Perbedaan Setan, Iblis dan Jin

Perbedaan Syaitan, Iblis dan Jin
PERBEDAAN SETAN (SYAITAN), IBLIS DAN JIN

Assalamualaikum Wr..Wb..
1. Saya ingin menanyakan mengenai perbedaan dari Iblis, Setan,Jin dan lain-lainnya yg ghoib, karena saya masih belum mengerti dari semua itu. Setahu saya Allah SWT menciptakan makhluk hidup bermacam-macam dan hanya kepada manusia dan jin yg diwajibkan beribadah kepada-NYA oh ya tentunya malaikat juga ya?! Mohob disertakan sumber-nya.
2. Ustadz yang dikasihi Allah, mohon diberikan artikel mengenai perjalanan ruh setelah manusia mengalami sakratul maut.
3. Apakah sama istilah ruh dan arwah?
4. Ada yang mengatakan bahwa setelah tujuh hari menibggal dunia, arwahnya masih ada di rumah keluarganya. Benarkah?
5. Apa yang dikerjakannya selama tujuh hari tersebut?
Terima kasih jawabannya.
Fauzi Sutedja

DAFTAR ISI
  1. Perbedaan Syaitan, Iblis Dan Jin
  2. Suami Ingin Cerai, Istri Tidak Mau
  3. Istri Tidak Menghargai Orang Tua Suami
  4. Hukum Istri Yang Selingkuh
  5. Mimpi Tetangga Sebelah Meninggal
  6. Faroidh: Pembagian Harta Peninggalan Ayah
  7. Perkawinan Saat Hamil Apakah Sah?
  8. Hukum Jabat Tangan Dengan Calon Mertua
  9. Menzinahi Perempuan Dipaksa Tanggung Jawab (2)
  10. Berdosakah Istri yang Menolak Hubungan Intim

JAWABAN PERBEDAAN SETAN (SYAITAN), IBLIS DAN JIN

1. (a) Jin adalah makhluk ghaib yang terbuat dari api berdasarkan pada (i) firman Allah QS Ar-Rahman 55:15 "dan Dia menciptakan jin dari nyala api." (ii) Dalam QS Al-Hijr 15:27 "Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas." (iii) Hadits sahih riwayat Muslim Nabi bersabda [ خلقت الملائكة من نور وخلق الجان من مارج من نار وخلق آدم مما وصف لكم] Artinya: Malaikat diciptakan dari cahaya, jin dari nyala api dan Adam dari hal yang sudah kalian ketahui. Namun demikian, jangan membayangkan jin itu berbentuk api. Bentuk fisiknya tentunya sudah berubah. Sama dengan manusia yang terbuat dari tanah tapi berubah dalam bentuk yang sekarang.

(b) Iblis: Iblis sama dengan jin adalah makhluk ghoib yang dibuat dari api. Berdasarkan firman Allah QS Al-A'raf 7:12 yang artinya "Menjawab iblis 'Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah"'. Iblis adalah salah jenis dari jin. Jalaluddin dalam Tafsir Jalalain menyebut iblis sebagai Abul Jan (bapak jin).

(c) Setan (syaitan) adalah sesuatu yang berasal dari jin dan manusia. Ia adalah sisi buruk jin dan manusia. Ibnu Katsir dalam Tafsir Ibnu Katsir I/15 menyatakan [ الشيطان في اللغة مأخوذ من {شطن إذا بعد فهو بعيد بطبعه عن طباع البشر وبعيد بفسقه عن كل خير] Artinya: Syaitan memiliki karakter yang jauh dari watak manusia dan jauh dari perilaku kebaikan. Imam Rafi'i dalam kitab Al-Misbahul Munir hlm. 478 menulis [ والشيطان هو كل عات متمرد من الجن والإنس والدواب ] Artinya: Setan adalah setiap sesuatu yang buruk yang berasal dari jin, manusia dan binatang.

2. ٍDr. Abdullah Samak, salah satu profesor Universitas Al-Azhar Mesir, berpendapat tentang ruh demikian,

لا صحة لما يقال إن الروح تكون في الأرض أربعين يوماً بعد الموت، والصحيح أن الروح إذا قبضت تصعد إلى السماء، وتعرف مصيرها في عليين أو سجين ثم ترد إلى الأرض وتدخل مع البدن في قبرها للسؤال، والروح تنعم وتعذب في البرزخ إلي يوم القيامة
Artinya: Tidak benar pendapat yang mengatakan bahwa ruh itu tetap berada di bumi selama 40 hari setelah meninggalnya orang tersebut. Yang benar adealah bahwa ruh itu saat dicabut dari jasad maka ia akan naik ke langit .. lalu kembali ke bumi dan masuk ke jasad asal di kuburnya untuk ditanya. Ruh itu mendapat nikmat atau disika di alam barzakh sampai hari kiamat.[1]

3. Sama. Ruh adalah bentuk tunggal, sedang arwah adalah bentuk jamak dalam bahasa Arab.

4. Tidak benar. Lihat poin 2.

5. Lihat poin 2.

_____________________________________________


SUAMI INGIN CERAI, ISTRI TIDAK MAU

Assalamu'alaikum...
Saya igin brtanya kpd ustadz. Saya sdh mnikah 5 thn. Awal tahun kami lalui dg tdk baik(dlm hal perekonomian),tp semuany alhamdulilh bs kami lalui.seiring wktu,perekonomian pun membaik. namun justru dr sini permasalahn sering trjd.oya, kami tinggal drmh orang tua saya(kbetulan ada rmh kosong). smakin hr prtngkaran smkin parah.saya tdk bs mnrima sikap suami yg tdk mmprhatikn saya n anakny. kata2 saya smakin tdk didgrkn. bhkn sampe ada sms2 dr wanita lain yg disamarkn namany.hngg mmbuat saya marah.saya mulai mngluarkn kata2 kasar.bhkn sampe mngluarkn kata2 agar suami saya plg krmh orgtuany.dtmbh lg hub keluarga suami n keluarga saya tdk cocok dr awal.

dan akhirny skrg suami minta cerai dg alasan tdk kuat mnrima prkataan saya n ingin merasakn kbbasan lg layakny bujangan.tp saya tdk mau.saya meminta maaf n brjnji tdk akn mngulangi hal yg sama.saya brjnji akan mmprbaiki diri n brusaha mnjd istri yg baik.suami cerita k keluargany apa yg trjd pd rmh tngga kami.n keluarga suami mndukung keputusan cerai ny.smntara saya blm brcerita pd keluarga saya.saya tetap menutupiny demi anak saya,saya tdk mau brpisah.tp tingkah laku suami smakin buruk.tdk prnh brada di dekat saya n tdk prnh pulang. seolah2 tdk punya kewajiban apapun sbgai seorg kepala rmh tngga..

1. apa yg hrs saya lakukan ustadz??
2. Saya tdk mau brpisah dr suami saya tp dilain pihak saya jg mrsakan sakit dg tngkah laku suami yg makin hari makin buruk...
Trima kasih atas masukanny..
Eni

JAWABAN

1. Perlu diketahui bahwa dalam syariah Islam seorang suami yang ingin menceraikan istrinya cukup mengatakan "Aku ceraikan kamu" Maka jatuhlah talak 1. Tanpa perlu persetujuan istri. Ini berbeda dengan istri yang memerlukan persetujuan suami apabila ingin menggugat cerai suami. Lihat: Perceraian (Talak) dalam Islam.

Anda termasuk kalau memang suami belum pernah mengatakan kata "Aku ceraikan kamu" pada anda. Itu artinya anda berdua masih berstatus suami istri.

2. Kalau anda ingin memperbaiki hubungan dengan suami, mulailah dari diri sendiri. Perbaiki perilaku anda. Maka insyaallah suami akan memperbaiki sikapnya juga. Kalau sudah yakin sikap anda berubah, datanglah menemui suami dan meminta maaf. Untuk lebih detail, baca buku Keluarga Sakinah: Cara membina rumah tangga harmonis (dapat diakses gratis secara online).

_____________________________________________


ISTRI TIDAK MENGHARGAI ORANG TUA SUAMI

Assalamualaikum,,
Saya ingin bertanya tentang rumah tangga saya yg dikategorikan sedang titik nadir kehancuran, Istri saya tidak pernah menghormati orng tua saya selaku mertuanya, ibu kandung saya dijadikan bak pembatu dan ayah ku sudah hampir empat bulan tidak ditegornya atau diamkan saja, istri saya juga kurang jujur kepada ku, pada saat ini saya dibuang oleh keluarga besar ku karna perbuatannya istri ku itu, dalam perkawinan saya telah dikaruania 2 dua orang anak,,, trimakasi.
Wasalam
Wawan way kanan lampung

JAWABAN

- Jadi suami harus tegas. Suami adalah pemimpin rumah tangga. Maka, ia harus dapat membimbing istri sehingga istri menjadi pribadi yang disukai oleh suami, keluarga suami dan manusia yang lain. Kalau suami tidak berani tegas, maka akibatnya seperti yang sekarang terjadi. Cara tegas: peringatkan setiap kali istri berperilaku buruk. Peringatan dapat berupa kata-kata lembut, lalu tegas. Kalau tidak mempan, ancam menurut cara anda (tapi jangan dengan kekerasan fisik) yang menurut anda akan membuat istri takut.

- Harus ada batas yang jelas antara sabar dan penakut. Ada saatnya di mana sikap tegas itu justru wajib dilakukan.

_____________________________________________


HUKUM ISTRI YANG SELINGKUH

assalammualaikum pa saya mau bertanya nie apa hukumnya bagi seorang istri yang selingkuh sedangkan antara suami ya berjauhan contohnya si istri di jakarta kerja dan si suami di kampung ngga kerja hanya free line . saudara nya tahu si istri nya itu selingkuh tapi suami nya itu ngga tahu harus gimana ya pa tolong ya pa beri jawabanya makasih.
YY

JAWABAN

Seorang istri yang selingkuh dan sampai melakukan zina adalah dosa besar apapun sebabnya. Dan orang yang tahu harus memberitahu suaminya agar dia dapat segera mengambil langkah yang semestinya. Lihat Dosa Besar dalam Islam.

_____________________________________________


MIMPI TETANGGA SEBELAH MENINGGAL

Assalamualaikum..
Ustad
Tadi malam saya bermimpi tetangga barat dan depan rumah saya meninggal semua Maksud dari mimpi itu apa ya?
Terimakasih...
Aluna Melinda

JAWABAN

Tidak ada apa-apa, itu hanya peringatan bagi anda agar mengingat mati dan segera bertaubat dan beramal baik serta meninggalkan perbuatan haram secara total.

_____________________________________________


FAROIDH: PEMBAGIAN HARTA PENINGGALAN AYAH

Ayah saya mempunyai 1 bidang tanah+rumah di kota "A" yang dibeli sebelum ibu saya meninggal (1989), tahun 2005 ayah menikah lagi dan mempunyai harta di kota "B" lalu Ibu kedua meninggal dan tidak mempunyai keturunan, Th 2009 ayah menikah lagi di kota "C", harta ayah di Jabar dijual dan untuk membeli benda berupa apa tidak diketahui
anak kandung. Tahun 2010 Ayah meninggal sebelum meninggal ayah sdh diputus cerai Pengadilan Agama namun istrinya banding sebelum putus ayah meninggal, kami tidak menuntut harta bersama ayah dg istri terakhir.

Pertanyaan :
1. Apakah Istri terakhir ayah mendapat bagian atas tanah+rumah di kota "A", kalau dapat berapa bagiannya?
2. Apakah 2 Anak bawaan Ibu kandung saya/saudara tiri saya, 1 laki-laki dan 1 perempuan dapat bagian atas tanah+rumah di kota "A", kalau dapat berapa bagiannya?
Nalee T Fairuzzee

JAWABAN

1. Istri yang sudah dicerai tidak mendapatkan warisan. Istri terakhir statusnya secara syariah sudah cerai walaupun secara negara belum.

2. Anak tiri tidak mendapat bagian apapun.

Lebih detail: Hukum Waris dalam Islam.

_____________________________________________


PERKAWINAN SAAT HAMIL APAKAH SAH?
asalamualaikum wbkatuh

saya kamto umur 32 tahun adapun hal-hal yang akan saya tanyakan sebagai berikut ;

1.saya menikah karena pacar hamil dulu waktu menikah pacar saya hamil 2 bulan yan* in*n saya tanyakan sahkah pernikahan saya menurut syariat islam ? karena banyak yan berpendapat saya harus menikah lagi setelah istri saya melahirkan..

2.saya pernah mengatakan kepada istri saya BUBARAN SAJA dan kata kamu saya RESAFFLE (dianti dalam bercanda) yang ingin saya tanyakan apakah terjadi jatuh talak saya pada istri menurut hukum islam..

atas perhatianya saya ucapkan banyak terimakasih,wasalumualaikum warah matulohiwabarakatuh...
kamto

JAWABAN

1. Pernikahan sah dan tidak perlu menikah lagi. Lihat: Pernikahan Wanita Hamil Di Luar Nikah dan Status Anak.

2. Kedua kata itu termasuk kata kinayah (implisit/tidak langsung), karena itu tidak jatuh talak kecuali kalau dibarengi dengan niat untuk mentalak. Lihat: Tata Cara Talak (Perceraian)

_____________________________________________


HUKUM JABAT TANGAN DENGAN CALON MERTUA

Assalamu’alaikum,,,,

Ustadz sy mau bertanya, hukum berjabat tangan dengan calon mertua & keluarganya, yg berlawanan jenis itu hukumnya apa? Apakah haram, sedangkan sepengetahuan q, larangan memandang dan berjabat tangan kepada selain mahram. Bahwa hukum memandang dan berjabat tangan kepada selain mahram adalah haram.

Maka bolehkah berjabat tangan,,, kepada org yg lebih tua, sbg tanda menghormatinya

Wassalamu’alaikum,,,

JAWABAN

Haram. Karena calon mertua itu bukan mahram. Setelah jadi mertua, artinya setelah terjadi akad nikah, baru boleh bersalaman dengan mertua. Sedang keluarga yg lain dari calon mertua-- seperti ipar, paman, dll-- tetap bukan mahram walaupun sudah terjadi akad nikah. Lebih detail lihat: Hukum Jabat Tangan dengan Wanita

_____________________________________________


MENZINAHI PEREMPUAN DIPAKSA TANGGUNG JAWAB (2)

1. apakah salah jika aku menikahi perempuan itu dan aku berniat untuk menceraikan nya beberapa bulan kemudian, hal ini aku lakukan karena aku ingin menyelamatkan keluargaku dari ancaman mereka. ??

2. ini sudah jadi pelajaran bagiku, dan aku pun telah sadar dan bertaubat tidak akan mengulanginya lagi, apakah aku masih bisa diampuni oleh allah swt,? aku ingin sekali lepas dari belenggu perempuan itu, apakah ada saran untukku agar terlepas dari perempuan itu dan keluarganya? apakah nanti setelah kami menikah dan beberapa bulan aku ceraikan akan lepas dari kehidupan mereka?

aku ingin sekali hidup tenang, mohon bantuannya, terimakasih, wassalamu'alaikum wr.wb

JAWABAN

1. Bisa saja asal niat tersebut tidak diucapkan saat akad nikah. Selain itu, hal ini semua terjadi karena akibat dari apa yg anda lakukan. Semoga ini jadi pelajaran.

2. Roda sejarah tidak bisa diulang dan diputar kembali. Allah akan mengampuni hambanya yg bertaubat. Tapi manusia yg terdampak dan menjadi korban belum tentu mengampuni.

Nikahi dia sesuai dg permintaan keluarga. Dan tidak perlu memikirkan rencana ke depan lebih dulu. Siapa tahu anda cocok dg dia.

_____________________________________________


BERDOSAKAH ISTRI MENOLAK HUBUNGAN INTIM?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Terima kasih banyak atas jawaban yang telah diberikan, tapi untuk kasus saya ini, apabila saya benar benar sudah tidak tahan lagi dengan kelakuan suami saya itu (kalau saya tagih uang saya yang dipinjamnya selalu saja jawabnya sabar dulu karena uangnya tidak ada, banyak ini itu yang harus dibayar, tetapi dilain pihak dia bisa jajan ini itu, makan makan hanya bertiga dengan anak anak saya)
1. kemudian saya mengajukan cerai, apakah saya berdosa?
2. Saya tidak mau melayaninya lagi karena dia yang sudah meninggalkan tempat tidur terlebih dahulu. Apakah saya berdosa?
3. Menurut pa ustad apakah perilaku suami saya ini masih wajar?
4. Dan saya adalah istri yang penuntut dan tidak mau tau kesulitan suami.

Terima kasih pa' ustad apabila masih bersedia menjawab masalah saya ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

JAWABAN

1. Secara syariah itu dimungkinkan. Kalau merasa tidak cocok lagi dengan suami, anda dapat mengajukan khuluk (gugat cerai dengan membayar sejumlah uang tertentu pada suami). Kalau suami setuju, maka perceraian terjadi. Baik di depan hakim atau tidak. Lihat Perceraian (Talak).

2. Berdosa. Selagi masih berstatus istri wajib melayani suami. Dan hukumnya berdosa apabila menolak permintaan suami.

3. Itu adalah gejala ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Biasanya rumah tangga tidak harmonis timbul oleh kedua belah pihak, siapa yang memulai lebih dulu itu tidak penting. Yang jelas kedua pihak sama-sama berkontribusi atas terjadinya konflik tersebut.

4. Konflik rumah tangga timbul dari akumulasi hal-hal kecil yang sering terjadi dan menjadi besar. Dari pihak anda, saya berasumsi anda kadang-kadang atau sering menyakiti hati suami dengan merendahkan martabatnya terutama dari sisi ekonomi. Dan itu sangat menyakitkan. Apapun keadaan suami, dia ingin di-wongke (diorangkan) oleh istri. Kalau ini yang terjadi, maka suami akan mencari cara untuk membalas. Kalau anda masih ingin mempertahankan rumah tangga baca buku terbitan Pustaka Al-Khoirot yang dapat dibaca online secara gratis berjudul: Keluarga Sakinah: Cara membina rumah tangga harmonis

========================

[1] Pendapat lengkap Dr. Abdullah Samak adalab sbb:
هل الروح بعد الموت تكون في الأرض 40 يوماً وتذهب أينما تشاء كما يقولون أم أنها تظل حبيسة بالقبرإلى يوم الدين؟
يجيب على هذه الفتوى الدكتورعبدالله سمك : لا صحة لما يقال إن الروح تكون في الأرض أربعين يوماً بعد الموت، والصحيح أن الروح إذا قبضت تصعد إلى السماء، وتعرف مصيرها في عليين أو سجين ثم ترد إلى الأرض وتدخل مع البدن في قبرها للسؤال، والروح تنعم وتعذب في البرزخ إلي يوم القيامة، فالروح تظل متعلقة بالبدن وإن فني، وتعلق الروح بالبدن خمسة أنواع:
1 ـ تعلقها به في بطن الأم جنيناً .
2 ـ تعلقها به بعد خروجه إلي وجه الأرض .
3 ـ تعلقها به في حال النوم.
4 ـ تعلقها به في البرزخ (بعد الموت حتى قيام الساعة ) .
5 ـ تعلقها به يوم بعث الأجساد .
ومعلوم أن التعلق بعد الموت لا يمنع من استقرار الأرواح في منازلها، وأنها تعود إلي صاحبها في قبره عودة عارضة لا يوجب لها الحياة المعهودة في الدنيا، وإذا أعيدت الروح إلى الجسد كانت هناك حال متوسطة أشبه بحال النائم، ومن يتأمل حال النائم وما يراه من نعيم أو يعانيه من جحيم يدرك حال الميت في قبره
Sumber: quran.maktoob.com/vb/quran25396/

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

3 comments:

  1. informasi yang disajikan menambah wawasan saya mengenai Islam secara utuh

    ReplyDelete
  2. Syetan itu apakah berwujud atau hanya sebuah sifat...mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  3. kalau iblis itu gak bisa mati gan, sampek hari kiamat, tapi anak turunnya jin/setan bisa mati, salam dari gue jaket national geographic bang, mampir balik

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!