Monday, June 23, 2014

Hukum Harta Gono Gini


Hukum Harta Gono Gini
HUKUM HARTA GONO GINI

Assalamu'alaikum

Suami saya memiliki kpr rumah dengan mantan istri nya selama 15 tahun. Mereka bercerai saat cicilan tersebut baru berjalan 1 tahun. Saat ini cicilan rumah tersebut dibayar oleh suami saya yg telah terikat pernikahan dengan saya.
1. Bagaimana status rumah tersebut?
2. apakah ada hak saya sebagai istri di dalam rumah tsb? 3. Dan kalau (naudzubillah ya..bukan mendoakan) suami saya nanti meninggal, bagaimana perhitungan mengenai warisan dari rumah tsb?

Suami saya memiliki 1 putri dan 1 putra dari pernikahan terdahulu. Dan 1 anak dari sya (belum tau jenis kelaminnya. Masih di dalam perut)

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. HUKUM HARTA GONO GINI
  2. APA TAUBAT BAGI ORANG YANG MENERIMA GAJI HASIL MENYUAP
  3. MIMPI BERTEMU PRIA IDAMAN
  4. MIMPI IBU MELAHIRKAN ANAK KEMBAR
  5. DOSAKAH MENINGGALKAN SUAMI YANG TAK MEMBERI NAFKAH
  6. HUKUM SALIB DALAM AL-QURAN
  7. HIBAH IBU TANPA PERSETUJUAN ANAK
  8. SUAMI TIDAK SHALAT
  9. MINTA SYARAT AGAR DAGANGAN CEPAT LAKU
  10. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Dalam Islam, suatu harta adalah menjadi milik masing-masing pemiliknya. Baik si pemilik itu seorang yang tak memiliki pasangan atau sudah memiliki pasangan (suami / istri). Oleh karena itu, status dari rumah KPR tersebut tinggal melihat apakah harta yang dipakai untuk membayar DP (uang muka) dan membayar cicilannya milik suami saja atau ada uang istri di situ. Kalau hanya milik suami saja, maka istri pertama atau istri kedua tidak punya hak apa-apa atas rumah tersebut. Kecuali kalau suami memberikan, itu lain soal.

2. Anda sebagai istri kedua, apabila anda tidak ikut membayar cicilan KPR tersebut, maka anda tidak memiliki hak apapun dari rumah tersebut. Rumah itu 100% menjadi hak milik suami. Kalau ternyata anda atau istri pertama pernah ikut nyumbang membayar cicilan, maka anda atau mantan istri pertama memiliki hak sesuai dengan prosentase yang dibayar.

3. Kalau suami meninggal, maka menurut hukum waris Islam, anda asal masih berstatus istri saat suami meninggal akan mendapatkan bagian waris 1/8 (seperdelapan) dari seluruh harta suami. Sedangkan istri pertama tidak mendapat warisan apapun karena berstatus cerai sebelum meninggal. Orang tua suami (ayah dan ibunya kalau masih hidup) juga akan mendapat bagian tertentu. Sisa dari itu akan diberikan kepada anak-anaknya almarhum baik anak dari istri pertama maupun dari istri kedua di mana anak laki-laki akan mendapatkan bagian dua kali lipat dari anak perempuan. Lihat detail: Hukum Waris Islam

__________________________


APA TAUBAT BAGI ORANG YANG MENERIMA GAJI HASIL MENYUAP

Assalamu'alaikum Ustad....
Sebelumnya mohon maaf, saya kirim pertanyaan lewat kolom komentar pada salah satu konsultasi dengan judul Hukum Gaji PNS yang Diterima Karena KKN..setelah saya banyak buka blog Al-Khoirot ternyata langkah saya salah...mohon dimaafkan.

Saya termasuk orang yang mencari-cari kebenaran dan solusi dari masalah yang sedang saya hadapi. saya melakukan suap atas kerjaan saya sekarang dan sungguh saya tidak membanggakan perbuatan ini. saya lahir dari lingkungan yang jauh dari ajaran agama, waktu kecil saya tidak belajar agama dengan cukup, sangat memprihatinkan sekali, masjid saja jauh dari perkampungan kami, baru ada masjid saat saya sudah kuliah dan saya tidak harus menyesali ini, karena kalau saya menyesali kenapa saya dilahirkan di lingkungan seperti ini maka dosalah saya, mohon maaf sebelumnya memang saya sempat berpikir sungguh beruntung bagi mereka yang lahir di lingkungan yang taat beragama, andai kata aku dilahirkan di lingkungan mereka pasti aku tidak akan melakukan maksiat berupa suap ini, tapi aku buang jauh-jauh pikiran tersebut karena sebenarnya itu godaan setan yang akan smakin melemahkan hati saya. saat smp-sma-dan kuliah saya meninggalkan kampung halaman sampai sekarang menikah dan punya anak satu. umur saya sekarang 33 tahun, saya baru bisa baca Al-Qur'an walaupun masih sekelas Iqro 4 dan saya tidak membanggakan ini....

sampai sekarang saya merasa bersalah dan selalu kepikiran tentang gaji yang saya berikan untuk makan anak istri saya. saya tahu, memang banyak ayat Allah dan hadist dari Rasulallah yang melaknat perbuatan suap ini setelah saya belajar dan banyak membaca.

mohon diberi petunjuk disertai dengan petunjuk dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist, dan semoga petunjuk yang Ustad berikan menjadikan petunjuk yang benar.....

1. mohon diberi pencerahan bagaimana jika saya lepaskan pekerjaan sebagai PNS saat ini....saya menyesal, sekarang saya dinaungi kebimbangan, kalau saya tidak meninggalkan maksiat(perbuatan) dengan keluar dari pekerjaan ini saya termasuk orang yang dilaknat seperti yang dikatakan Rasulallah melalui hadits riwayat Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah, sedangkan kalau saya keluar dari pekerjaan ini bagaimana sedihnya orang tua saya, serta beban lahir dan batin lainnya yang anak dan istri saya pastinya akan ikut menanggungnya apa ini azab yang telah ditimpakan Allah kepada saya.

Mohon dibantu petunjuk, dan smoga menjadi syafa’at

Wassalamu’alaikum

JAWABAN

1. Hukum menyuap saat seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dengan tujuan agar supaya diterima menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), maka hukumnya jelas haram. Seperti tersebut dalam sebuah hadits: "Orang yang menyuap dan menerima suap sama-sama masuk neraka."

Namun, keharaman itu tidak menular pada semua gaji bulanan yang anda terima dengan catatan asal anda bekerja dengan baik sesuai dengan aturan dan SOP (standard operating procedure) yang berlaku. Artinya, harta benda yang anda peroleh dari gaji sebagai PNS itu hukumnya halal buat anda dan seluruh keluarga. Lebih detail: Hukum PNS yang Diterima karena Suap

Dosa yang anda lakukan adalah dosa saat menyuap itu dan itu harus anda tebus dengan bertaubat, tidak mengulangi lagi, mohon ampun pada Allah, menyesali diri, menggantinya dengan amal ibadah dan bersedekah pada sesama yang tidak mampu. Lihat detail: Cara Taubat Nasuha.

__________________________


MIMPI BERTEMU PRIA IDAMAN

Assalamualaikum ustad saya mau nanya. Lg itu saya mimpi ketemu sesosok laki2 ketemunya saya dengan dia di masjid saya g kenal dia. Nah disitu laki2 itu sprti cowo idaman saya banget tapi wajah cowo itu blm prnah saya liat sebelumnya. Bahkan di mimpi itu saya sudah jd wanita yg soleha banget pake gamis dan ketemuanya setelah kita solat di latar masjid pd saat itu ceritanya lg ada bencana nah saya ikut jd tim relawan dan dia sbg donatur kita g pernah kenal sebelumnya tp aku dan dia sama2 saling suka ketika melihat pertama kalinya. Sempat di mimpi itu saya berbicara dengan dia dr prcakapan yg saya inget sempat tr besit di dalam hatinya dia bilang klw aku & km jodoh aku pasti akan dtng lg dan langsung melamarmu abis itu kita brpisah di dalam mimpi itu ustad. Sampai skrng aku masih kepikiran mimpi itu. Kejadian mimpi itu saat saya habis solat masih menggunakan mukena sambil bertasbih saya ketiduran dan mimpi hal itu.

1. Maksud mimpi saya apa ya ustad ??

JAWABAN

1. Itu artinya, anda akan mendapat seorang pria idamah yang taat beragama dan soleh apabila anda juga menunjukkan diri sebaga wanita solehah dalam prilaku keseharian. Dan itu merupakan hukum alam atau sunnatullah bahwa pria yang soleh akan mencari wanita yang solehah. Jadi, itu peringatan bagi anda untuk semakin memperbaiki diri dalam perilaku dan lebih dekat pada ajaran Islam.

Lebih detail tentang mimpi lihat: Mimpi dalam Islam
__________________________


MIMPI IBU MELAHIRKAN ANAK KEMBAR

Assalamu'alaikum. Saya bermimpi ibu saya melahirkan anak kembar, satu perempuan tapi tidak terlalu cantik. Yang satu lagi laki-laki yang ganteng. Nah ibu saya tidak sempat memeberi mereka nama.

Ditengah perjalanan pulang ada seorang nenek tua, dia meminta mayat. Ketika saya liat wajahnya dia tidak terlalu menyeramkan bahkan berwajah ayu.

Nah pak ustad, kira-kira makna dari mimpi saya itu apa? makasih.

JAWABAN

Mimpi melihat ibu yang melahirkan menunjukkan bahwa anda akan mendapatkan kegembiraan dari kesulitan yang baru anda alami. Atau keberhasilan atas usaha kerja keras yang anda lakukan.

Lebih detail tentang mimpi lihat: Mimpi dalam Islam

__________________________


DOSAKAH MENINGGALKAN SUAMI YANG TAK MEMBERI NAFKAH

assalammualikum wr.wb ..terima kasih atas jawaban2 dari bapak itu menjadi penerang saya..saya punya pertanyaan lagi.

1. dosa kah saya meninggalkan suami apa bila, dia suka bebohong, tidak menafkahi dan berbicara kasar ..wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

1. Iya berdosa apabila anda masih berstatus sebagai istri. Oleh karena itu, apabila anda memang sudah tidak suka dan tidak tahan bersamanya, maka anda dapat melakukan gugat cerai ke pengadilan agama. Apabila hakim agama sudah meluluskan keinginan anda dan dia bukan lagi berstatus sebagai suami, maka anda tidak lagi mempunyai kewajiban untuk taat pada suami. Lihat: Cerai dalam Islam

__________________________


HUKUM SALIB DALAM AL-QURAN

Asalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Saya sedang tilawah di Surat Al Maidah, sampe ayat 33 lalu ketemu tentang penyaliban. Lalu saya kok penasaran, karena belum pernah dengar hukuman penyaliban di Arab Saudi atau Aceh atau malah di kisah Nabi Muhammad SAW. Kalau rajam, potong tangan, penggal, itu sudah pernah.

Pertanyaan saya ada dua.
Pertama, pernah enggak ya ada penyaliban di jaman Nabi Muhammad SAW sesuai ayat ini?

Kedua, seperti apa ya penyaliban yang dimaksud? Apakah seperti yang ada di kisah Yesus (menurut orang kristen) yang tangan kakinya dipaku lalu kepalanya dikasi mahkota berduri begitu? Soalnya teman teman saya juga enggak tau.

Terima kasih banyak atas perhatian dan jawabannya.

JAWABAN

Dalam QS Al-Maidah 5:33 Allah berfirman: "Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka didunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,"

Dalam Tafsir Al-Baghawi hlm. III/33 Sebab turunnya (asbabun nuzul) ayat ini menurut Ad-Dhahak adalah karena adanya kaum dari kalangan Ahli Kitab (Kristen, Yahudi) yang mengadakan kesepakatan damai dengan Nabi lalu merusak kesepakatan itu dan kemudian melakukan perampokan dan pengrusakan di bumi.

Menjawab pertanyaan anda:

1. Nabi tidak pernah menyalib seseorang. Adapun pelaku pelanggaran dalam ayat di atas yang berasal dari kaum Hilal bin Umaimir yang bernama Abu Burdah Al-Aslami dihukum mati (lihat: Tafsir Al-Baghawi hlm. III/33)

2. Lihat poin 1. Al-Husain bin Mas'ud Al-Baghawi dalam Tafsir Al-Baghawi hlm. III/48 menjelaskan sbb: :

وقال الكلبي : نزلت في قوم هلال بن عويمر ، وذلك أن النبي صلى الله عليه وسلم وادع هلال بن عويمر وهو أبو بردة الأسلمي على أن لا يعينه ولا يعين عليه ، ومن مر بهلال بن عويمر إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فهو آمن لا يهاج ، فمر قوم من بني كنانة يريدون الإسلام بناس من أسلم من قوم هلال بن عويمر ، ولم يكن هلال شاهدا [ فشدوا ] عليهم فقتلوهم وأخذوا أموالهم فنزل جبريل عليه السلام بالقضاء فيهم ، وقال سعيد بن جبير : نزلت في ناس من عرينة وعكل أتوا النبي صلى الله عليه وسلم وبايعوه على الإسلام وهم كذبة فبعثهم النبي صلى الله عليه وسلم إلى إبل الصدقة ، فارتدوا وقتلوا الراعي واستاقوا الإبل

__________________________


HIBAH IBU TANPA PERSETUJUAN ANAK

Assalamu'alaikum wr.wb..
Saya mau tanya seputar hukum hibah.. Ibu saya menghibahkan tanah pada cucu perempuan, sedangkan salah satu anak laki-lakinya tidak mnyetujui hibah tsb,

1. sah kah hukum hibah tsb..?

JAWABAN

1. Hukumnya hibah tersebut sah. Karena hibah tidak memerlukan persetujuan dari orang lain. Hibah adalah pemberian dari pemilik pada siapapun yang dikehendaki.

__________________________


SUAMI TIDAK SHALAT

assalamualaikum..saya mau bertanya ustad..
saya sudah 5 taun menikah. nikahnya karena dijodohkan ortu..aku mau saja demi kebahagiaan mereka..tapi ustad setelah menikah baru aku tau suami saya tidak pernah shalat. .ngaji tidak bisa. tiap hari selalu saya ingetin shalat. ..tapi kadang mau kadang tidak..saya ajari ngaji meskipun jarang... dia baek tapi pemahaman agamanya kurang....

1. Bagaimana menurut islam sebuah keluarga yg pemimpin keluarganya tidak bisa kaseh contoh yg baek buat anak istri...kadang ada penyesalan. .

JAWABAN

1. Menentukan jodoh bisa dilakukan dengan banyak cara. Baik memilih sendiri atau berdasarkan pilihan orang tua. Namun satu hal yang pasti menurut Islam adalah calon kita haruslah orang yang taat beragama dan baik perilakunya serta berasal dari keluarga yang baik pula. Karena hanya dengan ketiga kriteria itu kemungkinan rumah tangga bahagia dan damai akan tercapai. Setidaknya ini pelajaran bagi anda nanti apabila mencari calon besan untuk putra putri anda.

Untuk saat ini, anda harus berkomitmen untuk "mendidik" suami agar tambah wawasan agama dan berperilaku lebih agamis. Caranya antara lain dengan memberi bacaan-bacaan buku agama, sering mengajak ke pengajian dan juga bersilaturrahmi ke tokoh agama untuk meminta nasihat.

__________________________


MINTA SYARAT AGAR DAGANGAN CEPAT LAKU

asslmkm,salam kenal..subhanallah ustadz... mksh atas ulasan ustadz di tema "islam tdk membuat seorang kaya atau miskin "....thn 2012....skrng saya hmpr mengalaminya di fase kehidupan saya,

saya ingin sekali mengumrohkan ortu saya....saya hnya pnya 1 unit truck reo 6x6 (berniat tuk jual beli truck).. berbagai usaha telah saya cb yg mnrt saya sudah maksimal....puasa 10 hr di bln rajab yg ktanya semua doa pasti di kabulkan, sholat hajat, makelar2 hebat bantu menjualkan, iklan koran dsb.....di lain sisi dlm kehidupan saya n istri saya......hmpir 70% temen2 kita yg tdk sholat kenapa ekonomi nya melesat bak roket... tp kami tekun ibadah yg mau jual 1 unit truck aja tuk umrohkan ortu n bayar hutang susahnya minta ampun...istri sngt tidak setuju bila saya mintakan "syarat" ke kyai supaya truck cpt laku.....di satu sisi saya di kejar hutang....

1. pertanyaan saya....apakah hukumnya syirik bila saya minta "syarat" ke ustadz / kyai minta doa supaya truck cpt laku?....mksh ustadz

JAWABAN

1. Tidak ada larangan bagi anda untuk minta syarat agar truk ada cepat laku terjual. Yang terpenting jimat yang dibuat oleh kyai tersebut isinya tidak ada yang bertentangan dengan akidah Islam. Meminta jimat tidak ada bedanya dengan berobat ke dokter. Yang penting adalah kita harus meyakini bahwa yang menyembuhkan atau membuat laris bukan jimat itu tapi Allah. Lihat detail: Hukum jimat dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..