Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Saya tidak suka cara kamu, apakah termasuk talak kinayah?

 

Saya tidak suka cara kamu, apakah termasuk talak kinayah?


DEBAT SAMA ISTRI

as.wr.wb ustd tadi ana lagi debat sama istri , trus ana bilang kalau saya suka ya saya bilang suka,
pas pada kalimat : saya itu tidak suka dengan cara kamu, lewat dia sprti niat itu ustd, apakah kalimat ana kinayah atau gak itu ustad, ana cuman bilang saya ndk suka dengan cara mu, itu bukan kinayahkan ustd ?
soalnya lagi berdebat hebat tadi.
mohon jawabannya ustd, saya ketakutan sendiri jadinya..

JAWABAN

Ucapan " saya itu tidak suka dengan cara kamu" tidak termasuk kalimat kinayah. Sehingga tidak berdampak talak walaupun disertai niat saat mengucapkannya. Baca detail: Hukum Kata Non Kinayah dg Niat Talak

Ucapan suami "Betulkah?" Apa sama dengan mengiyakan ucapan talak?

Assalamualaikum tuan ustaz. Saya Mohd Adly. Drp Kuala Lumpur, Malaysia. Saya ada pertanyaan. Suatu hari, isteri saya menonton televisyen mengisahkan pasangan yang berputus cinta. Kekasih wanita tersebut masih mahukan lelaki tersebut walaupun lelaki tersebut tidak mahukan kekasih wanita tersebut. Isteri saya berkata pada saya begini 'Kalau saya jadi kekasih wanita tersebut, sudah lama saya melupakan dan meninggalkan kekasih lelaki itu'. Saya menjawab 'Betul tu'. Saya ada kemusykilan.

1. Adakah jawapan saya 'Betul tu' boleh membawa maksud mengiyakan permintaan talak atau cerai?

2. Adakah hal ini termasuk sebagai kinayah?

3. Adakah percakapan isteri saya dan jawapan saya kepada isteri tidak berada dalam konteks talak?

Wassalam.

JAWABAN

1. Tidak dianggap mengiyakan permintaan talak. Karena konteksnya bercerita talak. Dan cerita talak tidak ada dampak hukum sama sekali. Baca detail: Cerita Talak   

2. Tidak termasuk kinayah.

3. Ya, percakapan anda berdua tidak berada dalam konteks talak. Melainkan dalam konteks bercerita sehingga tidak ada efek hukum talak sama sekali.

LINTASAN INGIN CERAI ISTRI

as.wr.wb

ustad saya mau beratanya..

ustd tdikan, di mobil istri ngomel2 trus ada ngomong nanti jngan sampai saya tinggal gk kmbali2, ana cuman diem aja , cuman di dalam hati ana ini suka kayak lewat lintasan syarat kalau nnti da sy ngomong ya maka bgini, tapi ana trus lawan lintasan itu , trus ama diem aja sudah lewat beberapa menit kedepan , ana tlfn orang lain yang mau buatin saya surat karantina barang , trus dia bilang ini sudah saya mau buatin surat karantinannya, trus ana jawab Ok ke orang yang ana tlfn itu, kalau bgitu gak kan ustd ?

sudah ana coba lawan lintasan dalam

hati itu ustd tapi bgitu lagi bgitu lagi..

JAWABAN

Lintasan cerai/talak tidak ada dampak apapun. Baca detail:  Hukum Lintasan Hati

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam