasa berdosa, tapi di sisi lain aku juga takut dosa jika tdk berteman lagi maka wanita itu akan kacau.. Mohon pencerahannya...
Terima Kasih,, Wassalam!!!!...
FA

JAWABAN

1. Tidak boleh seorang lelaki berbicara dengan istri orang tanpa seijin suaminya. Baik pertemanan itu dalam dunia nyata atau melalui HP atau internet (facebook, twitter, google plus, dll). Seorang istri adalah hak dari suami sebagaimana suami adalah hak si istri karena itu ijin dari suami adalah mutlak diperlukan. Dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Majah Nabi bersabda
..ألا وإن لكم على نسائكم حقاً ، ولنسائكم عليكم حقاً ، فحقكم عليهن : أن لا يوطئن فرشكم من تكرهون ، ولا يأذن في بيوتكم لمن تكرهون

Dalam memaknai hadits di atas, Al-Khattabi, yang dikutip oleh As-Sindi dalam Hasyiyah Ibnu Majah, menyatakan
معناه أن لا يؤذن لأحد من الرجال يدخل فيتحدث إليهن
Artinya: Tidak boleh laki-laki manapun masuk ke rumah seseorang dan berbicara dengan istri orang lain.

2. Itu soal yang berbeda. Seorang non-muslim boleh dan dianjurkan untuk masuk Islam. Anda tidak berdosa apabila menjadi penyebabnya. Namun hal itu tidak menghapus dosa anda berhubungan dengannya tanpa ijin suaminya.

3. Anda boleh menikah dengannya apabila telah terpenuhi syarat-syarat dalam pernikahan. Lihat: Pernikahan Islam.

_________________________________________________________


HUKUM BERDIALOG DENGAN JIN JAHAT

Asslmkum..
Pak kyai sy mau tanya, bagaimana hukumnya berdialog dg jin jahat (syaitan) sedangkan jin tsb sering kali menanyai/membisiki di pikiran sy, klw tdk sy jwb dia menakut2i knp gak di jwb gitu, pdhl sering kali jin
ngomong2in kejelekn org lain atau sesuatu yg tdk ada pd org lain, apakah itu trmsk ghibah? Sdgkn sy org yg lg di ganggu jin pak, kena sihir? Terima ksh pak kyai..
Wsslmkum..
Koma

JAWABAN

Berbicara dengan jin tidak berbeda dengan berbicara dengan sesama manusia dalam arti boleh atau tidaknya tergantung dari materi pembicaraan. Namun apabila dalam keadaan di luar kekuasaan anda untuk berbicara masalah yang haram, maka itu dapat dianggap darurat.

Saya sarankan anda datang menemui seorang kyai yang ahli di bidang jin untuk dapat melepaskan diri dari gangguan jin tersebut.

Terkait: Sering Melihat Hantu Jin dan Cara Mengatasi

_________________________________________________________


AQIQAH ANAK SETELAH 40 HARI

assalamu'alaikum wr.wb
kpd ponpes alkhoirot sya ingin berta'ya:
sy punya seorang anak laki" yg baru lahir, dan yg sy tau apabila ank bru lahir dan berusia 40 hari anak trsebut hrus di berikan nama tasyakuran dan cukur rambut.
1. yg jdi perta'yaan sya bolehkah apabila qita mengadakan tasyakuran dan bikin nama lewat dri 40 hri atau skitar 2blan, di karenakan qita blum pu'ya biaya untuk membuat acara trsebut.
2. trus ap hukumnya acara 7 bulanan wktu bayi msih di dlam kndungan bagaimana klo qt tdk mmbwt acra 7 bln trsbt
Hadi Irawan

JAWABAN

1. Yang anda maksud tasyakuran itu adalah aqiqah (akikah) yaitu menyembelih kambing; dua kambing untuk anak lelaki dan satu kambing untuk anak perempuan. Namun hal itu tidak wajib. Artinya kalau anda tidak mampu melakukannya, tidak perlu memaksakan diri.

2. Acara 7 bulan tidak ada hukumnya dalam Islam. Ia boleh dilakukan atau tidak apa-apa ditinggalkan.

_________________________________________________________


HARTA WARIS PENINGGALAN ISTRI

Ass.wr.wb salam kenal
Saya ingin menanyakan hukum pembagian waris secara islami, sbb
Istri meninggal dg meninggalkan suami dan satu anak laki2 serta empat anak perempuan, almarhumah mempunyai satu saudara lk dan satu pr, ketika meninggal , almarhumah meninggalkan harta yang murni harta isteri ( harta warisan dari org tua , bukan campuran harta suami), bagaimana cara menghitungnya, mohon pencerahannya...suami brp? Anak lk brp? Anak pr brp? Terimakasih..
verosmuhammad

JAWABAN

- Suami mendapat bagian 1/4 (seperempat) dari harta peninggalan.
- Bagian sisanya yakni 3/4 dibagikan kepada semua anak laki-laki dan anak perempuan. Di mana anak laki-laki mendapat bagian dua kali lipat dari anak perempuan.
- Saudara laki-laki dan perempuan tidak mendapat bagian sama sekali karena terhalang (mahjub) oleh adanya ahli waris anak kandung.

Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam (Panduan Lengkap).

_________________________________________________________


LETAK SORGA DAN NERAKA

Assalamualaikum Wr Wb.
Salam ta'dzim dari saya. Mudah-mudahan kiai selalu diberi kesehatan dan kesabaran dalam mengemban tugas, amien.
Salam kenal dari saya, kebetulan istri saya adalah alumni Al-khoirot, dan saya adalah salah satu simpatisan alkhoirot.
Kiai, sebagai seorang muslim saya ingin tahu banyak tentang informasi surga dan neraka. Pertanyaaan saya:
1. Apakah sekarang surga dan neraka itu sudah ada, dan sudah diciptakan oleh Allah?
2. Dimanakah surga dan neraka akan berlangsung? karena saya pernah membaca disuatu keterangan bahwa surga dan neraka itu akan berlangsung dibumi kelak. Lalu bagaimana dengan peristiwa isra' mi'raj, dimana Nabi pada saat itu diperlihatkan keadaaan surga dan neraka dilangit ketujuh?

Trimakasih
Muhammad Hasun

JAWABAN

Lihat artikel: Surga Neraka Ada Di Mana?

_________________________________________________________


MIMPI DIAJAK TURUN TANGGA

Assalamu'alaikum ustadz, saya Ari Saputra.
Kemarin malam saya bermimpi diajak seseorang untuk turun tangga, ketika saya coba untuk menuruni tangga itu saya malah kembali lagi. (Seperti menuruni eskalator yang keatas). Namun saya akhirnya menggunakan jalan lain untuk menuruni tangga tersebut dan akhirnya berhasil. Setelah itu dilanjutkan dengan mimpi lain (Saya lupa).
Lalu tadi malam saya mimpi digigit serangga, entah apa tapi serangga itu mirip tomcat, cukup sakit dan perih. Setelah itu bekas gigitannya membengkak, ada tiga.

Nah pak ustadz, kira-kira makna dari kedua mimpi tersebut apa? saya cukup kebingungan, saya takut ada hal buruk. Mohon bantuannya, terimakasih. Wassalam.
Ari Saputra

JAWABAN

Tidak ada hal buruk yang akan menimpa. Mimpi anda yang pertama itu hanya menunjukkan bahwa anda sedang galau atau gamang dalam menentukan jalan hidup. Sebagai seorang muslim satu hal yang perlu anda tahu bahwa jalan ke depan menuju kebenaran itu sudah jelas dan terang benderang yaitu: syariah Islam itu sendiri. Ikuti syariah Islam dengan benar dan anda tidak akan membutuhkan panduan orang atau ajaran lain.

Adapun mimpi kedua itu adalah kenyataan yang masuk dalam mimpi. Maksudnya, anda memang sedang digigit serangga dan dan kenyataan itu masuk dalam alam mimpi anda. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Yang perlu dilakukan: sebelum tidur pastikan untuk membersihkan tempat tidur dan kamar terlebih dahulu agar tidak ada serangga yang masuk.

Terkait:

>> Mimpi dalam Islam
>> Tafsir Mimpi

_________________________________________________________


BAGIAN WARIS ANAK PEREMPUAN DI BAWAH UMUR

Assalamu'alaikum wr wb..

1. Siapakah yang menjadi ahli waris dari seorang laki-laki yang sudah meninggal dunia dan meninggalkan 2 orang anak perempuan (masih berusia 11 tahun dan 5 tahun) sementara sebelum meninggal, laki-laki tersebut telah bercerai dari istrinya (saat ini istrinya sudah menikah lagi).
2. Ayah dan ibu kandung almarhum sudah meninggal dunia, saudara kandung dari almarhum terdiri dari 1 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.
3. Dan bagaimana cara membagi warisan tersebut?
4. Dan bagaimana dengan bagian dari anak perempuan yang masih di bawah umur?

