Monday, August 18, 2014

10 Situs Terpopuler Pondok Pesantren di Google


110 Situs Terpopuler Pondok Pesantren di Google

Top 10 situs / website resmi Pondok Pesantren Terkenal dan terpopuler di Indonesia versi Google

Saat ini hampir semua pondok pesantren memiliki situs/website resmi. Baik situs resmi dengan domain berbayar yang disebut TLD (Top Level Domain) seperti alkhoirot.com atau yang memakai domain gratisan seperti alkhoirot.wordpress.com, alkamaliyah.blogspot.com. atau akun Facebook. Menurut Google, status TLD atau non-TLD itu tidak penting dalam konteks popularitas di mesin pencari Google. Hal terpenting agar sebuah situs pesantren bisa populer di Google dan bisa tampil di halaman pertama adalah kualitas dari artikel yang ada di dalamnya. Quality content alias konten berkualitas itulah kunci pokok agar sebuah situs pesantren dapat tampil dominan di hasil pencarian dengan kata kunci tertentu yang dalam istilah SEO (Search Engine Optimization) dikenal dengan Search Engine Result Page (SERP) atau halaman hasil pencarian search engine (mesin cari).

DAFTAR ISI
  1. DAFTAR 10 WEBSITE RESMI PESANTREN PALING POPULER DI GOOGLE
    1. ALKHOIROT.COM
    2. LIRBOYO.NET
    3. KRAPYAK.ORG
    4. DARUNNAJAH.COM
    5. BUKHARI.OR.ID
    6. LANGITAN.NET
    7. ASSALAAM.OR.ID
    8. SIDOGIRI.NET
    9. PESANTREN.UII.AC.ID
    10. PESANTRENPABELAN.COM
  2. CARA AGAR SITUS PESANTREN POPULER DI GOOGLE
  3. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


DAFTAR 10 WEBSITE RESMI PESANTREN PALING POPULER DI GOOGLE

Daftar di bawah ini berdasarkan hasil pencarian dengan kata kunci "pondok pesantren" di Google.co.id pada tanggal 14 Agustus 2014. Hasil ini bisa saja berbeda dengan hasil pencarian yang dilakukan di komputer, laptop atau smartphone (ponsel pintar) anda. Hal itu bisa saja terjadi karena perbedaan lokasi geografis dan history browser. Selain itu, ranking SERP di Google bersifat dinamis dan berubah-ubah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih netral, (a) silahkan anda bersihkan dulu history bowser anda (Firefox: History -> Clear Recent History -> Clear Now); (b) lalu, log-out dari akun Google anda; Setelah itu, (c) lakukan pencarian di Google.co.id dengan kata kunci "Pondok Pesantren". Menurut hasil pencarian kami, situs yang tampil pada nomor 1, 2, 3, dan 4 dengan keyword "pondok pesantren" bukanlah situs resmi sebuah pesantren, dua situs pertama dan kedua adalah wikipedia Indonesia dan Inggris. Situs ketiga milik kemenag (pondokpesantren.net) sedang keempat adalah blog pribadi. Oleh karena itu keempat situs itu tidak kami masukkan di daftar ini.


#1 ALKHOIROT.COM

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 2
Ranking Alexa Global: 521,983
Ranking Alexa Indonesia: 8,321
Google SERP: No. 5. halaman 1.

Sekilas profil pesantren:

Alkhoirot.com adalah situs resmi dari Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Sebuah pesantren dengan sistem kombinasi salaf dan modern. Website Pesantren yang berfaham Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), bermazhab Syafi'i dan afiliasi kultural NU ini tampil di nomor urut 1 halaman pertama mesin cari Google disusul oleh situs-situs resmi dari pesantren yang lain.

Padahal kalau dilihat dari arsip posting, tidak banyak artikel yang ditulis. Hanya ada sekitar 20 artikel yang ada di situs ini plus sejumlah Halaman Statis tentang sejarah pesantren dan profil pengasuh. Ini artinya bahwa website yang memiliki ranking tinggi di pencarian Google (SERP) tidak harus memiliki banyak artikel. Artikel sedikit tidak menjadi masalah asal semuanya memenuhi standar artikel berkualitas yakni orisinil, komprehensif dan terstruktur secara baik.



#2: LIRBOYO.NET

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR)): 0
Ranking Alexa Global: 1,211,306
Ranking Alexa Indonesia: 39,159
Google SERP: No. 6, halaman 1.

Sekilas profil pesantren:

Lirboyo.net adalah website resmi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo, Kediri. Ponpes ini adalah salah satu dari sedikit pesantren yang masih bertahan dengan sistem salaf (tradisional) murni di mana para santri hanya belajar ilmu agama saja dari tingkat Ibtidaiyah (dasar), Tsanawiyah (menengah) dan Aliyah (atas).

Pesantren yang menerima santri putra dan putri ini termasuk salah satu pesantren tertua di Indonesia karena ia didirikan pada 1910 M yang berarti sudah berusia 104 tahun atau lebih dari satu abad.


#3: KRAPYAK.ORG

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 3
Ranking Alexa Global: 2,425,440
Ranking Alexa Indonesia: -
Google SERP: No. 7, halaman 1.

Sekilas profil pesantren:

Krapyak.org adalah situs resmi Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Salah satu dari pesantren tertua di Indonesia yang saat ini menganut sistem kombinasi antara pendidikan modern dan salaf. Terbukti dengan adanya pendidikan formal dari tingkat SLTP sampai SLTA dan adanya Madrasah Diniyah, Tahfidz Al-Quran dan Ma'had Aly menunjukkan bahwa ia masih mempertahankan sistem salafnya.


#4: DARUNNAJAH.COM

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 2
Ranking Alexa Global: 1,922,075
Ranking Alexa Indonesia: -
Google SERP: No. 8, halaman 1.

Sekilas profil pesantren:

Pondok Pesantren Modern Darunnajah Jakarta adalah pesantren yang bersistem modern dengan pertumbuhan cukup pesat. Hanya dalam beberapa dekade, pesantren ini telah memiliki belasan cabang yang tersebar di Jakarta, Banten dan Jawa Barat.


#5: BUKHARI.OR.ID

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 2
Ranking Alexa Global: 5,659,741
Ranking Alexa Indonesia: -
Google SERP: No. 9, halaman 1.

Sekilas profil pesantren:

Bukhari.or.id adalah situs resmi dari Pondok Pesantren Imam Bukhari, Solo, Jawa Tengah. Pondok ini adalah pesantren berfaham Salafi Wahabi yang menganut sistem salaf atau tradisional dalam arti tidak ada lembaga pendidikan formal seperti MI/SD, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA apalagi perguruan tinggi.

Seperti disebutkan dalam situsnya, program unggulan pesantren ini adalah menghafal Quran (Hifdzul Quran), Hifdzul Hadits (menghafal hadits) dan bahasa Arab.

Bagi para simpatisan Wahabi Salafi, cocok belajar di sini apabila ada keinginan untuk belajar di Universitas Islam Madinah karena ma'had ini sudah mendapat akreditasi dari Jamiah Islamiyah Madinah tersebut. Selain itu, lulusan Ponpes Imam Bukhari juga dapat melanjutkan studi ke LIPIA Jakarta dan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.


#6: LANGITAN.NET

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 2
Ranking Alexa Global: 1,968,366
Ranking Alexa Indonesia: 33,160
Google SERP: No. 10, halaman 1.

Sekilas profil pesantren:

Situs pesantren yang menduduki ranking nomor 7, 8 dan 9 berada di halaman 2 Google.co.id. Itupun tidak urut karena diselingi oleh sejumlah halaman Facebook milik sejumlah pesantren. Pada halaman 2 Google.co.id ini ada tiga situs resmi pesantren yaitu assalaam.or.id, sidogiri.net dan pesantren.uii.ac.id.



#7: ASSALAAM.OR.ID

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 0
Ranking Alexa Global: 1,778,416
Ranking Alexa Indonesia: -
Google SERP: No. 11, halaman 2.

Sekilas profil pesantren:

Pondok Pesantren Assalaam adalah pesantren modern yang masuk kategori berbiaya mahal. Namun, tingginya biaya disertai dengan baiknya fasilitas dan infrastruktur yang ditawarkan.


#8: SIDOGIRI.NET

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 1
Ranking Alexa Global: 2,101,180
Ranking Alexa Indonesia: -
Google SERP: 19, halalaman 2

Sekilas profil pesantren:

Sama dengan Lirboyo, PP Sidogiri adalah pesantren salaf murni yang hanya mengajarkan ilmu agama saja. Walaupun ada sedikit ilmu umum tapi itu tidak signifikan. Namun demikian, ponpes Sidogiri merupakan salah satu atau mungkin satu-satunya pesantren yang memiliki kemampuan pengembangan enonomi terbaik serta mandiri finansial. Pesantren ini memiliki Bank syariah yang beromset triliunan yang bernama BMT Sidogiri serta memiliki jaringan pertokoan Kapontren Sidogiri yang menyebar di Jawa Timur. Tak diragukan lagi, PPS merupakan pesantren terkaya di Indonesia dan tidak memerlukan bantuan dari manapun untuk membangun dan mengembangkan infrastrukturnya.

PPS adalah salah satu pesantren tertua yang berdiri pada tahun 1700-an.


#9: PESANTREN.UII.AC.ID

Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 5
Ranking Alexa Global: #71,780
Ranking Alexa Indonesia: 1,321
Google SERP: 20, halalaman 2

Sekilas profil pesantren:

Pesantren ini adalah milik Universtas Islam Indonesia. Yang fungsi utamanya adalah menampung santri mahasiswa yang selain nyantri juga sambil kuliah di UII.


#10: PESANTRENPABELAN.COM


Data Statistik Online Per 17 Agustus 2014

Google Page Rank (PR): 0
Ranking Alexa Global: 5,087,099
Ranking Alexa Indonesia: -
Google SERP: No. 22, halaman 3.

Sekilas profil pesantren:

Pesantren Pabelan dulu pernah dikenal sebagai pesantren teknologi karena mengenalkan teknologi pada para santrinya.


CARA AGAR SITUS PESANTREN POPULER DI GOOGLE

Sebuah situs pesantren tidak perlu mengandung banyak sekali artikel. Yang diperlukan adalah semua artikel yang ditulis dan diupload ke situs ponpes tersebut harus berkualitas. Syarat suatu artikel bermutu menurut Google adalah:

(a) Artikel ditulis lengkap dan panjang. Panjang artikel minimal 800 (delapan ratus) kata. Lebih panjang lebih baik. Idealnya 1.000 (seribu) kata lebih. Google Panda tidak suka artikel yang pendek yang kurang dari 800. Google Panda tidak akan mentolerir ada satu artikel pendek (thin content) dalam sebuah website. Ada satu saja artikel pendek di sebuah blog sudah cukup bagi Google Panda untuk menghukum situs tersebut. Walaupun artikel yang lain panjang-panjang. Oleh karena itu, situs yang baik dan Google SEO friendly adalah website yang semua artikel yang ditulis di dalamnya mengandung minimal 800 kata atau lebih. Untuk halaman yang tidak ada kontennya, seperti bukutamu dan semacamnya, sebaiknya dibikin "noindex" supaya tidak masuk ke radar Google Panda.

(b) Unik dan orisinal. Artikel yang ditulis harus asli. Bukan hasil copy paste dari situs lain. Kesalahan dari banyak santri yang menjadi penulis website (webmaster atau blogger) adalah mereka ingin situsnya cepat banyak isinya dengan cara copy paste sana sini dan mengira bahwa hal itu tidak akan diketahui oleh Google. Ini pemikiran salah dan tidak bervisi jangka panjang. Pikirkan, apa gunanya sebuah situs berisi banyak artikel tapi diabaikan oleh Google karena hasil copy/paste? Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya: artikel yang anda temukan di halaman pertama Google bukan berarti akan tampil di halaman pertama website anda kalau dicopy/paste ke situs anda. Sebaliknya, itu akan semakin membuat reputasi situs anda rusak di mata Google Panda.

(c) Struktur website yang baik. Ini masalah teknis yang tidak terlalu perlu dibahas bagi santri yang pemula dalam urusan website atau blog karena umumnya mereka memakai platform Blogger.com atau Wordpress yang secara struktur sudah memenuhi syarat standar yang ramah mesin pencari.

(d) Backlink. Mendapat backlink itu salah satu hal penting yang akan menaikkan ranking di Google. Tapi jangan terlalu ambisius mengejar backlink sampai nyepam di mana-mana. Kalau artikel yang ada di sebuah situs pesantren itu berkualitas, maka ia akan mendapat banyak backlink dari situs lain. Kalau tidak sabar menunggu, silahkan minta pada para santri dan alumni pesantren tersebut untuk minta di backlink di situs atau blog mereka masing-masing.

Baca juga:
- 10 Pesantren Terbaik
- 10 Pesantren Tertua
- Cara Memilih Pesantren



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..