Monday, July 14, 2014

Istri Menegur, Suami Marah


Istri Menegur, Suami Marah
ISTRI MENEGUR, SUAMI MARAH BESAR

Assalammualaikum wrwb ...

Pak saya Mau konsultasi Dari awal permasalahan nya, temen suami saya sedang main dan konsultasi masalah Skripsi kebetulan suami saya sedang menyusun Skripsi, waktu Sudah menunjukan jam 00:30, saya menegur dan mengingatkan suami saya untuk istrahat krna berhubung Dia sedang Sakit juga saya menegur di dpn temannya, tetapi menegur saya itu dengan menyindir krna saya masih menghargai pertemanan mereka. Tp mereka berdua Tetep tdk menyadarkan diri. Dan akhir ya terakhir saya menegur lagi dengan halus "tolong tutup pintu Nya kebetulan juga banyak nyamuk" Suami saya saya tegur Malah teriak di telinga saya sendiri dengan nada Keras dan meludahi muka saya, dan Dia berkata dengan mengusir saya dengan Keras. Saya hanya bisa menangis.

1. PertanyaAn saya : bagaimana kah pandangan Islam mengenai permasalahan rmh tangga saya.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. ISTRI MENEGUR, SUAMI MARAH BESAR
  2. TAHIYAT TARAWIH AWAL ATAU AKHIR
  3. NAFKAH SUAMI DALAM RUMAH TANGGA
  4. SUAMI KELUAR RUMAH TANA RIDHA ISTRI
  5. AJAKAN TALAK DENGAN NIAT
  6. MIMPI PANJANG TENTANG PRIA IDAMAN
  7. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Jelas suami anda salah. Islam memerintahkan suami untuk memperlakukan istri dengan baik dan patut. Dalam QS An-Nisa':19 Allah berfirman "Dan bergaullah dengan mereka (istri-istrimu) secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak."

Suami anda telah berlaku tidak patut pada anda (istrinya) dan itu melanggar perintah Tuhan.

Dari perilaku dan cara suami membentak anda dengan gaya yang begitu keras tampak kalau dia seorang yang temperamental, mudah marah dan tidak terkontrol. Oleh karena itu, anda sebagai istri yang mendampingi dia siang malam hendaknya juga berhati-hati dalam mengingatkan dia. Gunakan cara yang bijaksana dan hindari mengingatkan suami di depan orang lain. Misalnya dalam kasus di atas, panggil suami ke dalam rumah dan bisikkan dengan santai dengan suara pelan "Bang, apa tidak istirahat dulu dan diteruskan besok kerjanya?" Dengan cara itu, suami tidak merasa dipermalukan di depan temannya yang mungkin sangat dia hormati. ٍSuami tak ingin terkesan di atur istri apalagi di depan orang lain.

______________________


TAHIYAT TARAWIH AWAL ATAU AKHIR

assalamualaikum, saya mau tanya. kalo sholat taraweh yg 2 rakat 1 kali salam kan, terus setiap tahiyat akhirnya dibaca tahiyat awal saja apa tahiyat akhir langsung?

mohon penjelasan dan dasar hukumnya

JAWABAN

1. Setiap tahiyat dalam shalat tarawih adalah tahiyat akhir karena berakhir dengan salam sebagaimana tahiyat di shalat subuh. Perlu diketahui bahwa yang wajib dalam tahiyat akhir adalah bacaan tahiyat dan bacaan shalawat pada Nabi. Lihat: Panduan Shalat

______________________


NAFKAH SUAMI DALAM RUMAH TANGGA

Assalamualaikum saya mau tanya lagi pak ustadz langsung sj pertanyaan nya suami istri bekerja. gaji saya dan gaji istri megang gaji nya sendiri - sendiri. tapi masalah pengeluaran untuk kebutuhan hidup RT saya beli sendiri dan lebih banyak pengeluaran saya di banding istri saya. tapi istri ikut kerja sama jg untuk memenuhi kebutuhan hidup. cuma saya gak pernah kasih uang buat istri itu betul selama 9 tahun cuman saya di bilang sama istri saya gak pernah kasih nafkah.

1. yg saya tanyakan apakah saya termasuk memberi nafkah di samping istri jg bekerja sama??

mohon pencerahan nya pak ustadz.terimakasihs

JAWABAN

1. Ini hanya masalah kesalahpahaman saja. Kalau memang anda sudah mengeluarkan uang untuk kebutuhan dasar rumah tangga, maka itu sudah masuk kategori memberi nafkah. Kalau ternyata istri merasa tidak diberi nafkah, maka tinggal dirubah saja gayanya: berikan uang yang diperlukan untuk kebutuhan rumah tangga langsung pada istri. Biarkan istri yang mengelola. InsyaAllah masalah akan selesai.

______________________


SUAMI KELUAR RUMAH TANA RIDHA ISTRI

Assalammu'alaikum ustad,
Saya U usia 20thn, baru menikah kurang lebih 2bulan.
Saya ingin bertanya dan mohon penjelasannya.

Saat ini saya sedang ada problem dengan suami saya.
Awalnya suami saya ada rencana utk pergi berkunjung ke rumah orang tua suami saya untuk menjenguk kakak ipar saya yang sedang sakit. Dan suami mengajak saya untuk turut serta dengannya setelah selesai shalat tarawih. Tapi, suami saya berubah pikiran untuk pergi setelah shalat maghrib dan pada saat itu saya belum siap karna saya pun baru berbuka puasa dan pulang kerja dan sayapun merasakan tidak enak badan. Lalu suami saya meminta izin untuk pergi pada saat itu juga tanpa dia ingat bahwa dia mengajak saya untuk ikut serta. Dari situ saya merasa kecewa dengan menunjukkan raut wajah saya yang tidak enak. Dengan tidak penuh Ridha saya bilang kalo saya mengijinkannya untuk pergi. Tetapi suami saya malah marah sama saya dengan berbicara kasar dengan saya dan dengan nada membentak. Hati saya langsung teriris ustad, saya merasakan perih. Suami saya memilih tetap untuk pergi menjenguk kakak ipar dengan membawa beberapa pakaiannya untum menginap disana. Suami saya berbicara seperti ini "keluarga/saudara gua lagi sakit, gua gak kemana-kemana" tp suami tetep pergi.
Diawal pernikahan juga sempat terjadi konflik, karna suami saya tidak terbuka dan tidak jujur dengan saya. Dan saya tidak tidur sekamar selama semalam dgn suami saya, dan paginya suami bertanya semalam saya tidur dimana. Lalu suami bilang, dgn saya tidak tidur sekamar dengannya itu secara tidak langsung thalaq satu sudah terjadi.

Pertanyaannya :
1. Apakah benar dengan tidak tidur sekamar dengan suami, secara tidak langsung thalaq sudah terjadi?
2. Apa hukumnya suami bila meninggalkan istri dengan tidak adanya Ridhanya istri utk mengizinkan karena suami lupa akan janjinya untuk mengajak istri utk ikut serta?
3. Apakah sikap suami itu tidak berat sebelah antara istri dan kakaknya. Karna dia lebih memilih kakaknya, walaupun keadaan kakak sedang sakit?
4. Apakah sikap saya salah dalam menyikapi suami saya dengan saya menunjukkan raut wajah yang tidak senang atau kecewa?
5. Lalu saya harus bagaimana ustad untuk menyikapi suami saya?

Mohon untuk dijawab setiap pertanyaan saya, semoga jawaban ustad bisa buat pelajaran untuk saya. Saya tunggu jawabannya ustad.
Sebelumnya terima kasih.

Wassalammualaikum Wr. Wb

JAWABAN

1. Tidak benar. Talak baru terjadi kalau suami menyatakan pada istri "Aku ceraikan kamu" atau "Aku talak kamu" atau "Aku pisah kamu"

2. Suami sebaiknya meminta ijin ketika hendak keluar, tapi itu tidak wajib. Sedangkan istri sebaiknya memberi ijin.

3. Idealnya memang suami menunggu ijin istri. Tapi situasi saat itu sedang tidak ideal, maka sikap suami tidak bisa disalahkan.

4. Iya. Istri harus menunjukkan sikap yang besar hati agar suami merasa senang dan tambah cinta. Tunjukkan sikap ramah dalam keadaan bagaimanapun. Ingat, cinta suami itu bisa menurun atau naik tergantung sikap istri. Begitu juga sebaliknya. Karena itu, mulailah dari sikap diri sendiri. Usahakan cinta suami terus naik pada anda, minimal tidak turun.

5. Lihat poin 4.

Baca buku Rumah Tangga

- Keluarga Sakinah
- Membina Rumah Tangga Bahagia

______________________


AJAKAN TALAK DENGAN NIAT

Asalamualaikum ustadz. Saya mau nanya sprti yang dijelaskan kalau kalimat ajakan itu tidak jatuh. Saya mau nanya lagi.
1. Saya mau nanya kalau pas mengucap kata ajakan itu dalam keadaan emosi dan punya niat apakah jatuh?
2. Saya mau nanya, Dalam bahasa jawa apakah kata seperti ini termasuk kata ajakan. Wes podo pegatan ae.?
3. Dan gimana hukumnya kalau lupa sudah berapa kali.?

JAWABAN

1. Tetap tidak jatuh talak. Kata ajakan sama dengan kata tanya tidak termasuk talak sharih atau talak kinayah, karena itu tidak jatuh talak.

2. Kata tanya juga tidak termasuk talak. Lihat: Apakah Kalimat Tanya Termasuk Talak?
3. Karena tidak terjadi talak dalam kalimat tanya maka tidak perlu dihitung. Lihat poin 1.

______________________


MIMPI PANJANG TENTANG PRIA IDAMAN

Assalamualaikum.
Ustadz saya
mau tanya tentang arti mimpi saya.

Pertama kali saya mulai suka sama cowo itu waktu masuk MTS. Dia anak yang punya yayasan. Dia juga masih saudara dengan saya. Waktu itu saya belum suka dia, singkatnya waktu
dia lulus saya masih kelas 9 MTS. Awalnya saya biasa saja, tapi saya merasa ada yang hilang. Waktu dia pulang mondok saya liat dia pakai baju koko, disitu jantung saya berdegup kencang mulai saat itu saya mulai menyukai dia. Saya juga sering memimpikan dia. Seperti (saya datang kerumahnya, dan disana saya bertemu dengan kedua kakak
perempuannya. Dan ada dia juga pakai baju hitam, didalam saya liat ada abahnya ngintip dari balik jendela. Saya tidak masuk kedalam hanya diluar saja. Lalu kakaknya masuk dan memberi saya 5 buah rengginang, lalu saya pamit, tapi sebelum pamit dia bilang "kalau tuhan seperti cangkul yang membuatkan lubang takdir untuk kita, kalau takdir kita
pasti ketemu, lalu saya pulang) dan saya bermimpi lagi (saya ada di sekolah, waktu itu malam-malam, lalu saya pergi mandi di kamar mandi sekolah selesai mandi saya masuk ke kelas disana saya lihat dia sedang ngajar pakai sarung, baju kuning lengan pendek, dan peci dia juga bawa kitab kuning. Setelah selesai dia keluar. Setelah dia sampai didepan
gerbang luar

Dia menoleh dan melihat kesaya lama sekali baru setelah itu dia pulang) keesokan paginya dia sedang jaga koperasi sambil sholawatan. Kebetulan dia mau nerus ke yaman. Setelah beberapa hari saya bermimpi lagi (saya sedang ada diatas bukit bersama teman perempuan saya yang pernah dekat dengan dia. Didalam mimpi saya berjalan bertiga menuruni bukit, setelah itu ada kali kecil yang ada buaya putihnya. Tiba-tiba teman perempuan saya tidak ada, hanya saya dan dia saja. Dikali itu saya berusaha naik tapi dia dikejar sama buaya putih yang pakai mahkota diatas kepalanya, saya berusaha tolong dia dan akhirnya bisa, setelah itu teman saya muncul lagi entah dari mana) dan saya terus mimpiin dia. Saya juga sering mimpiin abahnya yang sudah meninggal padahal saya belum pernah bertemu abahnya sama sekali. (

Waktu itu didalam kamar saya, saya melihat abahnya datang menitipkan adik perempuannya kesaya, saya cuma diam tiba2 abahnya pergi dan saya panggil2 abahnya hanya tersenyum abanhnya pergi ketempat yang gelap tapi ada cahaya yang terang banget, adik dia cuma
nangis) selang berapa hari saya mimpi lagi (saya lagi naik sepeda malem2 mau pergi ketempat yang saya ga tau tapi saya ga jadi saya lalu pulang, waktu naik sepeda saya liat abahnya lagi duduk di bangku ada dia juga, abahnya negor saya sambil senyum, tapi saya ga nengok, dalam hati saya bilang "kenapa si padahal kan kita deket, tapi kenapa ga
bisa nyatu") waktu deket2 mau maulid saya juga mimpiin dia (saya liat dirumah dia ada banyak orang yang lagi ngaji, terus saya cari dia, tapi dia ga ada, lalu saya liat dia pakai baju biru lengan pendek,sarung, sama peci. Disana dia naik mobil mau ke mall sama
temennya, tapi dia balik lagi masuk kerumah mau ambil duit 200), trus dia naik mobil trus pergi) waktu saya istikharahin dia saya mimpi ( saya ada di suatu tempat seperti mall di macau, disana saya jalan seperti orang kebingungan, tanpa sengaja saya berpas2an sama dia disitu dia tinggi sedangkan saya pendek sekali dia langsung jalan lagi) trus (saya seperti sedang ada di depan ka'bah saya pakai baju ihram,saya bergandengan tangan dengan laki2 yang wajahya berubah-ubah, dari hitam jelek sampai putih tampan, dibelakang saya ada teman perempuan saya, yang saya ceritakan waktu saya mimpi dia dikejar buaya.

Teman saya itu nunduk, sedangkan orang2 disekitar saya seperti menghujat dia) yang terakhir saya sering mimpi ( waktu itu saya masuk kedalam masjid, disana saya lihat dia sedang mengajar anak2 lalu dia duduk istirahat, ada ibu2 yang memberi dia bayi laki2 yang putih tiba2 dia ada dihadapan saya dengan menggendong anak itu samabil menatap
saya lama sekali) setiap saya mimpi pasti saya melihat bayi laki2 itu yang sering dia gendong. Waktu itu ( saya sedang jalan-jalan di taman tapi saya merasa sedih banget karena saya cerai sama dia, tapi saya liat dihandpone saya ada foto umi dia sambil gendong anak saya, tiba2 saya ambil sendok yang punya 2 cidukan lalu saya berusaha
menyatukannya, lalu menyatu. Kemudian saya liat dia menggendong 2 anak laki2 dan saya menuntun 2 anak perempuan yang sudah besar lalu saya jalan bersama uminya)

1. mohon di jawab. Saya butuh sekali sarannya pak ustadz.
Wassalamu'alaikum...

JAWABAN

1. Mimpi anda menunjukkan anda benar-benar menyukai dia. Kalau memang betul anda ingin menikah dengannya, maka hal yang pertama anda lakukan adalah perbaiki akhlak anda, belajar dengan rajin, jaga diri jangan bebas bergaul dengan laki-laki bukan mahram. Dengan reputasi yang baik, maka ada kemungkinan dia akan tertarik pada anda. Ada baiknya anda juga belajar di pesantren. Karena santri biasanya lebih tertarik pada sesama santrinya.

Satu hal lagi, pastikan bahwa dia tahu kalau anda mencintainya dan ingin menikah dengannya. Tidak perlu memberitahu langsung tentu saja. Minta bantuan orang lain untuk memberitahu dia. Tujuannya, agar anda segera dapat kepastian apakah dia juga menyukai anda atau tidak. Kalau tidak, maka anda harus ikhlas untuk segera melupakannya.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..