Thursday, June 25, 2015

Beda Amil Zakat dan Panitia Zakat


Beda Amil Zakat dan Panitia Zakat
AMIL ZAKAT DAN PANITIA ZAKAT

Bedanya antara lain: Amil zakat ditunjuk pemerintah, sedang panitia zakat ditunjuk takmir masjid atau siapapun. Amil zakat berhak mendapatkan zakat kalau tidak mendapatkan upah resmi, sedangkan panitia zakat tidak berhak mendapat zakat dan tidak termasuk amil zakat.

Assalamu'alaikum wr. wb.
Kepada yth.
Pengasuh

Dengan ini saya ucapkan terimakasih banyak atas jawaban pengasuh atas pertanyaan saya tempo lalu. Pada kesempatan ini saya akan mengajukan pertanyaan mengenai amil zakat.
Saya pernah mendapat masukan bahwa amil zakat yang sah adalah yang diangkat oleh pemerintah/KUA dan kerjanya adalah setahun penuh dalam mengurus zakat ( mensensus orang yang wajib zakat dan yang berhak menerima zakat ), maka amil yang tidak memiliki kriteria tersebut tidak sah dan tidak berhak mendapat bagian zakat.
1. Bagaimana penjelasan yang benar mengenai amil ini mohon penjelasanya!
Terimakasih, assalamu'alaikum wr. wb.

Hormat saya:
Qoyyimah
di Kotabaru, KALSEL

DAFTAR ISI
  1. Amil Zakat Haruskah Ditunjuk Pemerintah
  2. Puasa Untuk Pengasihan
  3. Suami Tak Beri Nafkah Karena Untuk Biaya Adik Dan Orang Tua
  4. Ayat Kursi Dan Doa Sufi
  5. Berzina Tapi Juga Shalat Lima Waktu Teratur
  6. Mimpi Melihat Tiga Bintang Jatuh
  7. Qadha Puasa Ramadan Sudah Masuk Ramadan Ketiga
  8. Dosa Menghina Allah Dalam Hati
  9. Warisan Dan Harta Gono Gini
  10. Istri Tidak Perawan Haruskah Jujur Pada Suami?
  11. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

JAWABAN AMIL ZAKAT HARUSKAH DITUNJUK PEMERINTAH

1. - Amil zakat diangkat oleh imam. Yusuf Qardhawi dalam salah satu fatwanya yang dimuat di qaradawi.net menyatakan:

وأما جهة الصرف، فالمفروض أن يدفع المسلم زكاته إلى أحد الأصناف المستحقين مباشرة أو إلى العامل على الزكاة، الذي يعينه الإمام لقبضها وصرفها في أهلها المنصوص عليهم. فالإمام هو وكيل المستحقين، يأخذ من الأغنياء ويرد عليهم

Artinya: Dari segi penggunaan, yang wajib adalah seorang muslim memberikan zakatnya pada salah satu golongan penerima zakat (mustahiq) secara langsung atau kepada amil zakat yang ditentukan atau ditunjuk oleh imam untuk menerima zakat dan membagikannya kepada ahlinya (mustahiq) yang telah ditentukan (dalam Al-Quran). Imam adalah sebagai wakil dari mustahiq yang mengambil dari para hartawan dan membagikannya kepada para mustahiq.

- Al-Jaziri dalam Al-Fiqh Alal Mazahib Al-Arbaah, hlm. (1/987, mengutip pandangan madzhab Syafi'i bahwa Amil zakat diangkat oleh imam:

و"العامل على الزكاة" هو من له دخل في جميع الزكاة: كالساعي، والحافظ، والكاتب، وإنما يأخذ العامل منها إذا فرقها الإمام، ولم يكن له أجرة مقدرة من قبله
Artinya: Amil zakat adalah orang yang mendapat gaji untuk semua hal terkait pengumpulan zakat seperti penarik, pemelihara, penulis. Amil zakat mengambil dari zakat apabila imam yang melakukan pembagian zakat dan tidak memberikan gaji yang ditentukan sebelumnya.

