Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Mimpi Bertemu Pacar dan Dilamar Calon Pasangan

Mimpi Dilamar Pacar
Saya mimpi mantan pacar saya berniat untuk melamar saya. Dan arti mimpi bertemu calon pasangan yang taat beragama.

DAFTAR ISI
  1. Laki-laki Mimpi Ada Wanita Berbicara dengan Ibu
  2. Wanita Mimpi Dilamar Pacar
  3. Mimpi Bertemu Calon Pasangan
  4. Mimpi Berjalan Mendahului Pacar
  5. Mimpi Dilamar Ibunya Mantan Pacar

LAKI-LAKI MIMPI ADA WANITA BERBICARA DENGAN IBUNYA

Assalamu'alaikum, Ust, setelah sholat subuh, sy tidur & bermimpi melihat seorang wanita berbicara dgn ibu saya, entah apa yg dibicarakan, sy tdk dapat mendengar. kemudian ibu sy memerintahkan sy untuk membantunya.

perlu ust. ketahui, wanita ini sgt disukai oleh ibu sy dan sy brsikap biasa saja serta tidak memilihnya untuk calon pendamping hidup sy.

mohon penjelasanya,
wassalamu'alaikum. sy tunggu penjelasannya terima kasih.

JAWABAN

Ada baiknya memperhatikan perempuan yang disukai ibu Anda. Karena biasanya wanita yang disukai seorang ibu adalah perempuan yang baik dan cocok untuk dijadikan istri. Cinta tidak harus tumbuh saat pacaran. Cinta yang baik justru tumbuh saat perkawinan. Saat akad nikah baru saja selesai. Di samping itu, dapat menggembirakan orang tua juga akan menjadi bonus tersendiri bagi seorang anak yang ingin berbakti padanya.
_________________________________________________________________


WANITA MIMPI DILAMAR PACARNYA
PERTANYAAN
Assalamu allaikum wr.wb

Selamat pagi pak ustadz.Saya mau tanya perihal mimpi saya beberapa minggu yang lalu.saya mimpi mantan pacar saya berniat untuk melamar saya. Dan semalam setelah saya sholat tahajud,sholat istikharah dan sholat hajat.Saya bermimpi mantan pacar saya sholat dan saya menyetrikakan sarungnya.Hanya itu yang terlihat jelas di mimpi saya.
Mohon petunjuknya
Terima Kasih.
Wassallamu allaikum wr.wb

JAWABAN

Mimpi pada banyak kasus adalah kembang tidur. Apa yang dipikirkan pada siang harinya atau yang menjadi bayangan dalam hari-harinya akan sering masuk ke dalam mimpi sesorang. Walaupun mimpi itu datang setelah shalat tahajud, dll.

Jadi, mimpi anda tidak bermakna apa-apa dalam tinjauan agama. Kalau ternyata nanti mimpi itu menjadi kenyataan, itu hanya kebetulan belaka.

Kalau memang Anda ingin dilamar oleh mantan pacar Anda, maka lakukan langkah-langkah yang konkret dan jelas seperti mendatanginya, melakukan pendekatan pada ibu bapaknya dan keluarga dekatnya yang lain. Lakukan sesuatu yang menarik hatinya tapi dalam batas-batas yang dibolehkan syariah.

Setelah semua usaha dilakukan secara maksimal, waktunya bagi Anda untuk menunggu hasil dan bertawakkal. ِAllah berfirman dalam QS Ali Imron 3:122 وعلى الله فليتوكل المؤمنون (dan hanya kepada Allah-lah orang yang beriman berpasrah diri).

Kesipulan: lupakan mimpi dan mulailah berusaha!
_________________________________________________________


WANITA MIMPI BERTEMU CALON SUAMI

Assalamu'alaikum wr wb
Saya ingin menanyakan beberapa hal ustadz.
1. Bagaimana pandangan islam terhadap poligami?

2. Beberapa waktu yang lalu saya bermimpi bertemu dg seseorang (tp tidak jelas wajahnya). namun saya amat merasakan kemantapan diri saya akan orang tsb yg akan menjadi pendamping hidup saya. beberapa hari setelah itu saya dipertemukan dg seseorang yg berniat menjadikan saya pendamping hidup. apa maksud dr mimpi saya itu ustadz?

3. Melanjutkan pertanyaan ke2, ternyata orang yg berniat menjadikan saya pendamping itu jg bermimpi hal yg sama. Dan perlu ustad ketahui, orang tsb adalah orang yg selalu mendekatkan dirinya pada Allah dan selalu berusaha menjaga kesucian dirinya.Apakah mimpi seperti itu wajib hukumnya untuk direalisasikan?

4. Apabila ortu tidak mengijinkan, mana yg harus saya ikuti?

Saya tunggu jawabannya segera ya ustad. Klo boleh minta saya ingin dijawab melalui email ini saja. terrima kasih sebelumnya

Wassalmu'alaikum wr wb.

JAWABAN

1. Hukum poligami adalah halal dan boleh dalam Islam asal suami adil dalam menggilir istri dan asal tidak lebih dari 4 (empat) istri. Berdasarkan QS An-Nisa' 4:3

فَانكِحُوا۟ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَآءِ مَثْنَىٰ وَثُلٰثَ وَرُبٰعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا۟ فَوٰحِدَةً
Artinya: ...maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja,

2. Mimpi hendaknya tidak dijadikan sebagai alasan untuk menerima atau menolak seseorang pria menjadi calon pasangan Anda. Penerimaan atau penolakan hendaknya murni berdasarkan pada kriteria dhahir yang jelas menurut syariah yaitu ketaatannya pada agama, perilaku sosialnya dan kalau mungkin ketaatan dari keluarganya. Apabila unsur-unsur tersebut terpenuhi, maka mentapkan hati untuk menerima pinangan laki-laki soleh tersebut. Lihat: Wanita Berkepribadian

3. Mimpi tidak harus dan tidak perlu direalisasikan. Mimpi bukanlah syariah. Standar syariah yang harus diikuti adalah perintah dan anjuran yang terdapat dalam Quran dan Hadits yang sudah diformulasikan oleh ulama fiqih menjadi wajib/halal, haram, sunnah, makruh dan mubah. Sekali lagi, ambillah keputusan berdasarkan alasan dzahir yang jelas berdasarkan hasil investigasi tentang perilaku dan kepribadian seseorang yang hendak pilih menjadi calon pasangan. Bukan karena mimpi. Lihat: Mimpi dalam Islam.

4. Ikuti orang tua kalau memang orang tua memiliki alasan yang syar'i (berdasarkan syariah).

_____________________________________________________


MIMPI BERJALAN MENDAHULUI PACAR

Assalaamu'alaikum, wr, wb. Pak.Kiai, saya mau tanya? Saya tadi malam bermimpi bertemu dengan beliau. Lalu saya berlari mendahului beliau. Menurut Pak.Kiai mimpi saya artinya apa? Pak.Kiai saya sebelum tidur ingat beliau. Saya belum minta maaf pada beliau. Tapi beliau jarang keluar rumah, kecuali ke masjid untuk shalat.

Jadi saya tidak bisa minta maaf. Menurut Pak.Kiai saya minta maaf dengan cara apa?

Maaf Pak.Kiai kalau saya tidak bisa menceritakan kesalahan saya. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih. Wassalaamu'alaikum, wr, wb.

JAWABAN

Anda telah melakukan sesuatu yang tidak berkenan di hatinya. Perempuan berlari mendahului pria yang disukai itu adalah perilaku yang tidak santun dan itu mengurangi respek pria itu pada Anda. Kalau Anda serius meyukainya dan tampaknya ada tanda-tanda sambutan dari dia, maka Anda harus belajar bersikap sopan san santun sesuai dengan standar etika kesopanannya.

Kalau ingin meminta maaf pun lakukan dengan cara yang berkenan di hatinya. Kalau Anda tidak tahu, tanyakan pada orang dekatnya. Atau melalui perantara orang lain.

Perlu diingat bahwa orang seperti dia mungkin sangat menjaga citra dan nama baik antara lain dengan menghindari bertemu berdua dengan lawan jenis. Kalau memang seperti itu, maka Anda harus hormati sikap dia. Dan berbicaralah dengannya pada situasi yang tidak membuat dia merasa risih. Sekali lagi, tanyakan etika yang benar pada temannya.

Baca juga:

>> Mimpi dalam Islam
>> Tafsir Mimpi


_____________________________________________________


MIMPI DILAMAR IBUNYA MANTAN PACAR

assalamu alaikum...

ust,,, saya sering sekali mimpi ketemu mantan pacar yang sama, hingga aku pernah mimpi ketemu ibunda mantan dan dia memberikan hp mantan aku yang dulu ke saya..

lalu beberapa malam yang lalu saya mimpi ibunda mantan pacar datang ke rumah bicara sama orang tua aku, bahwa mantan aku ingin segera menikahiku pada bulan april...

apa maksud dari mimpiku ust ? karna mantan aku ini sampai skarang aku masih sayang dan dia sering muncul di mimpi aku...

makasi
wassalamu alaikum...

JAWABAN

Mayoritas yang muncul pada mimpi kita adalah yang sering menjadi buah pikiran kita. Terkadang mimpi juga muncul karena godaan dari jin. Tampaknya, mimpi anda disebabkan oleh yang pertama yaitu karena anda sering memikirkan dia dan masih berharap kembalinya dia pada anda. Dengan kata lain, mimpi anda tidak mengandung makna apapun.

Namun demikian, kalau anda memang masih berharap untuk menikah dengannya, maka jalan terbaik dan realistik adalah dengan meminta bantuan orang tua anda agar membicarakan hal ini dengan orang tua dia. Itulah cara terbaik, realistik dan islami.

Lebih detail lihat: http://www.alkhoirot.net/2011/12/arti-mimpi-dalam-islam.html

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam