Saturday, September 05, 2015

Baju Muslimah yang Syar'i


Baju Muslimah yang Syar'i
PAKAIAN MUSLIMAH YANG ISLAMI

Bismillah, Assalamualaikum, kalau menurut para kyai dan bu nyai, bagaimanakah pakaian muslimah itu?
1. Apakah kerudung yang dipakai tidak boleh transparan? Sehingga harus didouble? Apakah kerudung harus menutupi dada?
2. Apakah muslimah tidak boleh memakai celana panjang dan harus selalu memakai rok? Padahal, setahu saya muslimah NU / Muhammadiyah tidak melulu pakai rok dan kadang juga memakai celana panjang. Mohon penjelasannya mengenai pemakaian celana panjang oleh muslimah.
3. Apakah muslimah wajib memakai kaos kaki?
4. Yang terakhir adalah, maaf jika pertanyaan ini diluar topik, apakah berjabat tangan dengan non mahram adalah haram? Meskipun itu dilakukan dengan guru atau orang yang sudah tua?

Saya amat memohon jawaban dan penjelasannya, semoga memantapkan hati saya sebagai muslimah dan warga NU. Jazakumullah

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. PAKAIAN MUSLIMAH YANG ISLAMI
  2. MIMPI RUMAH RUSAK
  3. MIMPI SETELAH ISTIKHOROH
  4. RAGU PADA KEABSAHAN PUASA TAPI TERUS BERPUASA
  5. HUKUM BAPAK YANG MEMINTA ANAK BAYAR ZAKAT FITRAH UNTUKNYA
  6. HUKUM MEMBUAT GAME
  7. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Kerudung tidak boleh transparan. Perlunya didouble atau tidak tergantung dari ketebalan kain. Kalau satu kain sudah cukup menutupi, tanpa kelihatan, maka itu sudah cukup. Harus menutupi dada atau tidak juga tergantung dari pakaian anda. Kalau pakaian yang dipakai sudah menutupi dada dengan baik, maka tidak ada keharusan harus juga ditutupi dengan kerudung. Prinsip baju musim adalah menutup aurat.

2. Tidak ada larangan memakai celana panjang asal menutup aurat. Namun demikian, harus diperhitungkan juga model celana apa yang dipakai agar tidak menampakkan bentuk lekuk-lekuk tubuh. Memakai celana yang agak longgar dan dengan baju yang agak panjang sampai di atas lutut adalah ideal.

Yang prinsip dalam soal baju muslimah adalah (a) harus menutupi aurat; (b) modelnya tampak elegan dalam arti tidak menampakkan lekuk-lekuk sehingga terkesan sensual.

3. Kaki adalah bagian dari aurat perempuan yang harus ditutupi.

4. Haram berjabatan tangan dengan non-mahram baik itu guru atau laki-laki yang sudah tua. Ini pendapat mayoritas ulama. Baca detail: Hukum Jabat Tangan

URAIAN

Masalah pakaian muslimah dan aurat perempuan dibahas dalam Al-Quran Surah Al-Ahzab ayat 49 Allah berfirman:

يا أيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن , ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين , وكان الله غفورا رحيما

Artinya: Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dari ayat ini kemudian timbul perbedaan ulama dalam menafsiri kandungan perintah di dalamnya tentang batas-batas aurat perempuan yang harus ditutupi. Ulama madzhab Syafi'i berpendapat bahwa aurat perempuan yang harus ditutupi adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ini adalah pendapat yang paling moderat dibanding ulama dari mazhab lain yang menyatakan bahwa aurat perempuan adalah seluruh tubuh. Baca detail: Aurat Wanita yang Harus Ditutupi

Jadi, itulah esensi dari ajaran Islam terkait baju muslimah: yakni yang menutupi aurat. Adapun model baju yang menutupi aurat itu bersifat fleksibel yang bisa berbeda dari satu negara ke negara; dari satu daerah ke daerah lain bahkan antara satu orang dengan yang lain. Namun intinya adalah menutup aurat.