YANG DIMAKSUD IMAM DALAM BAB ZAKAT

2. - Yang dimaksud imam di sini adalah penguasa atau pemerintah yang memiliki tugas terkait dengan hal tersebut. Menurut UU No.38 tahun 1999 Bab III Pasal 6, dinyatakan sbb:
(1) Pengelolaan zakat dilakukan oleh badan amil zakat yang dibentuk oleh pemerintah.
(2) Pembentukan badan amil zakat:
a. nasional oleh Presiden atas usul Menteri;
b. daerah propinsi oleh gubernur atas usul kepala kantor wilayah departemen agama propinsi;
c. daerah kabupaten atau daerah kota oleh bupati atau wali kota atas usul kepala kantor departemen agama kabupaten atau kota;
d. kecamatan oleh camat atas usul kepala kantor urusan agama kecamatan.
(3) Badan amil zakat di semua tingkatan memiliki hubungan kerja yang bersifat koordinatif, konsultatif dan informatif.
(4) Pengurus badan amil zakat terdiri atas unsur masyarakat dan pemerintah yang memenuhi persyaratan tertentu.
(5) Organisasi badan amil zakat terdiri atas unsur pertimbangan, unsur pengawas dan unsur pelaksana.

Pasal 7
(1) Lembaga amil zakat dikukuhkan, dibina, dan dilindungi oleh pemerintah.
(2) Lembaga amil zakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan yang diatur lebih lanjut oleh Menteri.

Pasal 8
Badan amil zakat sebagaimana dimaksud pada Pasal 6 dan lembaga amil zakat sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 mempunyai tugas pokok mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat sesuai dengan ketentuan agama.

Dalam rumusan Keputusan Bahtsul Masail PWNU Jatim Di Sidogiri, 09-10 Juni 2005 dinyatakan siapa yang dimaksud imam dalam kitab fiqih:
a. Imam dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Kepala Pemerintahan dalam hal ini Presiden. Adapun terkait dengan pembentukan amil zakat adalah presiden dan orang-orang diberi wewenang membentuk amil sebagaimana diatur oleh UU Zakat, yaitu Gubernur, Bupati/Wali Kota dan Camat.

Catatan :
Kepala desa / Lurah tidak termasuk orang-orang diberi wewenang membentuk amil zakat.

b. Mencermati undang-undang zakat yang ada, konsep pembentukan amil versi undang-undang zakat sesuai dengan konsep fikih. Sedang mekanisme tata kerjanya masih perlu untuk disempurnakan, karena ada tugas-tugas dan kewenangan amil yang belum terakomodir dalam UU zakat, diantaranya kewenangan mengambil zakat secara paksa jika ada muzakki yang menolak membayar zakat.

c. Panitia zakat yang dibentuk secara swakarsa oleh masyarakat tidak termasuk amil yang berhak menerima bagian zakat.
Untuk sumber referensi, lihat di sini.

Dengan demikian, maka amil zakat yang dibentuk oleh takmir masjid atau dibentuk oleh dirinya sendiri tidak termasuk amil zakat yang berhak mendapat zakat. Namun demikian, mereka bisa saja berhak mendapat zakat karena faktor lain seperti karena fakir, miskin, dll.

Dalam kitab Mauhibah 4/140 dinyatakan:

و) الصنف الخامس (والعاملون عليها) ومنهم الساعي الذي يبعثه الإمام لأخذ الزكوات وبعثه واجب (قوله والعاملون عليها) أي الزكاة يعنى من نصبه الإمام فى أخذ العمالة من الزكوات—إلى أن قالـــ--ومقتضاه أن من عمل متبرعا لايستحق شيأ على القاعدة

Artinya: Golongan kelima adalah amil zakat. Termasuk amil zakat adalah penarik zakat yang diutus oleh imam untuk mengambil zakat .. Yang dimaksud amil zakat adalah orang yang diangkat oleh imam dalam mengambil upah dari zakat.. Intinya, orang yang melakukan tugas amil zakat tanpa meminta upah maka dia tidak berhak apapun.

