Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Tafsir Mimpi

Tafsir Mimpi

Mimpi umumnya hanya sebagai kembang tidur atau gangguan setan. Karena itu mimpi harus ditafsiri secara positif agar membawa energi yang positif pula bagi fisik dan mental seseorang. Takbir mimpi terkadang dianggap sebagai pertanda, tapi sebenarnya ia adalah tafsir belaka yang tidak akan dapat mengalahkan realita. Hiduplah positif dan optimis dengan atau tanpa mimpi.

DAFTAR ISI
  1. Bacaan Doa Sebelum Tidur
  2. Bacaan Doa Setelah Mimpi Buruk
  3. Mimpi Bertengkar dengan Ustadz Idola
  4. Mimpi Ketemu Ustadz Idola
  5. Mimpi Gigi Copot
  6. Mimpi Melihat Cahaya Langit
  7. Mimpi Hasil Istikharah Laki-laki yang Mengajak Nikah
  8. Mimpi Ada Suara Tanpa Rupa
  9. Mimpi Masuk Rumah Berpintu Hitam
  10. Mimpi Melihat 8 Bulan Purnama
  11. Mimpi Kedatangan Tamu Malaikat
  12. Mimpi Anak Bayi
  13. Mimpi Gigi Sakit dan Copot
  14. Mimpi Kejatuhan Helm dan Kelapa
  15. Mimpi Ketemu Jodoh
  16. Sering Mimpi Ular


BACAAN DOA SEBELUM TIDUR

Agar tidak suka mimpi buruk baik karena gangguan setan atau bayangan kejadian saat bangun, maka dianjurkan membaca bacaan doa berikut:

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Tulisan latin: Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuutu.
Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam (HR. Bukhari)


BACAAN DOA SETELAH MIMPI BURUK


اللهم إني أعوذ بك من عمل الشيطان وسيئات الأحلام

Teks tulisan latin: Allaahumma innii a'uudzu bika min 'amalisy syaythaani, wa sayyi'aatil ahlaami
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as-Sani)


MIMPI BERTENGKAR DENGAN USTADZ IDOLA
TANYA
Assalaamu'alaikum. Pak.Ustadz yang saya hormati, saya mau tanya. Saya kemarin bermimpi bertengkar dengan Ust.Farhan [bukan nama sebenar nya]. Ust.Farhan adalah orang yang saya sukai. Kebetulan di situ ada Paman nya Ust.Farhan. Kemudian beliau bertanya kepada kami, kenapa kami bertengkar. Lalu beliau menasihati agar kami menikah saja.

Menurut Pak.Ustadz mimpi tersebut apa arti nya? Pak.Ustadz sebenar nya Ust.Farhan dekat dengan gadis lain yang jauh lebih cantik dari saya dan lebih dekat dengan Ust.Farhan. Saya pernah bermuka masam pada gadis itu. Saya sebenarnya tidak bermaksud begitu. Saat saya minta maaf dia tidak mau memaafkan. Mungkin gadis itu suka sama Ust.Farhan. Dan mungkin gadis itu curiga kalau saya suka sama Ust.Farhan. Saya jadi ingin melupakan Ust.Farhan saja Pak.Ustadz. Menurut Pak.Ustadz, saya harus bagaimana?

JAWAB

Kalau memang Anda merasa cukup pantas untuk berpasangan dengan ustadz itu dengan melihat bukan hanya fisik, tapi juga perilaku, maka Anda bisa saja langsung mengutarakan isi hati Anda untuk menikah dengan ustadz tersebut. Kalau Anda sulit melakukannya, dapat meminta bantuan pada siapapun yang Anda percaya untuk menyimpan rahasia. Dengan cara ini maka akan menjadi jelas apakah si ustadz idola itu juga menyukai Anda atau tidak.

Setelah jelas apa jawaban dari ustadz tersebut, maka Anda dapat menata kembali kehidupan Anda ke depan dengan atau tanpa ustadz tersebut.

____________________________________________


MIMPI KETEMU USTADZ IDOLA
Assalaamu'alaikum Pak. Ustadz. Saya Nela, dari Brebes. Mau bertanya, tadi malam saya bermimpi sedang sholat di masjid. Setelah selesai sholat saya berbalik badan untuk melipat sajadah saya. Aneh nya di belakang saya ada seorang Ustadz yang sedang sholat dalam posisi hendak sujud. Padahal di situ tempat shalat untuk muslimah. Saya
benar-benar tidak enak pada Ustadz itu. Lalu saya segera pulang ke rumah.

Pak Ustadz, Ustadz yang sedang sholat itu adalah orang yang saya sukai. Kira-kira apa ya Pak Ustadz arti dari mimpi saya? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

JAWABAN MIMPI KETEMU USTADZ IDOLA

Itu tanda Anda betul-betul menyukai ustadz tersebut. Kalau memang Anda betul-betul suka dan merasa sepadan dengan dia, maka tidak ada salahnya kalau Anda mencoba mengadakan pendekatan terlebih dulu dengan jujur kalau Anda menyukainya.

Tapi kalau merasa kurang sepadan dengan dia dalam segi perilaku, maka perbaikilah perilaku Anda sedekat mungkin dengan syariah Islam sehingga dia menyukai Anda. Kalau Anda merasa kurang sepadan dengannya dalam segi fisik, maka fisik itu relatif. Karena itu silahkan mencoba melakukan pendekatan yang baik. Bahkan kalau perlu, berterusteranglah padanya seperti yang dilakukan oleh istri pertama Nabi, Khadijah, yang menyatakan keinginannya lebih dahulu. Lihat kisah Siti Khadijah di sini. Tak perlu malu terhadap sesuatu yang benar.

Ingat, pendekatan yang dimaksud bukan pendekatan ala anak gaul dengan cara bergenit-genit di hadapannya. Tapi utarakan padanya secara lisan bahwa Anda menyukainya dan ingin menikah dengannya. Semoga Anda bahagia dengan pilihan Anda.

____________________________________________


MIMPI GIGI COPOT

assalamualaikum wr wb
pak ustadz yg terhormat,semalam saya bermimpi gigi geraham bawah saya
yg sebelah kiri copot.dan menurut orang akan ada dari salah satu
anggota keluarga saya yang akan meninggal.
Mohon petunjuk kalau dalam islam mimpi seperti itu apa ada artinya.
Terimakasih sebelumnya atas tanggapanya.

Wassalamualaikum wr wb.
Siti hajar

JAWABAN MIMPI GIGI COPOT

Tidak benar ada yang akan mati. Dalam Islam, kematian itu rahasia Allah. Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan mati dan tidak ada tanda-tanda apakah seseorang akan mati kecuali tanda-tanda kesehatan fisik. Baca: Tanda Kematian dalam Islam

Arti positif dari mimpi Anda adalah agar Anda ingat pada kematian. Bahwa mati itu ada dan akan terjadi kapan saja. Dengan mengingat mati, maka Anda dianjurkan untuk berperilaku lebih agamis, lebih taat beragama dan lebih baik pada sesama umat manusia.

____________________________________________


MIMPI MELIHAT CAHAYA LANGIT
Assalamulaikum, pak ustad.

mohon maaf telah lancang, dengan email ini saya mau menanyakan perihal tentang mimpi saya kemarin malam 03 agust 2012 / 15 Ramadhan.sekitar pkl 01 s/d 02:30 malam.

saat itu saya mimpi terbangun dari tidur dan keluar dari rumah. saya memandangi langit diatas rumah saya terdapat cahaya-cahaya yang terang juga indah lalu ustad, saya merasakan begitu besarnya kebahagiaan dalam hati saya. langit itu dengan seketika memancarkan cahaya cahaya dan terdapat pergerakan awan yang berubah menjadi gambar layaknya kembang api. bulan juga menjadi 6, bulat seperti purnama dengan tidak berubah ukuran dan bentuk. saya juga merasakan sepertinya Allah berkomunikasi kepada hambaNYA. (wahai hamba-hambaKU yang telah beriman & bertaqwa, inilah pada malam inilah KUtunjukan Nikmatku. maka perbanyaklah ibadah)

SubhanAllah.... saya tidak berhenti melafazkan tasbih itu, namun saya bingung ustad, dalam mimpi itu para tetangga di rumah saya berbeda-beda keadaannya. ada yang merasa takut terhadap murka Allah, ada juga yang merasakan kebahagiaan dan ada juga yang cuek-cuek saja tidak mengabaikan kejadian itu. lalu dalam mimpi itu saya masuk kerumah hendak melanjutkan tidur saya, akan tetapi mimpi itu berulang lagi sampai 3 kali. dan terakhir kalinya saya terbangun untuk melaksanakan makan sahur.

mohon bisa dijelaskan kepada saya, takwil mimpi saya ini ustad.

mohon maaf & terima kasih atas perkenannya pak ustad menjawab pertanyaan saya.
afwuminkum wassalamualaikum.

JAWABAN MIMPI MELIHAT CAHAYA LANGIT

Anda beruntung karena mendapat kesempatan untuk melihat sekelumit kecil dari bukti kebesaran Allah. Tidak semua dapat menyaksikan itu. Kesempatan yang diberikan hendaknya tidak disia-siakan. Kesempatan itu akan semakin diperbesar seiring dengan level keimanan yang Anda miliki. Dan keimanan itu akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya ilmu (Lihat QS Al Mujadalah :11). Tentu saja ilmu yang akan menambah keimanan bukan ilmu yang akan berakibat pada semakin tipisnya imana seperti ilmu filsafat agama.

Selain dengan ilmu, keimanan akan semakin meningkat apabila perilaku semakin diperbaiki. Perilaku yang baik adalah apabila semakin dekat dengan akhlak Rasulullah yang terdiri dari 3 (tiga) unsuer yaitu akhlaq syariah, akhlak universal dan akhlak lokal. Tentang akhlakul karimah lihat buku Pribadi Akhlakul Karimah.

Teruslah berusaha semakin dekat pada Allah dengan cara meningkatkan ibadah pada-Nya dan meningkatkan manfaat kepada sesama manusia sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

____________________________________________


MIMPI TENTANG COWOK YANG NGAJAK KAWIN

Assalamualaikum. saya mo tanya tentang mimpi. saya kenal ama seorang cowok,dia bilang suka dan ingin menikah dgn saya lalu saya shalat istiharoh.

mimpi mlam prtama stlh shlat istharoh seakan2 dy duduk bersila di dpan saya? tersenyum udh gtu menunduk makan.saya liat d sblah kanan dia ad 2 pria lg liat saya jg&tersenyum. mimpi hari ke 2 seakan2 saya ada d rmah baru trus saya am dia tengkar sama ibu saya dia d tlf utk mendamaikan kami.hari ke 3 saya mimpi seakan2 dia mo nikah,dia ad di atas gedung lagi melamun trus saya ada di bawah gedung liatin dia.

ap arti mimpi saya itu,mohon jawabannya.

JAWABAN

Istikharah digunakan sebagai pertimbangan terakhir dalam melihat seseorang atau lelaki yang ingin melamar atau mengajak menikah. Yang pertama dan utama yang jadi pertimbangan adalah fakta yang rasional seperti (a) komitmennya pada agama; (b) perilakunya sehari-hari terutama terhadap orang tua dan kerabat dekatnya; dan (c) penilaian tetangga dan teman dekat tentang dia. Kalau tiga hal ini sudah baik, maka insyaAllah Anda sudah dapat memutuskan menerimanya tanpa perlu shalat istikharah. Sebaliknya, apabila tidak baik dalam ke-3 kriteria di atas, maka anda bisa langsung menolaknya tanpa perlu istikharah.

Karena shalat istikharah hanya diperlukan dalam keadaan menghadapi dua pilihan sulit yang sama-sama baik menurut syariah. Perlu diketahui bahwa mimpi dalam shalat istikharah bukanlah cara untuk mengetahui kebenaran karena cara seperti itu tidak ada contohnya di masa Nabi Muhammad. Nabi hanya mencontohkan untuk shalat istikharah dan setelah shalat memutuskan menurut kemantapan hati.

Karena itu mimpi Anda hendaknya tidak dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan untuk menerima atau menolak ajakannya untuk menikah. Pertimbangan utama adalah tiga faktor di atas: agama, perilakunya pada orang tua, dan penilaian teman/tetangga.

Anda juga perlu berhati-hati terhadap cowok yang mengajak nikah karena itu salah satu dari trik cowok untuk merayu dan memperdaya cewek. Anda juga perlu ketahui bahwa hubungan laki-laki dan wanita dilarang dilakukan dalam keadaan khalwat (berduaan) karena itu jalan menuju perbuatan dosa besar yaitu zina.

____________________________________________


MIMPI ADA SUARA TANPA RUPA

Asalamu'alaikum.. pak ustadz, saya mau tanya.. Saya mimpi 3 kali bertemu suara tampa rupa dan yg kelihatan telunjuk tangan saja yg menunjuk kepada saya.. Dan antara 1 mimpi dg mimpi yg lainnya jarak nya berjauhan.. Dalam mimpi tersebut, suara tampa rupa bilang pada saya:
mimpi ke-1). Dia berkata "Kamu kaya nabi Yusuf". Memang sih pd wktu itu saya sering baca do'a nabi yusuf.
Mimpi ke-2, Dia berkata "anak dan istri kamu mati" . Pada hal saya belum nikah.
Mimpi ke-3, dia berkata "kamu akan mati 100 hari lagi" Sblum mimpi ke-3 tuh siang nya saya lihat artikel tentang tanda2 100 menjelang kematian..

Nah untuk mimpi yg ke-3 saya selalu memikirkan terus-terusan sampai ketika shalat dan berdo'a pun memikirkan nya.. Apa lgi tanda2 nya ada yg sama yg saya alami, yaitu yg ke seratus..

1. Nah benarkah seperti itu pak ??
2. Dan apakah suara tanpa rupa yg dalam mimpi saya itu jin atau apa ??

Terimakasih.

JAWABAN

Dianjurkan kepada setiap muslim yang beriman agar tidak terlalu menganggap pada mimpi yang datang padanya. Karena mimpi umumnya adalah kembang tidur.

Namun, kalau Anda menganggapnya serius maka hendaknya ditafsiri secara positif sebagai berikut:
Mimpi ke-1: adalah anjuran agar hendaknya Anda berperilaku seperti Nabi Yusuf atau setidaknya bercita-cita seperti Nabi Yusuf dalam segi kesabaran dalam penderitaan dan tahan terhadap ujian dunia yaitu ketika beliau dalam keadaan berkuasa dan kaya raya.

Mimpi ke-2: adalah anjurna agar Anda berhati-hati dalam memilih pasangan untuk calon istri. Mati di situ artinya bukan mati harfiah tapi mati rasa dan jauh dari hidayah Allah. Pilihlah istri yang baik dan agamis bukan karena cantik atau kaya.

Mimpi ke-3: Tampak sekali Anda terpengaruh oleh bacaan yang baru dibaca. Tanda-tanda kematian yang sering terdapat di internet itu adalah tulisan bohong yang tidak bertanggung jawab. Tanpda dasar Quran maupun hadits. Anda jangan percaya sedikitpun. Sebaliknya, tetaplah fokus untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Maka insyaAllah Anda akan berada dalam lindungan Allah. Lihat: Tanda Kematian dalam Islam

Adapun suara yang ada dalam mimpi Anda bukanlah jin. Ia adalah pantulan dari suara hati kecil Anda.

____________________________________________



MIMPI MASUK RUMAH BERPINTU HITAM

Assalamu'alaikum.. Pak ustad saya mau tanya. Hampir tiap malam kalau tidur saya dengerin orang ngaji diradio. Nah skitar pukul 02:05 saya terbangun krna pngen kencing dan ada perasaan akan mati dan saya pun memikirkan nya. Kemudian tidur lagi dan bangun pukul 03:56 untuk sahur dan kemudian tidur lagi, antara sadar dan tak sadar, saya mimpi berada di ruangan yg besar dan temboknya warna putih smua mirip puskesmas di daerah saya. Di dalam ruangan trsbt banyak pintu, pintunya warna hitam semua dan pintunya bukan terbuat dari kayu tapi apa lah saya sendiri tidak tau. Dan pintunya sebelah utara semua.

Kemudian satu pintu di barat tiba2 terbuka dan saya melihat ruangan yg luas atau padang sapana yg tanpa batas berwarna putih semua dan tidak berisi. Kemudian pintu trsbt tiba2 tertutup kembali, ketika sedang menutup dari dalam ruangan/padan sapana trsbt memancarkan cahaya yg menyilaukan mata. Dan aneh nya posisi saya pun semakin menjauh atau mudur dari pintu trsbt tanpa bergerak.. Dan saya pun bangun pukul 04:05, lalu shalat subuh dan berdo'a agar perasan dan mimpi itu bukan bertanda buruk bagi saya.

Nah menurut pak ustad, apakah arti dari perasaan dan mimpi saya itu ? Dan apkah itu bertanda akan mati ?? Atau hanya tanda gangguan jin ?

JAWABAN

Mimpi Anda bukan pertanda mati. Juga bukan gangguan jin. Ia hanya mimpi yang diakibatkan oleh bayangan anda akan kematian saat belum tidur. Namun demikian, ada baiknya apabila dengan adanya mimpi itu menyadarkan Anda bahwa hidup dan mati adalah ibarat dua sisi dari satu uang koin. Artinya, kematian dapat terjadi seperti membalik telapak tangan dan karena itu Anda harus selalu waspada dalam berkata dan berperilaku sesuai dengan pedoman syariah Islam agar sisa kehidupan yang ada dapat bermakna dan tidak sia-sia.

____________________________________________



MIMPI MELIHAT 8 BULAN PURNAMA

assalammualaikum USTADZ

nama saya SIDDIQ

begini ustadz saya medapatkan mimipi pada penghujung malam dimana di saat saya terlelap tidur,sebelum tidur saya melakukan adab2 sebelum tidur serta beristighfar dan berdzikir sampai saya tertidur.

di dalam tidur saya bermimpi saya sedang berjalan di tengah sungai dan melihat delapan buah atau lebih bulan purnama yg ingin saya tanyakan apakah maksud dari mimpi tersebut ustadz

atas perhatian nya syukron jazakallah khair katasiran

JAWABAN

Mimpi Anda adalah petunjuk yang baik ke masa depan. Apapun masa depan yang Anda cita-citakan. Baik itu menyangkut cita-cita pendidikan, keilmuan, jodoh, rezeki, pekerjaan atau jabatan. Namun jangan salah, mimpi itu akan sia-sia belaka tanpa usaha maksimal. Mimpi Anda hanya memberi petunjuk agar Anda optimis pada cita-cita yang Anda ingin capai dapat berhasil asalkan (a) melangkah dengan sungguh-sungguh untuk mencapainya; dan (b) tidak melanggar syariah alias tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

____________________________________________



MIMPI KEDATANGAN TAMU MALAIKAT

assalamualaikum wr.wb....afwan ustad mau tanya,,apa arti atau panafsiran dr mimpi ada kedatangan tamu,tamu tersebut ternyta malaikat,tp tidak tau malaikat siapa,hny kelihatan sosoknya saja...syukran

JAWABAN

Bagaimana Anda bisa tahu bahwa sosok yang datang dalam mimpi itu malaikat? Sosok dalam milpi yang mengaku malaikat tidak otamatis ia malaikat sungguhan. Ia bisa saja jin yang ingin mengganggu Anda. Siapapun yang datang kepada Anda, apakah dia jin, malaikat beneran atau hanya bunga mimpi, tidak akan membawa pengaruh apapun pada kehidupan Anda. Apalagi dia tidak berkata apa-apa. Teruslah hidup dengan optimis, jujur dan bekerja keras.

____________________________________________



MIMPI ANAK BAYI

Ass ustad sy ini kok sering mimpi bayi. kadang seperti bayi baru lahir, kadang bayi 6 bln apa artinya sedangkan sy tdk lagi kepingin punya anak lagi ( anak kami dah 2) mohon dijawab

JAWABAN

Anda sering mimpi tentang bayi karena itu selalu menjadi bahan pemikiran dunia bawah sadar Anda. Apa yang menjadi pikiran kita, baik itu secara sengaja atau tidak, baik itu berupa keinginan atau ketakutan, akan cenderung terbawa ke dalam alam mimpi kita saat kita tidur. Jadi, mimpi Anda tidak ada artinya apa-apa.

Apabila Anda tidak ingin lagi bermimpi seperti itu ada 2 cara yaitu (a) hindari terlalu banyak berfikir tentang bayi; dan (b) ikut KB kalau memang tidak ingin lagi punya bayi dengan demikian maka anda akan tenang dan insyaallah mimpi bayi itu akan hilang dengan sendirinya.

__________________________________________________________


MIMPI GIGI COPOT

Akhir-akhir ini saya mimpi kurang baik,. saya bermimpi gigi atas dan bagian bawah terasa sakit dan lalu copot,.. apakah arti dari mimpi tersebut,..???

Tolong Jawabannya,.

JAWABAN

Dalam kepercayaan Jawa, mimpi seperti itu pertanda akan dapat musibah seperti ada yang sakit atau meninggal. Akan tetapi dalam Islam, mimpi buruk hendaknya ditanggapi secara positif dengan bangun dari tidur, meludah ke kiri dan membaca doa sebagai berikut 3x: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم (Audzubillahi minasy Syaitonirrajim)

Ini berdasarkan hadits:

الرؤيا من الله ، والحلم من الشيطان ، فإذا رأى أحدكم ما يكره فلينفث عن يساره وليتعوذ من
شرها فإنها لا تضره
Artinya: Mimpi itu adakalanya dari Allah adakalanya dari setan. Apabila kalian bermpimpi buruk (tidak menyenangkan) maka mintalah perlindungan pada Allah dari gangguan syaitan maka mimpi itu tidak akan mengganggumu.

____________________________________________



MIMPI KEJATUHAN HELM DAN KELAPA DARI LANGIT

Ass. Yth. Ustad. Saya Herlina, pertemanan dari saya.

Semalam saya bermimpi kejatuhan helm ada 6 buah dari langit pas, kemudian saya ambil 2 buah, tak lama kemudian saya mimpi kejatuhan buah kelapa tua 3 buah dari langit tadi, antara takut dan berani saya mengelak hingga jatuh kesamping saya karena kaget. Mohon informasi apa makna mimpi saya tersebut, wass

JAWABAN MIMPI KEJATUHAN HELM DAN KELAPA DARI LANGIT

Helm adalah pelindung kepala. Sedang kelapa adalah simbol dari rezeki. Dan langit adalah asal sumber perlindungan itu sendiri yaitu simbol keberadaan Tuhan. Ini artinya Anda akan mendapatkan perlindungan dan rezeki dari Allah dalam waktu tidak alam asalkan Anda terus berusaha dengan bekerja keras dan optimis atas apa yang dilakukan plus dengan iringan ibadah dan doa. Insyaallah apa yang Anda rencanakan akan terwujud.

____________________________________________


MIMPI KETEMU JODOH

Assalamu'alaikum,,,,,

Ust, tadi malam sebelum tidur saya berdo'a dan meminta petunjuk jodoh orang yg shalih, dan sy bermimpi melihat seseorang yang mengenakan peci, sorban dan berbaju putih,, dari arah barat lewat depan rumahku.

mungkin waktu itu adlh waktu fajar karena ada juga seseorang yg laen dari arah selatan yg mau menuju masjid, dan kelihatanya mirip dengan guru ngaji saya, yg sudah menikah, dan punya anak, dan jg istrinya lagi mengandung.

kebetulan beliau juga kakak dari seseorang yg pernah dihati saya tapi sekarng udah jarang komunikasi setelah aku bercerita tentang mimpi saya yg lalu yg mimpinya, sy bermimpi dengan guru ngaji sy yng tdak lain adalah kakaknya. ketika beliau selesai sholat, dan saya di perintah untuk menata al-quran yang berceceran diatas rak kitab itu.

mohon petunjuk jawaban dri arti mimpi sy itu,,,
Wassalamu'alaikum.

JAWABAN

Disadari atau tidak tampaknya anda punya ketertarikan pada ustadz tersebut dan itu terbawa ke dalam mimpi anda. Sebetulnya sah-sah saja menyukai seorang lelaki yang sudah bersuami, karena lelaki boleh menikah lebih dari satu asal dapat berbuat adil (QS An-Nisa' 4:3). Namun secara sosial menjadi istri kedua atau ketiga itu tidak ideal karena potensi konflik cukup besar (dengan istri dan keluar istri yang lain). Dalam segi pendidikan anak juga kurang maksimal karena pertemuan anak dan ayahnya kurang maksimal.

Namun keinginan anda untuk menikah dengan pria yang shalih itu sangat baik dan harus tetap dijaga. Tidak banyak wanita zaman sekarang yang menjadikan kesalihan sebagai kriteria pertama dan utama. Tetaplah memohon pada Allah untuk mendapatkan pria yang salih. Dan pada saat yang sama berusahalah untuk mendapatkannya dengan cara-cara yang baik dan sesuai syariah.

Dan berusahalah untuk mencari pria yang salih yang belum bersuami karena itulah yang terbaik menjadi pendamping anda. Dan itulah makna mimpi anda. Semoga anda mendapat jodoh yang sesuai tidak lama lagi. Amin.

____________________________________________


SERING MIMPI ULAR

ass ustadz
saya sring mimpi ular, di mimpi saya takut banget melihat ular itu..
apa arti mimpi itu ustadz ? tolong jlaskan
mkasih

JAWABAN

Mimpi ketemu ular dalam tradisi Jawa biasanya dimaknai sebagai pertanda akan mendapatkan jodoh. Namun dalam Islam, mimpi bertemu ular itu tidak ada maknanya. Kalau anda merasa kedatangan ular itu membuat anda takut, itu tanda mimpi yang buruk.

Nabi Muhammad memberi petunjuk bagi orang yang sedang bermimpi buruk sbb:

Barangsiapa bermimpi buruk, kemudian meludah ke kiri (tanpa keluar air ludah) tiga kali dan mengucapkan ta'awwudz (yaitu, ucapan audzubillahi minasyaitanirrojim), maka syaitan tidak akan mengganggunya
Di samping itu dianjurkan agar mimpi buruk tidak diceritakan pada orang lain.
Dapat juga ditambah dengan bacaan doa setelah mimpi buruk.

Terkait: Mimpi dalam Islam

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam