Wednesday, December 03, 2014

Hukum Bank Syariah Islam


Hukum Bank Syariah Islam
HUKUM BANK SYARIAH, HALAL ATAU HARAM?

Assalamualaikum...
Pak/Bu saya mau bertanya...

1. Hukum Bank Syariah atau Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT sebenarnya dalam Islam termasuk Riba atau Tidak ?
2. Kalau Bank Konvensional itu pasti Riba dan kalau bekerja di Bank Syariah itu hukumnya apa menurut Islam.

Mohon penjelasanya. Wasalamualaikum.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. HUKUM BANK SYARIAH, HALAL ATAU HARAM?
  2. KREDIT MOTOR DARI ADIRA, HALAL ATAU HARAM?
  3. BOLEHKAH PEZINA YANG TAUBAT MERAHASIAKAN MASA LALUNYA?
  4. ZINA DAN HAMIL, BAGAIMANA CARA BICARA KE IBU?
  5. SHALAT TAHIYATUL MASJID PADA WAKTU TAHRIM
  6. MAKMUM SHALAT IDUL ADHA IMAM BEDA MAZHAB
  7. MENGGANTI PUASA DENGAN CARA PUASA DAUD
  8. PAKAIAN YANG TERKENA MADZI WADZI MANI
  9. WARISAN ANAK DARI NIKAH SIRI
  10. ACARA SELAMATAN WANITA HAMIL, MENGAPA BULAN KE-4 DAN KE-7
  11. MIMPI MAKAN-MAKAN DENGAN ORANG TUA PACAR
  12. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Ada dua pendapat di kalangan ulama di Indonesia tentang apakah bank syariah dan BMT (Baitul Mal wat Tamwil) sudah sesuai dengan syariah atau tidak. Pertama, pendapat yang lebih berhati-hati menyatakan bahwa pada praktiknya Bank dan BMT Syariah tidak berbeda dengan bank konvensional. Dalam arti, sama-sama mengandung unsur riba. Salah satu contoh kesamaan itu adalah adanya keuntungan bersama yang sudah ditentukan sebelumnya yang tidak ada bedanya dengan bunga bank konvensional. Padahal bagi hasil yang sesuai syariah itu tidak boleh ditentukan sebelumnya.

Pendapat kedua menyatakan sudah sesuai dengan syariah dengan berpedoman pada pendapat Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI (fatwa-fatwa DSN MUI. DSN adalah lembaga MUI yang punya otoritas memberikan label apakah suatu bank syariah memenuhi syarat untuk disebut Syariah atau tidak, lebih lanjut tentang DSN MUI lihat situs resminya: http://www.dsnmui.or.id/. Kumpulan fatwanya lihat: http://www.dsnmui.or.id/index.php?page=fatwa

Dalam konteks ini, maka kalau ikut pendapat pertama berarti bank syariah termasuk riba karena sama dengan bank konvensional. Sedangkan menurut pendapat kedua, tidak termasuk riba. Pendapat kedua ini juga didukung oleh Syekh Nuh Ali Salman, mufti Kerajaan Yordania. Menurut Syekh Nuh, Bank Syariah jelas lebih baik dari bank konvensional karena secara filosofis mereka ingin menerapkan syariah Islam dan itu terbukti dengan adanya fakta bahwa di setiap bank syariah ada pengawas syariah yang akan mengingatkan pihak bank kalau ada pelanggaran syariah. Dalam Fatawa Al-Muamalah, fatwa no. 12 ia menyatakan:
البنك الإسلامي شركة تجارية تتقيّد في تعاملها بأحكام الشريعة الإسلاميّة. هذا ما تنصّ عليه الأنظمة التي قام عليها البنك، والقائمون على هذه المؤسسة يُبدون استعدادهم دائماً لقبول النصيحة حول أي معاملة من المعاملات التي يقومون بها إذا كانت تخالف أحكام الشريعة الإسلامية.
ولهذا فهو خير قطعاً من البنوك التي تتعامل بالربا جهاراً نهاراً، والحريص على دينه يجب أن يسأل فقيهاً عن كل معاملة يريد أن يتعامل بها مع هذا البنك أو غيره؛ حتى لا يقع في الحرام، ويجوز إيداع الأموال لديهم على سبيل المشاركة، وأكل الأرباح التي يعطونها؛ لأنها أرباح تجاريّة وليست أرباحاً ربويّة.

Artinya: Bank Islam adalah perusahaan bisnis yang operasionalnya terikat dengan hukum syariah Islam. Ini aturan yang dibuat pihak bank. Pihak bank juga siap untuk mendengarkan nasihat ahli tentang produk bisnis mereka apabila ada yang melanggar syariah. Oleh karena itu, maka bank Islam jelas lebih baik dibanding berbisnis dengan bank konvensional yang jelas mengandung riba. Namun, orang yang berhati-hati pada agama hendaknya bertanya pada ahli fikih atas setiap produk jasa yang ditawarkan bank syariah apabila hendak bertransaksi dengan setiap bank syariah sehingga tidak terjatuh pada perbuatan haram. Boleh menyimpan uang di bank syariah dengan cara akad musyarokah (join venture) dan boleh memakan keuntungan yang diberikan bank karena keuntungan bisnis bukanlah keuntungan riba.

2. Bank konvensional pasti riba khususnya produk kreditnya, walaupun ada pendapat minoritas yang menyatakan sebaliknya. Lihat: Bank Konvensional dalam Islam

Adapun Bekerja di Bank Syariah status gajinya adalah terkandung keyakinan anda atas pendapat yang mana di antara dua pendapat di atas. Anda boleh mengikuti pendapat yang kedua (tidak riba) dan apabila demikian maka gajinya halal dan baik (toyyiba).

____________________________


KREDIT MOTOR DARI ADIRA, HALAL ATAU HARAM?

Saya akhwat fulanah dari jawa timur, mau bertanya,
1. bagaimana hukum kredit motor dan kredit rumah di lembaga pembiayaan seperti adira? Apakah termasuk riba? Dan jika terlanjur memiliki motor dari lembaga tersebut bagaimana? Syukron

JAWABAN

1. Kalau memakai sistem yang ada sekarang yaitu dengan membeli motor pada suatu dealer, lalu pergi ke Adira untuk meminjam uang, maka itu termasuk praktik riba. Tapi ada cara alternatif yang halal yang biasa dipakai oleh perbankan syariah yaitu:
(a) Adira menjadi pembeli motor tersebut, lalu anda membeli motor tersebut dari Adira dengan cara mencicil. Maka, cara ini hukumnya halal walaupun harga motor menjadi lebih mahal karena penjual (dalam hal ini Adira) berhak menerima bayaran lebih dari tunggakan atau cicilan itu. Dalam bisnis Islam ini termasuk kategori murobahah; atau
(b) Anda memilih motor atau mobil yang anda sukai, setelah itu minta pada Adira untuk membeli motor tersebut. Setelah jual beli antara Adira dan pemilik motor selesai, maka anda membeli motor / mobil tersebut secara mencicil dari Adira dengan harga yang ditentukan Adira.

Kedua cara di atas dalam sistem Islam disebut murobahah dan hukumnya boleh. Lihat: Bisnis dalam Islam

Adapun kalau sudah terlanjur memakai cara yang biasa (yang riba), maka anda teruskan saja karena darurat dan karena transaksi sudah berjalan. mohon ampun lah pada Allah. Adapun status motornya tetap halal insyaAllah. Atau, untuk menenangkan hati, anda bisa mengikuti pendapat yang menghalalkan bank konvensional walaupun itu pendapat minoritas di kalangan ulama. Lihat: Pendapat yang Menghalalkan Bank Konvensional

____________________________


BOLEHKAH PEZINA YANG TAUBAT MERAHASIAKAN MASA LALUNYA?

Assalamualaikum. pezina (suami atau istri) yang khilaf dan melakukan taubat nasuha Tapi memilih merahasiakan perselingkuhannya karena takut pasangannya akan sakit hati dan tidak bisa melupakan,
1. sah apa tidak taubat nasuhanya?

Terima kasih

JAWABAN

1. Sah. Tidak ada kewajiban bagi seorang pendosa zina untuk menceritakan dosanya itu pada orang lain walaupun pada pasangannya sendiri. Justru dianjurkan bagi pelaku dosa besar atau kecil untuk merahasiakannya. Nabi bersabda dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim (muttafaq alaih) demikian:

كل أمتي معافى إلا المجاهرين، وإن من المجاهرة أن يعمل الرجل بالليل عملا، ثم يصبح وقد ستره الله، فيقول: يا فلان عملت البارحة كذا وكذا، وقد بات يستره ربه، ويصبح يكشف ستر الله عنه
Artinya: Seluruh umatku diampuni kecuali al-mujahirun (orang yang terang-terangan berbuat dosa), dan termasauk bentuk Mujaharoh (terang-terangan dalam berbuat dosa) adalah seseorang berbuat dosa pada malam hari, kemudian pada pagi hari dosanya telah ditutup oleh Allah, dia berkata: "Wahai fulan semalam aku telah melakukan seperti ini dan ini (menceritakan dosanya)." Allah telah menutupi dosanya di malam hari, tetapi dia membuka kembali dosa yang telah ditutup oleh Allah tersebut.

Dalam sebuah hadits lain riwayat Hakim dan Malik (dalam Al-Muwatha') Nabi bersabda:
اجتنبوا هذه القاذورات التي نهى الله عنها، فمن ألمَّ بشيء منها فليستتر بستر الله تعالى، وليتب إلى الله تعالى، فإنه من يبد لنا صفحته نقم عليه كتاب الله

Artinya: Jauhilah perbuatan dosa yang dilarang Allah. Barangsiapa yang melakukannya, maka hendaknya ia merahasiakannya dan bertaubatlah pada Allah.

____________________________


ZINA DAN HAMIL, BAGAIMANA CARA BICARA KE IBU?

Saya wanita telah melakukan dosa besar yakni perzinahan dengan kekasih saya. dan tiba saatnya hukum ALLAH datang dengan memberikan kami pukulan keras. Saya Hamil..
Saya terlahir dari keluarga diktator. Yang semua di atur oleh ibu saya. Ayah saya sudah lama meninggal.
1. Bagaiman cara saya untuk mengakui di depan orang tua saya? Saya kalut, saya takut akan menjadi petaka untuk orang tua saya. Saya takut membuat beliau jatuh sakit. Sungguh saya menyesali ini semua.

Mohon jawabnnya.. Saya membutuhkan pencerahan.. Terima kasih sebelumnya..
Wa'alaikum salam WR WB.

JAWABAN

1. Sebaiknya anda segera meminta ijin pada ibu untuk menikah dengan pacar anda yang menghamili anda minimal nikah siri. Kalau ibu setuju, maka anda tidak perlu mengaku atas kehamilan tersebut. Tapi kalau tidak setuju, maka anda perlu memberitahu realitas yang ada dengan tujuan agar beliau setuju keinginan anda untuk menikah. Tujuan menikah adalah agar anak yang ada dikandung menjadi anak yang sah dan memiliki ayah yang sah. Lihat: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

____________________________


SHALAT TAHIYATUL MASJID PADA WAKTU TAHRIM

Assalaamualaikum...
Nama lengkap saya Ahmad irwansyah dari Tasikmalaya, mau bertanya masalah sholat,
1. apakah boleh sholat tahiyatulmasjid pada waktu yang diharamkan?

Mohon jawabannya,terimakasih.

JAWABAN

1. Yang dimaksud waktu tahrim dalam madzhab Syafi'i sebenarnya bukan waktu yang diharamkan, tapi waktu yang dimakruhkan untuk melaksanakan shalat sunnah. Dalam Kitab Hasyiyah Bujairami alal Manhaj 1/161 dikatakan:
وكره) كراهة تحريم كما صححه في الروضة والمجموع هنا وكراهة تنزيه كما في التحقيق وفي الطهارة من المجموع (في غير حرم مكة صلاة عند استواء) للشمس حتى تزول
Artinya: Dan hukumnya makruh tahrim seperti keterangan Imam Nawawi dalam kitab Ar-Raudhah dan Al-Majmuk, dan makruh tanzih seperti dalam At-tahqiq, melakukan shalat sunnah di selain Masjidil Haram Makkah pada saat istiwak matahari sampai tergelincir... dst.

Tentang definisi makruh tahrim lihat: Makruh Tahrim dan Makruh Tanzih
Baca juga: Waktu Tahrim

Pertanyaannya, apakah boleh shalat sunnah tahiyatul masjid di waktu tahrim? Jawabnya, menurut mazhab Syafi'i adalah boleh karena kemakruhan itu berlaku untuk shalat sunnah yang umum atau shalat sunnah yang tidak punya sebab. Sedangkan shalat sunnah tahiyat masjid termasuk dalam kategori shalat sunnah yang punya sebab. Dalilnya adalah Nabi pernah mengqadha shalat sunnah ba'diyah dzuhur setelah shalat Ashar [ أنه صلى الله عليه وسلم صلى بعد العصر ركعتي الظهر].

Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari hlm. 2/59, mengutip pendapat Imam Nawawi sbb:

قال النووي : أجمعت الأمة على كراهة صلاة لا سبب لها في الأوقات المنهي عنها ، واتفقوا على جواز الفرائض المؤداة فيها ، واختلفوا في النوافل التي لها سبب كصلاة تحية المسجد وسجود التلاوة والشكر وصلاة العيد والكسوف وصلاة الجنازة وقضاء الفائتة ، فذهب الشافعي وطائفة إلى جواز ذلك كله بلا كراهة

Artinya: Imam Nawawi berkata: Ulama sepakat atas makruhnya shalat sunnah yang tidak punya sebab pada waktu yang dilarang. Dan mereka sepakat atas bolehnya shalat fardhu dilakukan di waktu tersebut. Ulama berbeda pendapat untuk shalat sunnah yang memiliki sebab seperti tahiyat masjid, sujud tilawah, sujud syukur, shalat hari raya, shalat gerhana, shalat jenazah dan qadha shalat. Imam Syafi'i berpendapat boleh tanpa makruh.
____________________________


MAKMUM SHALAT IDUL ADHA IMAM BEDA MAZHAB

Assalamu alaikum
Saya mau bertanya pak ustad
Saya berprofesi sebagai pelaut/pelayaran. Kebetulan saat sekarang ini saya berlayar di daerah Qatar. Sewaktu shalat idul adha kemarin saya sempat shalat di salah satu masjid terdekat dipelabuhan. Tapi ada kejanggalan dalam melaksanakan shalat ied. Rakaat pertama takbir cuma 5 kali terus pada rakaat kedua ada takbir 5 kali lagi tapi bukan pada waktu selepas sujud, melainkan 5 kali takbir pada waktu mau rukuk. Dalam hati saya kok shalatnya aneh, apakah ini SYIAH.

1. Pak Uztad apakah hukumya melaksanakan shalat di masjid syiah, karena hampir setiap jumat saya shalat di masjid tersebut (shalat jumatnya normal tidak ada kelainan)?
Terima kasih. Wassalam

JAWABAN

1. Takbir tambahan (Arab, zawaid) shalat idul adha yang dilakukan pada saat mau rukuk di rakaat kedua adalah berdasarkan pada pendapat mazhab Hanafi. Jadi, itu bukan Syiah. Sebagaimana keterangan dalam kitab Hasyiyah Ibnu Abidin 2/172.

Mazhab Hanafi adalah salah satu dari empat mazhab fikih yang diakui oleh Ahlussunnah Wal Jamaah. Jadi, hukumnya boleh melaksanakan shalat dan bermakmum pada imam madzhab Hanafi.

Baca detail:
- Shalat Idul Fitri
- Shalat Idul Adha
- Ahlussunnah Wal Jamaah

____________________________


MENGGANTI PUASA DENGAN CARA PUASA DAUD

Assalamualaikum ustad

1. Saya mau tanya bolehkah saya mengganti puasa saya dengan cara seperti puasa dawud?Sehari puasa sehari tidak. Dan apakah saya mendapatkan pahala atas puasa saya itu?

Terimakasih Wassalamualaikum

JAWABAN

1. Boleh saja. Pada prinsipnya mengqadha atau mengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkan itu wajib. Apakah menggantinya dengan cara berurutan atau memakai cara dawud tidak masalah. Namun tidak ada pahala atas gaya puasa Dawud tersebut karena yang sunnah dari puasa dawud adalah apabila puasa sunnah; bukan puasa qadha Ramadan. Baca detail: Puasa Ramadhan

____________________________


PAKAIAN YANG TERKENA MADZI WADZI MANI

1. Ustadz apakah najis jika pakaian terkena wadzi/madi/mani?
2. Apakah harus dicuci dulu sebelum dipakai untuk sholat?

JAWABAN

1. Wadzi dan madzi adalah najis. Kalau terkena baju harus dibasuh. Mazi dan wadzi penyebab hadas kecil. Orang yang keluar madzi atau wadzi batal wudhunya. Baca: Wudhu dan Mandi Junub

2. Mani hukumnya suci. Jadi, kain yang terkena mani boleh dipakai shalat namun dianjurkan untuk dibersihkan lebih dulu. Mani penyebab hadas besar. Orang yang keluar mani harus mandi junub. Baca: Najis dan Cara Mensucikan

____________________________


WARISAN ANAK DARI NIKAH SIRI

Assalamuaaikum pak ustad, saya mau nanya
1. Bagaimana pembagian warisan jika Ayah punya 2 istri dan Istri kedua dinikahi Siri,
2. terus bagaimana dengan anak2 dari pernikahan siri?
3. Bagaimana jika pihak istri pertama menuntut ke pengadilan karna Ayah menikah tanpa izin istri pertama.
Wassaammualaikum wr.wb

JAWABAN

1. Dalam syariah Islam, istri nikah di KUA dengan nikah siri (tanpa tercatat di KUA) adalah sama saja. Mereka tetap sah sebagai istri asal memenuhi syarat dan rukun nikah Islam. Oleh karena itu, kedua istri sama-sama berhak mendapatkan warisan yaitu 1/8 (seperdelapan) dibagi dua untuk istri pertama dan kedua. Baca detail: Hukum Waris Islam

2. Anak-anak dari pernikahan siri juga sama dengan anak dari penikahan KUA artinya sama-sama mendapatkan warisan yang sama sebagai anak. Baca detail: Hukum Waris Islam

3. Secara syariah pernikahan kedua tidak perlu ijin dari istri pertama. Baca detail: Pernikahan Islam

____________________________


ACARA SELAMATAN WANITA HAMIL, MENGAPA BULAN KE-4 DAN KE-7

1. Acara selamatan bagi wanita hamil, Kenapa harus pada bulan ke-4 & 7?

JAWABAN

1. Selamatan wanita hamil pada bulan ke-4 atau ke-7 adalah tradisi di sebagian suku di Indonesia. Oleh karena itu, ia bisa dilakukan selagi tidak ada perilaku yang melanggar syariah. Juga boleh ditinggalkan. Ini berdasarkan pada kaidah fikih "Hukum asal dari segala sesuatu (yakni, non ibadah) adalah boleh." Lihat: Kaidah Fiqih.

Baca juga: Hukum Tahlilan dan Selamatan

____________________________


MIMPI MAKAN-MAKAN DENGAN ORANG TUA PACAR

Assalamualaikum ustad
Saya mau bertanya, semalam saya bermimpi orang tua pacar saya datang mengunjungi rumah saya, dan didalam mimpi itu kami sedang melakukan acara makan makan dengan keluarganya dan keluarga saya,
1. menurut ustad apa makna dari mimpi saya itu ??

JAWABAN

1. Mimpi makan tergantung dari jenis makanan. Apabila makanan yang dimakan baik dan halal, maka hubungan anda dan dia akan berakhir baik, direstui orang tua dan sampai di pelaminan (perkawinan). Apabila makanan yang dimakan adalah makanan buruk atau makanan haram, maka anda dan pacar akan atau sudah melakukan hubungan haram (seperti zina, dll) dan hubungan anda tidak mendapat restu dari kedua orang tua.

Perlu dicatat, bahwa makna di atas apabila mimpi tersebut berasal dari malaikat. Sedangkan apabila mimpi itu berasal dari jin/setan atau diri sendiri, maka tidak ada artinya sama sekali. Baca: Mimpi dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..