Konsultasi Agama Islam Konsultasi Agama Islam
recent

Breaking News

recent
جاري التحميل ...

Talfiq dalam Islam

Talfiq dalam Islam

Talfiq adalah tidak mengikatkan diri pada satu mazhab fiqih tertentu akan tetapi mengikuti pendapat dari berbagai mazhab fiqih baik dengan mengambil pendapat yang mudah saja atau yang berat saja dari berbagai mazhab tersebut.

Talfiq dalam istilah ulama ushul fiqih termasuk istilah yang baru muncul di kalangan ulama muta'akhirin (yang akhir) setelah empat mazhab fiqih menyebar luas dan menjadi pilihan di seluruh dunia. Di kalangan ulama yang awal (al-mutaqaddimin) yang serupa dengan istilah talfiq adalah tatabuk ar-rukhos (mengikuti kemudahan) yakni mencari dan mengambil pendapat fiqih yang termudah dalam setiap mazhab untuk tujuan bersenang-senang dan mencari keringanan dari beban hukum syariah dan melupakan tujuan utama syariah.

TOPIK KONSULTASI ISLAM
  1. HUKUM TALFIQ ATAU PINDAH-PINDAH MAZHAB
  2. PENDAPAT ULAMA TENTANG TALFIQ
  3. CARA KONSULTASI SYARIAH ISLAM


HUKUM TALFIQ ATAU PINDAH-PINDAH MAZHAB

Assalamu'alaikum...ustadz..
Saya mau tanya,,
1. Saya pernah mendengar boleh talfiq dalam dua qodiyah yang berbeda. Yang dimaksud dengan qodiyah berbeda itu apa?? Contohnya seperti apa??
2. Kalo masalah sholat mengikuti madzhab syafii, namun masalah air mengikuti madzhab maliki, apa boleh??
3. Boleh/tidaknya, apa alasannya??
4. Soalnya dalam lingkungan di sini apabila ittiba' terus madzhab syafii akan menyulitkan untuk toharoh...

Terimakasih ustadz....
Saya mohon pencerahan ilmunya..

JAWABAN

1. Yang dimaksud dua qodiyah yang berbeda adalah dua masalah hukum yang tidak saling terkait satu sama lain. Seperti shalat dan zakat. Misalnya, shalat ikut mazhab Syafi'i, sedang zakat ikut mazhab Hanafi.

2. Shalat ikut mazhab Syafi'i, lalu soal air ikut mazhab Maliki termasuk dalam kategori talfiq yang dalam satu qodiyah yang tidak dibolehkan karena keduanya saling terkait.

3. Karena suci dan najisnya status air sangat terkait dengan sah dan batalnya wudhu dan akan berakibat pada sah dan batalnya shalat.

Dalam masalah air suci dan najis antara mazhab Maliki dan Syafi'i terdapat perbedaan yang saling bertentangan sebagai berikut:

(a) Dalam mazhab Maliki, air kurang dua qullah (air sedikit) yang terkena najis tetap dianggap suci apabila tidak berubah, sedang di mazhab Syafi'i hukumnya najis baik berubah atau tidak.

(b) Dalam mazhab Maliki, air diam yang di dalamnya terdapat bangkai hewan darat dan ada darah yang mengalir hukumnya suci apabila air tidak berubah baik air sedikit atau banyak, sedangkan dalam mazhab Syafi'i hukumnya najis.

(c) Dalam mazhab Maliki, air sedikit (kurang dua qullah) yang terkena jilatan anjing tidak najis, sedang dalam mazhab Syafi'i hukumnya najis berat (mugholadzoh). (Lihat, Abu Muhammad Abdul Wahhab bin Ali dalam Al-Talqin fil Fiqh Al-Maliki, 1/43; dan Al-Tanbih fil Fiqh Al-Syafi'i, 1/13).

4. Kalau masalah yang anda hadapi hanya masalah air, maka sebenarnya ada pendapat dalam mazhab Syafi'i sendiri yang cukup ringan dalam soal air ini. Anda dapat mengikuti pendapat tersebut tanpa harus pindah mazhab. Sayangnya anda tidak menyebutkan masalah air apa yang menimpa tempat anda berada.


PENDAPAT ULAMA TENTANG TALFIQ

PENDAPAT ZAINUDDIN AL-MALIBARI DALAM FATHUL MUIN

Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Muin, hlm. 4/232, menyatakan:

وفي فتاوى شيخنا: من قلد إماما في مسألة لزمه أن يجري على قضية مذهبه في تلك المسألة وجميع ما يتعلق بها

Artinya: Guru kami berfatwa: Barangsiapa yang ikut seorang imam (mazhab) dalam satu masalah, maka ia wajib menjalankannya pada putusan mazhabnya dalam masalah tersebut dan seluruh hukum yang berkaitan dengannya.

Maksud dari keterangan di atas adalah orang yang shalat dengan cara mazhab Syafi'i, maka dalam masalah air untuk wudhu, masalah najis, dan penyebab sah dan batalnya wudhu harus mengikuti mazhab Syafi'i.

Jadi, dalam keadaan normal, hukum talfiq dalam satu masalah hukum yang terkait adalah tidak boleh. Seperti, air dan wudhu dalam mazhab Hanafi lalu shalat dengan mazhab Syafi'i. Dalam kitab Fathul Muin 4/ 359 dijelaskan:

قال شيخنا المحقق ابن زياد -رحمه الله تعالى- في فتاويه: إن الذي فهمناه من أمثلتهم أن التركيب القادح إنما يمتنع إذا كان في قضية واحدة، فمن أمثلتهم: إذا توضأ ولمس تقليدا لأبي حنيفة وافتصد تقليدا للشافعي ثم صلى، فصلاته باطلة؛ لاتفاق الإمامين على بطلان ذلك، وكذلك إذا توضأ ومس بلا شهوة تقليدا للإمام مالك ولم يدلك تقليدا للشافعي ثم صلى، فصلاته باطلة؛ لاتفاق الإمامين على بطلان طهارته

Menurut Ibnu Ziyad dalam kitab Fatawanya: Talfiq yang dilarang itu adalah apabila terdapat dalam satu qodiyah (suatu hukum yang saling terkait). Contohnya, apabila berwudhu lalu menyentuh istrinya dengan ikut mazhab Abu Hanifah (menyentuh istri tidak batal secara mutlak baik syahwat atau tidak) lalu bermaksud taklid pada mazhab Syafi'i kemudian shalat, maka shalatnya batal karena kedua imam sepakat atas batalnya hal tersebut. Begitu juga apabila berwudhu dan menyentuh (istri) tanpa syahwat dengan ikut pendapat Maliki dan tidak menyentuh dengan tangan ikut mazhab Syafi'i lalu shalat, maka shalatnya batal karena sepakatnya kedua imam atas batalnya kesuciannya (dari hadas).

Namun, talfiq (ikut dua mazhab atau lebih) dalam dua masalah yang berbeda hukumnya boleh. Al-Malibari dalam Fathul Muin 4/ 359 menambahkan:

بخلاف ما إذا كان التركيب من قضيتين، فالذي يظهر أن ذلك غير قادح في التقليد، كما إذا توضأ ومسح بعض رأسه ثم صلى إلى الجهة تقليدا لأبي حنيفة، فالذي يظهر صحة صلاته؛ لأن الإمامين لم يتفقا على بطلان طهارته

Artinya: Berbeda halnya apabila talfiq dalam dua qodiyah yang berbeda. Itu tidak termasuk yang dilarang dalam taqlid. Misalnya seperti berwudhu lalu mengusap sebagian kepala (ikut mazhab Syafi'i) lalu shalat menghadap ke arah kiblat ikut mazhab Hanafi, maka shalatnya sah karena kedua imam (Hanafi dan Syafi'i) tidak sepakat atas batalnya kesuciannya (dari hadas).

Jadi, hukum asal talfiq antar mazhab adalah tidak boleh dilakukan dalam satu masalah (qodiyah) dan yang terkait. Namun, apabila berada dalam situasi yang sangat diperlukan dan mengharuskan demikian, maka hukumnya dibolehkan. Misalnya, seorang yang sedang tawaf harus dalam keadaan suci dari hadas kecil dan besar, itu artinya tidak boleh bersentuhan dengan wanita bukan mahram. Tapi karena sangat sulit untuk bersentuhan dengan pemuhrim wanita, maka bisa ikut mazhab lain seperti Hanafi, Maliki dan Hanbali yang mana sentuhan lelaki dan wanita tidak membatalkan wudhu.

PENDAPAT IBNU HAJAR AL-HAITAMI DALAM TUHFATUL MUHTAJ

Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj, hlm. 10/110-111, menyatakan:

وحاصل المعتمد من ذلك أنه يجوز تقليد كل من الأئمة الأربعة، وكذا من عداهم ممن حفظ مذهبه في تلك المسألة ودوّن حتى عرفت شروطه وسائر معتبراته.

Artinya: Pendapat yang muktamad dalam soal ini adalah boleh taqlid dari tiap Imam Madzhab yang empat. Begitu juga boleh taqlid pada ulama selain mereka yang memelihara madzhabnya dalam soal tersebut sehingga diketahui syarat-syarat dan seluruh masalah yang dianggap (muktabar).

Keterangan selengkapnya dari Al-Haitami sebagai berikut:

فالإجماع الذي نقله غير واحد على منع تقليد الصحابة يحمل على ما فقد فيه شرط من ذلك ويشترط لصحة التقليد أيضا أن لا يكون مما ينقض فيه قضاء القاضي هذا بالنسبة لعمل نفسه لا لإفتاء ، أو قضاء فيمتنع تقليد غير الأربعة فيه إجماعا كما يعلم مما يأتي ؛ لأنه محض تشبه وتغرير ، ومن ثم قال السبكي : إذا قصد به المفتي مصلحة دينية جاز أي : مع تبيينه للمستفتي قائل ذلك . وعلى ما اختل فيه شرط مما ذكر يحمل قول السبكي : ما خالف الأربعة كمخالف الإجماع . ويشترط أيضا اعتقاد أرجحية مقلده ، أو مساواته لغيره لكن المشهور الذي رجحاه جواز تقليد المفضول مع وجود الفاضل ، ولا ينافي ذلك كونه عاميا جاهلا بالأدلة ؛ لأن الاعتقاد لا يتوقف على الدليل لحصوله بالتسامح ونحوه قال الهروي : مذهب أصحابنا أن العامي لا مذهب له أي : معين يلزمه البقاء عليه وحيث اختلف عليه متبحران أي : في مذهب إمامه فكاختلاف المجتهدين . ا هـ . وقضيته جواز تقليد المفضول من أصحاب الأوجه مع وجود أفضل منه ، لكن في الروضة ليس لمفت وعامل على مذهبنا في مسألة ذات قولين ، أو وجهين أن يعتمد أحدهما بلا نظر فيه بلا خلاف بل يبحث عن أرجحهما بنحو تأخره إن كانا لواحد . ا هـ . ونقل ابن الصلاح فيه الإجماع لكن حمله بعضهم على المفتي ، والقاضي ؛ لما مر من جواز تقليد غير الأئمة الأربعة بشرطه وفيه نظر ؛ لأنه صرح بمساواة العامل للمفتي في ذلك فالوجه حمله على عامل متأهل للنظر في الدليل وعلم الراجح من غيره فلا ينافي ما مر عن الهروي وما يأتي عن فتاوى السبكي ؛ لأنه في عامي لا يتأهل لذلك .

وإطلاق ابن عبد السلام أن من لإمامه في مسألة قولان له تقليده في أيهما أحب يرده ما تقرر وما مر في شرح الخطبة وما في الروضة من الوجهين مفروض كما ترى فيما إذا كانا لواحد ، وإلا تخير لتضمن ذلك ترجيح كل منهما من قائله الأهل كما اقتضاه قوله أيضا : اختلاف المتبحرين كاختلاف المجتهدين في الفتوى .

PENDAPAT IBNU ABDIL BAR

Al-Sya'roni dalam Al-Mizan, hlm. 1/33 menyatakan:

قال ابن عبد البر رحمه الله: لم يبلغنا عن أحد من الأئمة أنه أمر أصحابه بالتزام مذهب معين لا يرى صحة خلافه، بل المنقول عنهم تقريرهم الناس على العمل بفتوى بعضهم بعضا، لأنهم كانوا على هدى من ربهم، ولم يبلغنا في حديث صحيح ولا ضعيف أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أمر أحدا من الأمة بالتزام مذهب معين لا يرى خلافه


Artinya: Ibnu Abdil Bar berkata: Para imam madzhab tidak pernah memerintahkan pada Sahabat (ulama madzhab) mereka untuk berpegangan pada madzhab tertentu dan menganggap tidak sah bersikap sebaliknya. Justru pendapat yang dikutip dari mereka adalah mereka menjelaskan pada manusia untuk saling mengamalkan fatwa sebagian dari ulama karena mereka semua mendapat petunjuk dari tuhan. Dan tidak ada hadis sahih atau dhaif yang menyatakan bahwa Rasulullah memerintahkan seseorang untuk berpegang teguh pada satu madzhab tertentu.

Baca juga:
- Ijtihad dalam Islam
- Taqlid dalam Islam

PENDAPAT ULAMA MAZHAB EMPAT 

 Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Tuhfatul Muhtaj

وحاصل المعتمد من ذلك أنه يجوز تقليد كلٍّ من الأئمة الأربعة، وكذا من عداهم ممن حُفِظَ مذهبه في تلك المسألة ودُوِّنَ حتى عرفت شروطه وسائر معتبراته.

Kitab Al-Bahr al-Raiq (mazhab Hanafi)

فصل: يجوز تقليد من شاء من المجتهدين وإن دونت المذاهب كاليوم، وله الانتقال من مذهبه لكن لا يتبع الرخص. انتهى 

Kitab Al-Fawakih al-Dawani (mazhab Maliki)

قال بعض المحققين: المعتمد أنه يجوز تقليد الأربعة، وكذا من عداهم ممن يحفظ مذهبه في تلك المسائل ودُوِّن حتى عُرفت شروطه وسائر معتبراته. انتهى

Ibnu Rajab Al-Hanbali dalam Al-Radd ala Man Ittaba'a Ghair al-Madzahib al-Arba'

قد نبهنا على علة المنع من ذلك، وهو أن مذاهب غير هؤلاء لم تشتهر ولم تنضبط، فربما نُسِبَ إليهم ما لم يقولوه أو فُهم عنهم ما لم يريدوه، وليس لمذاهبهم من يذب عنها وينبه على ما يقع من الخلل فيها، بخلاف هذه المذاهب المشهورة. انتهى 

Al-Hattab dalam Mawahib al-Jalil

قال القرافي: ورأيت للشيخ تقي الدين ابن الصلاح ما معناه أن التقليد يتعين لهؤلاء الأئمة الأربعة دون غيرهم، لأن مذاهبهم انتشرت وانبسطت، حتى ظهر فيها تقييد مطلقها وتخصيص عامها وشروط فروعها، فإذا أطلقوا حكماً في موضع، وجد مكملاً في موضع آخر، وأما غيرهم فتنقل عنه الفتاوى مجردة، فلعل لها مكملاً أو مقيداً أو مخصصاً لو انضبط كلام قائله لظهر، فيصير في تقليده على غير ثقة بخلاف هؤلاء الأربعة، قال -يعني القرافي -: وهذا توجيه حسن فيه ما ليس في كلام إمام الحرمين. انتهى
 
Al-Fawakih al-Dawani
 
وقد انعقد إجماع المسلمين اليوم على وجوب متابعة واحد من الأئمة الأربعة ( أبي حنيفة ومالك والشافعي وأحمد بن حنبل ) رضي الله عنهم، وعدم الخروج عن مذاهبهم، وإنما حرم تقليد غير هؤلاء الأربعة من المجتهدين -مع أن الجميع على هدى- لعدم حفظ مذاهبهم لموت أصحابهم وعدم تدوينها. انتهى 

عن الكاتب

Tanya Ustadz

التعليقات


Kontak

Untuk mengajukan konsultasi ke KSIA, silahkan mengirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com. Pertanyaan tidak boleh lebih dari tiga dan tanpa subpertanyaan. Untuk lebih detail, klik penjelasannya di sini!

Terbaru

    islamiy.com

    جميع الحقوق محفوظة

    Konsultasi Agama Islam