Amalan Doa Untuk Melariskan Dagangan

Amalan Doa Untuk Melariskan Dagangan
(Ket. gambar: Hantaran pengantin karya Santri Putri PP Al-Khoirot Malang)

HUKUM MENJAUH DARI ORANG MUSLIM YANG DIBENCI

Assalamualaikum ustadz....

Saya ingin bertanya tentang hukum meninggalkan atau menjauh dari orang mukmin yang kita benci.

Ada orang dikampung saya ini yang suka ngatain saya,, ada juga sepupu saya yang nakal,, ada juga tetangga yang sangat menyebalkan,, yang ingin saya tanyakan,,
1. bolehkah saya pergi atau pindah dari kampung ini dan tidak pernah bicara pada mereka selama-lamanya ?
2 Karena katanya kita dilarang tidak bertegur sapa lebih dari 3hari,,
mohonpencerahannya ustadz,,, terima kasih
WR

DAFTAR ISI
  1. Hukum Menjauh Dari Orang Muslim Yang Dibenci
  2. Mau Bayar Hutang, Pemilik Tidak Ada
  3. Cara Menyembuhkan Ibu Yang Kena Guna-guna
  4. Apakah Status Saya Sudah Dicerai Suami?
  5. Gaji 3 Juta Apakah Wajib Zakat
  6. Amalan Untuk Melariskan Dagangan
  7. Membaca Surat Al-Fatihah Agak Keras Saat Shalat
  8. Hukum Tidak Makan Minum Sebelum Shalat Dhuha
  9. Cara Mendamaikan Suami Dengan Orang Tua
  10. Cara Menebus Dosa Zina
  11. Mimpi Tangan Keluar Naga
  12. Apakah Saya Kerasukan Makhluk Halus?

JAWABAN HUKUM MENJAUH DARI ORANG MUSLIM YANG DIBENCI

1. Menjauh dari seseorang atau beberapa orang yang tidak Anda sukai tidak dilarang apabila hal itu akan membuat kebaikan dan kemaslahatan bagi Anda. Namun, anda dilarang bermusuhan dengan mereka sampai tidak menyapa sama sekali saat bertemu karena itu termasuk memutus silaturrahmi.
2. Teks asal hadits tersebut yang sahih riwayat Bukhari dan Muslim adalah: لا يحل لرجل أن يهجر أخاه فوق ثلاث ليال يلتقيان فيعرض هذا و يعرض هذا و خيرهما الذي يبدأ بالسلام (Artinya: Tidak halal bagi seorang lelaki tidak menyapa sesamanya melebihi tiga malam di mana mereka berdua bertemu tapi saling berpaling. Yang terbaik dari keduanya adalah yang pertama berucap salam).

Hadits ini jelas menyatakan bahwa yang haram adalah apabila tidak bertegur sapa saat bertemu. Tapi kalau anda tidak menyapa karena lokasi yang jauh, maka itu tidak apa-apa.

Hadits serupa riwayat Abu Daud Nabi bersabda: لا يحل لمسلم أن يهجر أخاه فوق ثلاث فمن هجر فوق ثلاث فمات دخل النار (Artinya: tidak halal bagi seorang muslim tidak menyapa pada saudaranya lebih dari tiga hari. Barangsiapa yang tidak menyapa lebih dari 3 hari lalu mati maka ia akan masuk neraka).

________________________________



MAU BAYAR HUTANG, PEMILIK TIDAK ADA

Mohon di bantu solusi bagi saya yang mempunyai janji/hutang(pinjam barang)namun ketika niat saya untuk mengembalikan ke pemilik ternyata tidak dapat saya hubungi, alamat pemilik tidak bisa saya ketemukan.
terimakasih sebelumnya atas solusinya,wassalamualaikum


JAWABAN

Kalau memang si pemilik uang tidak ditemukan, maka Anda tunggu saja sampai bertemu. Dan seandainya tetap tidak bertemu sampai anda meninggal, maka Anda tidak berdosa. Sama halnya dengan menemukan barang temuan yang tidak dijumpai pemiliknya maka boleh digunakan dengan catatan harus dikembalikan apabila pemiliknya datang. Lihat: Hukum Barang Temuan.

