Monday, February 03, 2014

Hukum Shalat di atas Kendaraan Mobil Pesawat Kereta Api


Hukum Shalat di atas Kendaraan Mobil Pesawat Kereta Api

HUKUM SHALAT DI KENDARAAN

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ijin bertanya pak tata cara sholat di kendaraan..??? Dan jg tata cara mandi junub ,,, berikut bacaannya

TOPIK KONSULTASI
  1. Tata Cara Shalat Di Kendaraan
  2. Ayahku Suka Selingkuh
  3. Anak Zina Benci Orang Tua Dan Cara Taubat
  4. Mentalak Istri Yang Tidak Bisa Berubah


JAWABAN TATA CARA SHALAT DI ATAS KENDARAAN

BOLEH SHALAT SUNNAH DI ATAS KENDARAAN

Ulama sepakat atas bolehnya melaksanakan shalat sunnah di atas kendaraan mobil, kereta api, pesawat terbang dan kapal laut. Menghadap kiblat atau tidak. Dalam posisi gerakan sempurna atau dengan isyarat.

Dalam sebuah hadits sahih riwayat Bukhari diriwayatkan dari Ibnu Umar
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يسبح على الراحلة قِبَلَ أي وجه توجه، ويوتر عليها، غير أنه لا يُصلي عليها المكتوبة

Artinya: Rasulullah pernah shalat di atas kendaraan dengan menghadap ke sembarang arah (tidak ke arah kiblat) dan Shalat witir di atas kendaraan. Hanya saja Nabi tidak pernah shalat fardhu di atas kendaraan.

TIDAK BOLEH SHALAT FARDHU 5 WAKTU DI ATAS KENDARAAN

Dalam menafsiri hadits di atas, Imam Nawawi dalam Syarah Muslim 5/211 menyatakan
وفيه دليل على أن المكتوبة لا تجوز إلى غير القبلة، ولا على الدابة وهذا مجمع عليه؛ إلا في شدة الخوف

Artinya: Hadits ini menunjukkan bahwa shalat wajib 5 waktu tidak boleh dilakukan kecuali (a) harus menghadap kiblat; dan (b) tidak boleh dilakukan di atas kendaraan. Ini pendapat ijmak (kesepakatan antar madzhab). Kecuali dalam keadaan sangat takut (atau darurat).

KONDISI DARURAT YANG DIBOLEHKAN SHALAT WAJIB DI ATAS KENDARAAN

Apa yang dimaksud kondisi darurat? Imam Nawawi menerangkan secara detail dalam kitab Al-Majmuk Syarah Muhadzab 3/242 sbb:
ولو حضرت الصلاة المكتوبة، وخاف لو نزل ليصليها على الأرض إلى القبلة انقطاعاً عن رفقته أو خاف على نفسه أو ماله لم يجز ترك الصلاة وإخراجها عن وقتها، بل يصليها على الدابة لحرمة الوقت، وتجب الإعادة لأنه عذر نادر.

Artinya: Apabila waktu shalat wajib / fardhu tiba, dan dia (a) takut kalau turun dari kendaraan untuk shalat di tanah dan menghadap kiblat akan membuatnya terputus dari teman (rombongan)-nya; atau (b) takut keselamatan jiwabnya; atau (c) takut keselamatan hartanya, dia tidak boleh meninggalkan shalat dan keluar dari waktu shalat, maka dia boleh melakukan shalat di atas kendaraan untuk menghormati waktu (li hurmatil waqti) dan ia wajib mengulangi (mengqadha) shalatnya karena itu merupakan udzur yang jarang terjadi.

Yang dimaksud Imam Nawawi shalat fardhu li hurmatil wakqti (menghormati waktu) dan harus mengulangi itu apabila (a) shalatnya tidak menghadap kiblat; (b) shalatnya tidak dalam gerakan yang sempurna alias hanya memakai isyarat saja.

Adapun apabila shalat di atas kendaraan tersebut dilakukan dengan cara yang sama layaknya shalat di tanah yakni (a) menghadap kiblat; dan (b) gerakan shalat sempurna yakni dengan berdiri, rukuk dan sujud, maka shalatnya tidak perlu diulang atau diqadha menurut sebagian pendapat dalam madzhab Syafi'i.

Dalam Syarah Muslim 5/211 Imam Nawawi menyatakan
فلو أمكنه استقبال القبلة، والقيام والركوع والسجود على الدابة واقفة - يعني غير سائرة - عليها هودج، أو نحوه جازت الفريضة على الصحيح من مذهبنا، فإن كانت سائرة لم تصح على الصحيح المنصوص للشافعي

Artinya: Apabila bisa menghadap kiblat, dan berdiri rukuk dan sujud di atas kendaraan yang sedang diam ... maka boleh shalat fardhu di atas kendaraan menurut pendapat yang sahih dalam madzhab Syafi'i. Apabila kendaraan itu sedang berjalan maka tidak sah shalatnya menurut pendapat yang sahih sebagaimana dinyatakan oleh Imam Syafi'i (artinya, ada pendapat yang menyatakan sah shalatnya).

Catatan: Ada pendapat dalam madzhab Hanbali bahwa dalam keadaan darurat di atas kendaraan seperti pesawat atau bis yang tidak bisa dihentikan, boleh shalat tanpa menghadap kiblat dan cukup dengan isyarat tanpa harus mengulangi (mengqodho). Sedangkan menurut madzhab Syafi'i tetap harus mengulangi di waktu yang normal.

__________________________


AYAHKU SUKA SELINGKUH

assalamu'alaikum Wr. Wb.

mau curhat tentang ayah saya..
ayah saya sering berselingkuh, awalnya waktu saya masih kecil meskipun saya belum mengerti apa yang terjadi tapi saya sadar bahwa ayah saya suka berselingkuh sejak saya masih kecil. bahkan ibu saya pernah cerita sebelum saya lahirpun ayah saya sudah berselingkuh.

dulu waktu saya SD-SMP ayah saya selingkuh dengan janda, dan janda itu adalah tetangga saya sendiri. awalnya saya tidak percaya tapi setelah ketahuan dan dilabrak budhe saya sang janda itu akhirnya bapak berhenti berselingkuh. ternyata waktu saya SMA kebiasaan jelek ayah saya muncul lagi. padahal waktu itu saya sudah punya adik perempuan juga yang masih TK.

waktu itu adik kandung ibu saya yang umurnya 3 tahun lebih tua dari saya sakit dan masuk rumah sakit, sakitnya ternyata parah komplikasi sama liver. waktu itu ibu saya setiap hari menunggui dirumah sakit. dan saya dirumah bersama ayah saya. ayah saya setiap malam selalu keluar rumah, saya tidak curiga karena biasanya tiap malam ayah saya berbincang-bincang dengan teman-temannya. sampai akhirnya om saya meninggal dunia. setelah om saya meninggal saya mulai curiga, ternyata tetangga saya juga banyak yang curiga kalau ayah saya berselingkuh karena sering berbincang-bincang dengan wanita yang sudah mempunyai suami dan anak itu, sebut saja namanya minah, minah itu tetangga saya yang rumahnya sangat dekat dengan rumah saya dan minah punya toko kelontong. yang membuat tetangga-tetangga saya curiga adalah seringnya ayah saya membeli rokok di toko minah dan masuk ke dalam rumahnya agak lama. Ya Allah kenapa ayah saya tidak berhenti2 berselingkuh.

sampai suatu hari ibu saya mulai curiga karena perilaku ayah saya benar-benar berubah. ternyata selama ini ayah saya dan minah sering ketemuan di luar rumah, banyak tetangga-tetangga saya yang mengetahui, saya berfikir kalau saya belum menemukan bukti sendiri saya tidak mau percaya. tapi bukti2 itu semakin nyata terlihat, perselingkuhan itu berjalan 3 tahun lebih lamanya dan sampai saat ini masih berjalan, minah itu dulunya adalah mantan pekerja sex komersial di wilayah desa saya. mungkin itu yang bikin bapak saya benar-benar gak bisa lepas dari wanita itu, soalnya kebanyakan mantan pelacur itu pasti suka dengan dunia hitam. saya sangat kasihan sama ibu saya. beliau tiap bercerita selalu nangis, ibu saya sudah berusaha ke kyai2 dan sholat, berdoa tidak pernah lupa supaya bapak saya dapat hidayah, setelah saya menikah dan ikut suami ke kota lain semakin saya tidak tega melihat penderitaan ibu saya. ibu saya benar-benar tersiksa lahir dan bathinnya.. sudah dicoba berbagai cara sampai meneror si minah, tetapi ujung-ujungnya ayah saya marah dan memukuli ibu saya.

semenjak berselingkuh ayah saya jadi suka memukuli ibu saya. tiap ibu saya pergi keluar mau belanja atau ngantar adik saya sekolah pakai motor si minah selalu laporan kepada bapak saya dan bilang yang tidak-tidak sehingga ibu saya selalu di caci maki dan di pukuli. waktu itu bapak saya bekerja sebagai security di koperasi dan sering masuk malam, suatu hari saya mendengar kabar bahwa si minah dan anak perempuannya bertengkar akibat minah di nasehati anaknya disuruh menjauhi suami orang. tetangga-tetangga pada dengar.

ibu teman saya pun sudah menasehati suami si minah, supaya menyelediki kelakuan minah, tapi suaminya tidak percaya dan malah bilang gak mungkin minah seperti itu karena minah sering sholat. suaminya sendiri sudah banyak diracuni pakai ilmu hitam supaya tunduk sama si minah.

padahal orang yang sholat tidak mungkin keluar tengah malam dan menemui suami orang.
ibu saya mengadu ke adik ayah saya sebut saja namanya edy, bahwa ibu saya sudah dipukuli ayah saya. akhirnya ayah saya di nasehati om edy tapi tidak pernah perduli sama nasehat itu.

ibu saya cuma bisa pasrah menerima semua ini, saya benar-benar takjub melihat kesabaran ibu saya, meskipun sudah berkali-kali diselingkuhi oleh ayah tapi ibu tetap bertahan. semoga Allah memberikan kesabaran dan keikhlasan kepada ibu saya.

1. apa yang harus saya lakukan ??? ingin rasanya saya maki-maki ayah dan si minah, tapi saya tahu itu dosa, saya takut sekali kalau suatu hari ayah saya mendapatkan azab atas perbuatannya. saya sangat sayang kepada ayah dan ibu.

2. tolong kalau ada doa yang bisa memisahkan cinta terlarang itu.
terima kasih sebelum dan sesudahnya. saya tunggu jawabannya....

JAWABAN

1. Cara termudah untuk mengurangi penderitaan ibu adalah bercerai. Itulah nasihat dari Rasulullah ketika seorang Sahabat Nabi bertanya langkah apa yang akan diambil pada istrinya yang selingkuh. Namun, apabila ibu anda masih sayang pada ayah anda dan anda juga tidak menginginkan mereka berdua bercerai, maka langkah yang lain adalah tetap mempertahankan rumah tangga dengan menanggung segala konsekuensinya seperti kecenderungan selingkuh sulit sembuh kecuali kalau keinginan itu timbul dari yang bersangkutan. Saran saya, coba ajak ayah anda masuk gerakan Jamaah Tabligh. Ini gerakan dakwah yang sering berhasil menyembuhkan banyak laki-laki nakal. Tentu tidak harus anda langsung yang mengatakan. Caranya, kalau anda kenal seorang anggota Jamaah Tabligh (JI), mintalah dia datang ke rumah anda untuk mengajak ayah anda shalat ke masjid. Sekali dua kali mungkin tidak berhasil, lama-lama insyaAllah kalau dia bisa masuk ke JI insyaAllah penyakitnya akan sembuh.

2. Usaha harus dilakukan dalam usaha nyata. Doa hanya bagian dari usaha. Cobalah berdoa dengan bahasa Anda sendiri di setiap selesai shalat baik shalat wajib atau sunnah. Juga, setelah shalat tahajud. Minta juga ibu anda agar melakukan hal yang sama.
Kalau Anda ingin doa yang berbahasa Arab, berikut doa yang sebaiknya dibaca oleh suami/istri yang sedang konflik:
اللهم ألف بين قلوبنا وأصلح ذات بيننا وأهدنا سبل السلام ونجنا من الظلمات إلى النور وجنبنا الفواحش ما ظهر منها وما بطن وبارك لنا في أسماعنا وأبصارنا وقلوبنا وأزواجنا وذرياتنا وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم واجعلنا شاكرين لنعمتك مثنين بها عليك قابلينا بها وأتممها علينا
اللهم فاطر السماوات والأرض عالم الغيب ربي ورب كل شيء إنك تحكم بين عبادك بالحق احكم بيني وبين ........ بالحق
يا ولي نعمتي وملاذي عند كربتي اجعل نقمت...... علي برداً وسلاماً كما جعلت النار برداً وسلاماً على إبراهيم

Yang ini dibaca 100x (لا حول ولا قوة إلا بالله أصلح بها ما بيني وبين....... )

__________________________


ANAK ZINA BENCI ORANG TUA DAN CARA TAUBAT

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya wanita, seorang anak hasil zina, tetapi hubungan dalam keluarga baik-baik saja dan harmonis. Saya selalu menuruti kemauan orangtua saya, tetapi saya menuruti dengan tidak ikhlas, ketika disuruhpun saya sering setengah hati. Orangtua saya telah bercerai namun rujuk lagi. Ini semakin membuat saya tidak hormat pada bapak. Kadang, saya mengucapkan kata-kata yang menyakitkan. Walaupun keduanya diam saja, saya tahu saya berdosa. Tetapi kemarahan dan kebencian telah menggerogoti saya.

Permasalahannya,
1. Apakah saya sudah tergolong anak durhaka?
2. Bagaimana cara taubat agar saya diampuni dosanya? diampuni Allah SWT & diampuni orangtua.
3. Semua ini sudah terlanjur, bagaimana agar saya selalu bisa menghormati orangtua saya?

Terimakasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

JAWABAN

Apa yang anda maksud bahwa anda anak zina? Kalau ibu anda hamil zina, lalu saat hamil itu ibu anda menikah dengan ayah biologis anda, maka status anda bukan anak zina tapi anak yang sah memiliki ayah dan ibu yang sah secara hukum Islam. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2011/11/pernikahan-wanita-hamil-di-luar-nikah.html

Anda baru disebut anak zina kalau ibu anda hamil zina dan tidak menikah sampai anda lahir ke dunia. Dan baru menikahi ibu anda setelah anda lahir. Apabila demikian, maka ayah anda yang sekarang bukanlah ayah secara Islam. Dia tidak bisa menjadi wali nikah anda kelak.

Jawab untuk pertanyaan anda:

1. Mengatakan sesuatu yang tidak menyenangkan pada orang tua adalah dosa besar. Apalagi kalau memakai atau membentak atau melawan perintah wajar yang sesuai syariah.
Lihat:
- http://www.alkhoirot.net/2012/03/berbakti-orang-tua-dalam-islam.html
- http://www.alkhoirot.net/2012/03/dosa-besar-dalam-islam.html

2. Cara taubatnya adalah (a) Mohon ampun pada orang tua; (b) mohon ampun pada Allah; (c) tidak mengulangi perbuatan yang sama; dan (d) banyak berbuat amal baik untuk menutupi dosa masa lalu. Lihat: http://www.alkhoirot.net/2012/09/taubat-nasuha.html

3. (a) Belajarlah pada orang-orang / teman-teman anda yang biasa menghormati orang tuanya. Sikap respek dan tidak respek pada orang lain terkadang timbul dari kebiasaan lingkungan; (b) renungkan bahwa tanpa orang tua, anda sebenarnya tidak ada; (c) anda masih membutuhkan mereka, kalau demikian mengapa anda begitu tidak tahu diri melecehkan mereka?

__________________________


MENTALAK ISTRI YANG TIDAK BISA BERUBAH

Assalamu'alaikum wr.wb

Smoga Ustadz selalu diberi kesehatan & perlindungan oleh Nya..amiinn

Ustadz,

Saya dan istri sudah melewati berbagai kejadian hingga akhirnya kami pisah ranjang lebih dari 2 tahun. Bahkan saat ini sdh 1 tahun kami pisah tempat tinggal di Propinsi berbeda dimana istri pulang ke orangtuanya.

Alasan utama saya memilih berpisah adalah karena selama 12 tahun kami menikah istri masih tidak bisa memahami keluarga saya termasuk dengan ibu saya, apalagi jika menyangkut pemberian materi dari saya kepada keluarga.

Dengan beberapa kejadian, akhirnya anak kami berusia 10 tahun memilih tinggal bersama saya. Jika saya sdg disibukkan dg pekerjaan, kadang anak saya titipkan dengan adik kandung yang kebetulan sdh berkeluarga dan tinggal dekat rumah.

Selama ini saya selalu menjaga perasaan anak dan tidak pernah membahas segala sesuatu tentang berpisah atau cerai karena saya khawatir terhadap perkembangan psikologisnya jika mengetahui keadaan yang sebenarnya. Selama ini anak hanya tahu bahwa kami tinggal tidak satu atap karena kepindahan kerja saya.

Perlu diketahui bahwa tentang ketidaksukaan saya terhadap perilaku istri ini sdh saya beritahukan berkali - kali langsung kepada orangtua istri.

1. Pertanyaaan saya, apakah saya harus mengambil langkah talak, karena menurut saya istri sdh tidak bisa lagi diperbaiki wataknya?

2. apakah usia anak 10 tahun termasuk usia yg siap mengetahui kondisi rumah tangga orangtua nya?

3. Lalu bagaimana cara terbaik memberitahu anak terhadap kondisi rumah tangga kami ini?

Terimakasih ustadz sudah membaca e-mail dari saya, semoga ustadz diberi kesehatan & waktu yang lapang dari Allah untuk memberikan jawaban...amiinnn

Jazakallah khoir..

Wassalamu'alaikum wr.wb

JAWABAN

1. Talak adalah solusi terakhir bagi yang pasangan yang tidak bisa lagi harmonis. Anda bisa mengambil langkah talak itu dan menurut hukum Islam itu boleh.

2. Anak tentu akan terkejut dengan kondisi yang tidak ideal. Namun, ia dihadapkan pada dua pilihan sulit. Maka, tugas anda untuk memberi pemahaman padanya. Atau, anda ajak dia pada orang yang dapat memberi pemahaman yang baik soal ini.

3. Lihat poin 2.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..