Saturday, September 05, 2015

Doa Lancar Rejeki


Doa Lancar Rejeki
DOA LANCAR REJEKI

Pa ustad, mohon maaf bila tulisan saya kurang sopan, bila tulisan ini menyimpang dari ajaran islam menurut pa ustad tolong ingatkan saya !!! sebenarnya saya malu membicarakan hal ini, saya awam mengenai hal ini, saya baca-baca di internet katanya ada amalan/dzikir yang bisa mendatangkan uang dan harus ada ijazahnya juga, kebetulan sekarang ini saya sedang mengalami masalah keuangan untuk menutupi kebutuhan rumah tangga saya, anak saya baru satu, terkadang saya masih minta bantuan orang tua saya untuk menutupi kebutuhan rumah tangga saya, saya merasa malu pada diri sendiri, saya belum bisa ngasih apa-apa buat orang tua saya !!!

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. DOA LANCAR REJEKI
  2. HUKUM JUAL BELI KUCING
  3. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM

Saya seorang guru sukarelawan di SD, yang bercita-cita menyekolahkan anaknya di fakultas kedokteran jika Allah SWT menghendaki, mungkin saya terlalu terlalu berangan-angan karena pa ustad tahu sendiri gaji seorang guru sukarelawan itu berapa,??? saya sudah mencoba bisnis sampingan tapi bangkrut malahan saya punya hutang sekitar 2 juta yg harus saya bayar, namun saya masih belum bisa membayarnya !!!

Saat ini saya masih belum bisa bangkit untuk berbisnis lagi dan saya juga tidak tahu harus berbisnis apa, namun saya terus berdoa agar dikabulkan semua hajat saya dan diberi petunjuk oleh Allah SWT, dan alhamdulilah baru-baru ini saya dapat ide untuk membuka usaha rumah kontrakan/kos-kosan dan membuka usaha semacam alfamart dan membuka cabang SPBU, namun lagi-lagi itu hanyalah sebuah ide yang hanya menjadi angan-angan saja karena modalnya sangat besar, dan saya merasa engga sanggup untuk saat ini, atau mungkin selamanya juga !!!, tapi saya tetap percaya tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT kalo kita terus berdoa kepada-Nya. Itu yang menjadi acuan saya dalam menjalani kehidupan ini !!!

1. Jika pa ustad berkenan, bolehkah saya minta amalan-amalan untuk memudahkan datangnya rikzi dalam hal ini masalah keuangan beserta ijazahnya untuk saya amalkan tapi kalau bisa yang tanpa mahar karena saya belum sanggup membayar maharnya, agar saya bisa memberi nafkah untuk kedua orang tua saya, agar saya bisa lebih rajin bersedekah, zakat, infaq dll, agar saya bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga saya, kebutuhan saya, kebutuhan anak istri saya, kebutuhan biaya pendidikan anak-anak saya, agar saya bisa berangkat haji bersama kedua orang tua dan anak istri saya !!!


JAWABAN

1. Baca doa berikut secara teratur setiap selesai shalat. Baik shalat fardhu atau sholat sunnah dhuha atau tahajud:

اللَّهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةِ المُضطَرِّينَ ، رَحْمنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا أَنْتَ تَرْحَمُني فَارْحَمْنِي بِرَحْمَةٍ تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ المُلْكِ تُؤْتِي المُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ المُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ « تُولِجُ اللَّيْلَ في النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ في اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ المَيِّتِ وَتُخْرِجُ المَيِّتَ مِنَ الحَيِّ وَتَرْزِقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ » رَحْمنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرِحِيمَهُمَا تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهَا وَتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ ، ارْحَمْني رَحْمَةً تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Doa di atas berasal dari Rasulullah, haditsnya lihat di sini

Perlu diingat juga bahwa doa adalah salah satu unsur untuk membuat rejeki lancar. Pada dasarnya, unsur-unsur lain tidak kalah pentingnya dalam menentukan kelancaran rejeji terutama (a) kerja keras dan kerja cerdas; (b) memperluas jaringan dengan memperbanyak interaksi dengan pelaku usaha lain tanpa memandang ras suku dan agama; (c) selalu optimis dalam memulai dan menjalani usaha dan sabar saat menghadapi rintangan dan kegagalan.

Hanya mengandalkan doa untuk dapat rejeki adalah pelanggaran dari perintah Allah dalam QS Jumah ayat 9 - 10
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Ayat ini adalah perintah yang tegas dari Islam agar muslim bekerja keras setiap hari 7 hari dalam seminggu tanpa mengenal libur.

______________________


HUKUM JUAL BELI KUCING

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh,

Puji syukur kepada Allah Subhana Wa Ta'ala atas segala karunia. Salam dan shalawat bagi Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam. Keluarga, para sahabat dan para pengikut beliau hingga akhir jaman.

Ustadz ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan..

1. Apakah hukum memperjualbelikan kucing. Karena saya dan teman sudah sepakat untuk membuka bisnis ini. Tapi ada ganjalan dihati mengenai hukumnya karena ada yang mengatakan tidak boleh. Takut salah langkah. Mohon penjelasannya.

2. Saya memiliki saudara, dia seorang muslim juga. Tapi dia memiliki pandangan bahwa semua agama sama benar, sama setara. Ini sangat mengganggu saya karena saya percaya hanya islamlah agama yang benar, rahmatan lil alamin dan agama yang diridhoi Allah. Bagaimana cara menjelaskannya kepada saudara saya tersebut. Dan satu lagi, dia selalu tidak masalah mengucapkan selamat untuk hari raya umat agama lain dengan alasan toleransi dan keberagamaan. Apakah hal ini dibenarkan.

3. Masih saudara saya ini, dia orangnya agak sensitif, senangnya berantam, mudah tersinggung dan kasar. Kalau saya ingatkan untuk sabar dia hanya menjawab, "saya pilih gaya seperti Umar bin Khatab radiallahuanhu, Khalid bin walid, Sultan Saladdin". Yang ingin saya tanyakan, apakah benar yang ia katakan, bahwa para sahabat yang disebut tadi adalah org yg keras terhadap musuh. Bolehkah mengikuti sifat demikian. Bukankah islam mengajarkan kelembutan dan kasih sayang. Mohon penjelasannya.

4. Apa hukumnya bagi orang yang tidak taat sunnah (tidak mengikuti sunnah rasul), tidak mencintai rasul (biasa-biasa saja), bahkan meremehkannya (mengatakan kuno, tidak gaya, tidak gaul dan lainnya). Ia lebih mencontoh karakter, gaya, pakaian dari tokoh-tokoh selebriti atau lebih mengidolakan manusia-manusia lain seperti artis, pemain sepakbola, tokoh politik, presiden dan sebagainya. Sehingga gaya pakaian, aksesoris bahkan poster mereka ditempel didinding-dinding kamar. Bagaimana cara menasehatinya pak ustadz supaya ia hanya mengidolakan Nabi, mohon petunjuk.

Demikian beberapa pertanyaan saya.
Ribuan ucapan terimakasih saya ucapkan.

Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatuh

JAWABAN

1. Boleh asal ada manfaatnya bagi pembeli. Wahbah Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami V/446-447 menyatakan:

ويصح بيع الحشرات والهوام كالحيات والعقارب اذا كان ينتفع به. والضابط عندهم (المالكية)ان كل ما فيه منفعة تحل شرعا لان الاعيان خلقت لمنفعة الانسان بد ليل قوله تعالى هوالذي خلق لكم ما فى الارض جميعا

Artinya: Sah jual beli serangga dan binatang melata , seperti ular dan kalajengking jika memang bermanfaat. Parameternya menurut mereka (mazhab Maliki) adalah, semua yang bermanfaat itu halal menurut syara', karena semua makhluk yang ada itu memang diciptakan untuk kemanfaatan manusia sesuai dengan firman Allah SWT: "Dialah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu

2. Jelaskan bahwa muslim harus percaya pada Qur'an sebagai sumber utama seorang muslim dalam menilai salah dan benar. Dan Al-Quran secara tegas menyatakan bahwa hanya Islam agama yang benar berdasarkan QS Ali Imron 3:19. Tentang mengucapkan selamat hari raya agama lain itu masalah khilafiyah di kalangan ulama terutama ulama kontemporer sebagian dari mereka membolehkan. Dengan demikian, maka tidak ada masalah. Baca detail: Hukum Mengucapkan Selamat Natal

3. Tidak benar. Kerasnya Umar sebagai Khalifah dalam konteks ia tegas apabila terjadi pelanggaran terhadap syariah. Bukan keras dalam kehidupan sehari-hari. Karena Umar dikenal sebagai orang yang memiliki sikap lemah lembut dalam kesehariannya di luar tugas sebagai penguasa dan memiliki sensitifitas tinggi kepada kaum yang lemah, begitu juga para Sahabat yang lain. Selain itu Umar dikenal sebagai seorang ahli agama dan mujtahid. Kalau dia mau meniru Umar, mulailah dengan belajar memperluas wawasan agamanya. Baca juga: Umar bin Khattab

4. Islam membagi hukum syariah menjadi 5 yaitu wajib, sunnah, haram, makruh, mubah. Kalau tidak taat sunnah dalam arti tidak melakukan amal perbuatan yang sunnah, maka tidak apa-apa. Kalau tidak mengamalkan perintah yang wajib baru dianggap dosa. Baca juga: Penyebab Syirik, Murtad dan Kafir



Cari artikel lain:




Copy link berikut untuk referensi kutipan:

Jangan lupa baca yang ini juga ..