Thursday, November 20, 2014

Yang Salah dalam Pelecehan Seksual: Laki-laki atau Perempuan?


Yang Salah dalam Pelecehan Seksual: Laki-laki atau Perempuan?
KASUS PELECEHAN SEKSUAL, MENGAPA PEREMPUAN DISALAHKAN?

assalamualaikum wr wb
ada yang mau saya tanyakan.
1. kenapa setiap ada kasus pelecehan seksual selalu pihak perempuan yang disalahkan?? padahal setiap ada peristiwa seperti itu kebanyakan si korban (perempuan) berada dibawah ancaman si pelaku. terima kasih sebelumnya atas penjelasannya

wassalam'alaikum wr wb

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. KASUS PELECEHAN SEKSUAL, MENGAPA PEREMPUAN DISALAHKAN?
  2. 3 BULAN SUAMI TIDAK PULANG
  3. MENIKAHI WANITA HAMIL ZINA
  4. MENIKAHI PEREMPUAN HAMIL DIPERKOSA PACAR
  5. PERKAWINAN TANPA RESTU ORANG TUA KEDUA BELAH PIHAK
  6. GERAKAN ISIS: SESAT ATAU TIDAK?
  7. IBU SURUH ANAKNYA CERAI DARI SUAMI
  8. MIMPI ADA BAYANGAN HITAM DI POHON BESAR
  9. DOA SHALAT
  10. BACAAN DOA NURBUAT
  11. BANGUN TIDUR ADA CAIRAN KUNING, MANI ATAU KEPUTIHAN?
  12. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Pelecehan seksual biasanya terjadi di tempat umum yang sempit yang memungkinkan terjadinya gesekan dan sentuhan antara lawan jenis seperti kereta commuter, bis kota dan angkutan kota. Pelakunya umumnya adalah laki-laki dan korbannya adalah perempuan. Siapa yang patut disalahkan? Secara hukum, yang salah adalah pelaku. Pada setiap perbuatan kejahatan, maka yang harus disalahkan adalah pelaku dalam hal ini laki-laki. Itulah sebabnya, yang diinterogasi dan ditahan oleh polisi dalam kasus pelecehan seks atau perkosaan adalah laki-laki sebagai pelaku, bukan perempuan sebagai korban. Adakah kasus pelecehan di mana korban disalahkan oleh pihak penegak hukum? Tidak ada.

Anggapan anda bahwa wanita yang disalahkan mungkin ditinjau dari perspektif sosial masyarakat. Secara nilai sosial, memang masyarakat menginginkan agar wanita berpakaian elegan dan etis dengan cara tidak membuka auratnya atau memakai baju yang sangat ketat dan seksi sampai ke level yang membuat laki-laki terstimulasi nafsu syahwatnya. Tentu adalah hak perempuan itu sendiri untuk berpakaian menurut kemauan mereka, akan tetapi etika sosial dan tuntunan agama mengajarkan agar perempuan (dan laki-laki) memakai baju yang pantas di tempat umum.

Harian Global Times menerbitkan sebuah survei online yang di adakan di China (link: http://goo.gl/GL5249) menyatakan bahwa 65.1 persen responden menganggap bahwa wanita hendaknya memakai pakain yang pantas agar tidak terjadi pelecehan di kereta metro.

Selagi lagi kesalahan utama adalah laki-laki sebagai pelaku, namun perempuan sebagai korban juga harus introspeksi. Ibarat apabila ada rumah yang disatroni maling karena ditinggalkan penghuningan dalam keadaan tidak terkunci, siapa yang harus disalahkan? Tentu saja pencurinya. Tapi pemilik rumah juga harus mawas diri untuk tidak membiarkan rumahnya dicuri dengan cara dikunci dengan rapat kalau perlu dipasang CCTV, dst. Begitu juga perempuan, kalau dengan berpakaian minim mendapat pelecehan, maka tentu yang salah adalah pelaku. Namun pada waktu yang sama, itu waktu yang tepat bagi wanita untuk mawas diri terutama dalam berpakaian dan bersikap di depan umum.

Dalam kasus di mana pelecehan itu terjadi pada wanita yang sudah berpakaian sopan dan berperilaku sopan, maka tentu kesalahan dalam hal ini 100% berada di pundak si pelaku. Sebagaimana rumah yang sudah terkunci rapat dan dikawal satpam masih juga dirampok.

Kejahatan dilakukan itu karena dua kemungkinan: 1. Pelaku memang jahat; 2. Pelaku termotivasi untuk jahat karena adanya kesempatan.

Kesimpulan: kesalahan dari pelecehan adalah laki-laki. Namun, perempuan juga disarankan untuk mawas diri dalam berpakaian, berdandan dan bersikap di depan umum agar tidak memotivasi laki-laki untuk berbuang iseng.

Baca detail:
- Aurat dalam Islam
- Hukum Jilbab dan Hijab
- Dosa Besar dalam Islam

________________________


3 BULAN SUAMI TIDAK PULANG

assalamualaikum, nama saya SA. sudah 3 bulan ini suami tidak pulang ke rumah. saya tidak tahu dimana suami saya berada dan 4 hari ini tidak ada kabar sama sekali. bermula adik sepupu saya melihat suami saya membonceng wanita lain, tapi ketika ditanya suami tidak mengakui dan berani bersumpah kalau dia berani diazab Allah, berani ditabrak truck, berani masuk kolong truck kalau sampai punya hubungan dengan wanita lain.

suami banyak sekali berbohong dan tidak jujur. dengan saya saja tidak memberitahu di mana kantornya. suami selalu dikelilingi banyak wanita sebelum saya menikah. tiap kali disuruh pulang selalu saja bilang ya nanti atau ya hari ini pulang. tapi tidak juga pulang.

1. adakah cara agar suami bisa pulang lagi???
2. beberapa malam ini saya selalu gelisah tidur selalu terbangun mimpi suami dengan wanita lain. apakah itu pertanda memang dia punya hubungan dengan wanita lain atau hanya tipu daya setan ingin menghancurkan rumah tangga kami??

JAWABAN

1. Anda mengatakan "suami selalu dikelilingi banyak wanita sebelum saya menikah" itu berarti anda tahu bahwa suami anda bukan laki-laki yang baik yang cocok untuk menjadi suami dan imam, tapi mengapa masih anda teruskan? Alasannya adalah karena cinta. Dan inilah resiko yang harus ditanggung apabila menikah murni hanya karena cinta tanpa mempertimbangkan hal yang lain. Ini pelajaran dan sekaligus pil pahit bagi anda dan wanita lain bahwa menikah karena cinta itu tidak cukup. Karena cinta itu mudah luntur apabila tidak ditopang dengan kesetiaan kedua pihak. Dan sikap setia itu biasanya hanya ada pada orang yang taat beragama atau pada orang yang berperilaku baik sejak sebelum menikah. Sekarang, nasi sudah jadi bubur, sudah terlanjur, maka pilihan ada di tangan anda untuk (a) terus melanjutkan hubungan ini, atau (b) berpisah secara baik-baik. Karena laki-laki yang punya kebiasaan main perempuan itu sama dengan pecandu rokok, sulit dihentikan kecuali dengan kesadarannya sendiri. Oleh karena itu, kalau anda masih ingin tetap bersamanya, dua hal yang bisa anda lakukan, yaitu (a) berdoalah setiap shalat 5 waktu agar dia berubah; (b) bersabarlah dan jangan mengeluh atas apapun yang suami lakukan walaupun dalam hati anda merasa sangat sakit. Itulah resiko yang harus anda tanggung dengan menikahi lelaki hidung belang.

2. Mimpi anda itu adalah bunga tidur, tidak ada makna apa-apa.

________________________


MENIKAHI WANITA HAMIL ZINA

Assslamualaikum pak kyai
Saya mau tanya...
Jika seorang laki-laki dan perempuan melakukan hubungan badan / zina dan wanita itu hamil dan laki-laki itu bertanggung jawab menikahinya.
Yang ingin saya tanyakan
1. apakah anak itu sesudah lahir adalah anak haram?..
2. apakah mereka harus menikah 2 kali?...

JAWABAN

1. Kalau dinikahi saat hamil, maka anak itu sah menjadi anak si lelaki dan bukan anak haram. Tapi kalau wanita itu dinikah setelah anak lahir, maka menjadi anak haram dalam arti dia tidak punya bapak dan dinasabkan pada ibunya.
2. Tidak perlu karena nikahnya sudah sah. Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

________________________


MENIKAHI PEREMPUAN HAMIL DIPERKOSA PACAR

asalamuaikum pak ustad.
Dulu teman saya cewek (sebut saja T) pernah diperkosa oleh kekasihnya.
Karena takut diancam, dia (T) itu menuruti nafsu bejat pacarnya sampai hamil.
Tapi setelah hamil si cowok tidak mau tanggung jawab. Lalu si T menikah dengan laki-laki lain yang mencintainya. Dan mau menerima keadaan T yang seperti itu. T melahirkan anak perempuan.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Apa sah pernikahan T dengan suaminya ?
2. Nasab Anak T ?
3. Bagaimana anak T nikah nantinya apakah diwakil kan atau ayah kandungnya ?
Terimakasih ...

Mohon jawaban dan penjelasannya pak..
Terimakasih

JAWABAN

1. Sah.
2. Kalau T menikah setelah melahirkan maka nasab si anak adalah pada ibunya. Kalau saat hamil, maka bisa dinasabkan pada yang menikahinya.
3. Kalau ibunya menikah saat hamil, maka bisa dinasabkan pada yang menikahinya menurut mazhab Hanafi. Kalau menikah setelah melahirkan, maka si anak dinasabkan pada ibunya, dan kalau dia kelak menikah, maka memakai wali hakim (pejabat KUA).
Baca detail: Pernikahan Wanita Hamil Zina dan Status Anak

________________________


PERKAWINAN TANPA RESTU ORANG TUA KEDUA BELAH PIHAK

assalamualaikum wr wb.
ada yang mau saya tanyakan tentang pernikahan,
1. bagaimana hukumnya menikah tanpa restu dari orang tua kedua belah pihak keluarga?

JAWABAN

1. Secara syariah pernikahan tetap sah asalkan (a) ada wali hakim (wali pengganti yaitu pejabat KUA dan jajarannya); (b) ada dua saksi laki-laki; (c) ada ijab kabul dan mahar. Baca detail: Pernikahan Islam

________________________


GERAKAN ISIS: SESAT ATAU TIDAK?

Bismillahirahmanirohim

segala puji bagi Allah, semoga Allah memberkahi pesantren alkhoirot, dan merahmati para guru dan santrinya. Allahumma sholli wasallim wabarik 'ala sayyidina wahabibina warusulillah nabi Muhammad Saw. wa 'ala aalihi wa shohbihi wa salim.

ustad. saya ada 3 pertanyaan .

1. bagaimana hukum onani atau istimna' jika terpaksa karena terdesak oleh kebutuhan biologis sehingga tidak tenang dan takut melakukan zina yang lebih besar. sedangkan kondisi secara lahir dan batin belum siap untuk melakukan pernikahan terlebih lagi belum ada calonnya. dan jika terpaksa melakukan onani bolehkah mencambuk diri sendiri 100x ?
2. contoh untuk syirik yang samar apa saja yah pak ustad ?
3. pendapat pak ustad mengenai ISIS ?

sekian terimakasih. atas jawaban dan kesediaannya.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

JAWABAN

1. Onani dalam keadaan sangat terpaksa dibolehkan menurut ulama madzhab Hanafi. Terpaksa dalam arti apabila tidak melakukan akan terjerumus ke zina. Baca: Hukum Masturbasi dalam Islam

Anda tak perlu mencambuk diri sendiri karena hukuman seperti itu yang berhak melakukannya adalah hakim di negara yang bersistem Islam setelah melalui proses pengadilan dan itupun bagi pelaku zina bukan onani. Apabila hendak bertaubat, cukuplah taubat nasuha dengan tidak melakukannya lagi, menyesali diri dan menambalnya dengan amal saleh.

2. Syirik yang samar contohnya apabila anda setelah makan lalu kenyang dan merasa kekenyangan itu disebabkan oleh makan, bukan oleh anugerah Allah. Baca: Penyebab Syirik, murtad, kafir

3. ISIS atau ISIL adalah salah satu gerakan bersenjata yang ekstrim, radikal, sesat, menyesatkan dan sangat berbahaya bagi muslim maupun bagi kemanusiaan. Baca: Status Gerakan ISIS.

________________________


IBU SURUH ANAKNYA CERAI DARI SUAMI

Assalamualaikum..
Saya mau bertanya, orangtua saya terutama (ibu) selalu menyuruh saya pisah dari suami saya, alasannya karna suami tidak bertanggung jawab, padahal suami saya bertanggung jawab sama saya dan anak kami yang baru lahir, terus ibu saya selalu saja mengingat kejelekan suami dan keluarga suami saya, yang saya mau tanyakan :

1. Apa masih boleh ibu mengikut campuri urusan rumah tangga anaknya?
2. Dosa gak sih ibu menyuruh anaknya cerai dari suaminya?
3. Bagaimana cara mengahadapi permasalahan kayak begini?

Mohon di jawab
Wassalam

JAWABAN

1. Boleh saja sebatas memberi nasihat atau rekomendasi pada putrinya. Tapi tidak boleh memaksa.
2. Bercerai hukumnya boleh, tidak dosa. Jadi, ibu anda tidak dosa. Baca detail: Cerai dalam Islam
3. Kalau anda masih mencintai suami, beritahu ibu secara baik-baik bahwa anda tidak akan menceraikan suami dan mohon pada ibu agar tidak menyuruh anda untuk bercerai. Kalau anda merasa sulit berbicara dengan ibu, minta tolong orang lain untuk mengatakannya.

________________________


MIMPI ADA BAYANGAN HITAM DI POHON BESAR

Saya mau bertanya tentang mimpi saya, Saya memang tahun depan inshaaloh berencana menikah, Tapi dalam waktu dekat ini saya bermimpi aneh, calon suami saya tidak datang ke pernikahan, lalu saya pergi ke luar negri, saya naik kapal lalu menemukan pintu ketika masuk saya menemukan desa dan ada 1 rumah, setelah itu ada pohon besar. Pohon besar itu tiba-tiba muncul bayangan hitam, bayangan itu terus mengejar saya, saya mencoba berlari ke pintu yg terang, tetapi pintu itu tertutup lalu saya pun pasrah

Saya dapat info bahwa calon suami saya akan ada apa-apa saya taku calon suami saya kenapa-kenapa.

1. Mungkin bisa diartikan, atau ini hanya syetan saja. Karna memang calon suami saya sepertinya sakit, tapi tidak memberitahu saya.

Wassalam,

JAWABAN

1. Itu tanda bahwa dia atau anda akan menderita sakit atau tertimpa suatu penyakit yang sulit sembuh. Perlu dicdatat, makna ini apabila mimpi itu berasal dari malaikat. Kalau berasal dari jin/setan atau bunga tidur maka tidak ada makna apapun dan sebagian besar mimpi berasal dari dua yang terakhir, jadi jangan terlalu serius menanggapi sebuah mimpi. Baca: Mimpi dalam Islam

________________________


DOA SHALAT

tanya dong doa sholat gimanaya mangsutnya tidak ada yang nggajari saya
doa solat tolong dong jawab


JAWABAN

1. Lihat di sini: Panduan shalat dan doa setelahnya.

________________________


BACAAN DOA NURBUAT

Saya sedang menghafal do'a nurbuat tapi ada dibagian lafadnya ada yang dibaca dikro dan dakro. Yang benar itu yang mana ya? makasih

JAWABAN

Baca dzikro. Lihat: Bacaan Nurbuat

________________________


BANGUN TIDUR ADA CAIRAN KUNING, MANI ATAU KEPUTIHAN?

Assalamualaikum, sebelumnya terima kasih atas jawaban pertanyaan saya mengenai cairan mani atau bukan. Kebetulan email yahoo saya tidak bisa dibuka karna gangguan jd saya kirim dari gmail

Saya wanita 23 tahun. Setelah terjawab soal pertanyaan sebelumnya kemudian muncul pertanyaan lain yg baru-baru ini saya alami.

Kemudian muncul kembali pertanyaan kalau cairan kuning ada pada CD pada saat tidur tapi saya yakin tidak mimpi yang mengundang mani keluar dan hati saya sedikit yakin kalau itu bukan mani walau masih ada was-was takutnya itu mani.

Karena kebetulan keputihan saya suka agak kekuning-kuningan dan membekas di CD. Saya mau membedakan dari baunya tetapi saya sendiri belum menikah dan tidak tahu dengan pasti bau mani seperti apa.

1. Bagaimana hukumnya kalau seperti itu ? Kalau saya sedikit yakin itu bukan mani tetapi ternyata mani bagaimana ? Was-was itu yang terngiang terus.

2. Apakah wanita sering keluar mani ? Padahal saya bukan wanita yg suka menonton film seperti itu atau melakukan hal2 yg mengundang syahwat. Saya cenderung menghindari itu dalam bentuk apapun. Ditambah lagi saya belum menikah.

3. Kalau tetap dinilai melalui bau. Baunya ada tetapi harus dalam jarak sangat dekat sekali baru tercium dan itupun tidak terlalu jelas baunya, . Apa mungkin karena saya tidak tahu bau mani seperti apa.

4. Mohon bantuannya untuk foto bercak yg saya kirimkan.

Saya mohon dengan sangat untuk ini ada bantuan wanitanya untuk menjawab (apabila selama ini bukan wanita). Karena saya kirimkan foto bercak yg saya maksud. Mohon maaf kalau terkesan tidak sopan tetapi ini lebih baik daripada saya selalu was-was beribadah.

Mohon penjelasan mendalamnya. Syukron

JAWABAN

Nabi bersabda dalam sebuah hadits riwayat Muslim dan lainnya tentang beda mani laki-laki dan wanita

مَاءَ الرَّجُلِ غَلِيْظٌ أَبْيَضُ وَمَاءُ الْمَرْأَةِ رَقِيْقٌ أَصْفَرُ

Artinya: Mani laki-laki itu kental dan berwarna putih sedangkan mani wanita tipis/halus dan berwarna kuning.

Jadi, warna mani bagi wanita adalah encer kuning tapi terkadang encer putih. Adapun warna cairan keputihan, menurut penjelasan dokter, ada bermacam variasi yaitu kuning, putih, jernih elastis, coklat, abu-abu dan hijau.

Apakah dalam kasus anda bercak kuning di CD itu keputihan atau mani? Keduanya sama-sama mungkin karena mani dan keputihan sama-sama ada yang berwarna kuning. Tapi setelah kami memperhatikan bahwa anda biasa terkena keputihan yang berwarna kuning dan bahwa anda belum pernah mengalami mimpi basah, dan pada malamnya anda tidak mimpi apapun, maka kami menyimpulkan bahwa cairan itu adalah cairan keputihan. Bukan air mani. Keputihan hukumnya najis, tapi tidak mewajibkan mandi junub, hanya wajib wudhu.

Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm, 1/54 menyatakan
( قال الشافعي ) ولو وجد في ثوبه ماء دافقا ولا يذكر أنه جاء منه ماء دافق باحتلام ولا بغيره أحببت أن يغتسل ويعيد الصلاة ويتأخى فيعيد بقدر ما يرى أن ذلك الاحتلام كان أو ما كان من الصلوات بعد نوم رأى فيه شيئا يشبه أن يكون احتلم فيه .

Artinya: Imam Syafi'i berkata, apabila seorang (laki-laki) melihat air mani tapi dia tidak ingat pernah keluar mani yang disebabkan oleh mimpi basah atau lainnya, maka dianjurkan untuk mandi junub dan mengulangi shalatnya menurut perkiraan waktu terjadinya mimpi basah atau jumlah shalat yang ditinggalkan setelah tidurnya dia melihat sesuatu yang mirip dengan akibat mimpi basah.

Apa yang diperlu diperhatikan dari fatwa Imam Syafi'i di atas adalah: bahwa pria yang melihat ada cairan di bajunya tapi dia tidak merasa mimpi basah, maka dia tidak wajib mandi junub. Padahal kemungkinan besar bagi lelaki cairan itu adalah mani. Apalagi kalau itu terjadi pada perempuan seperti anda yang sering mengalami keputihan, maka kemungkinan besar memang itu keputihan dan bukan mani. Maka, bagi wanita, khususnya dalam kasus anda, hampir dipastikan cairan itu adalah keputihan dan bukan mani.

Baca:
- Wudhu dan Mandi Junub
- Darah Haid
- Cukur rambut dan potong kuku saat haid

1. Bagaimana hukumnya kalau seperti itu ? Kalau saya sedikit yakin itu bukan mani tetapi ternyata mani bagaimana ? Was-was itu yang terngiang terus.

2. Apakah wanita sering keluar mani ? Padahal saya bukan wanita yg suka menonton film seperti itu atau melakukan hal2 yg mengundang syahwat. Saya cenderung menghindari itu dalam bentuk apapun. Ditambah lagi saya belum menikah.

2. Di luar hubungan intim, wanita keluar mani kalau memikirkan, membaca atau menonton sesuatu yang erotis. Dalam kasus anda, maka dipastikan yang keluar bukan mani.

3. Tidak perlu dinilai dari bau. Lihat poin 1.
4. Foto sudah dilihat dan itu kemungkinan besar adalah keputihan.



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..