Lihat juga: UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat

Baca juga referensi berikut:

__________________________



PUASA UNTUK PENGASIHAN

Assalamualaikum

Saya ingin bertanya pak ustad, saya pernah beberapa kali puasa guna mempelajari ilmu pengasihan, tapi saya tidak menggunakan ilmu pengasihan buat kejahatan, tapi ada ustad juga yang bilang kalau yang saya lakukan adalah syirik.

Pertanyaan saya
1. Apakah yang saya lakukan adalah syirik? walaupun doanya bacaan arab meski saya tidak tahu artinya?
2. Apakah boleh menggunakan ilmu pengasihan untuk kebaikan, seperti untuk menikahi wanita yang saya cintai?
3. Apakah memiliki khodam dilarang dalam islam dan hukumnya juga syirik seperti yang dikatakan ustad kebanyakan?

Saya mohon jawabannya pak ustad, sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

JAWABAN

1. Kalau yang dimaksud pelet itu adalah ilmu sihir, maka hukumnya haram. Sihir adalah ilmu yang dicapai dengan mengagungkan yang selain Allah. Kalau bacaan tersebut tidak mengandung unsur yang memuliakan selain Allah dan tidak ada unsur pelanggaran syariah yang lain, maka tidak apa-apa. Referensi sihir dan hukumnya lihat di sini.

2. Lihat: Hukum
Aji Pelet Pengasihan untuk Calon Istri
. Tentang puasa, lihat: Hukum Puasa dalam Islam

3. Tidak ada larangan untuk memiliki khodam jin kecuali kalau akan menyebabkan anda melakukan pelanggaran syariah. Jin itu sendiri ada dua yaitu muslim dan kafir. Namun disarankan agar menjauhi bergaul dengan jin, baik muslim apalagi kafir. Lebih detail: Khodam Jin
__________________________


SUAMI TAK BERI NAFKAH KARENA UNTUK BIAYA ADIK DAN ORANG TUA

Assalamualaikum. Wr. Wb,
Mohon maaf sebelumnya saya sampaikan,mgkn saya kurang bersyukur atau bagaimana dlm menghadapi pernikahan saya ini. Sudah ± 1thn, saya menjalani pernikahan dg suami saya, kami belum dikaruniai seorang anak. Suami bekerja diluar kota ϑàñ pulang sekian bulan sekali. Yang ingin saya tanyakan kpd pak ustadz, apakah boleh saya marah terhadap suami jika slma ini suami saya lebih mementingkan keluarganya (orangtua ϑàñ adiknya), mengingat dia hanya memberi nafkah uang pd awal pernikahan saja,stelah itu dy sama sekali tdk mengirim uang kpd saya. Alasan dia,krn dia msh membiayai adiknya sekolah,saat itu memang adiknya msh sekolah,tp 1bln terakhir ini adiknya sdh menikah. Dan juga alasan memberi ortu shg tdk bs menafkahi saya.

Suami saya bukan orang ŷƍ kasar atau tdk baik, dia org terpandang, berpendidikan dan baik thd siapa saja. Tetapi terkadang dlm hati saya berkata apakah dy tdk mencintai saya krn terlihat dy lebih mementingkan keluarganya, dan juga lebih menyayangi keluarganya drpd saya. Kalau tdk dihubungi per telepon atau sms,dy tdk menghubungi duluan, sperti saat pertama kami menjalani masa2 pendekatan. Bahkan dy skrg tdk pernah menyentuh saya pak ustadz. Saya sedih sekali pak ustadz.

1. Apakah saya berlebihan? Apa ŷƍ hrs saya lakukan pak ustadz? Saya sayang sekali padanya dan berharap dy jg sayang pada saya. Berlaku layaknya suami. dan bagaimana ganjaran bagi istri ŷƍ bersabar thd suami? Mohon dijaga kerahasiaan surat ini pak ustadz ϑàñ mohon tdk diekspos di internet. Terimakasih. Wassalam wr wb.

JAWABAN

1. Anda tidak berlebihan. Istri berhak dan pantas meminta haknya. Dan kalau tidak mendapatkan haknya, maka istri boleh melakukan gugat cerai. Namun kalau masih sayang, maka dianjurkan untuk mengajak suami bertemu dengan ulama atau ustadz atau siapapun sebagai mediator untuk berkonsultasi.

__________________________



AYAT KURSI DAN DOA SUFI

Assalamu'alaikum wr wb

Semoga keberkahan tercurah kepada Kyai, ada beberapa hal yang saya tanyakan :

1. beberapa hari yang lalu saya dapat kiriman dari teman lama di yogya sebuah batu akik, menurut dia batu tsb merupakan hasil tarikan ghaib yang dilakukannya di pantai selatan, menurut dia batu tsb mempunyai beberapa manfaat, dan mempunyai pantangan tidak boleh dibawa ke orang yang meninggal & tidak boleh dipakai saat minum khamar, yang saya tanyakan apakah saya boleh menyimpan batu tsb / saya harus membuangnya / saya cukup tidak mengindahkan manfaat & pantangan batu tsb ?

2. bagaimana hukum mengamalkan doa ini, apakah doa ini mengandung unsur ke-syirikan :
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ اِنِّى أَسْئَلُكَ وَأَتَوَسَّلُ اِلَيْكَ يَاأَللهُ 3 يَارَحْمنُ 3 يَارَحِيْمُ 3 يَاهُ 3 يَارَبَّاهُ 3 يَاسَيِّدَاهُ 3 يَاهُوَ 3 يَاغِيَاثِى عِنْدَ شِدَّتِى ياأَنِيْسِى عِنْدَ وَحْدَتِي يَامُجِيْـِبيْ عِنْدَ دَعْوَتِي يَاأَللهُ 3 اَلله ُلآاِلهَ اِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ يَامَنْ تَقُوْمُ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ بِأْمْرِهِ يَاجَامِعَ الْمَخْلُوْقَاتِ تَحْتَ لُطْفِهِ وَقَهْرِهِ أَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ اَنْ تُسَخِّرَ لِى رُوْحَانِيَّةَ هَذِهِ اْلآَيَةِ الشَّرِيْفَةِ تُعِيْنُنِىْ عَلَى قَضَاءِ حَوَائِجِى يَامَنْ لاَتَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَانَوْمُ اِهْدِنَااِلَى الْحَقِّ وَاِلَى طَرِيْقٍ مُسْتَقِيْمٍ حَتَّى اَسْتَرِيْحَ مِنَ اللَّوْمِ لآَاِلهَ اِلاَّ اَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ يَامَنْ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ اَللَّهُمَّ اشْفَعْ لِي وَارْشُدْنِي فِيْمَا اُرِيْدُ مِنْ قَضَاءِ حَوَائِجِي وَاِثْبَاتِ قَوْلِي وَفِعْلِي وَعَمَلِي وَبَارِكْ لِي فِى اَهْلِي يَامَنْ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ

يَامَنْ يَعْلَمُ ضَمِيْرَ عِبَادِهِ سِرًّا وَجَهْرًا أَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ اَنْ تُسَخِّرَلِيْ خُدَّامَ هَذِهِ اْلآَيَةِ الْعَظِيْمَةِ وَالدَّعْوَةِ الْمُنِيْفَةِ يَكُوْنُوْنَ لِيْ عَوْنًا عَلَى قَضَاءِ حَوَائِجِيْ هَيْلاً 2 جَوْلاً 2 مَلكًا 2 يَامَنْ لاَيَتَصَرَّفُ فِى مُلْكِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ سَخِّرْ لِيْ عَبْدَكَ كَنْدِيَاسٍ حَتىَّ يُكَلِّمُنِيْ في حَالِ يَقْظَتِيْ وَيُعِيْنُنِيْ في جَمِيْعِ حَوَائِجِيْ يَامَنْ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

أَقْسَمْتُ عَلَيْكَ اَيُّهَا السِّيدَ الْكَنْدِيَاسَ أَجِبْنِىْ أَنْتَ وَخُدَامُكَ وَأَعِيْنُوْنِى فِى جَمِيْعِ أُمُوْرِيْ بِحَقِّ مِاتَعْتِقِدُوْنَهُ مِنَ الْعَظَمَةِ وَالْكِبْرِيَاءِوَبِحَقِّ هَذِهِ اْلآيَةَ ِالْعَظِيْمَةِ وَبِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ

JAWABAN

1. Anda boleh memakainya atau menyimpannya tapi jangan mempercayai manfaatnya. Namun kalau kata-kata dia benar tentang bagaimana proses mendapatkan batu akik tersebut, saya anjurkan anda tidak menyimpannya karena ada kemungkinan cincin itu ada khodam jin dan itu dapat bermasalah bagi anda dan keluarga anda di kemudian hari. Secara syariah prinsip dasarnya tidak larangan memakai cincin. Lihat juga: Hukum Memakai Cincin Batu Akik.

2. Doa tersebut tampaknya dipakai untuk memanggil jin. Ada baiknya anda menghindari doa atau hizb yang terkait dengan pemanggilan atau penguasaan jin karena akan berbahaya buat Anda dan keluarga. Secara syariah, berteman dengan jin yang muslim tidak dilarang.

__________________________



BERZINA TAPI JUGA SHALAT LIMA WAKTU TERATUR

Assalamualaikum..
saya ingin bertanya dan saya ingin mendpt penjelsan yg pasti. saya muslimah brusia 22 thun. baru belakangn ini saya bertaubat, saya terasa diberi Allah hidyah sebelumnya saya tidak pernah solat sama sekali tapi sekarang alhmdulillah sya rutin mengerjakan nya ,, walau terkadng ada satu waktu solat yang sering terlambat saya kerjakan ,,
solat membawa saya kejln yg baik ,, saya sadar dg dosa2 saya yg bgtu besar,, dan saya berusaha utk tidk mgulangi dosa hina itu lagi,,
Saya seorang yg dahulu sering melkukn zina dg pacar sya,, tp belakngn sy sllu mensehati pacar sya utk tidk mngulangi lagi hal2 bodoh itu ,,
saya berhasil... namun beberapa hari ini,, pacar sya sllu mengajak sya,, tp saya sellu menolaknya,, dan dia sllu memaksa, akhirnya saya tidk bs menolaknya padahl hati saya ini tidk tenang ,, dan marah dg dri sya sndri,, kenpa saya msh saja kalah melawan nafsu ini,, setelah it pacar sya sllu mnta maaf dan janji tdk akn mngulangi lagi,, tp kenyataanny berllu bbrpa waktu dia msh saja sprti itu,,

yang saya ingin tanyakan ,,
1. apa kah setelah bbrapa kali saya ttp sprti itu,, tp ttp melkukan kewajiban srpti solat ,,, apa Allah akan terima Taubat saya setelah janji saya kepada Allah tidak berhasil saya tepati,,
2. dan apa solusi untuk saya ,,
3. amaaln apa yg hrus sya lkukn agar saya bs tutupi dosa2 itu ???

apa pun asal itu dari Allah akan saya lksanakan ,, untuk menghpus dosa2 saya,,,

JAWABAN

1. Terlepas dari apakah diterima atau tidakKalau , anda tetap berkewajiban untuk melaksanakan shalat lima waktu. Jangan pikirkan diterima atau tidaknya. Karena kalau meninggalkan shalat, maka anda melakukan dua dosa besar yaitu zina dan tidak shalat.

2. Solusinya adalah menikahlah dengan dia atau putuskan hubungan sama sekali.
3. Lihat: Cara Taubat Nasuha. Bertaubat itu mudah asal ada komitmen dan kemauan kuat untuk melakukannya. Dalam kasus anda, taubat yang utama harus dimulai dengan (a) menikah atau (b) memutuskan hubungan dengan pria manapun yang bukan mahram; (c) lakukan kewajiban agama dan jauhi yang haram; (d) lakukan amalan-amalan yang sunnah.
__________________________



MIMPI MELIHAT TIGA BINTANG JATUH

Pak ustad maaf sy trllu banyak nanya , ini teman saya yg bermimpi melihat ada 3 bintang jatuh yang pertama dia hiraukan saja yg kedua dan ketiga dia mintakan doa dan harapan. Artinya apa ?

JAWABAN

Apa yang dia usahakan dan inginkan akan mendapatkan hasil asalkan dia tetap teguh dan tidak putus asa.

__________________________



QADHA PUASA RAMADAN SUDAH MASUK RAMADAN KETIGA

1. apakah fidyah harus berupa memberi makan?
2. saya pernah baca kalau hutang 1x puasa terlewat sampai ramadhan berikut maka dia mengqadha puasa dengan 2x puasa, bila terlewat lagi sampai ramadhan berikut dan masih belum diqadha juga maka mengqadha puasanya menjadi 3x.
kalau sudah mengqadha puasa dengan cara seperti itu apakah tetap harus memberi makan orang miskin?

tolong disertakan dengan dalil hadits
terima kasih

JAWABAN

1. Iya. Lihat Puasa Ramadan
2. Itu tidak benar. Lihat kembali: Qadha Puasa Ramadan Yang Sudah Masuk Ramadan Kedua

__________________________



DOSA MENGHINA ALLAH DALAM HATI

Asssalamualaikum
pak ustadz, sy saat ini sedih dan stress karena takut termasuk penghinaan yg tidak ada kesempatan untuk taubat yg ingin saya tanyakan
1. bagaimana hukum terlintas ucapan penghinaan kepada allah di dalam hati sy ragu apakah ucapan itu sengaja atau tdak namun sy menyesalinya apakah itu trmasuk kafir dan tidak ada taubat? Mohon jawabannya sy sedih sampai2 ibadah jadi tidak semangat dan hidup mrasa tdak brguna lagi.

JAWABAN

1. InsyaAllah kalau Anda menyesali atas dosa yang anda lakukan dan tidak mengulanginya lagi, maka Allah akan mengampuni perbuatan anda. Yang terpenting ke depannya adalah pastikan hal itu tidak terjadi lagi dengan cara hiduplah di lingkungan yang kondusif untuk meningkatkan iman antara lain dengan menjauhkan diri dari bacaan yang menipiskan iman. Termasuk juga jauhi forum-forum debat kusir antar agama di internet karena itu hanya akan membuat mental anda lelah. Banyaklah membaca kisah-kisah mualaf Barat yang masuk Islam atas kemauan sendiri.
__________________________


WARISAN DAN HARTA GONO GINI

assalamualaikum wr wb
di lingkungan keluarga saya ada permasalahan waris sbb: uwak saya meninggalkan anak laki-laki 2, 2anak perempuan dua, dan istri. 2 anak laki laki dan 2 anak perempuan tersebut bukan anak dari istri yang ditinggalakan.(dari istri terdahulu yang sudah di cerai) dengan istri sekarang mempunyai harta bersama (gono gini). almarhum mempunyai harta waris bawaan. pertanyaannya
1. bagaimana pembagian waris masalah tersebut dikaitkan dengan harta gono gini
2. menurut islam bagaimana hukum gono gini
waalaikum salam wr wb

JAWABAN

Sebelum pembagian waris dilakukan, terlebih dahulu harta gono-gini yang milik istri harus dipisah lebih dahulu. Langkah berikutnya adalah menyelesaikan hutang piutang almarhumh dan biaya pengurusan jenazah. Setelah itu harta yang murni milik almarhum dibagi sbb:

1. - Istri yang sekarang mendapat 1/8 (seperdelapan).
- Sisanya diberikan kepada anak-anak baik yang laki-laki maupun yang perempuan di mana anak laki-laki mendapat dua kali lipat dari anak perempuan.

2. Islam mengakui harta gono-gini artinya harta istri adalah milik istri.

__________________________



ISTRI TIDAK PERAWAN HARUSKAH JUJUR PADA SUAMI?

Assalamualaikum

izinkan saya berkonsultasi, ustad apa yang harus di lakukan oleh seorang wanita yang tidak virgin lagi ketika suaminya bertanya tentang keadaannya yang sebenarnya tentang masalah keperawanannya apakah ia harus berkata jujur terhadap suaminya atau dia harus menutupinya agar mempertahankan rumah tangganya..

JAWABAN

Sebaiknya menutupinya. Dalam waltu yang sama, anda juga harus menyesali perbuatan masa lalu dan melakukan taubat nasuha.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..