Terima Kasih,
Wassalam..
Rizka Amalia

JAWABAN

Harta dibagikan setelah dipotong biaya pengurusan jenazah, pembayaran hutang piutang dan penyelesaian wasiat (kalau ada). Setelah itu pembagian warisan sbb:

1. Kedua anak perempuan itu mendapat 2/3 (dua pertiga) dari harta peninggalan.
- Istri yang bercerai sebelum suami meninggal tidak mendapat bagian warisan apapun.
2. 1 Saudara kandung laki-laki dan 2 perempuan mendapatkan sisa harta yakni 1/3 dari harta peninggalan. Dalam pembagian tersebut saudara perempuan mendapat separuh dari anak laki-laki.
3. Lihat poin 1 dan 2.
4. Tetap dibagi sesuai aturan waris. Setelah itu, karena mereka masih kecil, maka perlu ada yang mengurus hartanya yaitu kerabat terdekat yang masih hidup yaitu paman atau bibi mereka (dimusyawarahkan saja).

Lebih detail lihat: Hukum Waris Islam (Panduan Lengkap).

_________________________________________________________


SHALAT ISTIKHARAH UNTUK MEMILIH 3 PRIA

slmat mlm ..
saya dwi , say ingin b'tnya sblm nya mngenai shlat istiqoroh ini ..
saya di hadapkan oleh 3 laki-laki yang menyukai saya, dan 3 laki-laki itu menyuruhh saya melakukan shalat istiqoroh (ejaan yang benar: istikhoroh - admin) agar bisa memilih slah 1 dari mereka ??

apa benar setelah saya melakukan shalat nya saya akan mndapatkan mimpi darii salah satu mereka ..
thx
dwi

JAWABAN

- Dalam kasus anda shalat istikharah dilakukan apabila dari ketiga laki-laki itu semuanya memenuhi syarat lelaki yang baik dan shalih menurut pandangan syariah. Apabila yang shalih hanya salah satu, maka itulah pilihan yang tepat tanpa perlu istikharah lagi.

Terkait:

>> Shalat sunnah Istikharah
>> Shalat istikharah untuk menentukan jodoh

_________________________________________________________


MIMPI DILAMAR MANTAN PACAR

Assalamualaikum..

Teman saya bercerita klo Dia Mimpi Saya di Lamar Mantan Pacar saya, di Mimpi tersebut teman saya melihat Mantan Pacar saya membawa uang 50 juta untuk melamar saya, tetapi saya hanya diam dan tidak mau keluar dari kamar.. Dan si pria itu tetap menunggu jawaban dari saya, dan saya tidak mau keluar dari kamar..
Artinya apa ya? Apakah bunga tidur teman saya?
Wasaalam
Novi

JAWABAN

- Bisa saja itu bunga tidur kalau anda pernah bercerita soal ini pada teman anda itu. Kalau anda pernah bercerita soal ini pada teman anda, maka itu artinya anda masih berharap dia melamar anda. Dengan kata lain anda masih menyukainya. Kalau benar demikian, maka tidak ada salahnya meminta dia untuk melamar anda daripada hidup dalam mimpi-mimpi tanpa kenyataan.

- Kalau itu bukan bunga tidur, misalnya anda tidak pernah bercerita soal ini padanya, maka maksudnya adalah dia dan anda masih sama-sama menyukai dan ingin berlanjut ke jenjang perkawinan. Apabila pria itu figur yang shaleh tak ada salah melakukan pendekatan untuk menanyakan kebenaran hal tersebut.

Terkait:

>> Mimpi dalam Islam
>> Tafsir Mimpi
_________________________________________________________


CARA MENGHADAPAI PERMASALAHAN HIDUP

Maaf sebelumnya jika kedatangan email saya menggangu. Kepada kh.atau guru pondok pesantren di tempat.nama saya siti mariyam. Saya ingin sedikit curhat dan shering. saya ingin curhat bagaimana jika kita menghadapi permasalahan hidup. Sebelumnya saya ucapka terima kasih.
Lia

JAWABAN

Hadapi permasalahan hidup dengan semestinya dengan sabar, tegar dan semangat juang untuk mengatasinya. Dengan kepercayaan penuh bahwa Allah akan memberi solusi terbaik apabila kita mau berusaha dan tidak pernah putus asa.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!