Menyikapi Kuas Bulu Babi Eterna China Bristles

Eterna China Bristles

MENYIKAPI KUAS BULU BABI ETERNA CHINA BRISTLES

Assalmu'alaikum Wr. Wb.

Terima kasih atas penjelasan yang diberikan kepada kami, semoga bisa menjadikan manfaat. Dan mohon kiranya kami bisa diberikan penjelasan lain atas hal2 yang berkaitan dengan kuas "ETERNA" yang katanya mengandung babi berikut ini :

1. bagaimana jika di sekeliling kita banyak sekali kita jumpai yang memakai kuas tsb. untuk cuci sepeda . ngecat rumah / pagar dll. yang sy tanyakan gmana jika kita ke rumah mereka dikemudian hari ?
2. apakah kita masih terkena najisnya krn sewaktu cuci sepeda airnya ke mana-mana
3. apakah jika kita bersandar pada pagar/tembok tsb mereka juga terkena najisnya krn yang dibuat ngecat juga kuas ETERNA CHINA BRISTLES ?

TOPIK KONSULTASI
  1. MENYIKAPI KUAS BULU BABI ETERNA CHINA BRISTLES
  2. BANYAK DOSA SUKA MENCURI DAN TIDAK SHOLAT
  3. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

4. Bagaimana jika kita servise motor / mobil / brg. electronica yang mayoritas menggunakan kuas ETERNA CHINA BRISTLES dan rasanya sulit sekali jika kita cari tempat lain yang tdk menggunakan kuas tsb, krn penjualan atas kuas tsb sdh merajalela dan tidak ada penanganan khusus dari pihak yang berwenang.
5. bagaimana kita menyingkapi semua ini? mengingat dari pihak berwenang belum ada respon, dan penjual kuas tsb juga ada dimana-mana bagaimana solusi atau langkah kita yang benar?

Kami sangat berharap keterangan dari Ustadz, mengingat hal ini sdh sangat meresahkan masyarakat.
dan umat islam pada khususnya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.


JAWABAN

1. Karena anda tidak punya kemampuan untuk mengatur rumah orang lain, maka anda dapat mengikuti pendapat madzhab Maliki yang menyatakan bahwa bulu dan kulit babi itu suci.

2. Kalau mengikuti pendapat madzhab Maliki dalam soal ini, maka hukumnya suci. Tetapi kalau mengikuti madzhab Syafi'i, maka najis.

3. Suci menurut madzhab Maliki, dan najis menurut madzhab Syafi'i.

4. Kalau memang tidak bisa dihindari, maka niatkan menggunakan hukum dari madzhab Maliki. Namun kalau anda ingin tetap memakai pendapat madzhab Syafi'i dan itu memungkinkan, maka lakukan salah satu solusi berikut: (a) cari bengkel yang lain yang tidak memakai kuat tersebut; atau (b) bawa kuas sendiri dari rumah.

5. Kita bersikap sesuai dengan kemampuan kita dan kekuasaan yang ada pada kita. Kalau kita masyarakat biasa, maka yang bisa kita lakukan adalah (a) hindari memakai kuas tersebut untuk diri sendiri dan keluarga; (b) beritahu siapapun yang kita temui dan kita kenal sebagai muslim bahwa kuas tersebut terbuat dari bulu babi.

Apabila yang memakai kuas tersebut adalah masjid, maka sebaiknya anda konsultasikan pada takmir masjid agar dimusyawarahkan. Saran kami, kalau memang ada biaya, sebaiknya catnya dibuang dan diganti dengan cat lain yang kuasnya sudah pasti suci.

Selain itu, mulai sekarang harap berhati-hati memakai produk dari China terutama yang terkait dengan kulit, bulu, , minyak dan makanan karena memang China adalah bangsa pemakan babi dan banyak resep masakan China memakai babi sebagai bahan utama.

BETULKAH KUAS ETERNA CHINA BRISTLES TERBUAT DARI BABI?

Dari sejumlah literatur yang dapat kita temui, tampaknya kuas dengan merk Eterna China Bristle memang terbuat dari bulu babi.

Pertama, istilah "China Bristle" yang terdapat pada kuas merek Eterna. Istilah "China Bristle” biasanya bermakna “Hog Bristle”. Hog ini artinya adalah “babi peliharaan” Yang mengindikasikan bahwa memang kuas dengan merek ini dibuat dari bulu babi. Produk ini bisa dilihat dari gagang kuas yang bertuliskan Bristles, Pure Bristles, 100 % China Bristles dan sebagainya. Bulu putih dan hitam Babi banyak digunakan pada kuas roti, cat tembok, kosmetik dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa kuas jenis bulu babi ini tidak semuanya bertuliskan Bristles. Artinya, kalau ada kuas lain yang tidak memakai kata Bristle belum menjamin itu bukan terbuat dari bulu babi.

Kedua, Kadinkes Kab. Tuban pada Januari 2014 mengirim sampel kuas merk tersebut ke Lembaga Pengujian Pengawasan Obat Dan Makanan Majlelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) propinsi Jawa Timur. Hasilnya positif bahwa kuas dengan merk ETERNA CHINA BRISTLES terbuat dari bulu hewan dengan ciri-ciri ketika dibakar berbahu menyengat (Jawa: sangit).

Mengapa China memakai bulu babi untuk bahan kuas? Karena kulit babi stoknya melimpah dan harganya sangat murah sehingga lebih menguntungkan dibanding memakai kuas dengan bahan polymer atau nilon.

Baca juga: Najis Babi dan Anjing menurut Madzhab Empat

_________________________________


BANYAK DOSA SUKA MENCURI DAN TIDAK SHOLAT

Assalamu'alaikum wr.wb

ustad, nama saya Tia (bukan nama sebenarnya - red), umur saya sekarang 18tahun ust.. dihidup saya ini saya sudah melakukan banyak sekali dosa ust yang sangat besar, sampe2 saya bingung cara tobatnya.. ustad, mohon bantu saya ya... pertanyaan saya ada banyak dan saya pengen curhat juga..

1. saya dari kecil udah ditinggal papa ust.. papa saya meninggal waktu saya umur 1 tahun, mama saya yg biayain sendirian dan saya punya 2 kakak ust, saya anak terakhir. keluarga saya (termasuk sepupu saya) punya kebiasaan yang buruk. kami suka mencuri ustad.. dari saya kecil sampai saya baligh selalu begitu sampai tanpa sadar itu menjadi kebiasaan saya ustad.. barang yg saya curi banyak sekali dari baju sampai makanan di kantin.. ustad, saya pernah cerita hal ini dengan guru agama islam saya. beliau bilang, saya tidak boleh putus asa untuk menggapai ridho Allah.. caranya, saya nanti kalo udah bekerja, banyak2 sedekah ust.. menurut ustad gimana?

2. saya tidak pernah sholat ust dari dulu.. trs gimana cara membayarnya? kata guru agama saya setiap saya sholat, tinggal ditambahin kata "Qodho'an" itu setiap saya sholat sekali, itu juga membayar hutang saya 1 sholat juga.

ustad, tolong pertanyaan saya ini dijawab lewat e-mail saja dan mohon jangan dicantumkan di website, saya malu ustad.. terimakasih ust.

Wassalamualaikum wr.wb
DDC (via email)

JAWABAN

1. Cara menebus dosa adalah dengan bertaubat nasuha secepatnya. Taubat nasuha adalah mengombinasikan niat dan perilaku secara sungguh-sungguh untuk menghentikan perilaku tercela dengan penuh rasa penyesalan. Serta mohon ampun pada Allah dan pada orang-orang yang didzalimi (pernah dicuri, dsb).

Itu langkah pertama yang terpenting dalam bertobat. Langkah kedua adalah banyak bersedekah apabila mampu. Lihat juga artikel di sini dan di sini.

2. Shalat wajib 5 waktu yang ditinggal/tidak dilakukan dengan sengaja adalah dosa besar. Namun, hukum meninggalkan shalat dengan sengaja berbeda dengan hukum tidak shalat karena lupa.

Hukum meninggalkan shalat dengan sengaja ada 2 (dua) yaitu (a) tidak wajib diqadha (qodho) dam (b) wajib qadha atau mengganti seluruh shalat yang ditinggalkan. Namun, apabila Anda secara fisik sehat, dianjurkan untuk mengqadha seluruh shalat yang ditinggalkan. Namun apabila fisik lemah silahkan mengikuti pendapat yang tidak mewajibkan. Lihat detailnya di sini.

Sedangkan shalat yang ditinggalkan karena lupa seperti ketiduran, dsb, maka wajib diganti saat dia ingat. Lihat detailnya di sini.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

2 comments:

  1. assalammualaikum,
    terimakasih juga ustad, sangat membantu saya,,

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!