Tanda Kematian dalam Islam

Tanda Kematian dalam Islam

Apakah tanda-tanda kematian yang biasanya ada di artikel internet itu benar adanya, dan adakah sumbernya?

PERTANYAAN

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Saya ingin bertanya, apakah tanda-tanda kematian yang biasanya ada di artikel internet itu benar adanya, dan adakah sumbernya? Sebab gara-gara saya membaca artikel tersebut, saya menjadi ketakutan, bagaimana cara untuk menghilangkan rasa takut tersebut?
mohon penjelasan dan solusinya

Pertanyaan diajukan oleh Syarif di Konsultasi Agama Islam

DAFTAR ISI
  1. Penulis Artikel Tanda Kematian Tidak Bertanggung Jawab
  2. Tidak Ada yang Tahu Waktu Mati Kecuali Allah
  3. Tanda-tanda Kematian dalam Islam
  4. Kesimpulan
  5. Tanda Kematian Membuat Galau
  6. Kompromi dalam Pernikahan
JAWABAN

Tanda kematian yang dimaksud oleh penanya adalah sebagai berikut:

Tanda 40 hari Sebelum Meninggal :

Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Ashar, bahagian pusat kita akan berdenyut-denyut pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya diatas arash ALLAH SWT, maka malaikat
maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya ke atas kita, antaranya ialah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang masa

Tanda 7 Hari Sebelum Meninggal:
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesaktian dimana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera untuk makan…

Tanda 3 Hari Sebelum Meninggal :

Pada ketika ini akan terasa denyutan di bahgian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kanan dan kiri, jika tanda ini dapat dikesan maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti.

Tanda 1 Hari Sebelum Meninggal :

Akan berlaku sesudah Ashar ketika kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di kawasan ubun-ubun dimana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ashar keesokan harinya.[Link: http://goo.gl/CcM0L2]

JAWABAN:

PENULIS ARTIKEL TANDA KEMATIAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

Pembuat artikel di atas adalah orang misterius karena tidak menyebut identitas dirinya. Dan yang lebih penting lagi, tidak menyebut dasar dalil sumber tulisannya. Sehingga, mengomentari tulisannya pada dasarnya agak membung-bung waktu percuma. Namun, karena pernyataan tersebut cukup memengaruhi sebagian pembacanya, maka saya ingin memberi sedikit respons sebagai berikut:

KEMATIAN ADALAH KEHARUSAN TAPI TIDAK ADA YANG TAHU WAKTUNYA KECUALI ALLAH

1. Kematian adalah hal penting. Tak kurang dari 145 ayat dalam Al Qur'an yang menyebut atau membahas masalah kematian. Tentang waktu kematian adalah rahasia Allah semata. Tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana seseorang akan mati. Karena kematian menyangkut terpisahnya ruh dengan badan. Dan tidak ada yang tahu banyak tentang soal ruh kecuali Allah. Allah berfirman:


وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً

Artinya: Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit." (QS Al Isra' 17:85)

2. Allah hanya memberi konfirmasi bahwa kematian itu ada dan kerena itu mengingatkan manusia bahwa kematian dapat datang kepada kita sewaktu-waktu dan tidak akan dapat dihindari. Allah berfirman:

أَيْنَمَا تَكُونُواْ يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ

Artinya: Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh(QS An Nisa 4:78)

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ
Artinya: Katakanlah, "Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu. (Al Jum'ah 62:8)

TANDA-TANDA KEMATIAN

Dari 145 ayat Al Quran yang menyebut tentang kematian, tidak ada satupun yang membahas tentang tanda-tanda orang yang akan mati apalagi tanda itu dimulai sejak 40 hari sebelumnya.

Adapun dalil Quran dan hadits yang menyinggung tanda-tanda orang yang akan meninggal adalah saat seseorang dalam kondisi sekarat (sakaratul maut) atau di ambang kematian. Haditsnya adalah sebagai berikut:

1. Terpejamnya mata:

دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم على أبي سلمة وقد شَخَص بصره وأغمضه ثم قال : { إن الروح إذا قبض تبعه البصر

Artinya: Rasulullah memasuki rumah Abu Salmah dan menutup mata Abu Salmah kemudian berkata, "Sesungguhnya roh itu apabila tertahan [maksudnya meninggal] maka ia diikuti oleh mata."

2. Bertautnya betis. Allah berfirman:

والتفَّتْ الساق بالساق

Artinya: Dan bertaut betis (kiri) dan betis (ksnsnz) (QS Al Qiyamah 75:29).

KESIMPULAN

Artikel tentang tanda-tanda kematian yang ada di internet adalah tidak berdasar dan tidak ada dalil yang mendukung baik dari Al Quran dan Hadits Nabi. Padahal, hanya kedua sumber itulah yang patut dan bisa dijadikan rujukan untuk masalah yang ghaib.

Kalau ada pendapat yang menyangkut masalah ghaib yang tidak bersumber dari Quran dan hadits Nabi, maka pendapat itu kemungkinan didapat dari hasil mimpi atau bisikan jin atau setan. Yang semuanya cenderung menyesatkan dan tak layak dipercaya.

Seorang muslim yang ingin memperbaiki dirinya hendaknya mencukupkan diri pada nasihat langsung dari Quran dan Hadits sahih atau dari pendapat ulama yang berdasarkan pada kedua sumber utama Islam tersebut.

__________________________________________________


ARTIKEL TANDA KEMATIAN MEMBUAT GALAU (TIDAK TENANG)

asalamualaikum..
Bagaimana kita nak tahu apa yang terjadi pada kita adalah tanda kematian. contoh mcm bergetar tubuh katakan kaki rasa mcm menyucuk-nyusuk, berdenyut,kepala berdenyut,kaki sejuk, itu adalah tanda kematian ke?

Bagaimana kita nak tahu yang kita terlihat itu malaikat maut atau tidak seperti yang ada pada tulisan alifiansyah.wordpress 2011/11/18.bagaimana kita nak tahu yang itu malaikat maut?

Kalau macam kita terasa macam ada sesuatu mengikut kita,kemudian terasa macam ada orang dibelakang kita dan nampak kelibat pakaian putih tak sampai 1 saat di belakang kita kemudian hilang cam tu saja.adakah itu malaikat maut?
mohon beri penjelasan kerana sedikit sebanyak mengganggu hidup seperti tiada mood langsung dan rasa seperti dah hendak tinggalkan dunia.Adakah benar begitu?
Fazlina Lee

JAWABAN

Seperti yang disebut dalam penjelasan di atas, bahwa tanda kematian yang Anda baca melalui internet adalah bohong dan tidak benar. Tidak ada satupun manusia yang tahu kapan kematian akan datang. Karena itu, fokuslah kepada usaha untuk berbuat baik sesuai dengan perintah dan ajaran Islam dan jauhi perilaku yang dilarang oleh agama. Apabila Anda memiliki dosa di masa lalu, maka bertaubatlah dengan taubat nasuha. Insyaallah hidup Anda akan tenang di dunia dan akhirat.

__________________________________________________


KOMPROMI NIKAH DALAM ISLAM

Assalamualaikum, Ustads & Ustadza,

Saya pria yg cukup umur yang ingin melaksanakan ibadah suci/sakral dlm pernikahan yg selayaknya dilaksanakan teman2, saudara, dan kaum muslimin lainnya.

Disini saya ingin berbagi dan terlebih mendapat masukkan terkait masalah saya, calon istri, dan kedua keluarga. kami yang sebelumnya berbeda agama, saya islam, calon istri & klrganya Katholik.

Singkat Cerita sudah sekian tahun kami menjalani dan mencari keteguhan hati, tapi Allah SWT selalu menguatkan dan seakan-akan menunjukkan dengan bbrp cobaan klo saya dan calon istri semakin mantap. Dari pihak keluarga besar saya sudah menyetujui hubungan ini namun keluarga besar calon istri msh keras tidak mengijinkan hubungan ini berlanjut ke pernikahan karena kami berbeda.

Sampai akhirnya kami ingin nekad nikah lari, tp kami ingin ttp tunjukkan bahwa itu tdk baik. Calon istri insyaAllah sdh siap dari hati yg paling dlm untuk syahadat dan menjadi muslimin tanpa pengaruh siapapun. Namun dari pihak saudara & keluarganya sangat berat karena merupakan tamparan terhadap nama baik klrganya. Sampai akhirnya pihak keluarga calon istri pasrah terhadap mslh ini setelah sekian tahun. Mereka ingin melepaskan/mengantarkan anak putrinya ke pernikahan tp dgn syarat anaknya ttp pada katholiknya di awal setelah itu terserah kami yg menjalani.

Sampai akhirnya kami diberikan opsi yg sangat berat untuk kedua keluarga terlebih kami karena yg menjalani ibadah yg sakral sekali seumur hidup nantinya berikut Ustad/Ustadza;

1. (a) Kami menikah dlm keyakinan keluarga khatolik, (b) ato menikah dlm keyakinan kami yg menjalani tanpa mendapat restu dari pihak keluarga calon istri.

* Disini kami coba menahan dan menepis ego masing2 karena sdh mengutarakan dgn berat hati saya muslim tidak bisa mengikuti katholik dan kami siap nikah tanpa restu dari pihak keluarga calon istri, bagaimana hukumnya Ustad/Ustadza mohon bimbingannya.

2. Pihak Calon keluarga Istri mengesampingkan ego masing2 dan mengiginkan kami menikah diluar negeri yg mengijinkan terkait beda agama, karena mereka ingin smuanya bisa dikompromikan antar kedua klrga besar yg menjalani nntnya dan setelah itu terserah kami mau menikah dlm islam atau tidak.

(a) Apa yg kami bisa lakukan Ustad/Ustadza terkait opsi ke-2, bagaimana hukumnya dlm islam dan sah secara negara.

(b) kami tidak ingin smua ini ada kebohongan untuk melakukan ibadah pernikahan yg sah, apakah perlu kami nikah siri dlm islam terlebih dahulu?

(c) Dan setelah itu bagaimn hukumnya bilamana kami melakukan nikah diluar negeri dan setelah itu kami menikah lagi di KUA Indonesia. Mohon bimbingannya Ustads/Ustadza....

Syukron Kasiron

Wassalamualaikum

JAWABAN

1. Pilihan pertama ini dapat dilakukan tapi yang poin (b) yakni "menikah dlm keyakinan kami yg menjalani tanpa mendapat restu dari pihak keluarga calon istri." Adapun poin 1(a) bukanlah pilihan. Jangan pernah seorang muslim menukar agama hanya karena wanita (lihat QS Al-Baqarah 2:41 "... dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa. ").

2. (a) Pilihan kedua bisa juga dilakukan asalkan dalam pengesahan nikah beda agama tersebut tidak melibatkan gereja tapi cukup di pengadilan.

(b) Nikah siri terlebih dahulu itu lebih baik dan itu bisa saja dilakukan di KUA tanpa harus ramai-ramai mengundang banyak orang. Dan baik juga dilakukan sejak sekarang supaya mengurangi dosa. Karena khalwat (berduaan tanpa ikatan nikah) itu haram. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2011/09/hukum-khalwat-dalam-islam.html

(c) Menikah di luar negeri asal tidak melibatkan gereja, alias hanya nikah administratip di pengadilan, tidak apa-apa. Dan setelah itu menikah di KUA Indonesia itu sudah seharusnya untuk mendapatkan legalitas menurut hukum Indonesia.

Perlu diketahui bahwa kalau istri masuk Islam, maka wali nonmuslim tidak boleh menjadi wali nikah. Yang jadi wali nikah adalah wali hakim yang dalam hal ini adalah pejabat KUA atau tokoh agama Islam.

Lihat juga:
- http://www.alkhoirot.net/2012/03/pernikahan.html

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

36 comments:

  1. terima kasih atas jawabannya, semoga umat muslim yang membacanya dapat memahami dan tidak terpengaruh dengan adanya tanda-tanda kematian yang tidak tahu dari mana asalnya tersebut

    ReplyDelete
  2. pak ustad ,mbah buyut saya sebelum meninggal kok dia tau hari nya dan jam nya y, dan tepat lg

    mbak buyut ku bilang = nnt hari rabo besok aku di jemput jam 9 pagi
    ,dan ucapan mbah buyut ku benar pas jam 9 hari rabu yg bliau sebut ,bliau meninggal

    gmn menurut ustad/kiai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memprediksi masa depan itu disebut ramalan. Dan ramalan itu ada kalanya benar adakalanya salah.

      Apakah ramalannya benar ataukah salah itu tidak ada kaitannya dengan bobot keimanan dan status kesalihan seseorang. Intinya: ramalan yg tepat is not a big deal. Bukan sesuatu yg luar biasa. Yg big deal adalah seberapa amal salih yg telah dilakukan oleh seorang muslim.

      Delete
  3. Assalamualaikum wr wb
    Permisi pak, saya seorang remaja berusia 15 tahun.
    Sekitar 1 bulan yang lalu saya rasakan hal yg sangat aneh tiba2, sekitar jam 3 pagi saat saya sedang makan dengan saudara saya, dada saya terasa sangat dingin dan jantung berdetak sangat cepat. Pikiran saya pun terasa blank dan tidak fokus dan rasanya agak sulit bernapas tetapi rasanya nyawa saya seperti ditarik secara sangat halus dan pelan. Saat itu sudah terpikir dalam benak saya apakah saya akan meninggal. hal itu saya rasakan lagi ketika mau tidur dan terjadi lagi esok harinya sekitar jam 7 malam dan ketika saya sudah pulang, terasa lagi ketika saya sedang solat isya. Apakah mungkin bahwa hal ini mungkin pertanda bahwa saya akan dipanggil Allah SWT? Jujur saya pun sebenarnya masih sangat ingin membuat bangga kedua orang tua saya tetapi kalau pun memang sudah waktunya, saya pasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Terimakasih pak
    Wassalamualaikum Wr Wb

    PS: maaf pak ini koreksinya, terimakasih

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaikum pak, sudah satu bulan saya merasa cemas dan takut akan kematian karna sebuah trauma, lalu saya membaca artikel ttg tanda* kematian setelah itu saya jadi merasa bahwa saya sdg mengalami tanda* itu, saya selalu takut jika itu benar.
    Pak apakah itu hanya perasaan saya saja yg sedang takut sehingga terasa seperti nyata atau karna penyebab lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousJuly 31, 2012

      hallo mas/mbak

      masih ngerasain dan mengubungkan2kan apa yag di alami dgn tandatanda tsb ga? tampaknya artikel tsb sgt mempengaruhi banyak pembacanya, sy cb konsul dng pakar agama, mengatakan bahwa artikel di internet tsb tidak ada dalilnya dan tdk bisa dipertanggungjawabkan, tp ttp saja suka ngerasa parno. takut jatuhnya sirik. bgmn perasaan anda skrg, apakah sudah merasa lebih baik? mhn di share. terima kasih

      Delete
  5. sungguh allah maha besar,begitu besar limpahan ramhatnya trhadap manusia,berupa ilmu,jika allah menuliskanya niscaya andaikan semua air didunia dijadikan tinta untuk menulisnya,tidak akan cukup,ilmu bkan dri al quran smata,itu yg tersurat,,bnyk lagi yg belum tersirat..kmatian adalah kwajiban untk manusia,suka tidak suka..tanda2 kematian adalah benar adanya,,allah mnghendaki stiap hmbanya dgan dilebihkan ilmunya,,& bukan smbrang orng yg dpt mngtahui tnda2 kmatian.tntunya dgan ilmu kita akan mngetahui tnda2 kmatian itu..orang yg mngenal drinya sndri,tntu akan mngenal tuhanya,inilah kuncinya..maaf bila bila ada yg pro kontra,silahkan di kmbalikan ke jwa masing2..karna prnah kejadian sma keluarga saya... Ini hnya pmbelajaran untk kita.

    ReplyDelete
  6. Aslm. Wr. Wb.

    ALHAMDULILLAH,,
    Saya mereasa lebih tenang, setel beberapa musibah kecelakaan yang merenggut nyawa manusia, saya menjadi ketakutan ,, sangat ketakutan sampai2 saya tidak berani untuk mengendarai kendaraan, dan saya pun tak lepas2nya gelisah karna pernah membawa artikel itu, banyak sekali yang sesuatu yang saya kerjakan saya kait2kan dengan tanda2 tersebut sehingga saya menjadi seseorang yang mengundi2 kematian, menebak-nebak..
    Namun setelah membaca penjelasan ini saya cukup tenang dan yakin bahwa kematian adalah urusan Allah SWT yang seharusnya tidak saya campuri.
    Sukron ua Ustad

    Wasalamualaikum Wr. Wb
    Ajeng

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum.. Pak saya juga membaca artikel trsbt, apa lgi tanda2 nya ada pd saya melalui mimpi, yaitu sering mimpi melihat rumah kosong, memperbaiki rumah dan membangun rumah.. Kata di internet bilang kalow mimpi seperti itu brtanda 2 tahun lgi orng trsbt akan meninggal.. Begitu pula waktu aku tanya di tafsir mimpi di fesbuk dan jawaban nya sama seperti itu.. Nah sekarang jadi nya saya ketakutan bener2 ketakutan setelah membaca di internet dan tanya jwab tentang mimpi di fesbuk.. Nih bgai mana pak ? Benar kah seperti itu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhoirot.netAugust 08, 2012

      Tidak benar. Dalam soal agama, sebaiknya Anda tanya pada ahlinya seperti orang2 dari kalangan pesantren.

      Delete
  8. Sebenernya saya jga pngen nanya pd orang2 pesantren, tpi tk ada 1 pun yg kenal krna lokasi saya tdk ada pesantren.. Makanya untuk mencari jawaban tersebut saya lari keinternet dan bertanya pd ustadz2 yg sering di tv yang ada di fesbuk, tpi mereka belum merespon juga.. Dan apa kh saya harus shalat istikharah demi untk mendapatkan jawabannya jika bertanya pd ustad2 di fesbuk blum merespon2 saya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. alkhoirot.netAugust 09, 2012

      Kan suda dijawab di atas. Kalau ada pertanyaan lain kirim ke: alkhoirot@gmail.com tim dari pesantren Al-Khoirot akan menjawab.

      Delete
  9. Tetep aja saya takut mati :( masih merasa belum banyak bekal

    ReplyDelete
  10. pk ustad/santri/admin tolong jawab jawban saya yg da di e-mail

    ReplyDelete
  11. Apakah maksud betis kiri dan kanan bertaut? Kerana kedua betis saya memang bertaut jikalau berdiri.

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Pak ustad saya mau tanya nih, selain merujuk pada al-qur'an dan hadits, ada juga yang namanya IJMA' DAN QIYAS kan?,. kita kan hidup bukan di zaman rosul lagi, masalah kejadian pada hukum pun pasti berbeda,?

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum.. Pak saya juga membaca artikel tersebut, tanda-tanda tersebut terasa pada saya. apalagi pernyataan 60 hari sebelum meninggal pusar terasa bergerak-gerak,dan perasaan menolak kematian 60 hari lagi..

    ReplyDelete
  14. dalam sebuah hadist dikatakan ;sebelum seseorang meninggalkan duni ini dan akan masuk alam akherat,maka seorang yg muslim akan melihat sekumpulan malaikat yg berpakaian putih yg ta terbatas banyaknya sepanjang mata memandang,dari kiri kanan depan belakang maka setelah itu ia akan didatangi makul maut,diperlihatkanlah tempat kembalinya dansemua amalnya,maka orang tsb. akan pulang,meninggalkan dunia ini.sebaliknya bagi orang kapir yng datang adalah malaikat yg serbahitam dan menakutkan,diperlihatkanlah tempat kembalinya dandia tidak mau kembali tapi malaikat memaksanya shg ruhnya keluar. al;hadist.pertanyaannya apakah kita pernah mengalami,melihat keadaan diatas? tapi jangan takut ,,bagi orang soleh akan diperlihatkan surga dan diberi pilihan; tetap di dunia,atau kekaromat allah ? dia akn memilih akherat ,surga dan karomah allah,wahai jiwa2 yg tenang kembalilah pd rahmat tuhanmu dg puas hati,masuklah surgaku bersama hamba2ku yg soleh.Jadi g perlu takut dg mati takutlah dg kehidupan setelah mati,persiapkan diri dg amal tuk menyongsong kehidupan abadi,,,,,semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Terimakasih banyak informsinya

    ReplyDelete
  16. Terimakasih banyak atas informasinya

    ReplyDelete
  17. Bermnfaat sekali informaisnya

    ReplyDelete
  18. artikel tanda-tanda kematian itu benar-benar sudah membuat kerepotan kami sekeluarga. Semenjak istri saya memperolehnya melalui BBM Desember 2012 lalu, sampai sekarang sudah keluar masuk RS. Istri saya jadi takut sekali hingga sakit-sakitan. Anak kami yang masih hitungan bulan pun jadi merana karena bundanya sakit. Wa Allahu 'alam, artikel ini benar-benar meresahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamu'alaikum pak bgmn keadaan istri bpk skrg? smga sehat ya. saya juga merasakan hal serupa , 1 tahun yg lalu saya baca artikel tsb dan setelah membaca selama 1tahun sampai saat ini saya merasa ketakukan seolah-olah saya merasakan semua tanda-tanda tsb dan hanya tinggal menunggu waktu. 3haru yg lalu saya merasa badan sejuk saat adzan ashar dan saya kembali merasa takut krn itu tanda 100hari sblm kematian. pikiran saya sangat terganggu skali sampai-sampai saya tdk fokus mengerjakan sesuatu. saya kmrn menanyakan ke akun twitter islam itu indah dan beliau menjawab tanda2 tsb benar adanya.

      Delete
  19. numpang nanya..buat yg sudh prnah alami tanda tanda itu skrang bagaimana?mohon dengar khabarannya..

    ReplyDelete
  20. terima kasih untuk informasi,,menarik sekali,

    ReplyDelete
  21. Tdk ada satu pun yg tau tentang ghaib

    ReplyDelete
  22. Apakah ada ulama yang mengemukakan pendapat tentang tanda tanda kematian ? Apakah pendapat itu di shahihkan ?

    ReplyDelete
  23. bagaimana dengan penjelasan ni??
    Tanda-tanda menjelang datangnya kematian
    UMURNYA TINGGAL 3 TAHUN
    Umur kita tinggal 3 tahun jika terlihat atau kita merasakan tanda-tanda seperti kurang bersemangatnya untuk hidup, terasa bosan dan jenuh melihat semua kemulyaan dan kesenangan yang ada di dunia ini. Sering menderita sakit mumet (sejenis sakit kepala akibat banyak masalah, stress). Jika bermimpi sering bepergian ke arah utara serta hilang kesadarannya saat tertidur, tidak tahu apa-apa seperti orang pingsan tapi tidur.

    UMURNYA TINGGAL 2 TAHUN
    Tanda-tanda yang kita rasakan adalah sering merasa kangen terhadap sanak keluarga kita yang sudah meninggal, sering merenung dan mengutak-atik perasaan yang mengganjal hati. Benci terhadap semua kesenangan dunia. Apabila bermimpi, sering bermimpi memperbaiki atau membuat rumah.

    UMURNYA TINGGAL 1 TAHUN
    Pada saat ini kita sering melihat wujudnya bangsa halus, meskipun kita tidak punya ilmu ghaib untuk melihat bangsa halus. Sering bergetar jakun di leher kita, atau kemudian kita menderita suatu penyakit yang menyebabkan berkurangnya kekuatan, mata pucat, tulang terasa linu, seperti kena flu tulang. berkurangnya sifat amarah, kemampuan lidah untuk merasakan semakin berkurang.

    UMURNYA TINGGAL 9 BULAN
    Tanda yang terlihat adalah kita sering melihat mata kita sendiri, meskipun tanpa cermin. Sering merasa lupa, sering diamnya ruh membuat kita sering melamun.

    UMURNYA TINGGAL 6 BULAN
    Pada saat ini kita sering mendengar suara yang tanpa wujud, ada suara tetapi barangnya tidak terlihat. Telinganya sering berdenging yang menyebabkan berkurangnya pendengaran, kadang tidak punya hasrat dan keinginan terhadap sesuatu. Sering tidak punya belas kasihan terhadap diri kita sendiri.

    UMURNYA TINGGAL 3 BULAN
    Kita sering mencium baunya makhluk halus, seperti bau menyan, bau amis, bau wangi, bau pengap tanpa di ketahui sumbernya, atau kadangkala kita membaui bau orang yang sakit dan merasa terbiasa oleh apa yang dibauinya tersebut. Berkurangnya frekwensi bernapas, napas kita menjadi lebih pelan. Selalu tergesa-gesa dalam segala tindakan.

    UMURNYA TINGGAL 2 BULAN
    Gejalanya adalah kita sering salah penglihatan, semacam fatamorgana sering kita alami, seperti matahari menurut penglihatan kita sering terlihat buram kehitam-hitaman, bayangannya sendiri terlihat 2 menurut pandangannya, pandangan mata kita kosong.

    UMURNYA TINGGAL 40 HARI
    Terlihat apabila jari-jari tangan kita tekuk/lipat ke dalam telapak tangan, maka jari manis akan terangkat, jika sudah terangkat akan tersentak jari panunggal tadi. Otot-otot kita sering terasa kejang-kejang., tulang punggung sering berdenyut. Sering lupa terhadap mimpi yang dialami oleh kita.

    UMURNYA TINGGAL 30 HARI
    Jika kita mengamati jari-jari tangan kita, akan terlihat seolah-olah berkurang atau persendian jari-jari kita terlihat putus.

    UMURNYA TINGGAL 15 HARI
    Sering melihat diri kita sendiri.

    UMURNYA TINGGAL 8 HARI
    Jika sudah menderita sakit, maka kadang-kadang tidak mau makan, tidak bisa tidur.

    UMURNYA TINGGAL 3 HARI
    Jika hati dan perasaan bingung, mengalami sakit panas dingin, kadang mengeluarkan tinja, ujung pusar terasa dingin.

    UMURNYA TINGGAL 2 HARI
    Jika 9 lubang hawa ditubuh kita sudah mengeluarkan hawa, dan terkadang kita punya rasa belas kasihan terhadap diri/badan sendiri.

    UMURNYA TINGGAL 1 HARI
    Jika terasa otot-otot kaki di daerah persendian sudah lemah, atau badan kita sudah mengeluarkan keringat dingin dan berbau khas, bahkan terkadang kita punya perasaan seolah-olah sudah ada perpisahan antara raga dengan sukma.

    Berdasarkan Kitab Bayan Maot

    ReplyDelete
  24. Assalamuaalaikum, Wr. Wb.

    Terima kasih Pak Ustads atas informasi terkait permasalahan yang sedang kami alami pribadi.
    Smoga dengan pencerahan/tausi ustads kami semakin dikuatkan dan dimudahkan oleh Allah SWT.
    Amiin Ya Rabb....

    Syukron Khasiron,
    Rey

    ReplyDelete
  25. Smoga dengan pencerahan/tausi ustads kami semakin dikuatkan dan dimudahkan oleh Allah SWT.
    Amiin Ya Rabb

    ReplyDelete
  26. AnonymousJune 21, 2014

    assalmualaikum.... waktu kematian itu adalah rahasia Allah SWT, tidak ada penjelasan tentang tanda - tanda kematian dalam al quran dan hadist, tapi kalau ternyata hal tersebut kalian yakini ya ada baiknya mulai bertaubat, berserah diri kepada ALLAH SWT , memohon ampun, dan berusaha sekeras apapun untuk menghindari larangan ALLAH SWT, karena kalian yakin kematian sudah mendekat,,, tapi ingat kalian juga harus mempertanggung jawabkan sesuatu yang kalian yakini sementara sumbernya tidak jelas, carilah harta seolah kau hidup 1000 tahun lagi, dan beramal ibadahlah seolah kau mati besok, jadi gak perlu nunggu tanda kematian ya baru beramal, barangkali besok ...... gimana kalau beramal ibadahnya mulai dari sekarang aja..

    ReplyDelete
  27. saya juga udah mulai takut lagi nih ...........

    ReplyDelete
  28. saya mimpi di datangi orang laki-laki, seperti malaikat mungkin, atau entahlah...
    dan beliau mengatakan bahwa umur saya tinggal 1 hari, tapi saya tidak merasakan tanda-tanda seperti diatas...
    Bagaimana ya ???? rasanya takut...

    ReplyDelete
  29. Jangan percaya yang tau hanya Allah

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!