Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Suami jarang ibadah, bolehkah minta cerai?

Suami jarang ibadah, bolehkah minta cerai?

Suami saya seorang ojol yg selalu berangkat siang pulang malam, tp setiap malam dia selalu begadang main game online sampai pagi.

Ibadahnya kadang rajin kadang tidak. Masalah uang jg dia sering berharap kepada ibunya dan Kaka saya agar dibantu masalah keuangan. Ibunya tidak pernah sholat ataupun puasa. Adiknya yg masih kelas 2 SD selalu dititipkan kepada saya dan suami. Saya ingin berpisah karna saya merasa suami saya tidak ada keinginan untuk memperbaiki perekonomian kami lebih baik kedepannya ditambah ibadahnya jg yg kadang rajin kadang tidak. Saya tidak mau klo harus bergantung mulu kepada orang lain.

Apa yg harus saya lakukan, apakah bertahan atau tidak?

JAWABAN

Secara agama anda dibolehkan untuk meminta cerai atau melakukan gugat cerai karena tiga hal:

a) jarang menafkahi Baca detail: Istri Boleh Tak Taat Suami yg Tak Beri Nafkah

b) dan jarang shalat. Baca detail: Menyikapi Pasangan Selingkuh

c) karena tak cinta. Baca detail: Istri Minta Cerai karena Tak Cinta

AGAR MENIKAH MUDA TIDAK CERAI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Gimana ya kak agar menikah muda jauh dari kata cerai?

JAWABAN

Apabila kedua belah pihak sudah siap secara jiwa dan raga. Sehingga keharmonisan rumah tangga menjadi prioritas dari yang lainnya. Baca detail: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

RUMAH TANGGA: AMALAN AGAR TENANG JAUH DARI ANAK ISTRI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Saya seorang ayah dan memiliki 2 orang anak yang masih kecil. Anak pertama umur 6 tahun dan anak kedua umur 6 bulan.saat ini saya harus terpisah dengan anak-anak dan istri saya karena tugas.Saya merasa berat sekali menjalani kehidupan saat jauh dari anak-anak dan istri saya.hati tak pernah bisa tenang, pikiran juga selalu tertuju pada anak-anak dan istri. Saya sudah mengajukan pindah tugas dari tahun 2020 lalu, namun sampai saat ini belum juga dikabulkan. Dan terakhir jawaban dari permohonan pindah tugas saya adalah dalam proses tunggu. Sedangkan disini saya merasa sudah tidak kuat lagi menjalani hidup tanpa anak-anak dan istri saya.

Mohon pencerahannya dari pak kyai/ustadz, amalan apa yang bisa menenangkan hati dan pikiran saya serta agar permohonan pindah tugas saya bisa segera dikabulkan. Jazakallahu khoiron katsiron Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh

JAWABAN

Baca doa berikut setiap selesai shalat. Baca detail: Doa Agar Disayang dan tenang hati

KALIMAT "CERAI SAJA SUDAH" APAKAH TERMASUK TALAK?

Beberapa hari yang lalu saya dan suami sempat ribut besar. Kemudian suami mengucapkan kalimat "cerai saja sudah". Tapi saat emosinya sudah reda dia bilang kalau tidak ada niat sedikit pun dalam hati nya untuk menceraikan saya dan kalimat yang dia ucapkan itu semata-mata karena emosi yang tidak dapat dikontrol. Dia menyesal dan tidak ingin pisah.

Apakah sudah jatuh talak untuk saya karna ucapan suami tersebut? Dan bagaimana jika ingin kembali? Terimakasih.

JAWABAN

Tidak jatuh talak karena pada kalimat tersebut tidak menyebut obyek. Kalimat yang sah adalah "Aku ceraikan kamu". Baca detail: Talak tanpa Kalimat Sempurna

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam