Solusi Mengatasi Was-was Iman dan Ibadah

Solusi Mengatasi Was-was Iman dan Ibadah

Was-was adalah rasa bimbang dan ragu atas sesuatu. Was-was najis artinya sering merasa bimbang bahwa pakaian atau badannya terkena najis walaupun tidak ada bukti adanya najis yang mengenai. Was-was iman berarti diliputi rasa bimbang atas imannya kepada Allah atau pada Islam.

DAFTAR ISI
  1. Was-was Iman dan Ibadah
  2. Berfikir Dzat Allah Apakah Murtad?
  3. Ingin Belajar Di Ponpes Miftahul Huda

WAS-WAS IMAN DAN IBADAH

PERTANYAAN
Assalamu'alaikum wr wb..

Ustad saya ahmad riady. Saya mau bercerita, mski malu tapi terpaksa saya lakukan.

1). Dipikiran saya sering terlintas nadzar dan sumpah. Baik mutlak maupun yg bersyarat. Dan kemudian di ucapkan di hati kadang di lisan. Bahkan nazar nya orang lain pun turut di ucapkan. Tapi kemudian saya membantah nazar2 tersbut scara berulang-ulang, tujuan nya untuk meyakinkan Allah dan hati saya bahwa nadzar2 dan sumpah2 yg telah di ucap atau akan di ucap adalah nadzar dan sumpah TIDAK BENAR atau BOHONGAN. Dan saat shalat fardu, hajat dan tahajud saya selalu berdo'a agar allah tidak mengesahkan atau memberlakukan nazar2 dan sumpah yg telah dan akan terucap. Dan jngan pula menghukum saya dan keluarga karna nadzar2 dan sumph2 trsbt. Tapi tetap saja hati slalu waswas takut trjadi yg sebaliknya.

2). Saat shalat saya sllu mengulang2 takbiratul ikhram, krna di pikiran dan hati bahwa shalat yg saya lakukan TIDAK SAH DAN BATAL. Dan sering pula saya lupa
bilangan rakaat dalam shalat dan mengulang-ulang wudhu.

3). Saat berdo'a di pikiran sering pesimis kalau Allah mengabulkan do'a saya. Dan di pikiran juga sering terlintas pikiran hinaan pd Allah, tpi kemudian istighfar.

4). Sering mimpi buruk berada dilingkungan kuburan, tmpat yg tinggi, mcam tntang rumah, mlihat orng yg sudh meninggl, mlihat mayat dll.. Kemudian saya mencari tafsir mimpi di intrnet, tpi stelah tau artinya saya menjadi ketakutan dan takut mati.

5). Saya sudah berusaha sembuh dari waswas dan melupakan nomer 1 dan 4, tapi justru pikiran saya tambah kacau dan gelisah.

Demikian cerita saya, dan sudi kiranya bapk ustad mau mengomentari atau memberi solusi nya..

JAWABAN

Jawaban pertanyaan ke-1:
Apalagi syarat dan rukun nadzar sudah terpenuhi, maka hukumnya wajib melaksanakan nadzar tersebut. Salah satu syarat nadzar adalah sighat atau lafadz nadzar yang jelas. Lebih detail lihat Hukum Nadzar. Kalau tidak dilaksanakan, maka dikenakan kaffarah sama dengan dendanya orang yang melanggar sumpah.

Adapun perilaku Anda yang "tidak biasa" dengan sering terucapnya kata nadzar, maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan psikiatar/psikolog untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Jawaban pertanyaan ke-2:
Dalam beribadah hendaknya berpegang pada hukum yang berlaku. Kalau menurut hukum sah, maka berarti sah walaupun menurut perkiraan Anda tidak sah. Niat shalat, misalnya, asalkan Anda sudah berniat dalam hati dan menyebut nama shalat yang dilakukan, maka hukumnya sah. Contoh, saat dalam hati mengatakan "Niat shalat dzuhur" kemudian takbirotul ihrom, maka shalatnya sudah sah.

Adapun kalau ragu pada bilangan rakaat shalat, maka yang dianggap adalah yang yakin. Misalnya, Anda ragu apakah sudah 2 rokaat apa masih 1 rokaat, maka yang dianggap adalah 1 rokaat.

Jawaban pertanyaan ke-3:
Pesimis itu manusiawi terutama bagi orang yang sedang ditimpa kesulitan. Namun Quran mengingatkan agar kita selalu memiliki pengharapan pada kehidupan, pada Allah dan pada kekuasaan Allah. Allah adalah Maha Benar itulah sebabnya banyak orang Barat yang bersih hatinya masuk Islam dari dulu sampai sekarang. Artinya, dalam Islam terdapat kebenaran yang tidak diragukan bagi mreka yang memiliki hati yang bersih dan tidak terpengaruh oleh lingkungan yang buruk.

Dengan kata lain, kalau anda merasa ragu kepada kebesaran dan kebenran Allah, maka penyebabnya adalah hati Anda kurang bersih. Penyebab utama biasanya adalah lingkungan yang kurang baik. Yang dimaksud lingkungan adalah bacaan yang dibaca dan teman pergaulan. Solusinya: cari teman dan lingkungan yang akan mendukung keimanan Anda pada Allah dan Islam. Baca: Cara Meningkatkan Iman

Jawaban pertanyaan ke-4:
Kebanyakan mimpi adalah kembang tidur atau dari gangguan jin. Mimpi apapun yang Anda alami yang menjauhkan Anda dari semangat hidup adalah mimpi yang tidak benar. Karena itu tidak usah dipikirkan. Untuk menghindari mimpi-mimpi buruk lagi, usahakan sebelum tidur membaca doa, dan membaca ayat Kursi. Baca: Mimpi dalam Islam


Jawaban pertanyaan ke-5:
Kalau setelah membaca saran saya was-wasnya belum hilang, silahkan konsultasi ke tokoh agama terdekat agar dapat dibimbing secara langsung.
______________________________________________________________


WAS-WAS DZAT ALLAH

PERTANYAAN

assalamualaikum wr.wb
ustadz saya adalah seorang pemuda muslim yang terkena penyakit was was. yang sudah bertahun tahun. bagaimana cara menghilangkannya?

pada suatu hari, saya pernah memikirkan dzat Allah sampai sampai rasanya saya telah
menyekutukanNya dengan hp saya pertanyaannya
1. apakah saya telah murtad?
2. apabila saya sudah taubat bolehkah saya menggunakan hp saya lagi?
terimakasih
wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

Untuk menambah keimanan Allah memerintahkan manusia muslim agar berfikir, melihat dan mengamati ciptaan Allah. Dan Allah melarang kita memikirkan dzat Allah itu sendiri karena pikiran kita tidak akan mampu, akan membuat bingung dan menipiskan iman saja.

Dalam sebuah hadits Nabi bersabda:
- مر النبي على قوم يتفكرون فقال تفكروا في الخلق ولا تفكروا في الخالق
- تفكروا في خلق الله ولا تفكروا في الله
- تفكروا في كل شيء ولا تفكروا في ذات الله فإن بين كرسيه إلى السماء السابعة سبعة الآف نور وهوفوق ذلك
- تفكروا في آلاء الله ولا تفكروا في الله

Ketiga hadits di atas intinya adalah menganjurkan seorang muslim untuk mengamati makhluk ciptaan Allah karena itu akan dapat meningkatkan iman dan jangan berfikir tentang dzat Allah karena itu akan melemahkan iman kita.

Jawaban pertanyaan Anda:

1. Insyaallah Anda belum murtad. Anda hanya sedang salah jalan dalam usaha Anda untuk dekat pada Allah. Anda baru dianggap murtad kalau kemudian mengaggap HP itu sebagai Allah dan menyembah HP. Solusinya, perbanyak ibadah sunnah (selain yang wajib) terutama shalat tahajud dan memohon pada Allah agar diberi kekuatan iman yang istiqamah.

2. Boleh.

BACA JUGA:
>> Takut (Was-was) pada Najis
>> Was-was Air Kencing


INGIN BELAJAR DI PONPES MIFTAHUL HUDA

asalamualaikum
maaf nun sewu saya seorang remaja kebetulan sudah bekerja ... yg saya maau tanyaken saya pengenn ikut mondok di miftachul huda tapi saya ga tau boayanya sampe berapa... bisa kasih tau rincian biayanya ga... saya orang ga paham agama dan saya pengeen psedikit ngerti agama... saya asli dari purwokerto banyumas... trimakasih buat infonya
asalamualaikum warohmah

JAWABAN

Kami tidak tahu proses biaya dan proses pendaftaran di pesantren tersebut. Juga, nama Miftachul Huda di Purwokerto kami kira lebih dari satu. Kalau anda berada tidak jauh dari lokasi pesantren, silahkan langsung datang ke pesantren.

Juga, perlu juga diingat untuk berhati-hati dalam memilih pesantren. Jangan sampai anda masuk ke dalam pesantren yang mengajarkan ajaran sesat atau ajaran radikal. Baca link di bawah untuk info lebih lanjut.

Terkait:
- http://www.alkhoirot.net/2013/06/cara-memilih-pesantren.html
- http://www.alkhoirot.net/2012/06/akhlak-dan-etika-santri.html

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

No comments:

Post a Comment

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!