________________________________



CARA MENYEMBUHKAN IBU YANG SELINGKUH DENGAN DUKUNNYA

Assalamu'alaikum WR.Wb.
Saya seorang anak pertama dengan usia 29 th,dr 3 bersaudara,saya sudah menikah,begitupun juga adik saya yang no 2,orang tua saya tinggal bersama adik saya yg terakhir,sekarng duduk di bangku smp kelas 3.sedangkan saya dan adik saya yg no 2 sdh tinggal bersama suami di rumah kami sendiri2.

Ibu saya mempunyai penyakit ginjal yg kebetulan hanya bisa di sembuhkan dengan donor ginjal saja,karena kami tidak mempunyai biaya untuk operasi,kami memutskan untuk penyembuhan secara alternatif saja,setelah berobat ke sana kemari,tidak mendapatkan hasil,ada seorang tetanngga kami yang aslinya dari luar kota(di situ hanya menyewa saja ,karena jualan es puter keliling) menawarkan jasanya yang katanya bisa menyembuhkan penyakit ibu saya,bapak saya memutuskan menerima tawaran tersebut,setelah agak lama,ibu saya bilang ,klau ada hasilnya,akhirnya bapak saya" menyerahkan" kesembuhan ibu saya kpd tetangga saya tersebut,tetapi ternyata tetangga saya itu menafsirkan lain,dia bilang ke ibu saya kalau bapak saya sudah "menyerahkan" ibu ke dia,dengan kata lain bapak saya mengkawinkan ibu saya dengan dia,padahal bapak saya hanya menyerahkan ibu saya dalam hal kesembuhan ibu saya saja,sedangkan tetangga saya dalam menangani kesembuhan ibu saya menggunakan ilmu" kejawen",yang akhirnya ibu saya bisa benci sama bapak saya,dan menuntut untuk minta cerai,agar bisa menikah dengan tetangga saya itu,itu juga karena pengaruh omongan dari dia,tetangga saya berusaha merusak hubungan ibu dan bapak saya,peristiwa itu berlangsung 3 thun yg lalu,sampai hari ini pun ibu saya masih tetap berhubungan dngan "dia",setiap saya/bapak mengingatkan,ibu bilang"salah sendiri dulu bapakmu 'menyerahkan' ibu ke dia",dan ibu selalu marah2,kelihatannya seperti bukan ibu saya sendiri,setiap hari ibu selalu telfon2an,ibu tidak risih meskipun ada bapak,atau saya,itu sudah di luar nalar saya,ibu saya sudah tidak seperti orang sewajarnya,saya dan bapak melarang ibu untuk berobat ke dia lagi,tp ibu bilang hanya dia yang bisa mengobati ibu,kebetulan ibu saya juga tidak pernah sholat,ngaji,puasa,padahal bapak saya,sudah mengingatkannya ber kali-kali ,tp jawabanyya "masak klau mau sholat harus laporan sama kamu dulu",ibu saya bilang ibu sudah nikah sirih sama dia,padahal ibu masih belum cerai sama bapak saya,bapak saya sudah tidak kuat,kami sampai konsultasi dengan dukun2 yg mempunyai ilmu kejawen juga tp tidak ada hasilnya sama sekali,sedangkan ibu saya menuntut cerai terus dari bapak saya,tetapi bapak saya khawatir,kalau permintaan ibu di luluskan,setelah ibu menikah dengan dia,ibu saya pasti akan di sia2 kan,karena dia sdah punya istri dan anak juga yang tinggal di kota asalnya.

1.apakah bapak saya sudah termasuh menceraikan ibu saya dengan "menyerahkan" ibu saya ,tetapi hanya untuk kesembuhannya saja,yg pada akhirnya di salah gunakan sama 'dia'?
2.apakah saya termasuk anak durhaka, yg menasihati ibu dengan cara membentaknya, karena saya rasa,perbuatan ibu sudah di luar batas agama?
3. bagaimana cara mengatasi sikap ibu saya, yg ternyata sama bapak saya ditantang bercerai tidak mau diceraikan,tapi juga tidak punya niat untuk meninggalkan 'dia'?
4.apakah ibu saya bisa disembuhkan? sedangkan sholat,puasa,ngaji saja ibu tidak pernah melakukan itu semua?,dan saya,adik2,dan bapak pun sudah melakukan berbagai macam cara,tp tetap saja tidak berhasil,
5. apakah benar perbuatan saya jika saya pergi ke dukun,untuk menyembuhkan ibu saya?

Demikian permasalahan saya,mohon dengan sangat saya untuk dibantu menyelesaikan ini,karena saya sudah tidak tahu harus bagaimana lagi menghadapi ibu saya.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
SEA


JAWABAN

1. Tentu saja tidak termasuk menceraikan. Apalagi konteksnya kata-kata tersebut diucapkan ayah Anda kepada seorang tabib/dukun untuk mengobati ibu yang sedang sakit.
2. Menasihati ibu itu boleh kalau dia salah terhadap syariah. Tapi membentak tetap dilarang. Anda harus meminta maaf pada beliau.
3. Tampaknya ibu Anda kena guna-guna. Ada baiknya Anda jumpai seorang kyai yang juga ahli dibidang masalah ghaib. Ingat, jangan ke dukun.
4 Bisa. Carilah seorang kyai yang sekaligus ahli ilmu ghaib atau yang biasa mengobati dengan cara alternatif. Agar pengaruh jahat yang masuk ke ibu anda dapat hilang.
5. Jangan ke dukun. Datanglah ke kyai/ustadz yang ahli di bidang ini.

________________________________



APAKAH STATUS SAYA SUDAH DICERAI SUAMI?

Assalamu'alaykum wr wb.. kpd pengasuh alkhoirot, sy senang sekali menemukan blog ini. sy ingin konsultasi ttg kegalauaan yg sy alami akhir2 ini. begini ustadz, saya pengantin baru. sering LDR. kami dijodohkan, tp kami saling cocok. kadang2 ketika suami kesal dg saya, dia sudah sering bilang "lebih baik mundur",
dan itu dia ucapakan berulang-ulang, baik lewat sms, maupun scr langsung.. tp, meskipun demikian, kami selalu berbaikan kembali. saya minta maaf terhadap suami lalu kami damai. persoalannya sebenarnya hal ringan. yaitu terkait soal cemburu terhadap masa lalu suami. sy menyadari bahwa itu hanyalah masa lalu. sy akui suami adalah orang yg Setia, tp sbg seorang wanita terkadang cemburu itu muncul (ktika menjelang menstruasi, PMS) ktika ingat cerita2 dari ibu mertua tentang kisah mereka yg diceritakan padaku.. ditambah lagi sy membaca puisi2 yg dipasang di blog ttg perasaan2nya di masa lalu yg belum di Hapus.. dan dia pernah bilang memang tidak mau menghapus. biasanya suami langsung kesal dan bilang berkali2 kalau "lebih baik mundur ga papa, aku rela". sedih rasanya dan merasa bersalah krn membuat suami kesal. tp akhirnya Semua puisi dihapus, termasuk puisi yg dia buat untuk sy. setelah itu sy minta maaf dan kami berbaikan lagi. kami berhubungan suami istri spt biasanya. canda tawa belajar bersama pun menghiasi rumah tangga kami. tp terkadang mikir, sebenarnya status kami ini bagaimana? ketika sy tanya kpd suami "apakah aku masih istrimu?" dia menjawab "iya, masih". sy galau, takutnya kami berzina krn pernyataan "mundur" dari suami yg pernah diucapkan berkali-kali ketika kesal.

1. bagaimana menurut bapak2 pengasuh sy mohon petunjuk.
terimakasih sebelumnya,, syukron.. (mohon identitas dirahasiakan ya pak, terimakasih). -aning-
Wassalamu'alaykum Wr wb.
YN


JAWABAN

1. Kata "lebih baik mundur" yang diucapkan marah termasuk kategori talak kinayah (implisit). Ia jatuh talak apabila disertai dengan niat. Jadi, Silahkan tanya pada suami anda apakah dia berniat menceraikan anda saat mengatakan itu. Apabila iya, maka Anda statusnya dicerai. Kalau tidak ada niat itu, maka anda berdua masih suami istri yang sah.

Namun demikian, ke depan harap suami berhati-hati dalam mengeluarkan perkataan yang terkait dengan "cerai" dsb. Lebih detail: Cerai dalam Islam.
________________________________



GAJI 3 JUTA APAKAH WAJIB ZAKAT

Assalamualaikum.wr.wb

pak ustad, saya ingin bertanya tentang zakat mal yang harus dikeluarkan.

saya bekerja pada sebuah pabrik pengolahan,penghasilan saya perbulan 3.250.000. saya bekerja sudah setahun lebih.
pertanyaan :
1. apakah harta saya sudah mencapai nishab untuk dikeluarkan zakatnya?
2. kalau sudah mencapai nishab, berapa yang harus saya keluarkan?

JAWABAN

Prinsipnya zakat profesi itu adalah gaji perbulan dikalikan satu tahun. Kalau nilainya mencapai 85 gram emas -- setelah dipotong keperluan sehari-hari termasuk bayar hutang--dengan harga emas saat menghitung, maka wajib dizakati. Adapun zakatnya adalah 2.5 persen. Lebih detail: Zakat Profesi dalam Islam

________________________________



AMALAN UNTUK MELARISKAN DAGANGAN

Assalamualaikum pak, saya mau tanya ni. Apakah ada amalan2 untuk melariskan dagangan. Syukron...


JAWABAN

- Larisnya dagangan terkait erat dengan banyak faktor antara lain (a) posisi tempat yang strategis; (b) harga bersaing; (c) barang yang dijual lengkap; (c) jam buka paling lama dan teratur;(d) penjual ramah.

Apabila keempat faktor di atas terpenuhi dan masih belum laku, maka Anda patut berpasrah diri pada Allah dan berdoa dengan bahasa Anda sendiri. Idealnya, doa dilakukan setelah shalat tahajud dan shalat duha.
________________________________



MEMBACA SURAT AL-FATIHAH AGAK KERAS SAAT SHALAT

Assalamu alaikum wr.wb.

Pa ustad, sebelumnya saya ucapkan Terima kasih atas jawaban pertanyaan saya sebelumnya.

Kali ini ada lagi yang ingin saya tanyakan. Langsung aja ya pa ustad. Pertanyaan saya adalah :

1. Bacaan sholat bolehkah agak dikeraskan/dilantangkan sedikit? karena saya kurang merasa Pas, kalau tidak mendengar apa yang saya baca. Terutama pada saat membaca Al-Fatihah dan atau membaca surat/ayat. Walaupun pada sholat-sholat atau rakaat-rakaat yang seharusnya dibaca pelan.

2. Bolehkah memotong surat pada bacaan sholat? Misalnya surat Yassin yang dibaca 4-5 ayat saja.

Mohon petunjuknya pa ustad.
Semoga amal baik pa ustad, dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Amiin.
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu alaikum wr.wb.

JAWABAN

1. Untuk bacaan shalat yang wajib seperti Al-Fatihah membaca agak keras sehingga dapat didengar sendiri itu wajib. Tentu saja kalau anda shalat berjamaah jangan sampai mengganggu jamaah lain di dekat Anda. Al-Jaziri dalam Madzahib Al-Arbaah mengatakan:

أن ثلاثة من الأئمة اتفقوا على أنه إذا لم يسمع نفسه بالقراءة. فإنه لا يعتبر قارئاً. وخالف المالكية فقالوا: يكفي أن يحرك لسانه، وإن لم يسمع نفسه
Detailnya lihat di sini.

2. Boleh. Bacaan surat selain Al Fatih adalah sunnah. Boleh dibaca boleh ditinggal. Boleh dibaca seluruhnya atau sebagian. Imam Nawawi dalam Al Adzkar menyatakan: فصل‏:‏ ثم بعد الفاتحة يقرأ سورة أو بعض سورة، وذلك سنّة لو تركه صحَّتْ صلاتُه ولا يسجد للسهو، وسواء كانت الصلاة فريضة أو نافلة (Setelah baca Al-Fatihah hendaknya membaca satu surat atau sebagian surat. Hal itu sunnah. Seandainya ditinggal shalatnya tetap sah dan tidak perlu sujud sahwi. Baik dalam shalat wajib atu shalat sunnah). Detailnya lihat di sini.

________________________________



HUKUM TIDAK MAKAN MINUM SEBELUM SHALAT DHUHA

apakah ada keterangannya tentang kesunatan tidak makan tidak minum sebelum shalat duha?

JAWABAN

Tidak ada keterangan seperti itu. Yang ada adalah sebelum shalat hari raya Idul Adha
________________________________



CARA MENDAMAIKAN SUAMI DENGAN ORANG TUA

pak kalo boleh saya bertanya lagi,
1. apa yg harus saya lakukan thd suami, sebab saya menasehati suami agar baik dg ortu dia tidak mau?
saya sdh memaafkan perlakuan dia thd saya, sementara ortu belum memaafkan suami, dan suami blm memaafkan ortu.

2. bagaimana agar hubungan suami dg ortu saya baik kembali? apakah harus selamanya saya trjepit diantara mereka? suami saya orgnya keras dan susah dinasehati.
sekali lagi terimakasih jwbnnya

3. bagaimana menurut pandangan islam sikap suami yang tidak menghargai mertua?


JAWABAN

1. Kalau suami anda keras, maka pakailah strategi dalam memberi nasihat. Ia tidak suka dinasihati apalagi oleh istri. Kalau terpaksa, nasihati saat dia sangat senang hatinya. Tapi idealnya, minta tolong orang lain untuk menasihatinya. Orang lain itu sebaiknya sosok yang dia hormati.

2. Perlu ada cara-cara yang sekiranya dapat mempertemukan mereka dalam suasana yang tidak perlu formal. Juga tidak perlu verbal saling memaafkan. Jadi, yang terpenting usahakan tetap ada silaturrahmi antara keduanya walaupun jarang. Pilih momen yang tepat untuk itu.

3. Sama dengan tidak menghargai manusia lain. Tapi mertua tidak sama dengan orang tua.
________________________________



CARA MENEBUS DOSA ZINA

Assalammu'alaikum wr.wb

Saya seorang pria 28th. Sebut saja nama saya crispin. Ustad, sekarang saya belum menikah, akan tetapi sudah berencana menikah dalam waktu dekat. Sebelumnya saya sering berzina dengan calon istri saya. Saya tidak pernah shalat kecuali shalat jum'at. Saya sadar bahwa saya sangat jauh dari jalan Allah.
Setiap kali saya selesai berzina, saya menyesal dan berniat tidak akan mengulangi lagi. Tapi kemudian kejadian itu terjadi dan terjadi lagi.
Pernikahan saya lebih kurang 3 minggu lagi. Dan saya berniat untuk menjadi pemimpin yg baik bagi keluarga saya. Saya ingin mendekatkan keluarga saya nanti kepada Allah, dan saya ingin menebus dosa yg sudah saya lakukan.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah saya bisa menebus dosa zina saya nanti setelah menikah? Dan bagaimana caranya?
2. Bagaimana saya bisa benar-benar bisa menjalankan niat saya untuk menjadi pemimpin yg baik bagi keluarga saya? Apakah ada doa khusus? (Saya takut ini hanya niat saya sekarang tapi saya tidak mampu melakukannya)
3. Buku apa yg sebaiknya saya baca, agar saya bisa memperbaiki diri dan istri saya kelak?

Terimakasih banyak ustad, saya sangat menunggu jawaban dari pak ustad.


JAWABAN

1. Dosa besar seperti zina dapat ditebus dengan taubat nasuha. Lihat: Taubat Nasuha.
2. (a) Lead by example. Pemimpin dihormati kalau memberi contoh; (b) komitmen kuat untuk melakukannya; (c) Ciptakan lingkungan yang kondusif bagi anda sendiri dan keluarga yang dapat memotivasi anda untuk menjadi orang yang agamis seperti ikut pengajian, aktif membaca buku agama dasar dan motivasi seperti kisah orang-orang mualaf; (d) sesekali ajaklah keluarga bersilaturrahmi ke rumah seorang ustadz atau kyai untuk mendapatkan energi positif dari kalangan orang salih.

________________________________



MIMPI TANGAN KELUAR NAGA

assalamualaikum....sya mu tanya arti mimpi tangan kanan mengeluarkan naga berkepala lima dan tangan kiri mengeluarkan lima cahaya

JAWABAN

Tangan kanan lima cahaya kebaikan yaitu rukun Islam sedangkan tangan kiri menandakan lima dosa besar. Anda diberi kesempatan untuk memilih di antara keduanya dengan segala konsekuensi yang akan anda pikul sendiri di dunia dan akhirat.
________________________________



APAKAH SAYA KERASUKAN MAKHLUK HALUS?

Assalam'mualaikum wr.wb
Nama saya ikhlas ramdani pak ustad,
Ada 2 pertanyaan yang ingin tanyakan kepada pak ustad.
1.saya ingin menanyakan tentang kehidupan saya,saya bingung pak ustad sama diri saya apa sih salah saya,kenapa saya itu selalu sial dari berteman main bahkan sampai berteman di tempat kerjaan, kenapa mereka itu pada iri sama saya, saya itu tidak kaya materi apa yang di irikan kepada saya dan di saat saya kesusahan tidak ada teman yang bantu saya,malah disaat teman saya susah saya belain buat bantu mereka..

2. dan kenapa kalau untuk rezeky saya itu seret banget..
3. Saya ingin tanya pak ustad kenapa yah saya itu sering merasakan hal-hal aneh tentang mahluk ghaib saya bisa merasakan kalau saya ketempelan..apa ada yang ganjil sm tubuh saya pak ustad,saya sering banget ketempelan dan yang menempel di tubuh saya tidak mau keluar...
Mohon di jelaskan pak ustad pertanyaan-pertanyaan saya..
Dan saya kirim foto saya,mohon di terawang pak ustad
Apa bener ada yah aneh di dalam diri saya..
Terima kasih seblum'y pak ustad kalau pertanyaan saya panjang..
Wassalam..

JAWABAN

1. Yang anda rasakan terhadap teman-teman anda itu mungkin saja hanya anggapan Anda saja. Tapi kalaupun itu benar, maka anda perlu introspeksi diri. Kita tidak akan disukai atau dibenci tanpa sebab. Cari sebab itu. Dan usahakan untuk memperbaikinya.

2. Rezeki susah dan serat karena banyak faktor seperti kurangnya keterampilan, kurang modal, minim jaringan, dll. Banyaklah berkomunikasi untuk menambah wawasan dan menciptakan jaringan dan tingkatkan kerja keras anda.
3. Tidak ada yang aneh dalam diri anda. Anda hanya perlu rajin shalat lima waktu dan baca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas plus ayat kursi setiap habis shalat. Insyaallah tidak akan ada gangguan lagi.

Untuk langganan artikel Alkhoirot Net via Email gratis, klik di sini!

5 comments:

  1. Terimakasih doa-nya mas

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Pak Ustd..
    Saya berasal dri lombok sy ingin bertanya masalah pernikahan
    begini,"pk.Ustd, skrg sy sdh berumur 30th lebih tapi belum menemukan jodoh dan sy bingung,Pk.Ust.. harus bagaimana, pdhl menurut Sunnah barang siapa tidk mengikuti sunnah bkn trmsk golonganNya..'Nah bagaimana hukum org sprti saya ini mohon petunjukknya Pk.Ustd....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Al-KhoirotJune 08, 2013

      Kirim pertanyana via email ke alkhoirot@gmail.com

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kirim konsultasi Agama ke: alkhoirot@gmail.com Cara Konsultasi lihat di sini!