Walaupun yang prinsip adalah menutup aurat, namun perlu juga mempertimbangkan model baju yang sekiranya juga dapat dapat menampilkan citra muslimah yang tampil elegan dan anggun serta tidak menampilkan lekuk-lekuk tubuh dan tidak terkesan seronok. Pendapat ulama tafsir tentang jilbab dalam ayat tersebut dapat dilihat di sini (bahasa Arab)

Baca juga:
- Hukum Jilbab, Hijab, dan Isbal
- Aurat Wanita yang Harus Ditutupi

______________________


MIMPI RUMAH RUSAK

Assalamualaikum wr. wb.
pak ustad saya mau tanya saya bermimpi selang elpiji rumah saya bocor dan saya mencoba perbaikinya tetapi tetap saja tidak bisa dan saya pun membawanya kedepan rumah, dan pada akhirnya meledak. Hanya depan rumah dan dapur saja yg rusak/roboh dan saya menangis dan memanggil nama ibu saya dan setelah itu terbangun. Yg saya tanyakan pak ustad ..
1. Apakah arti mimpi saya yg sebenarnya menurut islam?
2. Apakah saya boleh menceritakan mimpi buruk saya kepada orang² dan keluarga saya?

Terimakasih sebelumnya pak ustad.
Wassalamualaikum wr wb

JAWABAN

1. Mimpi buruk pada dasarnya berasal dari setan. Dan apabila kita mengalami mimpi seperti itu kita dianjurkan untuk (a) bangun dari tidur; (b) meludah ke kiri; (c) mengucapkan doa taawudz yaitu audzubillahi minasy syaitonir rojim.

2. Sebaiknya jangan pernah menceritakan mimpi buruk pada siapapun agar tidak berdampak negatif pada mindset yang mendengarnya dan juga dilarang oleh Nabi.

Dalam sebuah hadis sahih riwayat Bukhari dan Muslim Nabi bersabda:

الرؤيا الصالحة من الله، والرؤيا السوء من الشيطان، فمن رأى رؤيا فكره منها شيئاً فلينفث عن يساره ثلاثاً، وليتعوذ بالله من الشيطان لا تضره، ولا يخبر بها أحداً، فإن رأى رؤيا حسنة فليبشر بها ولا يخبر إلا من يحب

Artinya: Mimpi yang baik itu dari Allah sedang mimpi buruk itu dari setan. Barangsiapa bermimpi buruk, kemudian meludah ke kiri (tanpa keluar air ludah) tiga kali dan mengucapkan ta'awwudz (yaitu, ucapan audzubillahi minasyaitanirrojim), maka syaitan tidak akan mengganggunya dan hendaknya tidak memberitahu siapapun. Dan barangsiapa yang bermimpi baik, maka bergembiralah dan jangan meberitahu kecuali pada orang yang kamu senangi.

Baca detail: Mimpi dalam Islam

______________________


MIMPI SETELAH ISTIKHOROH

Pak ustad, setelah saya solat istikhoroh, hajat, dan tahajud di waktu yang berbeda saya bermimpi seperti ini :

- saya bersama adik ipar saya pergi ke suatu tempat untuk study banding mengenai bisnis kami, namun sesampainya di sana hujan besar, saya berteduh di teras musola, di dalam musola ada org yang sedang solat berjamaah magrib tapi saya tidak ikut solat, akhirnya saya putuskan untuk pulang walaupun masih hujan dan saya tidak melihat adik ipar saya itu, waktu itu kondisinya hujan dan waktu saya berusaha menyalakan motor, di pinggir saya kaya ada semacam pos ronda yang di tutupi tirai bambu dan saya melihat ada 2 buah pasang kaki.

- saya mimpi bertemu dengan gubernur Ahok, kami berbincang sebentar bersama 3 orang ibu-ibu di sebuah bangunan yg dindingnya terbuat dari anyaman bambu namun tiba-tiba saya ada di wc sendirian, kemudian saya keluar dr wc tersebut menuju ruang tengah rumah, dan di sana saya melihat banyak teman-teman saya sedang tidur tapi saya tidak kenal mereka.

- saya bermimpi duduk diatas batuan kecil ditengah sungai di sebelah kiri belakang saya terdapat batu besar, terus saya menemukan batu panjang berwarna hijau 2 buah di bawah batu yang besar tersebut.

- saya bermimpi menggosok gigi hingga bersih namun gigi depan bawah saya ada yang bolong di pinggir kirinya.

- Istri saya bermimpi kalau saya membunuh ular berwarna putih berekor 2 dengan pisau di dalam rumah mertua saya.

1. yang mau saya tanyakan apakah mimpi nomor 1-4 itu merupakan jawaban dari solat yg saya kerjakan atau bukan ?? kalo memang jawabannya di mimpi, saya mohon pencerahan mengenai tafsirnya beserta mimpi nomor 5.

JAWABAN

1. Jawaban dari istikhoroh itu bukan di mimpi tapi dari perasaan kita setelah melakukan istikhoroh itu sendiri. Jadi, istikhoroh itu bukan mencari petunjuk melalui mimpi, tapi mencari petunjuk secara langsung dari perasaan yang kita rasakan setelah shalat istikhoroh dilakukan. Baca detail: Shalat Istikhoroh

______________________


RAGU PADA KEABSAHAN PUASA TAPI TERUS BERPUASA

Saat puasa ramadhan ada 2 puasa saya yang ragu apakah puasa saya sah atau tidak, pada saat itu saya tetap melanjutkan puasa saya sampai waktu berbuka telah tiba, yang jadi pertanyaan
1. apakah 2 puasa saya yang ragu ragu itu sah?
2. apakah saya wajib qadha dan membayar kafarah?
3. apakah membayar kafarah dengan cara (memerdekakan budak/puasa dua bulan berturut turut/memberi makan 60 orang) itu hanya untuk orang yang berhubungan badan di siang hari bulan ramadhan
4. apa yang harus saya lakukan? saya merasa bingung
5. jika tidak bisa membayar kafarat apa yang harus saya lakukan?

JAWABAN

1. Ragu-ragu atas keabasahan puasa tidak membatalkan puasa. Dalam kaidah fiqih dikatakan "Keraguan tidak menghilangkan keyakinan." Artinya, kalau faktanya anda berpuasa, maka hukumnya sah.

2. Tidak perlu.
3. Iya.
4. Tidak ada yang perlu dilakukan.
5. Tidak perlu bayar kafarat jadi tidak ada yang perlu dilakukan.

Baca detail: Puasa Ramadhan

______________________


اHUKUM BAPAK YANG MEMINTA ANAK BAYAR ZAKAT FITRAH UNTUKNYA

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهُ وَبَرَكَات .
pak Ust
Pak saya mau bertanya, saya mempunyai mertua laki-laki, setiap tahun anak yang selalu menzakat fitrahkan untuk mereka, padahal bapak mertua saya masih muda dan sehat, tapi pekerjaannya hanya makan dan tidur saja tiap hari,

1. yang saya tanyakan apakah hukumnya bila zakat fitrah selalu anak yang memberi kalau dilihat dari keadaan bapak mertua saya termasuk malas untuk bekerja, yang selalu mengandalkan anak untuk mengeluarkan zakat fitrahnya.

Demikian pak ust pertanyaan dari saya. Wassalam

JAWABAN

1. Tidak apa-apa. Bapak boleh meminta pada anaknya kalau si bapak miskin dan si anak memiliki kemampuan untuk melaksanakan permintaan bapaknya. Sekaligus sebagai balas budi selama puluhan tahun ia dibiayai oleh orang tuanya. Baca juga: Zakat Fitrah

______________________


HUKUM MEMBUAT GAME

Saya pernah membaca tentang hukum menggambar tapi apa itu berlaku untuk game semacam pes yang mengedit karakter. Memilih bentuk mata hidung mulut dagu pipi. Besar kecil dan letaknya memilih besar tubuh. Saya pikir mungkin tidak apa-apa karena itu tidak termasuk aktivitas menggambar tapi memilih besar kecil bentuk. Tapi saya masih agak ragu

JAWABAN

Membuat game sama dengan membuat kartun. Hukumnya boleh asal tidak ada unsur lain yang melanggar syariah seperti game wanita berpakaian seksi dan terbuka aurat, dll. Baca detail: Gambar dalam Islam






Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..