Monday, October 12, 2015

Cara Wudhu Setelah Mandi Junub


Cara Wudhu Setelah Mandi Junub
WAKTU WUDHU BAGI ORANG YANG MANDI JUNUB: SETELAH MANDI ATAU SEBELUMNYA?

1. Jika saat mandi junub keluar kentut, madzi, kencing, mandinya tetap sah, dan kita diharuskan berwudhu.
2. Kapankah kita melakukan wudhu tersebut? apakah saat proses mandi junub atau bolehkah kita berwudhu setelah mandi junub pada saat mau melaksanakan sholat?

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. WAKTU WUDHU BAGI ORANG YANG MANDI JUNUB: SETELAH MANDI ATAU SEBELUMNYA?
  2. RUMAH TANGGA: SUAMI EGOIS DAN TAK BERI NAFKAH
  3. MENYADARKAN SAUDARA NAKAL DAN TAK TAAT ORANG TUA
  4. SOLUSI BANYAK HUTANG
  5. MIMPI MELIHAT KUNTILANAK
  6. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


JAWABAN

1. Darimana anda mendapat informasi bahwa diharuskan wudhu saat mandi junub? Junub dan wudhu adalah dua hal yang berbeda. Mandi junub berfungsi untuk menghilangkan hadas besar, sedangkan wudhu bertujuan untuk menghilangkan hadas kecil. Oleh karena itu, saat mandi junub, anda cukup mandi junub saja dengan cara meratakan basuhan air pada seluruh kulit luar. Al-Syairozi dalam Al-Muhadzab, hlm. 1/64, menjelaskan cara mandi junub yang wajib dilakukan

والواجب من ذلك ثلاثة أشياء : النية وإزالة النجاسة - إن كانت - وإفاضة الماء على البشرة الظاهرة وما عليها من الشعر حتى يصل الماء إلى ما تحته وما زاد على ذلك سنة

Artinya: Yang wajib saat mandi junub ada tiga hal: yaitu niat, menghilangkan najis apabila ada, dan menyiramkan air pada kulit luar dan pada anggota tubuh yang menempel pada kulit seperti rambut sehingga air dapat sampai pada kulit. Adapun lebih dari itu hukumnya sunnah.

Apabila saat mandi junub anda juga sedang hadas kecil, maka mandi junub sudah mencakup keduanya yakni menghilangkan hadas besar dan hadas kecil sekaligus sehingga setelah mandi junub tidak perlu lagi berwudhu kecuali kalau setelah mandi kita melakukan perkara yang membatalkan wudhu. Ini pendapat yang kuat dalam mazhab Syafi'i. Al-Syairozi dalam Al-Muhadzab, hlm. 1/64, menyatakan:

فإن أحدث وأجنب ففيه ثلاثة أوجه : أحدها أنه يجب الغسل ويدخل فيه الوضوء وهو المنصوص في الأم لأنهما طهارتان فتدخلتا كغسل الجنابة وغسل الحيض

Artinya: Apabila seseorang mengalami hadas kecil dan hadas besar sekaligus, maka ada tiga pendapat. Pertama, dia wajib mandi junub dan wudhu sudah termasuk di dalamnya. Ini pendapat dari Imam Syafi'i dalam Al-Umm karena keduanya adalah bersuci maka masuk menjadi satu sebagaimana mandi junub dan mandi haid.

2. Kalau setelah mandi junub anda masih ingin berwudhu, maka wudhu setelah selesai mandi junub juga boleh dilakukan walaupun sebenarnya tidak perlu sebagaimana diterangkan dalam poin 1.

Baca detail: Cara Wudhu dan Mandi Junub

______________________


RUMAH TANGGA: SUAMI EGOIS DAN TAK BERI NAFKAH

Assalammualaikum
Alkhoirot saya ingin sedikit curhat masalah keluarga dan diharap ada penyelesaian dari masalah saya.

Kami menikah sudah mau 2 tahun. Dan sudah punya anak 1. Setelah menikah kami sama2 lulus perguruan tinggi. suami saya belum punya kerjan tetap tp turut membantu orang tuanya berbisnis ayam dg penghasilan 700rb-1juta. tapi sebulan kemudian ia mendapat kerjaan honorer di dua sekolah sekitar 500-700ribu. sebelum menikah ternyatabia punya cicilan motor 600rb. tadinya orang tuanya akan bantu menyicil tapi ternyata setelah menikah kami harus menanggungnya.

kehidupan suami yang perokok berat dan senang dg aksesoris motor dan kehidupannya membuat saya agak bingung. penghasilan kami kurang. saya pernah menekankan agar beliau mengurangi kebiasaan merokoknya. hampir berkurang. tapi sekarang kebiasaan itu seperti biasa lagi. dan masalah keuangan suami selalu cari masalah. akhirnya saya dibantu orang tua mendapat jatah bulanan. 600rb perbulan. padahal saya amat malu. dan akhirnya karena suami cari maslah saya tidak mau lagi memegang uang suami lagi. tapi saya juga dituntut dipaksa kerja. demi anak saya rela.

namun akhir akhir ini beliau selalu minta uang pada saya. saya sampai bingung penghasilan beliau dikemanakan. pernah sampai mau cerai. gaji saya honorer hanya 190rb. sedangkan suami minta bensin minta ini itu. bahkan berani berbohong yang nembuat saya tidak percaya lagi. saya berjuang dagang online untuk biaya lebaran kami.
suami saya minta 100rbu. saya beri karena katanya uangnya habis. ternyata beliau diberi juga uang untuk itu oleh orang tua. beliau juga berbohong beli ini itu. tapi ternyata tidak bayar. beliau juga perhitungan. bahkan tidak memikirkan kebutuhan anak. tidak tahan saya sms mertua saya agar dinasehati tapi sikapnya masih begitu. sekarang saya sudah dua kali minta mertua.

1. menurut alkhoirot bagaimana sekarang saya di rumah orang tua karena suami terus begitu sampai saya pusing dan banyak melamun. saya bingung. mengahadapi suami yang bebulan2 tidak menafkahi istri dan ingin menguasai keuangan istri yang sedikit. saya harus bagaimana. sedangkan bekerja lebih saya dimarahi dengan berbagai alasan. salahkah saya minta cerai atau bertahan?. saya juga harus membantu cicilan motor. kadang saya tidak tahan lagi dengan keluarga ini. padahal dari sikapnya beliau amat baik seperti pada teman orang tua dll.

Saya kebingungan masalah biaya anak jika penghasilan saya diambil terus :'( bagaimana cara menyadarkan beliau jika harus bertahan? dan mengerti keadaan kami sedang lemah agar beliau berhemat. dan lebih memperhatikan anak kami. ingat jatah untuk anak dan istri. karena beliau banyak luang kerja akhir2 ini. mungkin saya mengerti kebutuhan beliau bensin kerja makan dll sehingga gaji diberikan selain beliau suka buat masalah agar gaji dipegang beliau. tapi beliau memaksa saya kerjab dan terkadang menghina saya. harus kerja. dan menuntut. saya ikuti. tapi beliau meminta uang terus. gaji pun beliau sering pakai untuk hal tak penting hingga beberapa hari pun habis. saya ingin cerai. tapi orang tua melarang. hingga akhirnya saya memutuskan beberapa hari ini diborang tua. karena beliau selalu buat masalah. mohon pencerahannya.

semoga alkhoirot dapat membantu. jazakillah

JAWABAN

1. Istri yang tidak mendapat nafkah dari suami dan bahkan dimintai uang sesekali maka ia berhak untuk meminta cerai. Kalau suami tidak mau menceraikan, maka anda bisa melakukan gugat cerai. Di pengadilan agama anda harus membuktikan bahwa suami tidak pernah menafkahi anda. Ini alasan kuat untuk diluluskan gugatan cerai anda. Secara agama pun, anda dibolehkan untuk meminta cerai pada suami karena faktor tersebut (tidak dapat nafkah, sering konflik, dll). Baca detail: Cerai dalam Islam

Namun demikian, kalau anda masih mencintainya maka anda boleh memilih untuk mempertahankan rumah tangga. Keputusan di tangan anda. Baca juga: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

______________________


MENYADARKAN SAUDARA NAKAL DAN TAK TAAT ORANG TUA

Assalamualaikum ww wb ustadz,
Mohon bimbingan terhadap ujian permasalahan yang saya dan keluarga hadapi. saya wanita domisili di yogyakarta. Saya anak tertua dari 3 bersaudara, adik paling kecil berusia 22 tahun seorang laki-laki. Semenjak masuk kuliah dia suka berbohong kepada keluarga, suka meminjam barang orang kemudian digadaikan. Puncaknya dia menghilang 40 hari tanpa kabar dan ditemukan dalam keadaan seperti gembel di madiun. Dia tidak pernah jujur bercerita tentang apa yang dia lakukan dengan berbagai uang yang dia pinjam ataupun dari barang2 yang digadaikan. Kami kira kena efek narkoba, ternyata setelah diperiksa ke dokter ternyata negatif. Kadang sadar untuk beribadah kadang lupa.

Sampai pada saat ibu kami wafat perilaku dan sifat adik saya belum juga berubah. Bahkan dia semakin nekat menggadaikan bpkb dan sertifikat rumah kami, ketika ditanya untuk apa uangnya dia diam saja. Demi menjaga nama baik keluarga dan adik saya, bapak kami pasang badan dan melunasi semua barang yang digadaikan. Setiap hari kami selalu berdoa dan berusaha memberikan pengertian dan nasehat agar sadar, jujur dan mau bertanggung jawab. Agar adik saya taat dan patuh terhadap bapak kami sebagai satu-satunya orang tua yang masih hidup. Tetapi masih tidak mempan.

1. Apakah harus kami masukkan adik kami ke pondok pesantren?

Saya mohon solusi kepada ustadz? Jazakallah khairan....
Wassalamualaikum wr. Wb

JAWABAN

1. Pesantren sebenarnya tempat untuk orang belajar ilmu agama dan ilmu umum serta akhlak yang baik. Jadi, pesantren bukan tempat membuang anak nakal. Namun, kalau anda sudah kerepotan dengan dia, maka bisa saja dicoba dikirim ke pesantren.

______________________


SOLUSI BANYAK HUTANG

Mat siang, saya mohon pentunjuk atau apa saja dari ibu sebagai suatu siraman rohani yang dapat memberikan kelegaan dalam menghadapi hutang saya yang banyak.
Salam,

JAWABAN

Dalam menghadapi hutang satu hal yang utama adalah bersabar dan mendekatkan diri pada Allah dengan ibadah yang rutin yakni shalat 5 waktu jangan sampai ketinggalan. Sebisa mungkin lakukan secara berjamaah di masjid. Jangan lupa setelah shalat membaca doa berikut :

اللَّهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةِ المُضطَرِّينَ ، رَحْمنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا أَنْتَ تَرْحَمُني فَارْحَمْنِي بِرَحْمَةٍ تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ المُلْكِ تُؤْتِي المُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ المُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ « تُولِجُ اللَّيْلَ في النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ في اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ المَيِّتِ وَتُخْرِجُ المَيِّتَ مِنَ الحَيِّ وَتَرْزِقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ » رَحْمنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرِحِيمَهُمَا تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهَا وَتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ ، ارْحَمْني رَحْمَةً تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Di luar waktu shalat, tetaplah bekerja keras untuk mendapatkan rejeki yang halal. Semoga anda dapat segera melunasi hutang anda. Amin. Dan yang tak kalah penting: jangan pernah putus asa. InsyaAllah Allah akan memberi jalan.

______________________


MIMPI MELIHAT KUNTILANAK

assalammualaikum wr wb pak saya mau menanyakan hal aneh dalam mimpi yangg hingga saat ini belum ada yang menafsirkan mimpi saya. sekitar 7 bulan yang lalu saya bermimpi melihat kuntilanak di depan kamar saya dan dia berdiri di depan kamar mandi yang berada di depan kamar saya.

Inti permasalahannya bukan itu sebenarnya . waktu itu saya tidur dengan sepupu saya . lalu setelah kami bangun . sekitar 4 jam saya bercerita tentang mimpi tadi pagi . namun sepupu saya memotong pembicaraan saya dan berkata bahwa saudara saya bermimpi tentang hal yang sama . bahkan dia bermimpi tidak sendirian dan ada saya juga , tempat berdiri kuntilanak tersebut sama dengan saya . hingga gaya kita sama yaitu memfoto kuntilanak tersebut .

1. tolong bisa jelaskan maksud dari mimpi saya .

JAWABAN

1. Ada tiga penafsiran dari mimpi tersebut: (a) anda akan atau sedang atau sudah mengalami kerugian dalam bisnis; (b) sedang lemah kesehatan atau ada yang menghina anda; (c) anda punya nadzar yang belum dilaksanakan. Baca juga: Mimpi dalam Islam



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..